Surat Pembaca

Pesanan Kopi Kenangan Dibatalkan, tapi Refund dalam Bentuk “Kenangan Points”

Kepada Kopi Kenangan,

Saya konsumen atas nama yang terdaftar di aplikasi ki Alex, nomor hp:0852180361** dan email yang terdaftar di aplikasi kopi kenangan: agustinus.****@gmail.com. Pada tanggal 25 Februari 2022 pukul 18:15, saya melakukan pemesanan melalui aplikasi di Kopi Kenangan Lotte Grosir Pakansari,  Pin Tumbler Navy seharga Rp134.250. Saya menggunakan promo pembayaran kartu OCBC NISP dan dapat potongan Rp60.000 sehingga yang tertagih dikartu kredit saya Rp74.250. Nomor order: 5237201517994586.

Namun pesanan dibatalkan secara sepihak oleh Kopi Kenangan Lotte Grosir Pakansari, karena stok tidak ada. Kalau stok tidak ada, sebaiknya bertanggung jawab mencari ke toko lain yang terdekat yang ada stok tumbler navy, supaya tidak menyusahkan saya seperti ini. Karena saya cek di aplikasi, tumbler masih ada di toko Kopi Kenangan lain di Bogor. Bukannya malah langsung dibatalkan order saya, infokanlah ke saya.

Saya langsung ke Kopi Kenangan Lotte Grosir Pakansari untuk menanyakan uang yang sudah ditagihkan ke kartu kredit saya bagaimana? Pihak Kopi Kenangan Lotte Grosir Pakansari bilang akan kembali ke kartu kredit saya 1×24 jam. Pada tanggal 25 Februari 2022 pukul 20:56 ada inbox di aplikasi Kopi Kenangan saya, yang menginfokan order saya telah dikembalikan ke account Kenangan Points.

Saya sudah email ke hello@kopikenangan.com, dijawab oleh CS 5 (Kopi Kenangan) Feb 26, 2022, 9:12 GMT+7:

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi ya Kak. Terkait dengan ketentuan tersebut sudah otomatis dari sisi sistem kami ya Kak dan untuk hal ini kami akan menginformasikan kepada Tim terkait untuk melakukan evaluasi agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.

Terima kasih,
Tim Kopi Kenangan”

Saya jawab ke email hello@kopikenangan.com:

“Jawaban Terkait dengan ketentuan tersebut sudah otomatis dari sisi sistem kami ya Kak. Berarti Anda dari Kopi Kenangan memaksa saya untuk melakukan pembayaran ke kartu kredit saya tanpa saya terima barang dari Kopi Kenangan dengan alasan sistem dan masukan ke poin kopi kenangan. Point Kopi Kenangan bisa bayar kartu kredit saya?

Saya harus mengeluarkan uang untuk bayar kartu kredit saya. Anda sangat memaksa secara sepihak saya untuk mengeluarkan rupiah tanpa saya terima barang yang saya pesan dari Kopi Kenangan. Saya tidak pernah mau pengembalian ke poin Kopi Kenangan.

Terkait ketentuan yang Anda bilang saya tidak tahu apa-apa. Kalau ketentuan baik sistem atau lain-lain harus diketahui oleh konsumen. Bisa dibaca oleh saya sehingga saya tahu risiko atas pembelian yang saya lakukan. Ini tidak ada info mengenai pengembalian langsung ke poin kenangan.

Saya juga tanya ke kenangan Lotte Pakansari diinfokan pengembalian ke kartu kredit saya. Saya tidak terima alasan sistem atau apa pun pengembalian ke poin Kenangan, karena saya tidak tahu ketentuan ini baik secara sistem yang ada bilang atau secara apa pun saya tidak mengetahuinya. Saya minta kembalikan dana saya ke rekening OCBC NISP saya.”

