Bunga Kredivo yang Cukup Besar

Saya pengguna Kredivo sudah cukup lama. Sebelumnya saya tidak pernah terlambat untuk membayar. Namun saat sekarang saya meminjam lagi Kredivo dan terlambat membayar, karena ada suatu musibah.

Saya memiliki 2 tagihan di Kredivo, dengan pinjaman awal Rp9.700.000 dan yang harus saya bayar Rp13.950.000 (belum termaksud bunga keterlambatan). Saya sudah tidak mampu kalau harus membayar bunga Kredivo yang cukup besar. Karena saya terlambat membayar, sehingga bunga keterlambatan saya cukup besar. Sementara bunga pinjamannya juga sudah cukup besar.

Saya sudah minta keringanan ke DC lapangan yang sudah datang ke rumah, maupun DC call. Namun tidak bisa. Saya sudah ditagih oleh DC lapangan yang sudah datang ke rumah, DC telepon yang menelepon ke tempat kerja. Padahal saya respons chat dari Kredivo.

Saya mohon untuk keringanan kepada Kredivo. Saya akan membayar cicilan saya, tapi saya tidak sanggup apabila harus membayar cicilan + bunga + bunga keterlambatan.

Anisa Nurtiana
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Total:374    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Anisa Nurtiana

Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Anisa Nurtiana di Mediakonsumen.com tanggal 08 April 2022 pada kolom Surat Pembaca yang berjudul “Bunga...
Baca Selengkapnya

49 komentar untuk “Bunga Kredivo yang Cukup Besar

  • 8 April 2022 - (09:40 WIB)
    Permalink

    besarnya bunga memang subjektif, tapi itu harusnya TIDAK RELATIF terhadap kekayaan kita saat memulai hutang dan tengah berhutang

    pas awal ngutang lagi ada duit dan pemasukan stabil, bunganya kecil?

    pas tengah ngutang g bisa bayar, masa bunganya bisa dianggep tambah besar?

    ya bunga nya sama oi dr pas awal ngutang wkwkwkwkwkwkkw, dari awal anda tahu bunganya brp, bukan tambah besar, kemampuan anda membayar yang tambah kecil, bukan salah bunga nya

    kalau anda merasa bunganya besar dari awal, jangan ngutang di situ

    bilang saja inti nya anda g bisa bayar, minta keringanan, jangan salahin bunga nya, karena anda sendiri yang setuju untuk bayar bunga segitu besar, serta bersedia membayar bunga keterlambatan apabila memang telat bayar

    67
    40
    • 8 April 2022 - (12:16 WIB)
      Permalink

      Betul sekali.mestinya tidak usah pinjam kalau sudah tau akibatnya.hidup yg sederhana saja.

      22
      11
      • 13 April 2022 - (22:55 WIB)
        Permalink

        Sudah sering beberapa kali di beritahu menkopolhukam kalo pinjol gak perlu dibayar kalo memang sudah tidak mampu, atau kalo perlu laporkan saja ke nomor whatsapp OJK di 081157157157 atau telp ke 157 buat laporan disitu..

        1
        2
    • 8 April 2022 - (23:57 WIB)
      Permalink

      Mendingan gak usah dibayar biarin.. gak bakal masuk penjara.. dosa kita yang nanggung bukan kalian.

      13
      13
      • 9 April 2022 - (08:16 WIB)
        Permalink

        Bukan soal dosa Zon. Tapi SLIK/BI Checking nya jadi jelek karena Kredivo sudah terdaftar di OJK, selanjutnya malah tidak bisa pinjam uang/KPR/KKB ke siapapun kecuali rentenir illegal.

        Mbok ya ngasi saran itu dipikir dulu. Jangan asal kayak si politisi Zonk Zonk itu. Walah Zon, Zon.

        16
        3
        • 9 April 2022 - (08:23 WIB)
          Permalink

          masalahnya kaum ngutangers itu ya gini, orang yang mau utang baik2 dijerumuskan juga untuk tidak bayar, sama orang2 yang galbay kyk manusia satu ini

          ga paham saya kok bisa2 nya nyuruh orang g bayar, kalo pinjol ilegal masih oke lah, lah di surat kredivo, HCI ada aja yang bilang jangan dibayar

          gvlok jangan ajak2

          10
          5
          • 9 April 2022 - (23:57 WIB)
            Permalink

            Siap sedia untuk segala resiko yang kemungkinan terjadi….

        • 13 April 2022 - (22:59 WIB)
          Permalink

          Buat apa pinjam uang lagi kalo emang nggak perlu, emang elu tau kalo dia rumahnya maaih ngontrak segala bawa2 KPR segala.. Lu yg halu apa govlog?

        • 14 April 2022 - (05:28 WIB)
          Permalink

          Jual apa yang ada, motor, perabotan, mulai hidup baru dengan apa adanya jangan di ada ada in

          1
          2
      • 17 April 2022 - (14:14 WIB)
        Permalink

        Ada yg org yg berpikiran kek gini. Gak bayar utang. Enak bgt ya dapetin duit. Ngutang gak dibayar

    • 15 April 2022 - (09:54 WIB)
      Permalink

      Setahu saya di kredivo itu ada klausul jika telat membayar maka akan ditambahkan denda sebesar 1 kali cicilan bulanan. Emang gila sih ketentuannya, makanya harus teliti membaca ketentuan pinjaman. Saya limit puluhan juta ga pernah saya pake.

