Terlambat Check In 2 Menit, Tiket Citilink Hangus

Saya pengguna aplikasi tiket.com dan saya mau berangkat menggunakan pesawat maskapai Citilink. Saat check in, saya terlambat 2 menit tiket langsung di-closed dan tidak ada solusi. Saya tanya ke pihak maskapai perihal tersebut, dinyatakan tiket hanya bisa sekali digunakan. Saya tanya pihak aplikasi, dinyatakan mengikuti pihak maskapai.

Memang saya terlambat check in hanya 2 menit, yang mana tidak ada solusi sama sekali. Saat saya melakukan pemesanan di aplikasi tiket.com dinyatakan bisa reschedule sebelum jadwal penerbangan dilakukan. Saat saya terlambat check in pada pukul 14.12, yang seharusnya keberangkatan 14.40 dan saya mau mengajukan reschedule, tapi tidak bisa dilakukan dari pihak aplikasi.

Bertinus Hutagalung
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan tiket.com atas Surat sobat tiket Bertinus

Halo sobat tiket, Sehubungan dengan surat pembaca di Media Konsumen tanggal 20 Oktober 2022 yang ditulis atas nama sobat tiket...
Baca Selengkapnya

54 komentar untuk “Terlambat Check In 2 Menit, Tiket Citilink Hangus

    • 21 Oktober 2022 - (09:25 WIB)
      Permalink

      Reschedule ada batas waktunya. Beberapa hari sampai beberapa jam sebelum penerbangan. Kalau terlambat cek in, itu sudah pasti tidak bisa di reschedule. Bukan cuma pesawat, tapi semua jenis transportasi antar kota. Semua punya aturan untuk menjamin keselamatan penumpang. Apalagi pesawat yg butuh banyak persiapan sebelum terbang, jadi punya batas waktu cek in. Gak bisa kayak “angkot” yg bisa berhenti / berangkat kapanpun juga.
      Transportasi udara pasti sangat ketat aturannya. Jadi gak ada kesalahan dari pihak Citilink sebagai pelaksana penerbangan ataupun Tiket.Com penyedia layanannya. Semua sudah sesuai aturan.
      Jadi soal tiket hangus karena terlambat ya memang harus IKHLAS.

      Sekali lagi, jadwal cek in itu masuk sebagai jadwal keberangkatan. Jadi bukan jadwal terbangnya yg dijadikan patokan. Karena dihitung berdasarkan rata-rata persiapan waktu penerbangan. Termasuk waktu penumpang untuk menyelesaikan administrasi dan perjalanan dari konter ke pesawat.

      29
    • 22 Oktober 2022 - (10:02 WIB)
      Permalink

      Ya kalau terlambat checkin ya hangus lah.. kecuali anda konsumen super prioritas. Baca2 dulu sebelum nukis keluhan di media konsumen pak…:)

      • 25 Oktober 2022 - (00:43 WIB)
        Permalink

        Yg terlambat check in, tiketnya di jual lagi offline di counter tiket maskapainya. Karena masih ada waktu 30 menit sebelum pesawat take off,

    • 21 Oktober 2022 - (05:14 WIB)
      Permalink

      Ini mah murni kesalahan konsumen n ga bisa diapa2in, hanguslah…sudah lumrah..flight pun on schedule

      Mkn beda dg ari lasso case nya jadwal pesawat n gatenya yg dirubah2 jd bikin bingung pejumpang

      13
    • 21 Oktober 2022 - (09:48 WIB)
      Permalink

      Online cek in cuma buat status saja dan untuk mempersingkat waktu agar tidak antri cek in manual. Artinya kursi sudah terpilih dan tidak bisa dijual lagi oleh maskapai. Kalau penumpang tetap harus hadir dan berada diruang boarding sesuai ketentuan. Walau sdh online cek in, tapi datang setelah gate ditutup ya tetap saja tidak bisa ikut terbang

    • 27 Oktober 2022 - (08:44 WIB)
      Permalink

      Sial nya kamu itu bukan artiss atau ari lasso,
      Hangus lah, mungkin beda cerita kalo kamu nya artis , pejabat, tau orang berpengaruh

  • 20 Oktober 2022 - (09:24 WIB)
    Permalink

    yah kebijakan maskapai ga bisa di ubah2
    atau bisa jadi slot anda sudah di isi sama orang yg butuh tiket dadakan

    11
    2
  • 20 Oktober 2022 - (12:26 WIB)
    Permalink

    usahakan utk penerbangan domestik udah hadir 2 jam sebelum keberangkatan. utk internasional 3 jam sebelum keberangkatan. Untuk meminimalisir kejadian2 seperti ini

    28
  • 20 Oktober 2022 - (14:28 WIB)
    Permalink

    KALAU JADWAL PENERBANGAN PUKUL 14.40, BERARTI CHECK IN TERAKHIR/MAKSIMAL PUKUL 13.40 (1 JAM SEBELUM JADWAL PENERBANGAN).

    YANG ANDA MAKSUD TELAT CHECK IN 2 MENIT PADA PUKUL 14.12 ITU ADALAH BOARDING TIME.
    ARTINYA POSISI ANDA PUKUL 14.10 HARUS SUDAH DI BOARDING GATE UNTUK MASUK KE PESAWAT (30 MENIT SEBELUM WAKTU PESAWAT TAKE OFF).

    43
    • 20 Oktober 2022 - (18:41 WIB)
      Permalink

      Beda kasus bro, jangan disamaratakan.

