Surat Pembaca

Kabel PLN Melintasi Tempat Saya Tanpa Izin

Selamat siang untuk pembaca Media Konsumen. Surat ini saya tulis untuk pihak PLN dan pihak lainnnya. Sesuai foto yang saya upload, saya mempunyai permasalahan dengan kabel yang melintasi tanah saya tanpa izin.

Saya sudah menghubungi pihak PLN dan dijawab kalau mau memindahkan kabel itu, saya dikenakan BIAYA pemindahan. Dia bilang bahwa pihak PLN diizinkan untuk melintaskan kabelnya di persil orang. Perlu digarisbawahi, selain kabel ini sudah lama melintang, juga tanpa izin melintasi tanah saya. Karena kabel itu, saya mau pasang atap juga terganggu.

Saya masih awam mengenai PLN dan juga selama ini saya membaca bahwa PLN ini memang banyak masalah. Yang saya mau tanyakan, apakah memang diperbolehkan kabel PLN melintang tanpa izin dari pemilik bangunan? Apakah saya memang harus membayar biaya pemindahan? Padahal kabel itu melewati pekarangan orang tanpa izin.

Terima kasih untuk Media Konsumen atas dimuatnya surat keluhan saya ini.

Haryanto Bandra
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PLN atas Surat Pengaduan “Kabel PLN Melintasi Tempat Saya Tanpa Izin”

Sehubungan dengan pengaduan pelanggan melalui mediakonsumen.com pada tanggal 2 November 2022 dengan judul “Kabel PLN Melintasi Tempat Saya Tanpa Izin”...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • PLN
    Tidak heran
    Berlindung di balik "negara"
    Kalau begitu cerita nya, PLN tinggal pasang ja kabel melewati rumah warga2
    Biar nanti mau pindah semua warga harus bayar

  • Inilah aturan yang menyengsarakan, seharusnya kalau kabel melintasi tanah SHM orang, ya harus siap dipindahkan atau re route sama PLN.
    Saya mau nyalonin DPR untuk tujuan menghilangkan undang2 yang menindas rakyat.

  • @Haryanto masih mending kabel PLN melintas di tanah anda, kalau di rumah saya malah tiang PLN nya ada di teras rumah saya.????

  • Tanya kan pemilik tanah pertama pas kabel itu di pasang biyasa nya 5 tahun sebelum berdiri tiang udah ada pembahasan

  • Potong aja...kan gakan ketahuan siapa yg motong...pastikan ga ada cctv dan saksi yg lihat

  • Dari foto terlihat seperti ada jalan layang melintas di atas lokasi yang dipermasalahkan. TS cuma menunjukkan fakta tanpa bukti penunjang karena cuma menyebutkan "tanah saya" dan "pemilik bangunan" tanpa bukti sah kepemilikan tanah/bangunan. Siapa yang salah? Siapa yang benar? Untuk sementara masih rumput yang bergoyang.

  • Itu udah jdi adat istiadat pe el en. Ga dimana mana bnyak yg bgitu..giliran suruh bongkar/pindah tiang eee kita yg suruh biayain kan mak lampir bneran tuh..boro2 bayar sewa..ijin aja ga.. Bongkar paksa kita yg dituntut..Mrampas sejengkal tanah orang dgn terang2 an yg sudah trjadi puluhan tahun tanpa ada tindakan dri pihak trkait.. Selamat dan sukses..

    • Yang ga suka PLN, pasang saja PLTS atau PLTD sendiri. Dijamin biaya investnya lebih mahal dari pada nyambung listrik PLN

  • Langsung di komplain ke PLNnya pak. Klo ngg, ngg bakalan diurus. Di bali sudah sempat kejadian. Yg kena kebetulan kawan saya saat instalasi cctv di tempat klien saya. Jadi saat instalasi, ada 1 kabel yg terjatuh dan nyangkut ke arah kabel PLN. Ketika di ambil, kawan saya tersengat listrik dari kabel PLN. Syukurnya masih bisa hidup, tp kondisinya cacat. Setahun setelah kejadian itu, saya lihat di tempat klien saya sudah tidak ada kabel PLN yg masuk ke area tanah si klien.
    Saran saya, langsung komplain ke PLN. Ajak juga pak RT atau pak RW setempat supaya pihak PLN paham

Penulis
Haryanto Haryanto