Surat Pembaca

Terlambat Check In 2 Menit, Tiket Citilink Hangus

Saya pengguna aplikasi tiket.com dan saya mau berangkat menggunakan pesawat maskapai Citilink. Saat check in, saya terlambat 2 menit tiket langsung di-closed dan tidak ada solusi. Saya tanya ke pihak maskapai perihal tersebut, dinyatakan tiket hanya bisa sekali digunakan. Saya tanya pihak aplikasi, dinyatakan mengikuti pihak maskapai.

Memang saya terlambat check in hanya 2 menit, yang mana tidak ada solusi sama sekali. Saat saya melakukan pemesanan di aplikasi tiket.com dinyatakan bisa reschedule sebelum jadwal penerbangan dilakukan. Saat saya terlambat check in pada pukul 14.12, yang seharusnya keberangkatan 14.40 dan saya mau mengajukan reschedule, tapi tidak bisa dilakukan dari pihak aplikasi.

Bertinus Hutagalung
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan tiket.com atas Surat sobat tiket Bertinus

Halo sobat tiket, Sehubungan dengan surat pembaca di Media Konsumen tanggal 20 Oktober 2022 yang ditulis atas nama sobat tiket...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Reschedule ada batas waktunya. Beberapa hari sampai beberapa jam sebelum penerbangan. Kalau terlambat cek in, itu sudah pasti tidak bisa di reschedule. Bukan cuma pesawat, tapi semua jenis transportasi antar kota. Semua punya aturan untuk menjamin keselamatan penumpang. Apalagi pesawat yg butuh banyak persiapan sebelum terbang, jadi punya batas waktu cek in. Gak bisa kayak "angkot" yg bisa berhenti / berangkat kapanpun juga.
      Transportasi udara pasti sangat ketat aturannya. Jadi gak ada kesalahan dari pihak Citilink sebagai pelaksana penerbangan ataupun Tiket.Com penyedia layanannya. Semua sudah sesuai aturan.
      Jadi soal tiket hangus karena terlambat ya memang harus IKHLAS.

      Sekali lagi, jadwal cek in itu masuk sebagai jadwal keberangkatan. Jadi bukan jadwal terbangnya yg dijadikan patokan. Karena dihitung berdasarkan rata-rata persiapan waktu penerbangan. Termasuk waktu penumpang untuk menyelesaikan administrasi dan perjalanan dari konter ke pesawat.

    • Ya kalau terlambat checkin ya hangus lah.. kecuali anda konsumen super prioritas. Baca2 dulu sebelum nukis keluhan di media konsumen pak...:)

      • Yg terlambat check in, tiketnya di jual lagi offline di counter tiket maskapainya. Karena masih ada waktu 30 menit sebelum pesawat take off,

    • Ini mah murni kesalahan konsumen n ga bisa diapa2in, hanguslah...sudah lumrah..flight pun on schedule

      Mkn beda dg ari lasso case nya jadwal pesawat n gatenya yg dirubah2 jd bikin bingung pejumpang

    • Online cek in cuma buat status saja dan untuk mempersingkat waktu agar tidak antri cek in manual. Artinya kursi sudah terpilih dan tidak bisa dijual lagi oleh maskapai. Kalau penumpang tetap harus hadir dan berada diruang boarding sesuai ketentuan. Walau sdh online cek in, tapi datang setelah gate ditutup ya tetap saja tidak bisa ikut terbang

    • Sial nya kamu itu bukan artiss atau ari lasso,
      Hangus lah, mungkin beda cerita kalo kamu nya artis , pejabat, tau orang berpengaruh

  • yah kebijakan maskapai ga bisa di ubah2
    atau bisa jadi slot anda sudah di isi sama orang yg butuh tiket dadakan

  • usahakan utk penerbangan domestik udah hadir 2 jam sebelum keberangkatan. utk internasional 3 jam sebelum keberangkatan. Untuk meminimalisir kejadian2 seperti ini

  • KALAU JADWAL PENERBANGAN PUKUL 14.40, BERARTI CHECK IN TERAKHIR/MAKSIMAL PUKUL 13.40 (1 JAM SEBELUM JADWAL PENERBANGAN).

    YANG ANDA MAKSUD TELAT CHECK IN 2 MENIT PADA PUKUL 14.12 ITU ADALAH BOARDING TIME.
    ARTINYA POSISI ANDA PUKUL 14.10 HARUS SUDAH DI BOARDING GATE UNTUK MASUK KE PESAWAT (30 MENIT SEBELUM WAKTU PESAWAT TAKE OFF).