      Kasus Ari Lasso karena kesalahan pihak maskapai terkait penyampaian informasi penerbangan yang salah via WA. Kebetulan maskapai yang dia pakai adalah maskapai full service.

      Kalau TS murni kesalahannya sendiri karena mengabaikan aturan untuk datang di bandara setidaknya 2 jam sebelum jadwal penerbangan domestik. Dan maskapai yang dipakai adalah maskapai low cost.

      Jadi syarat dan ketentuan refund tiket penerbangan itu mengikuti kebijakan maskapai, bukan karena penumpang adalah Sosok Terkenal atau bukan.
      Dilihat apa alasan pengajuan Refund dan kapan Refund diajukan (apakah masih dalam periode waktu Refund).

      25
    • 25 Oktober 2022 - (08:21 WIB)
      Permalink

      Silahkan anda coba terlambat check in lalu undang wartawan untuk konfersi pers.. semoga uang tiket anda di kembalikan juga..

  • 20 Oktober 2022 - (18:57 WIB)
    Permalink

    Kalau naik pesawat sebaiknya 2 jam sebelum keberangkatan sudah di tempat check in. Kecuali kalau banyak duit, siap beli tiket lagi karena tiket hangus karena telat check in.

    • 22 Oktober 2022 - (11:40 WIB)
      Permalink

      Itu seharusnya masih bisa check in tapi akal2 pihak checkinnya aja karena hanya 2 menit beda sedangkan yang mau tutup pintu aja pesawat masih bisa di tahan sama pihak boarding atau check innya dan tiket itu nanti bisa di perjual belikan…dan reschedule ya sudah tidak bisa

      1
      11
  • 20 Oktober 2022 - (19:23 WIB)
    Permalink

    Iya batas check in itu 1 jam sblm keberangkatan sdh closed. Harusnya 2 jam sblm keberangkatan sdh sampai tempat check in atau pakai check in online

  • 20 Oktober 2022 - (19:36 WIB)
    Permalink

    Informasi telat 2 menit gate ditutup itu sepertinya gate boarding, jd pintu pesawat sudah ditutup. Pun Anda sdah cek in online tetap terlambat, tidak bs masuk pesawat.
    Next nya perlu datang jauh lebih awal dan cek in online. lebih baik kita yg menunggu krn pesawat ngga akan nungguin kita…. kecuali pesawat pribadi kali ya.
    Kalau di luar negri, ditransportasi2 umum ke bandara malah disarankan 3 jam sebelum waktu keberangkatan domestik dan 4 jam utk internasional, krn kita tidak bs tau apa yg mungkin terjadi diperjalanan.

    10
    • 20 Oktober 2022 - (23:15 WIB)
      Permalink

      Ini kesalahan anda sendiri.. di tiket juga tertulis batas cekin. Apa lagi aplikasi selalu ngingatin waktu cekin online. Anda yg kurang teliti. Semoga bisa menjadi pengalaman

  • 20 Oktober 2022 - (23:28 WIB)
    Permalink

    Naik pesawat memang tidak seflexible naik bus atau kereta.. karena berhubungan dengan manifes penumpang.. penerbangan 14.40 anda datang 14.12 kapan petugas memiliki waktu memasukan anda kedalam sistem?.. pastikan waktu chekin terakhir dan datang paling mepet sekali 30 menit sebelum waktu chekin habis.. memang ada fasilitas reschedule gratis yang ditawarkan beberapa online travel agent. tapi ada syarat dan ketentuannya biasanya maksimal free reschedule itu 12 jam sebelum keberangkatan (pengalaman terakhir saya pakai traveloka masa” pandemi banyak yang batal karena antigennya positif)..biasanya dalam kondisi normal maskapai mengenakan aturan 24 jam bahkan 30 jam.. setelah waktu itu dikenakan refund dengan pemotongan biaya .. tapi kasusnya disini melebihi waktu chekin ya tiket anda dianggap hangus.. jadi pastikan luangkan waktu anda 2 jam dibandara sebelum berangkat + estimasi waktu tempuh ke bandara pada jam sibuk + 1 jam.. ya memang itulah tidak enaknya naik pesawat
    kadang waktu yang habis untuk persiapan berangkat lebih lama daripada waktu terbang ?

    11
  • 21 Oktober 2022 - (11:03 WIB)
    Permalink

    Ketika kita membeli tiket pesawat, semua sudah di terangkan di s&k bang. Waktu refund, reschedule, dll.
    Mudah²an ini menjadi pelajaran buat kita supaya lebih berhati² lagi kedepannya

  • 21 Oktober 2022 - (20:28 WIB)
    Permalink

    Penerbangan domestik minimal 2 jam sebelum keberangkatan, yah kalo jam 14.12 mah terlaluuuu
    Gara² 1 org ngerugiin smua penumpang nungguin dia.
    Setiap tiket ada ketentuan nya masing²
    Besok² naik bus aja

  • 21 Oktober 2022 - (21:13 WIB)
    Permalink

    Ts nya full salah ini mah, 1. Salah gk ontime, 2. Salah gk manfaatin check in online, 3. Salah kepalanya keras kyk batu, 4. Salah up ke media online tetapi kurang literasi. Rip, jgn seolah olah menjadi korban

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 54 komentar sampai saat ini..

Terlambat Check In 2 Menit, Tiket Citilink Hangus

oleh Bertinus dibaca dalam: <1 menit
54