Tanggapan PLN atas Surat Pengaduan “Kabel PLN Melintasi Tempat Saya Tanpa Izin”

Sehubungan dengan pengaduan pelanggan melalui mediakonsumen.com pada tanggal 2 November 2022 dengan judul “Kabel PLN Melintasi Tempat Saya Tanpa Izin” oleh Bapak Haryanto Bandra bersama ini kami sampaikan:

  1. PLN sudah bertemu dengan Bapak Haryanto dan mendengar langsung keinginannya.
  2. Bapak Haryanto menghubungi Contact Center 123 beberapa bulan lalu (tidak ingat waktu tepatnya) dan baru menanyakan prosedur pemindahan tiang kepada petugas Contact Center.
  3. Bapak Haryanto belum melakukan pengajuan pemindahan tiang atau kabel.
  4. Sudah dijelaskan oleh petugas PLN yang datang bahwa untuk pemindahan tiang, pelanggan diminta mengajukan ke PLN. Setelah itu akan dilakukan survey ke lokasi untuk menentukan apakah ada biaya yang timbul.
  5. Untuk informasi, pengaduan, maupun keluhan terkait kelistrikan, pelanggan bisa mengunduh aplikasi PLN Mobile di Play Store dan App Store.

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Salam,

Kemas Abdul Gaffur
Senior Manager Komunikasi dan Umum
PLN UID Jakarta Raya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tanggapan PLN:
[Total:1626    Rata-Rata: 1.7/5]
Kabel PLN Melintasi Tempat Saya Tanpa Izin

Selamat siang untuk pembaca Media Konsumen. Surat ini saya tulis untuk pihak PLN dan pihak lainnnya. Sesuai foto yang saya...
Baca Selengkapnya

68 komentar untuk “Tanggapan PLN atas Surat Pengaduan “Kabel PLN Melintasi Tempat Saya Tanpa Izin”

  • 4 November 2022 - (11:50 WIB)
    Permalink

    Tiang listrik dan kabel yg dilalui itu dibangun dan melewati tanah anda atau tdk ?? Coba cek blue print di sertifikat rumah… Kalo tidak melewati dan tidak di bangun di tanah anda.. Anda tidak berhak untuk komplain…. Kalo anda keberatan mungkin bisa dipindahkan tapi dengan kompensasi biaya.. itu sudah sesuai prosedur undang2 dan hukum…

    Sekian dan terima kasih.. 😁😁😁

    19
    268
    • 4 November 2022 - (12:35 WIB)
      Permalink

      Baca makanya baca isi postingannya, itu melintas di atas tanah nya.

      Busetdah. Jangan” karyawan PLN lu ya? 🤭🤭🤭😪😪

      210
      6
      • 4 November 2022 - (12:40 WIB)
        Permalink

        Sdh baca UU?? Mana bagian yg bisa di kompensasi mana yg bisa di ganti rugi? Banyak org awam yg gk ngerti prosedur asal cuap² di media yg penting rame dulu

        14
        39
        • 4 November 2022 - (22:19 WIB)
          Permalink

          Kepentingan umum, ya umum.
          Apa gk ada berfikir yg jernih, tim survei, gambar PLN setiap Rayon PLN ,
          Kalau tempat, arah kabel mengikuti alur jalan . Mungkin aman aman saja.
          🙏

          31
          1
          • 5 November 2022 - (12:32 WIB)
            Permalink

            Harusnya kalau kepentingan umum, kita nggk perlu keluar biaya untuk tiang listrik atau meteran PLN.. Toh kita bayar juga itu masih milik mereka.. Ckckckckck…

            47
            4
        • 5 November 2022 - (06:38 WIB)
          Permalink

          Banyak kasus kabel PLN melintasi tanah pribadi/warga. Tapi PLN emang gak pernah ijin. Suatu saat pemilik mau bangun pasti lapor dan ujung ujungnya seperti ini. Ditanggapi itu setelah viral,kalau gak viral gak di tanggapi.

