Surat Pembaca

Penipuan Mengatasnamakan Aplikasi Pinjol Syariah

Awalnya saya membaca di salah satu media online, tentang aplikasi pinjol syariah PT. Ethis Fintek, yang termasuk fintech pinjol legal yang diawasi OJK. Kemudian saya cari dan unduh aplikasinya dari Google Play Store.

Saya mencoba pinjaman di aplikasi pinjol Ethis Finance sebesar Rp5 juta, tapi saya malah disuruh oleh adminnya (dengan nomor: +62 812-2299-9795) untuk top up sebesar Rp1 juta, ke nomor rekening VA BNI: 8930613028703404. Setelah saya top up, saya disuruh top up lagi Rp2,550 juta (terlampir bukti transfer). Di sini saya belum curiga, tapi oleh pihak admin Ethis Finance saya malah disuruh top up lagi senilai Rp7 juta.

Saya mulai curiga, ini maksudnya gimana? Uang saya yang di-top up gak muncul, malah pihak admin mengatakan uang saya akan kembali ke rekening setelah 1 bulan, karena uang dipakai perusahaan. Ini penipuan atau gimana? Terus nasib uang saya yang sudah top up 2 kali sebesar Rp3,550 juta ke mana? Mohon tanggapan dari pihak Ethis Finance!

Untuk Media Konsumen mohon dimuat surat saya ini, biar tidak ada lagi korban seperti saya. Terlampir semua bukti percakapan saya dengan pihak yang mengatasnamakan admin Ethis Finance sebagai buktinya.

Sekarang aplikasinya tidak dapat dibuka kembali dan setelah saya cari lagi sudah tidak ada di Google Play Store.

Rudi Setiyawan
Ngawi, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Fix itu penipuan.

    Lapor pulisi aja, mas.

    Lagipula mana ada pihak peminjam itu nyuruh topup2an segala? Yg ada jg minjem 5jt ditransfer 4.2jt.

    • Orang kalau dipikirannya terlintas pinjol itu orang yg bener2 kepepet udah enggak ada duit sama sekali.La sampéyan ada duit sampe 3 juta kok sempet2nya kepikiran mau minjem online.

      • Maap komen disini supaya bisa dapet di slot atas.

        Terima kasih Pak Rudy atas sharingnya, saya jadi mengetahui penipuan jenis ini.
        Jangan hiraukan Komentar netizen yang lebih suka memberikan penghakiman.
        Semoga mendapatkan rezeki melimpah menggantikan uang penipuan dan pahala yang terus mengalir karena ini ilmu yang bermanfaat.

    • Yallahhh mbak Mas Punya Otak dipake atuhh Situ Kan minjem duit berarti Butuh Duit malah tf Orang tanpa dikenal 3jt termasuk uang yg lumayan gede cukup buat sebulan makan Lapor polisi Juga percuma paling situ di sindir ?

    • Lucu ada,kasian ada,gemes ada saking polosnya..semoga jd pelajaran berharga buat siapapun termasuk ane..klo sdh suruh2 transfer itu sdh pasti penipu,dgn alasan apapun itu!!

    • Ini apk bayangan biasanya digunakan para penipu. Yg korbannya org awam biasanya gunain nama Syariah dan merusak Islam dan itu juga dibuat oleh org Islam yg disuruh pihak lain untuk adu domba dan cari duit haram. Tapi percaya ada Pencipta mahluk Allah dan hidupnya akan sia2 dan susah anak dan istrinya atau keturunannya.

  • PT. Ethis Fintek sepertinya memang benar pinjol legal, tapi di situs resminya https://ethis.co.id gak ada link buat download aplikasinya.

    Terus itu aplikasi yang Pak Rudi download dari Google Play, sepertinya aplikasi penipuan yang mengatasnamakan PT Ethis, kelihatan dari screenshot nama asli aplikasinya adalah "vivtoto". Nomor rekeningnya Virtual Account BNI via Xendit (payment gateway) yang namanya bisa bebas apa saja.

    Jadi ini modus penipuan yang memanfaatkan celah pinjol legal yang belum ada aplikasinya, dimanfaatkan para pelaku dengan membuat aplikasi palsu.

