Driver Grab Tidak Bertanggung Jawab dengan Menggantung Orderan Masuk

]Tgl 03 September 2022, saya terima order di resto saya GF 174 dengan rincian pesanan 4 paket bebek goreng (diskon 40%). Sebelum orderan masuk cuaca normal. Pas adzan Magrib saya pergi sholat dulu ke masjid. Lagi wudlu hp saya bunyi ada orderan masuk dan qodarullaah saat itu langsung turun hujan deras.

Karena sudah wudlu saya izin sama customer untuk sholat magrib terlebih dahulu dan customer setuju. Selesai sholat hujan masih deras saya memaksakan diri kembali ke resto. Dalam keadaan basah kuyup saya segera mungkin menyajikan makanan untuk customer.

Alhamdulillah tidak berapa lama selesai semua siap di-pick up makanannya. saya chat lagi customernya dan mengabari kalau makanan sudah ready tapi driver Grab belum juga datang. Tiba-tiba customer balas kalau drivernya minta cancel. Karena kaget saya langsung telepon driver dan drivernya bilang mau ganti baju dulu karena baju basah nanti langsung mau ambil makanannya.

OK saya tunggu lagi, daaann setelah 1 jam lebih menunggu tidak pernah datang drivernya (ditelepon juga hp-nya mati). Saya keluhkan ke cs Grab tapi mereka tidak bisa bantu saya sama sekali dengan no pelaporan 332897423 mereka menyuruh saya untuk menunggu driver pick up makanannya. Tapi setelah setengah jam lagi saya nunggu di aplikasi map grab merchant driver-nya masih gak gerak-gerak juga. Saya telepon pun gak diangkat.

Yang saya keluhkan di sini, pertama kalau memang mau cancel karena hujan sejak awal kenapa driver gak lakukan dari pertama kali orderan masuk (karena saat itu hujan pasti saya juga ngerti dan gak sampe harus menerjang hujan deras untuk menyajikan makanan di resto).

Kedua kenapa driver-nya mesti berbohong dengan alasan ganti baju dulu langsung mau pick up makanannya. Di sini bukan saya saja yang drugikan tapi customer juga dirugikan.

Ketiga, kenapa gak langsung drivernya aja yang cancel orderannya kenapa driver harus nunggu pihak resto yang cancel? Karena resto juga gak mau main cancel aja kalau memang semua sudah siap kenapa kita harus cancel? Apalagi dengan aturan grab yang baru kalau untuk klain orderan yang cancel hanya dikompensasi 40% dari harga yang tercntum setelah dikurangi komisi grab dan biaya promosi.

Pelajaran utamanya untuk pihak Grab tolong lebih selektif dan drivernya di-training lagi untuk meminimalisir driver yang seenaknya aja menggantung orderan.

Sri Yuliani
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:725    Rata-Rata: 3.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

122 komentar untuk “Driver Grab Tidak Bertanggung Jawab dengan Menggantung Orderan Masuk

  • 6 September 2022 - (00:17 WIB)
    Permalink

    Next buat yg punya merchant kalau hujan deras atau susah dapet driver krn pelanggan kejauhan bisa pake sedekah ke driver , begitu dapet telp drivernya ngomong baik baik minta tolong ambil ordernya dan sekalian buat mas nya juga sudah di siapin buat ganti tenaga yg cape , I Allah mereka akan jemput itu orderan , sedekah gak akan bikin miskin , malah ditambah rezekinya , terus tinggal kabari Cust kalau agak lama krn hujan driver sudah otw , jadi jangan kaku kaku lah , giliran order lancar driver bagus gak ada tuh terimakasih ke driver , giliran dapet driver brengsek langsung ketuk palu semua driver aplikasi yg bersangkutan brengsek , mau Grab , Gojek ,Shoppe atau yg lain , tipikal driver semua komplit , banyak yg baik sopan , ada yg brengsek , ada yg bangsat , ada yang attitude bagus ada yg tidak , jadi bukan apa aplikasinya tapi siapa penggunanya , biasa bisqu dalam usaha ada kerikil , yg penting lebih bijak dalam mengambil keputusan fan. Berpikir positif dan panjang ke depan sehingga tidak merugikan orang lain, sekarang dengan begini apa Bosqu puas masalah selesai kan tidak , mengalah dengan mengcancel sendiri order g akan jadi masalah , karena bosqu juga rating sudah bagus , pikirkan drivernya pasti kena suspend bahkan PM semua orang berhak dapat kesempatan ke 2 kalau bosqu berbaik hati mungkin bisa menambah pahala dan doakan driver agar banyak order dan lebih giat kerjanya aji mumpung bosqu habis sholat dan customer juga tidak mendapatkan apa yg dia order,sayang sekali emosi mbutakan akal .

