Keluhan Pelayanan dan Informasi JNE

Tanggal 09 Oktober 2020 kemarin saya membeli sebuah barang online dari sebuah produsen dan barang tersebut sudah dikirimkan oleh pihak produsen melaui JNE JTR. Setelah saya menerima resi dari pihak produsen saya cek hasilnya barang belum bergerak sama sekali.

Dan saya sudah mencoba menanyakan pada pihak JNE dan hanya disuruh menunggu dahulu sesuai estimasi yang diberikan, akan tetapi saya masih kawatir dan was” karena banyak juga orang yang komplain terkait masalah yang sama, status barang tidak bergerak sama sekali tanpa ada kejelasan dan informasi lebih lanjut.

Semoga keluhan saya ini bisa mewakili konsumen JNE yang lainnya juga. Tolong etikat baik dan tanggung jawabnya dari pihak JNE karena mungkin barang tersebut juga bernilai tidak murah, jika tidak ada kejelasan sama sekali orang tersebut juga bisa mengalami kerugian. Dimohon untuk bisa amanah tehadap barang yang sudah dititipkan kepada pihak JNE. Pelayanan beda jauh dengan jasa sebelah yang informasinya valid dan jelas.

Saya lampirkan juga resi saya semoga ada tanggung jawab dan titik terang dari Pihak JNE 540060204035520.

Ditunggu tanggapannya dari pihak JNE tapi mungkin bila tidak ada kejelasan dan kepastian saya ajukan klaim maupun bisa saja tuntutan.

Rachmat Rifaldy Gianiddo
Bojonegorom Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE atas Surat Sdr. Rachmat Rivaldi Giaddio

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 14 Oktober 2020 berjudul β€œKeluhan Pelayanan dan Informasi...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Hi Selamat Pagi

    Saya pengguna jasa JNE sudah lama. Menurut pengalaman saya kalau pakai jasa JTR memang gak di update di website kecuali sudah sampai di kota tujuaan.

    Terkadang saya kirim paket pakai jasa REG, di data mereka sudah sampai di kota tujuaan tetapi di website telat updatenya.

    Kakak bisa tanya soal progress nya dengan message di FB atau di IG. Biasanya mereka akan membalas.

    Mereka juga ada telp local buat kota domisili kita.

    Semoga paket Kakak segera sampai dan bisa di terima dalam keadaan baik.

    Hanya pure sharing dari pengalaman ku.

      • Iya, Kak.

        Kecuali sudah sampai di kota tujuaan. Terkadang bisa telat update tetapi saya yakin akan aman kok.

        Saya sebagai penjual online, pakai JNE REG saja bisa telat updatenya.

        Jika barang nya high value, next time Kakak asuransi kan saja :)

          • Gak sering sering amat, Mas. Tetapi pernah dan lebih dari 10x pastinya :)

            Hanya pakai JTR jika beli Electronic. Ini saya terakhir belanja barang Electronic di Blibli juga pakai JTR hehehehe

          • Jadi inget pernah beli jam eiger dan jamnya hilang . Udah komplain kesana kesini, dibuat berbelit2. Cuma biaya penggantian 90rb. Padahal jamnya lumayan mahal.

        • Setau saya:
          pengiriman menggunakan ekspedisi JTR, estimasi waktunya lebih kurg 2-3 minggu di karenakan, armada yg di gunakan transit dulu di bbrp kota baru kemudian menuju kota tujuan.

          Klo utk klaim barang hilang atau rusak di liat dlu. Barangnya itu di asuransikan apa tdk. Jika barg tdk di asuransikan maka akan menjadi resiko pengirim jika terjadi sesuatu sama brgnya ketika sampai di kota tujuan. Klo ga di asuransi maka tdk bisa di klaim.

          Semoga membantu ya πŸ™‚πŸ™‚

        • Iya cuma yang gk bikin tenang itu status nya ditracking itu soalnya gk ada update sama lihat pengalaman orang lain kok pada seperti itu jadi nya kawatir saja

          • Karena dia kan perjalanan darat, supirnya ga update secara LIVE location paket di mana. Sampai dia masuk ke gudang JNE di kota tujuaan :)

          • Saya juga mengalami, di aplikasi online shop status barang pesanan saya nggak bergerak selama 4 hari, tapi pas saya cek di situs web cekresi.com status barang sudah bergerak. itu bukan kesalahan jasa pengiriman, melainkan kesalahan dari aplikasi yg lambat memuat update status barang.
            Lain kali jangan asal komplain dulu, silahkan cek nomor resinya di website http://www.cekresi.com

      • jika kami bantu cek kak kiriman tgl 9 pake jtr per tgl 14 nya hari ini sudah pengantaran ke alamat kak mhn untuk di tunggu aja

      • Saya pengguna JNE juga itu barang nya di laporan nya udah sampai kok di penerima nya,tanggal 14 oktober 2020,jam 16:00 waktu setempat,kurang sabar aja,kalau JTR kan udah di jelasin estimasi nya 7 sampai 14 hari

    • Menurut saya...tunggu aja dulu sesuai estimasi waktu yg d kasih kak...
      Klo jtr,biasanya estimasi wktunya lama,soalnya barang besar itu pasti...
      Atau lgsg aja ke kantor jne nya..biar g slh paham kak..drpda dgr org katanya2...g pasti..smoga barang nya lekas d terima dg kondisi sehat wal afiat kak...