Kemudian dijawab kembali oleh CS 5 (Kopi Kenangan) Feb 26, 2022, 9:48 GMT+7

“Selamat Pagi Kak,

Mohon maaf sekali, informasi dari tim terkait kami jika statusnya terbatalkan dari sistem atau outlet maka akan masuk ke Kenangan Point ya Kak tidak ke metode pembayaran awalnya, sekali lagi mohon maaf atas ketidaknymanan yang terjadi ya Kak ?

Terima Kasih,
Tim Kopi Kenangan”

Sangat disayangkan proses penggantian hanya sepihak dan sangat merugikan bagi saya. Saya minta jangan merugikan saya sebagai konsumen untuk mengeluarkan uang rupiah membayar ke tagihan kartu kredit saya, untuk barang yang tidak saya terima dari Kopi Kenangan. Saya tidak mau Kenangan Point karena tidak bisa dipakai untuk bayar tagihan kartu kredit saya.

Mohon batuannya kopi kenangan jangan memaksakan konsumen untuk membeli Kopi Kenangan dengan Poin Kopi Kenangan. Ini menjadi kenangan buruk bagi saya. Saya minta uang saya dikembalikan ke rekening kartu kredit OCBC NISP saya secepatnya.

Hormat saya,

Agustinus Doli
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kopi Kenangan atas Surat Pembaca Bapak Agustinus Doli

Kepada Bapak Agustinus Doli yang kami hormati, Mewakili pihak Kopi Kenangan, kami ingin meminta maaf sekali lagi atas ketidaknyamanan yang...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Yg dibeli tumbler (botol) mas, bukan masalah kopi sachetan. Kecuali kopi sachetan bisa kasih bonus tumbler yg sama persis ya monggo komentar sesuai kondisi kasusnya.

  • Dah GK beres itu bos, kejar terus sape dapat haknya. Kok aneh ya belinya pake KK d batalkan kembalinya pake POIN. ITU JUALAN KOPI apa POIN ? ????

    • BAGUS NIH DIJADIKAN KONTEN DI YOUTUBE ?, "POINT REWARDS UNTUK SETIAP GAGAL TRANSAKSI HANYA ADA DI OUTLET KOPI KENANGAN"... KIRA2 BISA DAPAT VIEWER BERAPA YAK ????

  • Sebelum pake aplikasinya pasti sudah mengklik setuju atas syarat dan ketentuan, dan yg pasti rata rata dari konsumen s&knya gak dibaca ?

    • Syarat Ketentuan juga kira kira dong mas caesar. Duit customer diganti poin? Itu sudah dapat ijin dari otoritas lembaga mana yang membolehkan?

      • banyak kali yang kayak gt?

        e commerce kyk tokped, shopee, ada yang masuk k toko coin/ shopee pay nya kalo refund

        kalo maskapai penerbangan biasanya masuk ke poinnya mereka jg untuk digunakan penerbangan selanjutnya

        ini bukan hal baru, sudah lama sekali

        • Enggak. Kalau refund di ecommerce ya sesuai tipe pembayaran. Misal dia bayar pake tunai/transfer ya kembalinya ke saldo. Kalau dia bayar sebagian pake poin atau credit ya tetap kembali ke credit.

          • Saya beberapa kali cancel order di Toped, kembalinya selalu ke Saldo Tokopedia.

          • Saldo tokopedia bisa ditarik ke bank. Saya berkali-kali uangnya masuk situ tapi bisa minta ditransfer balik ke bank (ada pilihannya di situs, kurang tahu kalau di app). Masalahnya, "kenangan point" ini bisa balik masuk ke bank nggak?
            .
            Terlepas dari S&K, hukum yang berlaku kan hukum Indonesia, bukan "Hukum kenangan." Kalau pesanan gagal ya uang harus kembali, nyerempet penipuan kalau sistemnya begitu. Kalau mau pakai alasan "sudah kesepakatan," ya ngasih tahunya harus jelas.

