Surat Pembaca

Kecewa dengan Layanan Purna Jual Tablet Olike dari PT Oase Teknologi Asia

Pada tanggal 25 Oktober 2021, saya meminta tolong melalui adik saya untuk membeli 2 buah tablet OLIKE EDUTAB E3, karena anak saya membutuhkannya untuk sekolah daring. Lalu adik saya membeli dari  toko EVOGAD OFFICIAL di Tokopedia. Akun tersebut badge ungu, yang berarti toko resmi ya kan? Karena kebetulan Toko OLIKE Official saat itu produknya SOLD OUT. Tablet saya terima dalam keadaan baik, lengkap dengan kartu garansi resmi.

Lalu pada tanggal 24 Januari 2022, saya mencoba untuk melakukan service di alamat yang tertera di kartu garansi. Sesampainya di sana, saya gigit jari karena pusat service center-nya sudah tutup (ternyata service center brand IMOO). Kata tukang parkirnya “Sudah tutup mbak, sudah bangkrut, coba saja telepon tuh ada tulisannya di tembok”.

Saya coba chat, tidak ada balasan hanya centang 1. Saya telepon, tapi tidak dapat dihubungi, pun sama halnya dengan telepon resmi yang dibubuhkan di alamat website OLIKE (https://www.olikeindonesia.com/?lang=id).

Kemudian saya chat ke toko EVOGAD OFFICIAL mewakili adik saya, pun saya tidak mendapat jawaban ke mana harus melakukan service gadget ini. Saya berjalan kaki berputar di Ruko ROXY Mas, diarahkan ke Service Center OPPO. Gigit jari juga saya dapatkan, karena menurut pengakuan CS di sana, ada juga yang sudah meminta penggantian spare part sejak bulan November belum ada sampai sekarang.

Putus asa, saya meminta tolong adik saya untuk klaim garansi dari Tokopedia yang disediakan oleh Asuransi Sinarmas (berdasarkan nomor resinya “SIMAS”). Klaim sejak 24 Januari 2022, sampai detik ini 5 Februari 2022 belum ada update. Padahal tertulis maksimal 5 hari kerja, tapi sudah 12 hari normal dikurangi 4 hari libur/weekend, berarti sudah 8 hari kerja, belum ada update juga.

Saya coba chat ke nomor yang sebelumnya saya dapatkan di alamat service center di kartu garansi. Loh kok malah meminta saya mengirimkan produk ke alamat pribadi staf service center-nya?

Kemudian kemarin sore 4 Februari 2022, saya meminta bantuan dari Toko OLIKE Official di Shopee. Saya hanya ingin bertanya di mana service center resminya, saya tidak ingin meminta pertanggungjawaban apa pun. Asumsi saya, dengan kartu garansi resmi yang saya punya, saya bisa mengurus sendiri ke service center, hanya saja saya perlu tahu di mana service center resminya. Namun jawaban yang saya terima amat tidak memberikan solusi. Hanya karena tidak membeli di sana, CS tidak memberikan saya solusi dan alamat yang bisa saya datangi.

Padahal sesulit apa untuk memberikan alamat service center-nya saja? Apakah ada policy kalau beli gadget tidak di toko resmi, kartu garansi tidak berlaku? Atau kalo beli gadget tidak di toko resmi, tidak boleh membeli spare part resmi dari toko official?

Dengan adanya surat ini, saya ingin meminta jawaban resmi dari PT Oase Teknologi Asia (Olike) untuk memberikan jawaban dan kepastian kepada konsumen yang membeli produk Olike berbagai tipe dan fungsi. Ke mana kami harus mengadu atau melakukan perbaikan produk yang kami beli dari Anda? Apakah memang tujuannya hanya JUAL PUTUS saja ke konsumen di Indonesia? Supaya konsumen lain tidak mengalami hal yang sama seperti yang saya alami.

Mohon konfirmasi dan jawabannya. Terima kasih.