    • Saya dari tanggal 15 september,sampai skarang 15 oktober..
      Barang saya tidak smpai sampai selama 1 bulan..
      Apakah emang 1 bulan..
      Dan di trackingnya tidak bergerak gerak dari JNE jakarta..

    • Mas yang ini kalo diperhatiin selalu muncul di surat tentang JNE, trus selalu bilang udah pensiun pakai JNE, trus ujung2nya bilang suruh pake Lion parsel...buzzer lion parsel nihπŸ€”

  • Klo jne apapun itu memang untuk update tidak detil seperti jasa pengiriman yg lain..tp selama ini saya pakai jne alhamdulillah sesuai estimasi pengiriman dan aman - aman saja.

      • Paling keren kalau mengirim barang langsung dari kantor pusat/ cabang yang memang Official. Hampir semua ekspedisi sejenis ada perwakilan di usaha rumahan yang menangani beberapa merek ekspedisi, yang menunggu barang di pick up pada jam jam tertentu. Mungkin secara online sudah masuk di system tapi pick up nya kapan kan nggak jelas.
        Saya Seller di Toped ( Jakarta), untuk barang elektronik yang memang dalam seminggu hanya laku 2 atau 3 unit tapi saya bela belain antar barang langsung ke JNE Tomang. Paling terlambat saya antar jam 7 malam. Di sana ada dua kantor besar berseberangan. Dari sana langsung barang bisa diantar ke Pelabuhan atau Bandara. Jadi kalau ditrack besok Pagi sudah sampai di Malang/Surabaya /Solo dan kota kota besar lain di Jawa dan Bali.

    • Iya, Kak. Saya juga ya selama ini aman aman dan cukup puas dengan pelayanan JNE.

      Baik JNE YES / REG / OKE and JTR.

      Mau pakai kurir lain juga pernah & selama ini juga OK, tidak ngecewakan. Asalkan ada komunikasi 2 arah.

    • Jne memang nggak profesional...saya belanja online lazada....sudah 8x gagal antar...dengan alasan kami menolak .nama penerima tidak dikenal ..alamat tidak jelas...dan banyak alasan lainnya..padahal kurir nggak pernah menghubungi kami dan tidak diantar tau gagal...hampir setiap daerah begitu...mending JNE dibubarkan saja ..90% komplain an jelek

  • Sy pengguna jasa JNE dan yg terbaik menurut sy, kl belanja online jika pengen cepat ya JNE, kl santai pk yg lain tidak pernah kecewa

  • emang sudah berapa kali pekek JTR?
    kalo mau cepet ya pakek reguler. πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ™πŸ™πŸ™

  • Sharing pengalaman saja ya kak, kemarin saya juga begitu, barang sampe di JNE tgl 8, tgl 9 posisi masih di Jkt, saya agak was2 sampe tanggal 11 posisi tidak berubah, padahal tgl 13 mau saya pake, saya e-mail di balas suruh tunggu 3-4 karena sekarang posisinya udh di lokasi tujuan, tanggal 12 sampe rumah, alhamdulillah. Mungkin bisa ditanyakan langsung via e-mail saja kak jadi gak menduga2 πŸ™πŸ˜Š

  • Lah ini saya sedang menanti barang saya pake jtr, d tracking sratus delivered tp barang gak di tangan,,, bgaimana ?

  • Testimoni Pakai JNE JTR

    Saya baru beli barang di Tokopedia, barangnya berat banget. Akhirnya coba pakai JNE JTR karena ongkos kirim nya relatif murah banget dibanding jasa pengiriman lain. Barang dikirim hari sabtu siang, dan baru sampai hari senin sore. Sebenarnya jasa pengiriman JNE JTR ini tergolong relatif cepat jika pengiriman nya di Jabodetabek, sekitar 3-4 hari. Kalo untuk daerah yang jauh, mungkin bisa lebih lama. Status resi JNE JTR tidak se update JNE YES, OKE, ataupun Reguler, agak lebih lama updatenya jadi buat konsumen agak cemas. Plus, jika kalian ingin mengirim barang elektronik atau pecah belah, JNE JTR ini aman kok, asal DIPASANG STIKER FRAGILE / PECAH BELAH. Paket elektronik saya dipasang banyak stiker Fragile, tanpa bubble wrap atau packing kayu. Sampai di rumah juga aman, tidak ada kerusakan sama sekali.