Surat Pembaca

Bunga Kredivo yang Cukup Besar

Saya pengguna Kredivo sudah cukup lama. Sebelumnya saya tidak pernah terlambat untuk membayar. Namun saat sekarang saya meminjam lagi Kredivo dan terlambat membayar, karena ada suatu musibah.

Saya memiliki 2 tagihan di Kredivo, dengan pinjaman awal Rp9.700.000 dan yang harus saya bayar Rp13.950.000 (belum termaksud bunga keterlambatan). Saya sudah tidak mampu kalau harus membayar bunga Kredivo yang cukup besar. Karena saya terlambat membayar, sehingga bunga keterlambatan saya cukup besar. Sementara bunga pinjamannya juga sudah cukup besar.

Saya sudah minta keringanan ke DC lapangan yang sudah datang ke rumah, maupun DC call. Namun tidak bisa. Saya sudah ditagih oleh DC lapangan yang sudah datang ke rumah, DC telepon yang menelepon ke tempat kerja. Padahal saya respons chat dari Kredivo.

Saya mohon untuk keringanan kepada Kredivo. Saya akan membayar cicilan saya, tapi saya tidak sanggup apabila harus membayar cicilan + bunga + bunga keterlambatan.

Anisa Nurtiana
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Anisa Nurtiana

Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Anisa Nurtiana di Mediakonsumen.com tanggal 08 April 2022 pada kolom Surat Pembaca yang berjudul “Bunga...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • justru itu salah satu sumber pendapatan dari pinjol/bank: Bunga pinjaman, bunga keterlambatan. Sebelum anda ngutang kan udah ada ilustrasi brp besarnya % bunga pinjaman & keterlambatan. Anda pasti ceklis setuju. Dianggap anda sudah mengerti terhadap seluruh terms & condition. Jd apa yg mesti dikeluhkan? sy bingung.

  • Dari awal sudah Ada tulisannya itu di kredivo Kalo telat bayar kena denda sebesar 1x cicilan (kecuali paylater 30 Hari).
    Saya Pengguna kredivo sudah 2 tahun ga Ada masalah walaupun pernah 1x coba pinjam Dana tenor 3 bulat Dan alhamdulilah Saya tidak Ada telat bayar cicilan, Karena Saya Baca jika terlambat cicilan Akan di kenakan denda sebesar yang tadi Saya jelas kan di atas.
    Semoga Anda dapat rezeki untuk melunaskan hutang. Saran Saya jika Anda tidak mampu jangan banyak Gaya, hidup seadanya aja.

  • Saya juga pengguna kredivo tapi saya tau kemampuan batas saya membayar sampe mana, jadi kalo mau pinjam lihat batas kemampuan bayar kita sampe mana jangan melebihi dari penghasilan kita, kalo bisa cicilannya serendah mungkin.

  • Duhh salah besar dari awal nih, kalau pinjam uang smpe 10jtan lebih baik ke BANK langsung,, atau KUR.. Bunga jauh lebih kecil dibanding Kredivo atau pinjol yg lain.. Apalagi hci, bunga nya gila2an..

  • Bukannya setiap proses peminjaman uang legal (pinjol,bank, koperasi) selalu ada penjelasan tentang bunga sblm meminjam uang, knapa tidak dihitung terlebih dahulu? Alias tidak baca kontrak terlebih dahulu. Bukan setelah pinjam dan uang habis, di tagih sesuai persetujuan tidak bisa atau tidak mau bayar. Jika memang tidak sanggup terhadap bunga ya jgn diambil pinjamannya ,pinjam ke saudara/ taman dengan tambahan nominal sebagai rasa terima kasih,yg jumlahnya bisa di negosiasikan

  • Akhirnya kita semua belajar dari kasus ini, bahwa kemampuan ekonomi seseorang tdk lah selalu stabil. Terimakasih utk penulis yg menceritakan pada kita semua, betapa kejamnya sistem bunga berbunga. Saya berharap agar keluasan riski diberikan buat penulis. Dan utk tdk lagi berurusan dgn pinjol. Ammiiiinnn

  • Kasus begini lagi yg muncul. Sebenarnya yg punya kasus bgni untuk apa duit pinjamannya? Apalagi sampe 10jt bgtu. DP kredit mobil?

  • Jangan biasakan berhutang.
    Biasakanlah menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk investasi.

  • Annisa Nurtiana: "KREDIVO, gua mau minjem duit dong".
    KREDIVO: "Ya Udeh, tapi ada bunganya yah, terus kalo lu telat ada dendanya loh, mau gak?"
    Annisa Nurtiana: "Ya udah gpp, gua lagi butuh duit nih soalnya"
    KREDIVO: "Oke, nih lu tanda tanganin dulu perjanjian nya".
    Annisa Nurtiana: "Ya siap" (Asik akhirnya dapat duit juga)

    Eh pas bayarnya, malah susah dan malah telat telat mulu.

    Annisa Nurtiana: "OI KREDIVO, BUNGA LU KOK TAMBAH GEDE? GAK SANGGUP GUA AH KALO KAYA GINI"
    KREDIVO: "Lah, situ sehat? Waktu itu lu setuju, sekarang lu malah gak sanggup, bunganya juga emang sesuai perjanjian. Lu nya aja yang emang gak sanggup bayar tapi memaksakan buat ngutang hanya karena biar dapat uang yang cepat dan instan, GOBLOG"

    Sampai sini jelas kan, siapa yang salah.