  • 8 April 2022 - (12:40 WIB)
    Permalink

    12 bulan.
    Masih bayar 2 bulan..
    Kurang 10 bulan lagi.
    Semoga dapat rejeki dadakan.

    7
    1
  • 8 April 2022 - (14:28 WIB)
    Permalink

    Klo buat pinjam uang , sy tdk sarankan . Lebih baik ambil KUR di bank pemerintah, kredivo buat belanja kali 2 ke Alfa atau kredit elektronik. Smoga cepat selesai masalahnya

  • 8 April 2022 - (14:41 WIB)
    Permalink

    Saya juga pengguna kredivo namun saya g brani ngutang gede2 krna ngtang gede pasti bunganya juga gede kn

    8
    1
    • 8 April 2022 - (16:01 WIB)
      Permalink

      Saran sy anda hrs minggat atau anda akan dikejar2 trus sm renteniirr
      Mimpi buruk ketika qnda pinjam uang sm rentenirr

    • 13 April 2022 - (09:29 WIB)
      Permalink

      Saya pikir kalau mau hutang ukur dengan kemampuan keuangan kita tiap bulannya. Berapa ada dana lebih. Dan jangan ambil cicilan full sesuai dana lebih kita. Tapi separuhnya dana lebih tersebut. Sebab akan ada pengeluaran tak terduga suatu saat. Jika ada dana lebih saya bayar dobel ke kredivo. Agar suatu saat tidak bisa bayar kita ada kelebihan pembayaran yg bisa menjaga kita kalau sampai tidak ada dana

    • 13 April 2022 - (23:07 WIB)
      Permalink

      Sama, saya pengguna kredivo dpt limit 6juta, udah cicil 4x tapi udah 2 tahun lebih galbay. Dc dtg kermh org batak 1org 2x yg ke 3x berdua org papua sama ambon.. Mereka pulang tangan kosong, cuma disuguhin kopi doang.. Cuma bilang kalo saya udah ga bisa bayar.. Mau apa lagi? Peraturan yg sekarang lebih dari 3bulan galbay jgn ditagih. Kalo masih nagih juga diemin atau usir kalo kerumah.. Dc pihak ke3 cuma nyari duit doang tapi masih sayang sama nyawanya.. 😂

  • 8 April 2022 - (14:45 WIB)
    Permalink

    Besaran bunga tidak berubah. Jadi tidak bisa disebut bunga membesar. Disebut bunga membesar jika kredivo sesuka hatinya menaikkan bunga. Dikasus anda ini bunga cicilan dan bunga keterlambatan sesuai dengan perjanjian diawal. Kesimpulannya adalah bukan bunga yang membesar tapi kemampuan membayar anda yang turun. Jadi lebih bijak jika Anda berterus terang dalam membuat judul yaitu “Saya Minta Keringanan Cicilan Kredivo”. Jika anda jujur, saya yakin kRedivo memberi keringanan tapi anda salah jalur. Justru memfitnah seolah olah kredivo membesarkan bunga. Bijaklah dalam mengeluh tanpa memfitnah.

    28
    7
  • 8 April 2022 - (14:51 WIB)
    Permalink

    Setau ane kalo fintech jika pinjaman bayar telat bunga keterlambatan itu jauh lebih besar, dr bunga jika tdk terlambat, kredivo sejauh ini mematok bunga relatif kecil dibandingkan dgn yg lain dengan catatan bayar tepat waktu, jika telat yaah tanggung resiko laah coz jumlah pinjaman cukup besar pula itu…😁

    18
    1
    • 8 April 2022 - (16:06 WIB)
      Permalink

      Kredivo tu klo pinjam uang bunganya mmg besar, potongan admin aja udh besar blm bunganya per bln. Keterlambatan seharipun dihitung sebulan lbh besar lagi dr bunga pokok, jadi bunga berbunga maka tagihan jd besar. Klo buat belanja paling murah cicilan 1bln cm kena admin 1%.

      6
      2
  • 8 April 2022 - (16:47 WIB)
    Permalink

    justru itu salah satu sumber pendapatan dari pinjol/bank: Bunga pinjaman, bunga keterlambatan. Sebelum anda ngutang kan udah ada ilustrasi brp besarnya % bunga pinjaman & keterlambatan. Anda pasti ceklis setuju. Dianggap anda sudah mengerti terhadap seluruh terms & condition. Jd apa yg mesti dikeluhkan? sy bingung.

    6
    3
  • 8 April 2022 - (18:17 WIB)
    Permalink

    Dari awal sudah Ada tulisannya itu di kredivo Kalo telat bayar kena denda sebesar 1x cicilan (kecuali paylater 30 Hari).
    Saya Pengguna kredivo sudah 2 tahun ga Ada masalah walaupun pernah 1x coba pinjam Dana tenor 3 bulat Dan alhamdulilah Saya tidak Ada telat bayar cicilan, Karena Saya Baca jika terlambat cicilan Akan di kenakan denda sebesar yang tadi Saya jelas kan di atas.
    Semoga Anda dapat rezeki untuk melunaskan hutang. Saran Saya jika Anda tidak mampu jangan banyak Gaya, hidup seadanya aja.

