Surat Pembaca

Pesanan Kopi Kenangan Dibatalkan, tapi Refund dalam Bentuk “Kenangan Points”

Kepada Kopi Kenangan,

Saya konsumen atas nama yang terdaftar di aplikasi ki Alex, nomor hp:0852180361** dan email yang terdaftar di aplikasi kopi kenangan: agustinus.****@gmail.com. Pada tanggal 25 Februari 2022 pukul 18:15, saya melakukan pemesanan melalui aplikasi di Kopi Kenangan Lotte Grosir Pakansari,  Pin Tumbler Navy seharga Rp134.250. Saya menggunakan promo pembayaran kartu OCBC NISP dan dapat potongan Rp60.000 sehingga yang tertagih dikartu kredit saya Rp74.250. Nomor order: 5237201517994586.

Namun pesanan dibatalkan secara sepihak oleh Kopi Kenangan Lotte Grosir Pakansari, karena stok tidak ada. Kalau stok tidak ada, sebaiknya bertanggung jawab mencari ke toko lain yang terdekat yang ada stok tumbler navy, supaya tidak menyusahkan saya seperti ini. Karena saya cek di aplikasi, tumbler masih ada di toko Kopi Kenangan lain di Bogor. Bukannya malah langsung dibatalkan order saya, infokanlah ke saya.

Saya langsung ke Kopi Kenangan Lotte Grosir Pakansari untuk menanyakan uang yang sudah ditagihkan ke kartu kredit saya bagaimana? Pihak Kopi Kenangan Lotte Grosir Pakansari bilang akan kembali ke kartu kredit saya 1×24 jam. Pada tanggal 25 Februari 2022 pukul 20:56 ada inbox di aplikasi Kopi Kenangan saya, yang menginfokan order saya telah dikembalikan ke account Kenangan Points.

Saya sudah email ke hello@kopikenangan.com, dijawab oleh CS 5 (Kopi Kenangan) Feb 26, 2022, 9:12 GMT+7:

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi ya Kak. Terkait dengan ketentuan tersebut sudah otomatis dari sisi sistem kami ya Kak dan untuk hal ini kami akan menginformasikan kepada Tim terkait untuk melakukan evaluasi agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.

Terima kasih,
Tim Kopi Kenangan”

Saya jawab ke email hello@kopikenangan.com:

“Jawaban Terkait dengan ketentuan tersebut sudah otomatis dari sisi sistem kami ya Kak. Berarti Anda dari Kopi Kenangan memaksa saya untuk melakukan pembayaran ke kartu kredit saya tanpa saya terima barang dari Kopi Kenangan dengan alasan sistem dan masukan ke poin kopi kenangan. Point Kopi Kenangan bisa bayar kartu kredit saya?

Saya harus mengeluarkan uang untuk bayar kartu kredit saya. Anda sangat memaksa secara sepihak saya untuk mengeluarkan rupiah tanpa saya terima barang yang saya pesan dari Kopi Kenangan. Saya tidak pernah mau pengembalian ke poin Kopi Kenangan.

Terkait ketentuan yang Anda bilang saya tidak tahu apa-apa. Kalau ketentuan baik sistem atau lain-lain harus diketahui oleh konsumen. Bisa dibaca oleh saya sehingga saya tahu risiko atas pembelian yang saya lakukan. Ini tidak ada info mengenai pengembalian langsung ke poin kenangan.

Saya juga tanya ke kenangan Lotte Pakansari diinfokan pengembalian ke kartu kredit saya. Saya tidak terima alasan sistem atau apa pun pengembalian ke poin Kenangan, karena saya tidak tahu ketentuan ini baik secara sistem yang ada bilang atau secara apa pun saya tidak mengetahuinya. Saya minta kembalikan dana saya ke rekening OCBC NISP saya.”

Kemudian dijawab kembali oleh CS 5 (Kopi Kenangan) Feb 26, 2022, 9:48 GMT+7

“Selamat Pagi Kak,

Mohon maaf sekali, informasi dari tim terkait kami jika statusnya terbatalkan dari sistem atau outlet maka akan masuk ke Kenangan Point ya Kak tidak ke metode pembayaran awalnya, sekali lagi mohon maaf atas ketidaknymanan yang terjadi ya Kak ?

Terima Kasih,
Tim Kopi Kenangan”

Sangat disayangkan proses penggantian hanya sepihak dan sangat merugikan bagi saya. Saya minta jangan merugikan saya sebagai konsumen untuk mengeluarkan uang rupiah membayar ke tagihan kartu kredit saya, untuk barang yang tidak saya terima dari Kopi Kenangan. Saya tidak mau Kenangan Point karena tidak bisa dipakai untuk bayar tagihan kartu kredit saya.

Mohon batuannya kopi kenangan jangan memaksakan konsumen untuk membeli Kopi Kenangan dengan Poin Kopi Kenangan. Ini menjadi kenangan buruk bagi saya. Saya minta uang saya dikembalikan ke rekening kartu kredit OCBC NISP saya secepatnya.

Hormat saya,

Agustinus Doli
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kopi Kenangan atas Surat Pembaca Bapak Agustinus Doli

Kepada Bapak Agustinus Doli yang kami hormati, Mewakili pihak Kopi Kenangan, kami ingin meminta maaf sekali lagi atas ketidaknyamanan yang...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Wah ini mah parah. Anda belanja diwarung pake duit ceban. Barang ga ada, uangnya dibalikin pakai permen. Sewotlah :(

  • Itu poin nya bsa di tukar dg produk kenangan lainnya atau nggak ya? Biasanya klo sistem poin voucher bsa di klaim lngsung ke outlet nya. Dri kenangan ny sndiri gk ada penjelasan poin tsb bsa di gunakan utk apa aja gtu??

  • Bisa dituker kenangan pahit gk.. Semuanya tinggal kenangan.. Wkwkwkwk.. Sedih gue..

  • Ini sepertinya sudah melanggar. Dimana-mana kalau bayarnya pake duit ya refund harus dalam bentuk duit juga. Kalau bayarnya pake kartu kredit ya dikembalikan dalam bentuk limit kredit. Kecuali dari awal bayarnya pake voucher atau poin.

  • Klo uang masuk ke kenangan point, ya tinggal cari outlet lain yg tersedia tumblernya.. tinggal pesen tumblernya lagi trus bayar pake point tersebut.. gitu aja ribet om.. kenangan point kan bisa di pakai buat beli produk di kopi kenangan selanjutnya..

    Hidup jangan di bikin ribet..

  • Saya lihat keluhan bapak sudah mendapat tanggapan resmi dari pihak bank dan kopi kenangan. Mudah-mudahan dana dikembalikan ke dalam limit kredit dalam 14 hari kerja. Mantap media konsumen bisa mendapat tanggapan yang cepat.

  • Klo gak salah model poin gini jg ada di lazada, klo refund nti dikasih point/voucher belanja yg hny bs dipake klo belanja di lazada, sori klo sy salah