          112
          4
          • 5 November 2022 - (10:01 WIB)
            Permalink

            Biar cepat sih telpon dulu, datangi pln,lalu marah marah kalau emang di tanah pribadi, pasti cepat solusinya. .

            18
            4
          • 8 November 2022 - (01:59 WIB)
            Permalink

            PLN numpang kabel dan tiang gratis, monopoli, tapi riap tahun mengeluh rugi.

            15
          • 10 November 2022 - (08:49 WIB)
            Permalink

            Betul sekali. Kalau viral baru ditanggapi. Kalau gak viral, ya diabaikan saja.

            Lagian PLN ni mentang2 punya pemerintah, mau seenaknya aja. Nancap tiang listrik ditanah orang gratis, harusnya kan sewa itu.

            Pemilik mau minta pindahkan, eh dikenai biaya.

            Dikira pemilik pakai listrik gratis apa.

            14
          • 11 November 2022 - (22:36 WIB)
            Permalink

            Nyusahin yg punya lahan. Melintasi area pribadi dengan gratis tapi giliran suruh geser/pindahin minta biaya. Waras???

        • 5 November 2022 - (11:55 WIB)
          Permalink

          Ini krn Monopoli listrik hanya dikuasai PLN…dikit dikit diancam putus listrik kabel semrawut cari yg gampang aja pasangnya…coba ada Perusahaan listrik swasta baru keliatan kinerja PLN sesungguhnya…

          90
          • 6 November 2022 - (18:40 WIB)
            Permalink

            Betul setuju banget. Semoga kedepan ada pihak swasta yg bisa bersaing dengan PE EL EN

            14
        • 6 November 2022 - (13:09 WIB)
          Permalink

          Mohon maaf sebelum nya utk semua pembaca yg budiman, menyikapi masalah ini terlepas atau tidak nya tiang PLN ada dlm tanah seseorang atau rumah nya dilintasi kabel baru atau pemasangan baru tentu hal ini memberi ketidak nyamanan bagi pemilik rumah, harus nya PLN ada koordinasilah dgn warga yg tanah nya mau dipakai atau rumah nya mau dilintasi kabel, krn bila hal ini sudah terjadi ujung² nya jd warga yg harus mengurus dan memenuhi yg di isyaratkan PLN, dgn aturan yg di buat PLN apalagi ini yg menjawab/ merespon PLN pusat nya otomatis warga yg harus aktif utk memenuhi syarat ini dan diharapkan PLN daerah jg secepat nya merespon keluhan warga, mungkin demikian pemikiran saya pribadi , trm kasih 🙏

          34
        • 7 November 2022 - (11:18 WIB)
          Permalink

          Logika nya fasilitas untuk kepentingan umum harusnya sejalur dengan jalan umum pasti akan rapih dan tidak menjadi masalah dengan pemilik lahan yg berhak untuk menggunakan lahan nya sendiri.

      • 8 November 2022 - (12:02 WIB)
        Permalink

        Mentang-mentang Monopoli jadi begini ni PLN dari dulu yang dirugikan kalau hal seprti ini ya Rakyat Kecil, jawaban Dari PLN nya aja terkesan meremehkan

      • 10 November 2022 - (06:55 WIB)
        Permalink

        Mungkin dia cuma bisa nulis dan gak bisa baca ,, soalnya kalau pengaduan ke PLN itu sangat slowwwww respon 😂😂😂😂

    • 4 November 2022 - (13:09 WIB)
      Permalink

      Saya juga diminta 5jt untuk pemindahan kabel pln yang jelas jelas melintas tanah saya waktu bangun rumah, ya gak kalah akal saya timpa aja dengan bangunan saya jadi kokoh☺️🙏

      66
      3
      • 5 November 2022 - (10:03 WIB)
        Permalink

        Yup bisa dipotong juga tapi sebelumnya datang dulu ke kantor PLN dan jangan lupa bukti video, kalau benar melintasi tanah / tempat pribadi yang sah .

