Surat Pembaca

Driver Grab Tidak Bertanggung Jawab dengan Menggantung Orderan Masuk

]Tgl 03 September 2022, saya terima order di resto saya GF 174 dengan rincian pesanan 4 paket bebek goreng (diskon 40%). Sebelum orderan masuk cuaca normal. Pas adzan Magrib saya pergi sholat dulu ke masjid. Lagi wudlu hp saya bunyi ada orderan masuk dan qodarullaah saat itu langsung turun hujan deras.

Karena sudah wudlu saya izin sama customer untuk sholat magrib terlebih dahulu dan customer setuju. Selesai sholat hujan masih deras saya memaksakan diri kembali ke resto. Dalam keadaan basah kuyup saya segera mungkin menyajikan makanan untuk customer.

Alhamdulillah tidak berapa lama selesai semua siap di-pick up makanannya. saya chat lagi customernya dan mengabari kalau makanan sudah ready tapi driver Grab belum juga datang. Tiba-tiba customer balas kalau drivernya minta cancel. Karena kaget saya langsung telepon driver dan drivernya bilang mau ganti baju dulu karena baju basah nanti langsung mau ambil makanannya.

OK saya tunggu lagi, daaann setelah 1 jam lebih menunggu tidak pernah datang drivernya (ditelepon juga hp-nya mati). Saya keluhkan ke cs Grab tapi mereka tidak bisa bantu saya sama sekali dengan no pelaporan 332897423 mereka menyuruh saya untuk menunggu driver pick up makanannya. Tapi setelah setengah jam lagi saya nunggu di aplikasi map grab merchant driver-nya masih gak gerak-gerak juga. Saya telepon pun gak diangkat.

Yang saya keluhkan di sini, pertama kalau memang mau cancel karena hujan sejak awal kenapa driver gak lakukan dari pertama kali orderan masuk (karena saat itu hujan pasti saya juga ngerti dan gak sampe harus menerjang hujan deras untuk menyajikan makanan di resto).

Kedua kenapa driver-nya mesti berbohong dengan alasan ganti baju dulu langsung mau pick up makanannya. Di sini bukan saya saja yang drugikan tapi customer juga dirugikan.

Ketiga, kenapa gak langsung drivernya aja yang cancel orderannya kenapa driver harus nunggu pihak resto yang cancel? Karena resto juga gak mau main cancel aja kalau memang semua sudah siap kenapa kita harus cancel? Apalagi dengan aturan grab yang baru kalau untuk klain orderan yang cancel hanya dikompensasi 40% dari harga yang tercntum setelah dikurangi komisi grab dan biaya promosi.

Pelajaran utamanya untuk pihak Grab tolong lebih selektif dan drivernya di-training lagi untuk meminimalisir driver yang seenaknya aja menggantung orderan.

Sri Yuliani
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ada kalanya untuk mengantisipasi kejadian sama, minta no konsumen dan sharelok antar sendiri makanannya. Tidak semua driver tidak memiliki tanggung jawab memang ada beberapa yang tidak niat kerja dan sudah karakternya. Lagi sedang apes saja hehe

  • Menurut ane sich mending matiin aj aplikasi ojolnya kl hujan gede biar gak masuk order. Ongkos ga seberapa nerjang hujan itu sangat kurang tepat.

  • Hal yg begini sudah sering kami alami di GrabFood.bahkan pernah orderan di resto kami sampai di gantung 24 jam lebih baru di cancel driver,akhirnya costumer ambil sendiri orderannya dan kami tidak berani minta costumer untuk bayar ordernya.karena masih gantung.takutnya nanti diselesaikan driver uang masuk ke resto.costumer jadi 2x bayar.dan dilaporkan ke pihak grab.resto yg disalahkan menerima 2x pembayaran.kami mohon ke pihak GrabFood kasih waktu untuk driver ambil order.bila tidak bergerak pindahin ke driver lain. Terima kasih

    • Klo sistem GO-JEK ga begini,karena saat custumer order itu pihak resto harus pastikan siap makanan dulu,dan apabila siap baru mencari driver,jadi driver datang tinggal ambil makanan.Kalau yang ibu bilang setengah jam sebentar itu buat driver sangat lama,jadi lebih baik berkaca diri dulu baru merasa benar.