          • banyak2 belanja, tidak semua metode pembayaran bisa seperti itu, kalo pake kartu kredit pasti balik kartu kredit

            terus kalo lu bayar tunai di indomaret? lu nagih kasir nya kah? WWKWKWKWKWKKW
            ngekek

          • Banyak banyak belanja? Lu aja 愚蠢的 kalau kata orang cina. Wkwkwk. Lemes banget tangan anda rajin komentar tapi kosong. Saya belanja online semua metode bayar sudah pernah saya coba. Mau pake debit, kartu kredit,dll. Kalau refund ya sesuai dengan metode bayar. Gak pernah sejarahnya dibalikkan dalam bentuknya poin atau voucher. kecuali dari awal memang bayarnya pakai poin atau cashback.

          • Jadi ingat dulu,Teringat alfamart dan indomaxx yang ngda kembalian 200-500 perak dikasih kembLian permen. Trus 2 harinya sy belanja lagi, lupa total belanjanya hanya inget belakangnya aja ada 300 rupiah, si kasir maaf Pak bp ada 300 rupiah langsung sy sodorkan permen yang kmrn dpt kembalian dr alfamaxx, kasir maaf bp yg saya maksd apa bpa ada koin 300 krna ngda uang receh, sy jwb lah ini permen kmrn dpt dr sini ya saya blikin, kmrn kasir sini kan ngda duit receh di kasih kembalian permen ya sy balikin lagi permenya diem aja trus diambil, bsknya, sy kmna2 sllu bawa permen coba2 . Masuk alfamaxx/ indomarxx tmpt lain bawa permen kalo ada blnja ganjil ada 300rupiah/ 100 sy kasih permen,

        • kalau refund di e-commerce emang ada yg masuk ke point atau saldo e-commerce, tapi bisa di tarik ke rekening....

          kecuali saldo bonus atau cashback baru harus dibelanjakan lagi

          • Akun penguin itu sotoy memang. Dia paling rajin komentar di setiap artikel dam selalu nyinyir. Lemes bangett tangannya. Mungkin ini kerajaannya sehari-hari.

        • Oh ya kalau bayar di indomaret itu termasuk pembayaran tunai. Jadi kalau refund ya masuk ke saldo e-commerce. Dan itu bisa ditarik ke rekening. Anda kelihatan pintar ngajarin orang banyak2 belanja online tapi malah kelihatan pa0k. Sesuailah profil anda penguin yang gak bisa terbang. Kejebak di kutub.

          • ya ampun bang, ngaku2 sudah belanja semua metode pembayaran, ketara BOHONG dan BODOH nya

            anda ngaku nya semua metode pembayaran refund ke metode pembayaran nya lagi, saya tidak bilang belanja indomaret tidak bisa ditarik ke rekening, tapi anda bilang nya metode A pasti kembali lewat metode A, tidak lewat saldo e commerce

            "Enggak. Kalau refund di ecommerce ya sesuai tipe pembayaran. Misal dia bayar pake tunai/transfer ya kembalinya ke saldo. Kalau dia bayar sebagian pake poin atau credit ya tetap kembali ke credit."

            ini ya saya kasih link, dibaca baik2 semua, supaya kelihatan bodoh dan bohong nya ni orang gimana

            https://help.shopee.co.id/portal/article/72958-%5BPengembalian-Dana%5D-Berapa-lama-proses-pengembalian-dana-untuk-transaksi-di-aplikasi%2Fsitus-Shopee?previousPage=secondary%20category

            di shopee rata2 masuk shopee pay, tidak kembali ke metode pembayaran mu

            https://www.tokopedia.com/help/article/st-0165-saya-belum-menerima-pengembalian-dana-atas-pembatalan-pesanan

            di tokopedia, TIDAK SEMUA kembali ke metode pembayaran, ada yang masuk SALDO REFUND

            namanya aja ANEGOOGLE, tapi tidak pintar jadi orang, lebih lemes tangannya dari saya

