Surat Pembaca

Autodebit Pembayaran Tunggakan Kartu Kredit Tanpa Sepengetahuan dan Persetujuan

Saya memiliki tunggakan pada kartu kredit Bank CIMB Niaga, dikarenakan situasi pandemi yang menyebabkan saya tidak dapat melakukan pembayaran. Pada akhirnya satu bulan lalu saya baru mendapatkan pekerjaan kembali dan membuka kembali rekening CIMB Niaga.

Pada hari ini saya mendapatkan gaji saya. Namun saat saya melakukan pengecekan mutasi, terlihat bahwa adanya autodebit untuk kartu kredit CIMB saya dengan nominal Rp2 juta. Proses autodebit ini tanpa sepengetahuan dan persetujuan saya sebagai pemilik rekening CIMB Niaga tersebut.

Saat saya cek di akun Octo Mobile pun tidak ada akun kartu kredit saya yang tertera, tetapi pihak CIMB Niaga tanpa adanya persetujuan atau informasi langsung melakukan autodebit ini. Padahal saya pun tidak pernah menyetujui pembayaran secara autodebit saat melakukan pembukaan kartu kredit ini.

Saat konfirmasi ke bank, karena data saya disebutkan sudah masuk ke collection, akhirnya saya diminta untuk konfirmasi ke pihak collection. Namun saat saya konfirmasi, mereka mengatakan bahwa memang bisa melakukan autodebit dan peraturan tersebut ada saat melakukan pembukaan kartu kredit. Beruntung katanya, karena di bank lain akan langsung autodebit sesuai nominal tunggakan, tapi kalau di Bank CIMB Niaga ini hanya minimal payment.

Saya kaget dengan hal ini, karena iya saya memiliki tunggakan, tapi uang yang mereka autodebit ini juga uang saya hasil kerja saya, yang mereka main ambil seperti itu. Data kenapa autodebitnya 2 juta juga saya tidak diberikan dan ke mana larinya uang saya juga tidak ada konfirmasi yang jelas dan bukti tertulisnya.

Mohon untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut dan berikan kejelasan dengan data untuk saya.

Terima kasih.

Ghea Narani
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Ibu Ghea Narani

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Ghea Narani yang berjudul “Autodebit Pembayaran Tunggakan Kartu Kredit Tanpa Sepengetahuan dan Persetujuan” (Mediakonsumen.com,...
Baca Selengkapnya

Komentar