    • Lo mnta ijin ke customer tp ga ngomong ke driver?posisi ujan deres nungguin yg pny resto dtng? Lo sehat bos? Sm hal ny ke driver klo ga siap trima order matiin aplikasi.solat aja dlu tp aplikasi matiin gmpang...tolong pihak grab edukasi jg resto model gni,lapak koq ditinggal tinggal tp aplikasi nyala

      • Sy hubungi driver tapi ga d angkat untuk minta nunggu struk d kios aja ada yg jaga kiosnya tetangga sebelah satu kios kita jualan sharing..

        • Yang jelas restonya salah karena tidak mematikan aplikasi ketika ditinggal sholat, drivernya juga salah karena menggantung oerderan, saya juga driver grab didaerah yg notabene sepi orderan,ketika ada masalah resto tutup,tidak bisa dihubungi, kadang customer juga tdk bisa dihubungi, atau tarif ongkir terlalu murah lsg saya cancel dan tidak ada masalah dgn akun saya sampai sekarang,asalkan alasan cancel kita tepat dan tidak terlalu lama gantung orderan

  • Pihak resto menerima pesanan saat di shalat di masjid.
    meminta ijin pada CS?

    Driver itu kan di pilih yg dekat resto oleh aplikasi. Jangan2 driver nya udah nyampe resto, eh gak ada orang nye?

    lalu dia pergi....

    kalo gw mah kayak gitu gw telp resto!
    kalo gak bisa y gw cancel!
    kagak bakal anyep kalo di grab.
    emang gojek!
    anyep itu alasan doang!
    kalo kebanyakan cancel ya bisa jadi..
    kalo driver cancel, otomatis cari driver lain.
    kalo driver nggantung orderan?
    entahlah!
    sesuatu pasti terjadi.

    • Maaf ya..sy sebelum izin zm customer lihat posisi driver masih 1km dr resto..dan customer sudah infokan k driver karena hujan driver jg bilang lagi berteduh dl jadi blm bisa ambil..setelah makanan jadi kurang lebih 15-20meitan dr awal order, sy info k customer kalau makanan udah jadi tp driver blm datang..tp drivee tiba2 minta cancel tanpa dia cancel sendiri dan sy hubungi driver dia bilang lagi ganti baju dl langsung mau pick up minta waktu 5menitan..

      • 1km itu gak sampe 5 menit kalo naik motor.
        Customer infokan ke driver?
        apa lagi nih?
        blm pernah nemu kayak gini.
        Driver biasanya yg info ke CS kalo hujan.
        dan mau neduh.
        neduh kelamaan jg loss time!

        kalo sampe driver gak cancel pasti ada sesuatu!
        entah apa itu.
        hanya drivernya yg bisa jawab.

        • Sy pernah denger curhatan driver yg sengaja menggantung orderan malam yg stlah 1jam baru dia cancel karena kesal dr pagi sepi orderan dia merasa puas dia sengaja matikan hpnya dengan alasan hp error..mungkin itu salahsatu penyebabnya atau mungkin yg lainnya sy tidak tahu..hanya oknum saja yg punya pikiran spt itu

      • Berarti oknum drivernya yang gak beres dalam hal ini.
        Grab bisa cancel orderan kok.
        Hanya kalau sudah digeser ke tiba di resto dan dicancel saya gak tahu apa sanksinya nanti.
        Harusnya sang driver harus lebih bijak dan harus lebih profesional dalam hal bekerja.

  • Setau saya utk orderan food itu biasanya driver tdk bs mengcancel (tombol cancel nya ga bs diklik), klo di grab saya kurang tau namanya apa tp klo di gojek itu namanya "Resto Super". Orderan dr resto super itu emang ga bs dicancel oleh driver maupun customer, yg bs mengcancel itu hanyalah pihak resto dan sistem gojeknya sendiri. Biasanya driver klo tdk ingin menjalankan orderan dr resto super itu hanya membiarkan orderannya hingga tercancel secara otomatis oleh sistem dan itu biasanya butuh waktu sekitar 15menit hingga setengah jam. Mungkin dikasus ini, sistemnya lama utk mengcancel otomatis dan mencarikan driver baru dikarenakan jaringan jelek akibat hujan. Jaringan jelek akibat hujan sehingga membuat sistem gojek ataupun grab jd error itu sering kali terjadi dan bkn hanya dilayanan food saja tp jg disemua layanan yg ada (penumpang, paket, belanja, dll).

