Pemasangan Baru yang Tidak Ada Kejelasan Dikarenakan ODP

Dear indihome, saya ingin menyampaikan keluhan terhadap masalah pasang baru yang tidak ada kejelasan Setelah 2x teknisi datang ke lokasi. Kronologinya sebagai berikut,

Pada tanggal 21 Mei 2021 Saya melakukan pendaftaran PSB lewat sales indihome dengan no reg MYIR-10329340140001. Lalu pada tanggal 22 Mei 2021 saya di hubungi rekan Cs indihome dari nomer 1500620 untuk verifikasi data dan proses pendaftaran selesai. Lalu pada tanggal 24 Mei 2021 teknisi menelepon saya Melalui WA dan datanglah teknisi pada 24 mei 2021 sekitar jam 3 sore. Ketika dicek ternyata jaringan ODP lama sudah penuh dan ada jaringan ODP baru yang tersedia. Namun ketika di cek ternyata belum ada redaman untuk ODP baru itu.

Lalu teknisi tersebut menjelaskan jika ODP baru sudah aktif akan ada berupa nomor entah berupa label atau cat semprot di bagian ODP tersebut, lalu saya tanya berapa lama akan aktif dia bilang sekitar 1-2 bulan. Lalu saya memaklumi itu karena memang belum ada label di ODP tersebut. Akhirnya dengan rasa kecewa gagal lah PSB tersebut.

Lalu pada sekitar tanggal 21-23 Juni (saya lupa detailnya) Ada seorang teknisi indihome yang kebetulan sedang merapikan kabel nah lalu saya tanya “pak apakah ODP itu sudah aktif” lalu beliau menjawab “Belum Nanti kemungkinan besar akhir bulan ini akan aktif”. Lalu saya maklumi karna memang saya liat masih belum ada label di ODP tersebut.

Nah lalu pada tanggal 25 juni ketika pagi hari saya melihat sudah ada label Di ODP baru tulisan ODP-CIK-FCD/32 D.04 C.01 dan tambahan di bawah nya label PT. INFOMEDIA,tersebut entah kapan pemasangan label tersebut (maklum saya perhatikan karena memang tiang ODP nya tepat di depan rumah saya).

Nah lalu setelah itu saya coba tanya ke sales yang ketika pertama saya mendaftar dia bilang coba melakukan pendaftaran ulang (karena dia bilang no reg yang lama tercancel entah kenapa), lalu mendaftarlah saya untuk yang kedua kalinya dengan no REG MYIR-10339071240001 pada tanggal 25 Juni 2021 dan ditelepon untuk verifikasi hari itu juga.

Nah ketika teknisi datang tanggal 26 Juni 2021, ternyata walapun sudah ada labelnya redaman di dalam ODP itu masih belum ada juga/ arus optik nya belum ada, Teknisi itu pun coba mencari ke jaringan yang lama ternyata penuh semua. Dan untuk yang kedua kalinya saya sangat sangat kecewa. Teknisi itu pun bilang untuk ODP yang jaringan baru ini memang bukan mitranya yang pasang lalu saya tanya kira-kira masalah sebelum sebelumnya seperti ini berapa lama lagi untuk aktif, dia bilang 2 minggu biasanya, Lalu pulanglah teknisi itu.

Nah ketika tanggal 1 Juli ada 4 orang dari Telkom kelihatan sedang mensurvei ODP jaringan baru (3 orang menggunakan pakaian Telkom lalu yang satunya menggunakan kemeja putih biasa yang terlihat seperti supervisiornya sambil membawa sebuah kertas). Lalu tanpa segan saya tanyakan “pak ini kapan aktif” Ketika saya tanya mereka tampak berunding setelah beberapa lama kemudian salah satu orang dengan pakaian Telkom mengatakan “sekitar 2 minggu pak” lalu pergi lah mereka.