        15
        1
        • 8 November 2022 - (07:10 WIB)
          Permalink

          Diluar Negri ( Kebetulan Di Arab Saudi ), kalau tidak salah saya perhatikan, memang TIDAK ADA kabel listrik yang melintasi Tanah Orang Lain, Mereka Menanam nya Dibawah Tanah. Dimunculkan Lagi Di Tiang, Dan Tiang Itu Dipinggir2 Rumah Orang. Tidak Se Ruwet Yang Saya liat di foto diatas. Itu yang saya Tahu.

          • 8 November 2022 - (09:42 WIB)
            Permalink

            Jgn berlindung dibalik UU..ini kok PLN (jk bnr)sdh salah melintasi tanah org, malah prosedur nya seolah warga yg salah??pake pengajuan pemindahan Dan biaya kompensasi??namanya pengaduan ya tindaklanjuti..
            Kalo ada aturan bgtu ya aturan/UU nya yg hrs diubah. UU msh berbau feodal kumpeni!!

            14
      • 5 November 2022 - (23:18 WIB)
        Permalink

        Sebenernya dasar aturan PLN mengenakan biaya pemindahan tiang atau jalur kabelnya apa ya? Serius nanya.
        Soalnya rata2 tiang PLN pasti ditanah milik pribadi, lalu kalau minta dipindahkan tiangnya, apa akan dikenakan biaya si pemilik lahan/tanah?

        14
      • 5 November 2022 - (05:18 WIB)
        Permalink

        Dipekarngan rumah sya juga ada tiang listrik..kwnapa tidak ada kompensasi dri pln..ketika telat bayar tetep aja kena denda…sue emng klo jdi wong cilik

        21
        2
        • 5 November 2022 - (10:05 WIB)
          Permalink

          Harusnya ada sih kalau PLN pasang tiang atau gardu di tanah pribadi ada kompensasi nya . . Cuma harus di follow up karena pasti ada kompensasi yang keluar cuma gak nyampe ke pemilik tanah resmi

          12
          1
          • 7 November 2022 - (16:58 WIB)
            Permalink

            Bener mas bro…PLN kalau masang tiang ditanah warga kenapa ga ada kompensasi..
            Tapi kalau warga minta tiang dipindah kenapa harus mbayar..kalau memang ada UUnya…berarti PLN maunya menang sendiri…bukannya bikin mudah tapi bikin susah namanya..

            6
            1
    • 4 November 2022 - (19:42 WIB)
      Permalink

      Coba kl tdk viral pasti tdk ditanggapi PLN. Itu sdh protes tp krn harus bayar y gmn lagi. Jelas Indonesia itu yg menang selalu yg berkuasa dan hanya kalah dg viral.

      17
      4
    • 5 November 2022 - (06:42 WIB)
      Permalink

      Buzzerp PLN kah? Kelakuan buzzerp PLN emang menggemaskan. Gak hanya mencari masalah dengan pelanggan PLN yg keberatan. Tapi juga mencari masalah sama pengguna panel Surya.

      17
      1
    • 5 November 2022 - (19:03 WIB)
      Permalink

      Kpn yaa ada saingan pln..biar ga terlalu smena mena mereka…ayo dong swasta bersaing ama pln

      8
      1
      • 7 November 2022 - (11:05 WIB)
        Permalink

        Pesaing dari swasta pasti ada aja cuman izin dari pemerintah nya pasti yang susah,😅

      • 10 November 2022 - (08:55 WIB)
        Permalink

        Yuk kita patungan, bikin perusahaan swasta saingan PLN.
        Kalau ada 1jt orang yang ikutan, maka tentu mudah bagi kita

    • 5 November 2022 - (21:11 WIB)
      Permalink

      Halah ini PLN jawabnya terlalu prosedural…. Itu kan tanahnya pelanggan, kabel lewat tanahnya pelanggan… Harusnya gak kena biaya pindah… PLN yg harusnya bayar sewa karena selama ini kabel lewat tanahnya pelanggan

      16
    • 6 November 2022 - (11:58 WIB)
      Permalink

      Tidak fair jika biaya dibebankan pada pemilik lahan. Contohlah BTS² yg dibangun diatas lahan warga, pemilik tanah malah mendapat uang sewa.