Stephanie
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kejadiannya sama dengan yang dialami oleh saya. Bulan Juni 2021, saya beli Olike tab E3 via Tokopedia. Layar LCD nya retak, saya mau mengajukan garansi karena belum setahu pembelian, sampai sekarang tidak tahu lokasi service center dimana. Sempat kontak dan cari informasi di google, yang tersedia hanya service ke teknisi olike nya tanpa kejelasan alamat service center. Begitu ditanya apakah bisa dikunjungi lokasi, jawabnya hanya menerima via pengiriman paket. Benar2 kecewa sudah membeli produk Olike. Semoga tidak ada lagi masyarakat Indonesia yang ditipu dengan penjualan produk yang sama

    • Hai kak. Apakah sudah ada kelanjutan dr pihak olike? Saya sejujurnya sangat tertarik utk membeli produk yg sama krn fitur utk anaknya bahkan blm saya temukan pd tablet seharga berapa pun. Barangkali jawaban kakak bs mematahkan keragu2an saya ? terima kasih

  • Update 8 Maret 2022
    Setelah berulang kali saya follow up ke evogad official sampai akhirnya saya meminta device saya kembali, admin evogad menginfokan di hari itu juga 8 maret 2022 jam 19.03 bahwa tablet saya sudah diambil oleh pihak olike, entah benar atau tidaknya, evogad menginfokan akan segera menghubungi saya apabila ada update dari olike, saya betul2 kecewa dengan pelayanan purna jual olike yang seperti ini, entah berapa lama lagi saya harus menunggu tablet anak saya kembali, padahal anaknya sudah bertanya setiap hari.. Kecewa sekali..
    Oiya, 5x saya tanya update tablet saya sebelum 8 maret kmarin, jawaban pihak evogad selalu karena belum di pick up pihak sales olike.. Terakhir katanya 'mungkin cuti', lucu, cutinya 15 hari kerja dan 29 hari kalender? Makanya saya mau minta tablet saya kembali, uda saya niatin, biar aja saya servis ke tempat lain, bodo amat garansi void, garansi juga abal2 ??
    Saran saya untuk yang mau beli device olike, beli aja yang harganya 200-300ribuan.. Kalo rusak anggap amal..
    Kalo yg jutaan gini, walaupun kualitasnya baik, begitu rusak ya gini, konsumen diperlakukan seperti sampah dan di abaikan ?

  • Update 17 maret 2022,

    Baru diinfo dari Evogad, info dari olike bahwa tab e3 saya tidak bisa di claim garansi..
    Ada biaya service dan estimasi waktu servicenya lama..
    Tapi ga diinfo biaya dan estimasi waktunya ?
    OLIKE oh OLIKE.. Ngapain lu jualan di indonesia sik, nyusahin padahal bagus tp yaaaaa after salesnya bobrok..

  • Ya ampun setelah beli dan mengalami beberapa kendala saya baru baca artikel ini.Alasan saya ambil olike buat anak selain ada pengaturan gadget anak ya karna garansi yg saya pikir dibawah oppo.kalau pengalaman saya..awal beli, whats app tdk bs vcall..kemudian voice note tdk bs didgr..suara speaker yg sgt kecil..dan skrg tab suka mati tiba2.lengkap sudah saat baca artikel ini..nyesel bgt udh beli 3hr yg lalu..huhuhu

    • Saya sampai detik ini 5 April 2022, uda pasrah sama OLIKE ? beberapa waktu lalu pihak evogad bilang kan katanya tabletnya ga bisa claim garansi.. Ada biaya, trus kalo service lama.. Saya tanya biayanya berapa? Ga ada jawaban jelas.. Trus saya tanya lagi berapa lama servicenya? 7-14hari..
      Uda lebih tuh dr tanggal saya dihubungi sampe sekarang ga ada kabar berapa biaya dan kapan selesai.. Nanti alesannya bulan ramadan dan lebaran.. Abis itu entah apalagi alesannya.. Rusak dr 20 januari.. Ntar baliknya mungkin 2023 ??? JANGAN BELI DEH PRODUKNYA (walau emang bagus tapi percuma kalo rusak dijual juga ga laku, mai service tapi service centernya jg ghoib gatau dimana) ???