    Harap berhati-hati! Semoga gak ada lagi korban-korban lainnya.

    • Batumbu juga begitu. Ada webnya tapi ga ada di playstore. lalu ada yang info via wa. dicurigai pencurian data.

    • Pakai logika Pak. Bapak kan sudah tua bukan muda lagi.

      Simulasi pertama:
      Bapak Rudi pinjam duit -> berarti ada yang mau memberikan duit ke Bapak Rudi. Logika masuk akal

      Simulasi kedua:
      Bapak Rudi pinjam duit -> berarti ada yang mau memberikan duit ke Bapak Rudi -> Seseorang menyuruh Bapak Rudi untuk Top Up. STOP. Logika tidak masuk akal. Di sini sudah jelas Bapak itu mau pinjam duit bukan meminjamkan duit.

      Jadilah orang yang cerdas.

  • Awalnya saya membaca di salah satu media online, tentang aplikasi pinjol syariah PT. Ethis Fintek. Ethis Fintek bukan Ethis Finance. Ethis Finance yg ada aplikasi di google play itu scam udah dikasih peringatan oleh ETHIS di situs resminya. Di media apa Anda membaca tentang ETHIS Fintek / Finance ini?

    • itu nalarnya gimana ?
      mau pinjam uang kok malah keluar uang dulu ?
      kalau sudah ada uang gak perlu minjem bambang

      • Iya ETHIS itu memang satu2nya / fintech suari di Indonesia saya pernah dengar di youtube podcast kasisolusi tapi cara kerjanya bukan meminjamkan uang seperti pinjol pada umumnya, tapi dengan pengajuan proposal usaha dan di buktikan dengan laporan keuangan dalam jangka waktu tertentu agar dilihat oleh para investor yang tertarik untuk mengivestasikan uangnya di usaha kita , coba aja cari tau dulu duh sayang banget uangnya 3jt+ lagi lucu banget maaf ya mau pinjam uang tapi masih bisa tf uang dulu

        • ETHIS yang asli tidak ada playstore ya saya pernah cerita ke instagram dan buka Webnya rapi blm baca2 lebih jauh lagi semoga kedepannya aplikasi2 pinjol apalagi yg nipu2 gini bisa musnah deh

    • Sama seperti hal nya saya juga sama kena tipu baru TF 1 juta, tapi saya sudah curiga, kenapa pinjam kok hrs TF untuk ung keseriusan, skrg aplikasinya juga sdh TDK bisa dibuka, cuma kalau saya aplikasinya kreditpro sdh lapor ke pihak OJK juga...untuk yg lain hrs lebih hati2

  • @ojkindonesia @googleindonesia @Telkomsel @xendit_co Etdah ada gitu pinjol syariah @pinjollaknat?

  • kak.. ini kok hampir sama ya nada-nadanya dengan aplikasi DOMPET KILAT, KREDITPRO (aplikasi2 ini sekarang sepertinya sudah tidak ada di Play Store, semoga memang benar2 sudah ditutup oleh pihak OJK dan keminfo).. dan bahasa nya juga sama. nominal tf nya juga sama. dan VA nya juga BNI.
    Minta blokir rekening aja ka ke bank BNI, memang agak ribet minta surat pengantar dari kepolisiannya, tapi di coba dulu aja kak.. Siapa tahu uangnya bisa kembali kak. Karena lumayan besar kenanya.
    lalu lapor OJK juga.

  • Ada duit ko malah mau minjem
    Ini sih jelas penipuan kalau intinya kita harus setor duit dulu ngapain mau & percaya dng apk ini
    Mending gabung di koperasi setempat bkn via online

  • Itu mksudnya bagaimana, gak ada duit dan akhirnya putuskan untuk pinjam uang di pinjol ehh malah ditipu suruh top up segala dan mau di bodohin pula ??‍♂️. Yang namanya udh pake cara Top Up an segala itu udh pasti penipuan Bambang..

  • Seberapa sulit hidupmu hingga harus menggunakan pinjol ,sudah banyak yang dirugikan oleh pinjol