    10
    3
  • 8 April 2022 - (20:20 WIB)
    Permalink

    Saya juga pengguna kredivo tapi saya tau kemampuan batas saya membayar sampe mana, jadi kalo mau pinjam lihat batas kemampuan bayar kita sampe mana jangan melebihi dari penghasilan kita, kalo bisa cicilannya serendah mungkin.

  • 8 April 2022 - (20:29 WIB)
    Permalink

    Duhh salah besar dari awal nih, kalau pinjam uang smpe 10jtan lebih baik ke BANK langsung,, atau KUR.. Bunga jauh lebih kecil dibanding Kredivo atau pinjol yg lain.. Apalagi hci, bunga nya gila2an..

    5
    3
  • 8 April 2022 - (21:29 WIB)
    Permalink

    Bukannya setiap proses peminjaman uang legal (pinjol,bank, koperasi) selalu ada penjelasan tentang bunga sblm meminjam uang, knapa tidak dihitung terlebih dahulu? Alias tidak baca kontrak terlebih dahulu. Bukan setelah pinjam dan uang habis, di tagih sesuai persetujuan tidak bisa atau tidak mau bayar. Jika memang tidak sanggup terhadap bunga ya jgn diambil pinjamannya ,pinjam ke saudara/ taman dengan tambahan nominal sebagai rasa terima kasih,yg jumlahnya bisa di negosiasikan

    4
    2
  • 8 April 2022 - (22:51 WIB)
    Permalink

    Akhirnya kita semua belajar dari kasus ini, bahwa kemampuan ekonomi seseorang tdk lah selalu stabil. Terimakasih utk penulis yg menceritakan pada kita semua, betapa kejamnya sistem bunga berbunga. Saya berharap agar keluasan riski diberikan buat penulis. Dan utk tdk lagi berurusan dgn pinjol. Ammiiiinnn

    12
    3
  • 9 April 2022 - (00:43 WIB)
    Permalink

    Kasus begini lagi yg muncul. Sebenarnya yg punya kasus bgni untuk apa duit pinjamannya? Apalagi sampe 10jt bgtu. DP kredit mobil?

    4
    4
  • 9 April 2022 - (04:38 WIB)
    Permalink

    Jangan biasakan berhutang.
    Biasakanlah menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk investasi.

    4
    3
  • 9 April 2022 - (09:00 WIB)
    Permalink

    Annisa Nurtiana: “KREDIVO, gua mau minjem duit dong”.
    KREDIVO: “Ya Udeh, tapi ada bunganya yah, terus kalo lu telat ada dendanya loh, mau gak?”
    Annisa Nurtiana: “Ya udah gpp, gua lagi butuh duit nih soalnya”
    KREDIVO: “Oke, nih lu tanda tanganin dulu perjanjian nya”.
    Annisa Nurtiana: “Ya siap” (Asik akhirnya dapat duit juga)

    Eh pas bayarnya, malah susah dan malah telat telat mulu.

    Annisa Nurtiana: “OI KREDIVO, BUNGA LU KOK TAMBAH GEDE? GAK SANGGUP GUA AH KALO KAYA GINI”
    KREDIVO: “Lah, situ sehat? Waktu itu lu setuju, sekarang lu malah gak sanggup, bunganya juga emang sesuai perjanjian. Lu nya aja yang emang gak sanggup bayar tapi memaksakan buat ngutang hanya karena biar dapat uang yang cepat dan instan, GOBLOG”

    Sampai sini jelas kan, siapa yang salah.

    11
    4
  • 9 April 2022 - (09:26 WIB)
    Permalink

    Kredivo tidak melihat trackrecord kita sbagi nasabah yg tertib dlm angsuran, sekali terlambat sj sdh berjalan bunganya dan susah dinego. Sdh sepantasnya pinjol ini enyah dari negeri ini.

    10
  • 9 April 2022 - (09:28 WIB)
    Permalink

    Semoga bisa lebih bijaksana dlm melakukan penagihan dan pengurangan/ penghapusan denda yg bungaberbunga.

    1
    3
  • 10 April 2022 - (01:53 WIB)
    Permalink

    Bunga itu besar karena lu ambil tenor 12bln. Coba 3bln bunga 0%.
    Mau gaya elit tp ekonomi sulit gak usah pinjam, dan selamat BI nya jelek seumur hidup.

    3
    1
  • 10 April 2022 - (22:03 WIB)
    Permalink

    Tau kasus anak bucin sampe jual perabot rumah, genting rumah ngak?
    Nah bisa dijualin tuh, jendela, pintu rumah juga bisa dijual tuh.

    1
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 49 komentar sampai saat ini..

Bunga Kredivo yang Cukup Besar

oleh anisa nurtiana dibaca dalam: 1 menit
49