  • Sudah di datangi service center oppo tetapi gak ada tanggapan dan kabar bahwa bisa diservis di oppo service center. Mereka hanya me minta nomor hape untuk dikontak tetapi di tunggu Dan dikontak tidak ada respon. Saya coba kirim kan tablet yang rusak ke alamat yang disampaikan di website. Semoga saja bisa diperbaiki Dan bisa kembali ke kami. Kami sudah pasrah kalau ternyata penipuan. Mungkin ini terakhir kali beli tablet dengan merek baru karena gak pasti purna jualnya.

  • Ikutan greget juga sih baca case nya. Btw thank you ya mom uda ngereview paling tidak saya ada pemasukan pdhl sabtu bsk uda pengen beli o like tab nya stlh baca ini coret o like tab dari wish list. Btw smg cpt dpt solusi ya mom.

  • Kasus ini sudah case closed, dibantu sekali oleh evogad official dari tokped, yang kupingnya uda panas banget kali saya tanyain terus,, yang lama proses dan prosedurnya adalah TETAP SAJA DARI PIHAK OLIKE.. entah dimana yang salah dari sistem purna jual mereka,, jadi skeptis mau beli brand OPPO, IIMOO, OLIKE, dan teman2nya.. terima kasih smuanya..

    • Halo kak, solusi yang diterima seperti apa ya kak? apakah tetap dengan membayar biaya servicenya?
      Jika membayar biaya service+sparepart, apakah harganya masih masuk akal? dan berapa lama pengerjaannya?
      Saya memiliki masalah yang sama, tablet olike e3 anak saya rusak lcdnya dan saya bingung harus kemana servicenya karena toko tempat saya beli juga gak tau service centernya dimana.

      • Waduhh..
        gmn nasib olike anak ku yg sedang d servis garansi ma toko ny
        dah empat bulan lbih blom siap

  • Nasibnya mirip atau hampir persis kayak saya.
    Saya kasusnya olike E1.. Kendala semua persis.. SC ga jelas, nanya ke olike shopee malah harus belinya di shopee baru di garansi padahal official olike ya? Contoh beli samsung di erafone.. Okeshop.. Samsung official atau counter pinggir jalan, selama samsung SEIN garansi jalan. Klo olike ngk begitu.. Beli diluar olike shopee walaupun barang original mereka ga mau peduli.. Dan mereka bkn 1 perusahaan dengan OPPO.. Mereka cuma bayar buat make SC nya OPPO, kalo ke OPPO pun cuma dicatet namanya. Klo brg pengganti ga dikirim sama olike, ga bakal bisa. Gw klaim ke oppo 18 februari 2022.. Kelarnya 8 mei 2022.. Lgs gw jual, untungnya laku 900rb.. Lumayan msh balik duit segitu. Ngeri banget dah ini OLIKE, ga worth it dibeli.. After sales nya ancur lebur.. Produknya cacad
    Note: bahkan setelah diganti baru produknya pun banyak bugs, suka mati/restart. Wifi suka putus. Klo matiin layar simcard harus off.. wah parah pokoknya. Ngk lagi lagi olike ini. Blacklist

  • Solusi terbaik untuk orang2 yang membeli olike adalah dengan menghubungi diatributor atau penjualnya... Kebetulan saya beli di evogad ofc di tokped.. Aftersalesnya lebih baik daripada olikenya sendiri..
    Tablet anak saya dibantu sampe dibenerin olike tanpa di pungut biaya apapun..
    Dasar olikenya aja kerjanya ngaco, mati lagi ? evogad nawarin diri mau benerin lagi.. The best sih..

  • Info nya donk service center olike tablet dmn yah
    Untuk daerah kota bandung
    Tidak bisa cas nih