    • 6 September 2022 - (12:16 WIB)
      Permalink

      sedekah ga akan bikin miskin

      yang bisa bikin miskin itu, sudah dikasih orderan tapi ogah2 an karena jauh, ujan dll

      kalau dilakoni kan pasti ada rezeki nya nanti nya

  • 6 September 2022 - (00:53 WIB)
    Permalink

    Inti nya jgn buat customer kecewa, klo sudah kecewa dia tidak menciptakan orderan lagi buat anda.

  • 6 September 2022 - (07:58 WIB)
    Permalink

    Saya pernah jadi ojol dan kesulitan mencari resto yang tidak sesuai titik dan mau cancel itu ga bisa.. saya tanya ke costumer juga ga bisa cancel.. jadi yang bisa cancel itu adalah pihak resto.
    Kira nya resto bijak dalam melakoni orderan dan lokasi titik gps

  • 6 September 2022 - (12:12 WIB)
    Permalink

    Resto parah ini mah hal beginian aja sampe dimasukin ke media konsumen, kalo driver grab bandung tau nama resto habis sudah di reboisasi, apakah anda tau dan mengerti jika anda melapor seperti itu driver kena putus mitra ?
    Lalu bagaimana rasanya jika resto anda sendiri di laporkan oleh para driver?
    Jika driver sudah kena putus mitra gak akan bisa banding apakah anda tau ?

    • 6 September 2022 - (12:14 WIB)
      Permalink

      bagaimana jika kita tidak mau diputus mitra, kita lakukan apa yang seharusnya dan yang benar, bukan malah marah ketika ketika salah, dilaporkan dan diputus mitra?
      kan aneh ya, kita tahu kita salah, tapi ketika ada yang lapor kita marah, ga masuk logika saya rasa

      kalau memang ada yang salah ya dilaporkan, kalau bener ya udah, jalan aja.. saya yakin penulis juga tidak masalah kok restonya dilaporkan kalau dia memang salah

      1
      1
      • 6 September 2022 - (14:38 WIB)
        Permalink

        Loh penulis aja gak berani mencantumkan nama resto nya, lagi pula gak masuk logika, dan disini driver gak salah driver itu mitra loh bukan karyawan, jadi berhak memilih. Pahami mitra dan karyawan, lagi pula siapa yg mau ambil hujan deras banget kehujanan cuma di bayar 6400

        • 11 September 2022 - (14:26 WIB)
          Permalink

          lah milih gmn, jelas2 drivernya blg mau ke sana tapi ganti baju dulu, mereka bebas memilih tapi BERBOHONG itu pilihan orang *******

  • 8 September 2022 - (23:11 WIB)
    Permalink

    Menurut sy..
    Resto minim pengetahuan.
    1.Matikan apk jika belum siap terma order.
    2.jika ad maslah sprti hujan confirmasi bukan ke cstmer,tp ke driver seblm mknn disiapkn,
    Tlpon driver.
    Pk/bu kondisi hujan orderan mw di pick up atau tidak,klo tdk di pickup mknn tidk sy buatkan dlu,
    Klo anda msh ragu jngn buatkan mknn sblum driver dtng..
    Klo anda tidk mw cancel order dengan alasan tdk mw resto anda dinilai buruk..biarkan ordern dicancel driver mw nunggu 3 jam 4 jam biarkan sj..
    Karena ap..driver tdk akan dpt orderan sblum orderan yg masuk dslsaikn atau dicancel,
    jika driver yg cancel,sistem akan mencarikan driver lain..
    Kslahn driver adalh tidak cancel order mengharap resto cancel demi performa..pdhl jika resto tdk cancel driver sndiri yg rugi karena tdk akan dpt order slanjutnya,
    Dengan anda menuliskan order id dan tiket laporan..apalagi di media konsumen
    Kmungkinan paling kecil adalh driver suspend 2 mnggu smpai p.m..
    Jd karena kurangnya pengalaman anda dlm menangani mslah..
    Driver hilang pkerjaan..
    Terimksh semoga rizki anda lancar

 Apa Komentar Anda?

Ada 122 komentar sampai saat ini..

Driver Grab Tidak Bertanggung Jawab dengan Menggantung Orderan Masuk

oleh Bgbt dibaca dalam: 1 menit
122