Nah setelah 2 minggu, tanggal 15 saya dapat informasi dari pihak lain kalau paket yang saya gunakan ternyata Paket dengan Low FUP, jengkel lah saya kepada sales kenapa dari awal saya daftar tidak di jelaskan tentang fup ini seolah olah tidak transparan. Saya pun langsung megajukan penggantian paket ke cs lewat twiter dan diberikan tiket IN 104049813, saya pun dihubungi untuk konfirmasi.

Nah berubah lah paket saya yang belum terpasang di apikasi my indihome dari ODP hitam hijau ke digital channel 2021 walapun di bagian luar masih terturlis ODP hitam hijau tapi di bagian progress sudah tertulis digital channel (status di aplikasi my indihome saya masih proses pemasangan sejak 25 juni). Lalu saya tanya lagi ke cs twiter dengan jawaban “ya betul bapak mendapatkan paket paket digital channel”.

Nah ketika Melakukan laporan ini saya juga menanyakan status ODP saya karna sudah 2 minggu sejak tanggal 1 juli 2021. Entah apa yang dilakukan Cs di twiter mereka hanya bilang follow up follow up terkait masalah saya, salah satu cs bilang masalah saya sedang dikordinasikan oleh witel setempat (tanggal 19 Juli 2021).

Nah lalu saya biarkan sampai tanggal 22 juli 2021 saya tanya lagi jawaban nya tetap sama pada cs twiter yaitu sedang ditangani dengan tambahan akan di follow up lagi, dan sampai hari ini (24 juli 2021) belum ada telepon atau konfirmasi atau berita tentang laporan saya. Sampai saat laporan ini saya buat di media konsumen, saya juga ketika tau paket yang saya pilih menggunakan low fup saya mencoba mendaftar ulang dengan id yang sama namun terjadi doubel order pada notifikasi my indihome.

Sampai akhirnya Cs lewat 147 menelepon dan mengganti paket saya dari ODP hitam hijau ke digital channel dengan no reg MYIR-10339071240001, Jadi untuk reg yang aktif di my indihome saya sekarang adalah MYIR-10339071240001 dengan paket digital channel 2021 dengan status proses pemasangan sejak 25 Juni (walapun di luar masih tertulis ODP hitam hijau tapi di bagian proses pemasangan adalah digital channel 2021 mungkin bisa dicek ulang untuk ini).

Untuk Telkom,indihome, tolonglah saya sudah capek Tanya berulang ulang ke cs twiter dan tanya sana sini jawaban nya itu lagi itu lagi, mohon kerjasamanya ini sudah 2 bulan sejak pemasangan pertama saya (22 mei 2021) Masih belum ada kejelasan di pemasangan lokasi Tsb. semakin lama di pasang semakin terkuras kuota saya hanya untuk kebutuhan internet ditambah lagi dalam keadaan PPKM/PSBB untuk WFH dan video conference.

Trims.

Hormat saya

Kiki Tanu Wijaya
Kab Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Telkom untuk Bapak Kiki Tanu Wijaya

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Kiki Tanu Wijaya pada tanggal ...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • semoga segera terealisasi ya pak, dan jangan lupa wajib langganan 1tahun..

  • Biasanya kalo sudah banyak tiang provider depan rumah, mudah ganti paket nya pak. Percaya lah sama saya hehehe. Kayak depan rumah saya ada 3 sampe 4 provider jaringan internet jarang gangguan. Dulu waktu masih 1 tiang, sering putus dan kalo komplen lama selesai nya. Skrg gak pake putus lg on trus kecuali ada maintenance masal. Terus kalo udah lancar jgn lupa jika ada tawaran bayar 1 tahun langsung aja ikut biasanya jarang gangguan

  • sudah tutup hati saja untuk indihome. parah urus di awal parah di complainnya (typical BUMN pemerintah too). cari alternatif. cuman masalah kalau gak ada alternatif.

  • UPDATE !!

    Tanggal 26 juli 2021 saya di hubungi 147 untuk menanyakan Alamat lengkap, Tanggal 28 juli 2021 saya kembali di hubungi 147 yang mengatakan meminta waktu 2-3 minggu untuk mengaktifkan Odp Yang baru itu.