Surat Pembaca

Mohon Keringanan untuk Mencicil Tunggakan di HCI

Dengan hormat,

Saya ingin menyampaikan keluhan saya kepada pihak Home Credit Indonesia (HCI). Saya nasabah HCI yang terdampak Covid-19 atas nama Siti Solihat, nomor kontrak: 3903046228 dan angsuran Rp1.867.400 per bulan. Nominal pinjaman Rp40.000.000 (yang saya terima terima Rp39.600.000) dan cicilan sudah masuk 19 kali pembayaran.

Saya mendapatkan SMS dari HCI tanggal 28 Mei 2022 untuk melunasi semua tagihan dengan total Rp44.081.438. Kondisi ekonomi saya cukup sulit dan tidak ada penghasilan tetap, karena dampak dari pandemi di 2019. Pada bulan Mei 2020 saya mendapat relaksasi pembayaran selama 6 bulan dan setelahnya harus membayar normal kembali. Meski dalam kondisi sulit, saya selalu mencari uang untuk mencicil tiap bulannya.

Namun sejak tanggal 28 Mei 2022, setelah adanya SMS tersebut, sudah tidak bisa dicicil. Saya mendapat WA dari CS HCI dan dia mengatakan bahwa saya bisa mencicil. Akhirnya saya mencicil Rp700 ribu, tapi tidak ada notifikasi bahwa utang saya berkurang. Saya minta bukti bahwa utang saya berkurang, tapi tidak ada jawaban, hanya diinfo untuk email atau telepon call center.

Saya sudah coba email dan telepon call center, tapi jawabannya nihil. Mohon sekiranya pihak HCI bisa membantu permasalahan saya.

Terima kasih.

Siti Solihat
Karawang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Siti Solihat

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Siti di MediaKonsumen.com pada 14 September 2022 di kolom Surat...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saran aja, klo minjam di HCI jgn nunggak lebih dari 3 bulan, kalo nggak yaa utangnya dianggep tutup buku jadi harus bayar semuanya beserta denda dan bunga.

    Aku juga punya utang di HCI, di surat perjanjian juga ada kok biaya admin 5% jadi total uang yang aku pinjam bakal kepotong sama biaya admin 5% itu.

    Pinjam saat butuh emang suka terbawa suasana jadi asal main ttd kontrak aja, luangin waktu 5-10 mnt buat baca surat perjanjian kontraknya, biar makin yakin buat pinjam. Jangan sampe menyesal pas udah bayar angsuran sampe tenorya selesai.

    Semoga TS sehat selalu dan banyak rejeki biar bisa bayar utangnya

  • 1 kata : "HORROR" ngutang di pinjoL, bunganya juga Horror...!
    Pinjam 40 sdh byr 19 x 1,8 masih 40an?..
    Ngeri bunganya... ???

  • bunga nya mengerikan bah HCI
    anda jg salah di awal bkn nya di pikirkn baik" dulu...
    kalau sudah begini ya solusi nya berontak aja...
    kalau HCI mau gugat di pengadilan anda ikuti aja... gak ada itu yg nama nya utang piutang bisa di pidana itu hukum nya perdata
    kecuali anda menggelapkan uang bank baru bisa di pidana

    • Emang ngeri sih HCI ini. Bunganya gak ngotak. Pernah dulu cicilan barang lewat tokped, nilainya 4 jt an, ambil 9 bln kalo nggak salah cicilan 5 bulan pertama aman nggak pernah telat. Sampai ada musibah HP hilang ntah krmana. Setelah HP baru, nomor baru saya email ke CS HCI puluhan kali, telpon juga udah gak keitung. Ada respon juga masih dalam proses penggantian nomor telpon. Sampai akhirnya cicilan ke 6,7 lewat nggak bayar karena nggak tau harus bayar kemana karena nggak ada data nomor kontraknya. Akhirnya pasrah aja. Nungguin kolektor lapangan nyamperin. Dan akhirnya ketika kolektor lapangan dateng yg mukanya udah gak enak mau nyemprot, saya semprot duluan. Akhirnya justru diberi keringanan hanya bayar cicilan pokok tanpa bunga sampai cicilan ke 8 ( cicilan ke 6,7,8 harus dibayar sekaligus ) dan cicilan ke 9 bunga normal. Alhamdulillah lunas. Nggak2 lagi ke HCI selain bunganya nggak ngotak, system nya masih kayak ksp kelas kelurahan, ribet. Oh iya, kalo mau pinjol2 an gitu komitmen ya paling penting. Paling nggak dana cicilan 2 bulan ke depan aman, dan jgn muluk2 pinjem nya.

  • Sdh tau terdampak covid, Dari awal kok berani pinjam 40jt sih.. Kalau untuk modal usaha harusnya pinjam bank aja, dan harusnya dihitung bener2 mampu bayar/enggak..

    HCI parah2 dari lintah darat, bahaya bngt.. Smeoga bisa lekas terbebas dan jngn pernah pinjam lgi ke hci..

    Kalau memang maunya pakai pinjol pakai ajaKredivo, Akulaku, shopinjam, jauh lebih kecil bungany..

  • semoga saja bisa di selesaikan dengan baik dan lancar, cukup 1 masukan saja ke para sodara2 ku di manapun kalian berada,, klo ada tlp dari nomor tidak di kenal, dan menawarkan promo pinjaman dengan bunga ringan, tolong di abaikan saja, atau di alihkan melalui blokir panggilan, di samping mengganggu privasi kalian dan pastinya kalian akan terjerat dengan iming2 pinjaman uang besar dengan syarat mudah dan bunga ringan, padahal sudah jelas pinjaman yg satu ini Bunga nya bisa 110%. tetap bijak dalam melakukan pinjaman dan sesuaikan lah dengan kebutuhan kalian.. terimakasih..

  • Kuatin mental aja itu udh bayar sesuai pokok, bunga biarin aja. Dibawa hukum jg aman bawa agama jg aman orang udah bayar sesuai yg dipinjam.

  • Fintech2 yang memudahkan pinjaman memang seperti itu. Bunga gede dan kejam. Makanya kalau pinjam itu di bank, bank itu hati2 pasti background check dan membatasi pinjaman tujuannya apa tujuannya ya ketika terjadi seperti ini nasabah dan bank bisa nego lebih enak. Karena bank tau benar nasabah yg beresiko dan tidak. Resiko tinggi pasti tidak bisa pinjam gede atau jangka panjang, ini juga demi kebaikan bersama. Kalau fintech2 baru ya harus kejam karena mau memberikan pinjaman kepada nasabah resiko tinggi.

  • Saran saya kalau mau cicil barang usahakan di saldo mmg ada sejumlah uang tsb + bunga utk bayarnya,misal ambil kredit TV LED Harga 1,5 jt angsuran nya x12 160rb an uang beku saya ada 12 juta itu sangat aman,jd mindset salah kaprah kalau ambil cicilan krn nafsu krn gak cukup uang justru cicilan diambil krn cukup uang beli cash tapi dikredit karena memperingan aja bulanannya itu prinsip saya dan uang beku/aset harus melebihi kredit + bunga bulanan misal 2,5%,termasuk buat modal usaha,saran saya kedepan mau kredit lagi dibayar tunggakanya krn bi checking jelek kol 5 tdk bs ambil pinjaman,kalau mmg ga mau pinjam lagi kemanapun termasuk bank ya tdk usah dibayar ?

  • Besok beli cash aja, atau cicilan tenor rendah. Smua perusahaan pembiayaan sperti itu, dtambah ibu telat 278 hari. Udah masuk kapasitas buruk di bank. Smoga cepat kelar msalahnya