Kartu Minta Ditutup, tapi “Annual Fee” Tetap Harus Dibayar

Saya adalah pemilik kartu kredit BRI JCB No. 3565-****-****-8807. Pada tanggal 20 September 2022, saya menerima tagihan tanggal cetak 15 September 2022, di mana muncul annual fee sebesar Rp300.000.

Pada tanggal 21 September 2022, saya menelepon call center BRI 14017 dan diterima oleh Ibu Prita Menurut beliau, annual fee tersebut tidak dapat dihapuskan karena tidak memenuhi syarat. Saya meminta untuk kartu tersebut ditutup, tapi disebutkan bahwa harus dibayarkan dulu annual fee-nya.

Apakah memang BRI berbeda dengan kartu kreditnya lainnya, yang mana tagihan annual fee yang sudah tercetak harus dibayarkan meskipun sudah tidak mau digunakan lagi? Informasi ini tidak pernah diinformasikan sebelumnya dan seingat saya, saya tidak pernah apply kartu kredit tersebut.

Hati-hati pemaksaan dan iming-iming aktivasi kartu kredit di awal, ternyata harus bayar annual fee pada tahun kedua, meskipun kartu tidak dipakai dan mau ditutup. Ini trik marketing yang sangat keji.

Andi Kieputera
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Bapak Andi Kieputera

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas kekurangnyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Sobat BRI, mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Saat ini laporan akan kami tindak lanjuti. Tks~Priska

  • YA IYALAH harus dibayar kalau sdh tercetak. Kalau mau tutup CC ya sebelum tercetak annual fee dan tidak ada tagihan lg. Di mana mana jg begitu. Kalau mau dihapus biasa harus pengguna aktif atau disuruh belanja dl sekian rupiah. Kalau gak mau terima CC ya dari awal jgn diaktifkan atau ditutup

    • Kalau sudah muncul billing tagihan annual fee memang wajib dibayar kalau mau ditutup. Di bank lain juga seperti itu. Pengalaman saya pakai bank Mandi. Malah kalau kita info mau ditutup pasti gak bisa dihapuskan itu anual fee nya. Kalau kita mau pakai lagi biasanya dipertimbangkan untuk penghapusan AF nya.
      Kalau ndak merasa mengajukan kenapa di terima dan diaktifasi kartunya? Lebih baik tolak diawal kalau memang ndak mengajukan. Jangan terima apalagi aktifasi kartunya.
      Jangan merasa jadi korban kalau kita sendiri yang menerima tawaran mereka.

  • Apakah memang BRI berbeda dengan kartu kreditnya lainnya, yang mana tagihan annual fee yang sudah tercetak harus dibayarkan meskipun sudah tidak mau digunakan lagi?

    EMANG KALAU BANK LAIN GIMANA? TUTUP SEBELUM CETAK ATUH.

    Informasi ini tidak pernah diinformasikan sebelumnya dan seingat saya, saya tidak pernah apply kartu kredit tersebut.

    PASTI GAK BACA S&K YANG DATANG BERSAMAAN KARTUNYA. MEMANG INDONESIA ITU DARURAT LITERASI.

    • couldn't more agree. darurat literasi.
      kartu itu kalau kalau sudah di customer dianggap dipakai karena customer megang dana settle.
      bank sudah alokasikan dananya di kantong kamu.. yang tidak bisa diputer di platfond pinjaman lain.

      makanya banyak orang punya kartu kredit sebelum kena cetak annual fee dah ditutup. saya lumayan jaga jaga megang dana 9 atau 10 bulan tanpa bunga

  • Annual fee tetap harus dibayar meskipun KK minta ditutup, karena Anda sudah pakai KK untuk tahun yang lalu. Masak Anda pakai fasilitas KK tapi gak mau bayar annual fee?

    Bank lain juga begitu, selama gak gratis annual fee tetap harus bayar. Kalau Anda gak mau bayar annual fee, Anda akan akan tetap ditagih karena annual fee sudah jadi utang Anda kepada Bank penerbit KK. Jangan cuma pakai KK tapi gak bayar annual fee!

    • Zaman sekarang pakai kartu kredit itu org susah hrs cicil segala ribet.lebih baik dibiasakan ada uang cash iy belajakan . paling pakai debet ngak usah pusing ribet

  • Kalau tagihan sudah tercetak, memang harus di bayar Pak, meskipun itu "hanya" annual fee. Sepertinya mayoritas aturan kartu kredit seperti itu

  • Kartu kredit BRI memang unik. Di bank lain bisa langsung tutup kartu jika keberatan dengan iuran tahunan, sedangkan bank BRI tetap harus bayar walaupun kartunya mau ditutup.

    Bulan depan iuran tahunan kartu kredit BRI saya turun. Saya langsung tutup bulan ini sebelum iuran tahunannya muncul.

  • modus yg sama dgn bukopin.. sdh ada beberapa korban menulis kasus serupa di media konsumen (baik bukopin maupun bri)
    coba aja cari artikelnya, mungkin bisa kontak korban/penulisnya, untuk mendapat referensi solusi.

  • Saya pakai CC BCA hampir 8 thn, aturan juga sama klo mau d hapus biaya tahunan ya harus d gunakan, dan klo ga mau kena bunga biaya tahunan bayar lunas dulu nanti potong tagihan bulan berikutnya.. itulah aturannya mau ga mau ya klo masih perlu CC harus ikut aturan..
    Yang enak pakai CC CIMB Mastercard udah 7 tahun ga pernah ada biaya tahunan..

  • Itulah makanya saya tutup kartu kredit saya. Sudah ada bunga ada juga annual feenya. Bunganya juga besar. Sementara tabungan kita sama sekali gak diberi bunga malah kena admin. Sekarang beli sesuatu yang cash saja, kalau gak ada uang untuk membeli sesuatu ya tahan selera sampai uangnya terkumpul.