          • Bla bla bla. Ngapain saya harus dapat pengakuan dari anda. Anda aja sampe search artikel karena minim info. Wkwkwkwk. Oh ya sudah baca update artikel ini belum??? Baca gieh sudah ada tanggapan dari kopi kenangan dan sudah dikembalikan ke limit kartu pengguna dalam 14 hari kerja..... Bye bye白痴

          • Yth Bpk Ivan. Saya seller dan juga buyer di toped dan shopee dimana-mana SALDO REFUND itu bisa ditarik ke rekening. Beda hal kalau point semisal di toped sekarang ada namanya gopay coin, yang kedepannya akan menggantikan ovo point. Itu gak bisa ditarik. Kalau di shopee saldo cashback dan koin shopee. Tapi kalau saldo refund semuanya bisa ditarik ke bank.

            Mohon jangan membuat pemb*dohan publik.

          • Pak Ivan: anda ini tipikal orang yang cuma teori doank kagak pnh praktik. Saldo refund itu jelas adalah saldo tunai bukan poin. Itu bisa ditarik ke bank. Lah klo poin mmgnya bisa? Kayaknya anda yang jarang belanja online cuma hobi komentari hidup orang lain.

        • Saya sudah sering belanja. Kalau bayar pakai tunai ya kembali ke saldo dan bisa ditarik ke bank. Kalau belanja pake cc ya kembali ke limit kartu. Walaupun prosesnya agak lama kalau cc butuh 14 hari kerja. Tapi ini poin kok agak kocak ya. Serasa dipaksa harus belanja disitu. Jadi komentar anda membenarkan merchant seolah membenarkan pengembalian uang pake permen.

          • Udah kenak dia mana berani lagi. Tukang nyinyir doank. Sepertinya akun yang sengaja bikin rame doank kayak akun isdebe....

        • Akun penguin ****** sok pinter tapi ga ada isi otaknya ??, kalo nganggur mulungin sampah aja ****

    • Gak ada ketentuan yang menyatakan kalau pembayaran boleh dikembalikan ke dalam bentuk rewards atau poin. Ini kalau dilaporkan seluruh outlet Kopi Kenangan bisa kena audit.

      Untungnya tim kopi kenangan sudah memberikan respon ke penulis.

  • Saya pun sudah kapok tidak akan beli lagi kopi kenangan. Padahal hampir setiap hari order. 5 kali sebelumnya orderan di outlet SPBU Artha Gading melalui Grab Food ada pesanan yang kurang, secepatnya hubungi Driver Grab tentunya kasihan driver perlu bayar tips lagi kasihan drivernya sudah selesai orderan harus bolak balik. Sudah dikeluhkan melalui WA Kopi Kenangan masih saja kesalahan kelupaan sampai 5 kali itu artinya petugasnya lalai sudah kebiasaan cara kerjanya begitu & tidak ada perbaikan dari pihak Kopi Kenangan. Tidak akan belanja lagi di Kopi Kenangan kapok, penjual kopi lain masih banyak. Sabar Om Agustinus, kalau hanya tumbler mungkin bisa koleksi Starbucks berguna saat walk in belanja dengan Tumbler nya selalu ada potongan harga.

  • Klo gw sering dulu itu ga ada kemablian Rp. 1000 x 5 outlet. bingung gw, bisa kompakan itu outlet kek gitu.

    Sehari itu gw bisa keliling 10 outlet, maklum oJoL. Wkwkwkkwkw

  • Luar biasa sih ini.. pembayaran gagal masuk ke poin.. seumur2 baru ini ketemu kasus begini.. yg pasti merugikan konsumen. Dipaksa tetap belanja disana.. kecuali poinnya bisa diuangkan, masih win win solution..

  • Kenangan buruk untuk si kopi kenangan & mjd info. Yg bagus untuk pembaca jd tau buruk nya sistem + mjmn buruk si kenangan ini..

  • rugi banget bayar pake kenangan points, ga bs pake promo apa2, seharusnya sih balik ke kartu kredit, curang itu kopi kenangan