  • Ya begitulah ojol. Ngomel2 tarif terlalu murah lah. Tarif nggak manusiawi lah. Tapi di embat juga dan tetep ngojol. Udah miskin,bawel, banyak maunya.

    • Anggi, komentarmu mantap. terima kasih. semoga kamu tidak menjadi apa yg spt komenmu..
      "udah miskin, bawel, banyak maunya"

    • Kalau ibu Anggi gak mau dikecewakan oleh pihak ojol simple saja ibu.
      Gak usah pakai jasa ojol manapun mulai saat ini.
      Jangan ibu saat ini ngomong seperti itu , nanti ujung2nya masih pesan makanan ,minuman kirim barang atau beli barang dari NAMANYA OJOLLLLLL

    • Komen anda keren .tp msih ajah cari ojol yg taripnya murah, miskin.bawel,bnyk maunya.. pke ojek pribadi donk Bossquhh..

  • Intinya pemilik resto kecewa bukan driver yang cancel, jadi ga bisa klaim kompensasi. Pdahal pihak resto diberi fasilitas oleh Grab untuk cancel order ya untuk jaga² hal seperti ini. Apa susahnya cancel trus suruh customer order lagi. Alasannya kalau cancel ntar menu/resto ditutup, padahal yang berkuasa untuk tutup buka resto/menu ya resto. Ada tombol tinggal geser terserah kita.
    Saya pemilik resto online sejak 2016, kalau Grab sejak 2018. Omzet perbulan sudah ratusan juta ( bukan pamer tapi sebagai konteks ). Saya dan driver saya anggap setara,sama² orang kecil yang cari makan. Kalau ada yang susah ya dibantu, jangan dipersulit.

    • Betul pak, saya setuju dalam hal ini .
      Kita kerja harus profesional saja .
      Kalau mau jalankan orderannya ya jalankan , kalau gak mau menjalankan pesanannya.
      Dan 1 saran saya buat pihak resto .
      Apabila ke depannya bapak/ibu mau ber aktifitas sebut dalam hal ini sholat.
      Tolong hubungi drivernya , karena yang menjemput pesanan adalah driver bukan pihak konsumen .
      Nanti dari driver pasti akan menyampaikan ke konsumennya .
      Begitulah alur kerjanya.
      Mungkin drivernya sudah kadung kesal karena pas ke resto tidak ada yang melayani pesanannya dan pada akhirnya dia pun memutuskan balas ke pihak resto dengan cara menggantung pesanan itu (tolong dikoreksi kalau ada yang salah).
      Setiap saya ke resto apabila itu bakal lama pasti saya akan langsung memberitahukan ke pihak konsumen agar konsumen tahu driver gak hanya ongkang2 kaki di resto, begitupula kalau grab pas masuk double orderan pasti pengiriman konsumen saya informasikan bahwa ada double pesanan yang masuk ke akun grab saya.
      Bahkan dalam hal ini konsumen banyak yang belum tahu bahwa grab ada pesanan double .

  • Hal itu pernah terjadi pada saya (sebagai Customer). Tapi, waktu itu, saya yang mengajukan ke pihak Grab untuk membatalkan pesanan saya, agar bisa mencari driver lain, karena saya diinfo oleh resto, bahwa driver yang akan ambil order saya waktu itu memang terkenal sering kali mengulur waktu dalam mengambil orderan di resto itu (alias banyak alasan, ban bocor dll).

    Mungkin ke depannya pihak resto bisa langsung kontak ke customer, kalau memang driver tidak kunjung datang untuk mengambil pesanannya (30 menit udah lebih dari cukup untuk nunggu driver yang alasannya ganti baju, dan dengan drama HP gak bisa ditelp), jadi nanti customer yang kontak ke Grab langsung untuk membatalkan si driver tsb.

Penulis
Bgbt