      • 9 November 2022 - (17:59 WIB)
        Permalink

        Yg namanya monopoli ya nguntungin yg punya hajat…… Merasa dilindungi undang2 dalih demi kemaslahatan warga Bayangin aja ibarat nanem patok ditanah orang giliran yg punya tanah mau cabut malah suruh bayar sama yg nanem padahal waktu nanem ga ada kompensasi…

    • 11 November 2022 - (16:08 WIB)
      Permalink

      Kejadian sama dg yg di alami ibu saya di atas genting rumahnya di pasang tiang listrik utk menyalurkan ke warga lain.hal ini sangat menggangu rumah saya,apalagi pas ada perbaikan kabel yg ada di atas atap genting rumah,dan genting rumah saya pecah dan banyak yg retak dan bergeser tapi petugas diam saja dan itu kita tahu setelah turun hujan dan terjadilah banjir lokal dlm rumah,utk hal seperti ini apa benar? Pln tdk bertanggung jawab? Terhadap kebocorannya? Lokasi kejadian di desa gandanekar kec kadungora belakang koperasi kiaradodot

  • 4 November 2022 - (19:10 WIB)
    Permalink

    Bayangkan saja kalau seandainya semua warga komplain kabel melintasi tanah atau bangunan. Bayangkan berapa juta warga yg tanahnya dilalui kabel pln. Apa iya tiang listriknya dipindah di tengah jalan? Maka sudah benar itu komentar paling atas, ikuti aturan dan uu yg ada.

    3
    52
    • 4 November 2022 - (19:33 WIB)
      Permalink

      Dih si bapak, jangan menunjukan kebodohan disini pak, mending diam, bayangkan bayangkan ya anda saja sama pln yg bayangkan.

      15
      1
    • 5 November 2022 - (21:16 WIB)
      Permalink

      Ini paling karyawan PLN juga… Jadi cara jawabnya persis maunya PLN… Jangan lupa… PLN bukan lembaga sosial… Murni bisnis… Pelanggan bayar listrik hallow…bukan dikasih cuma2…wajar pelanggan mempermasalahkan kabel PLN lewat tanahnya….

      14
    • 6 November 2022 - (11:28 WIB)
      Permalink

      Jangan banyak berandai & pasrah donk pak dengan kondisi yg menimpa, usaha dulu baru pasrah itu yg bener itulah kenapa negara kita telat maju, karena selalu nerima tanpa memperjuangkan haknya dan diwariskan ke anak cucunya seperti itu…

      3
      1
  • 4 November 2022 - (19:45 WIB)
    Permalink

    Pak Hery, coba bayangkan kabel PLN lewat tepat di atas rumahmu persis tdk di samping & ketika anda mau ninggikan rumah atau rumah ditingkat kena kabel PLN. Coba banyangi aja anda mau gmn?

    15
    • 4 November 2022 - (20:06 WIB)
      Permalink

      Saya tidak akan tinggikan, apalagi jika memang sudah tidak mungkin dipindah. Itu kepentingan umum.

      45
  • 5 November 2022 - (06:16 WIB)
    Permalink

    Semoga PLTS dan powerbank 5000watt bisa jadi pilihan lain selain PLN. Diluar 2 opsi ini sudah mulai sering dipakai org2x yg pilih hidup off-grid. Menunggu harga turun utk dua opsi tsb.

    4
    1
  • 5 November 2022 - (06:31 WIB)
    Permalink

    Memang Akan ada Biaya Yang Timbul akibat Pemidahan Tiang Tersebut. Jika di pindahkan. Siapa yg mau menanggung biaya Material yg keluar akibat dari pemindahan tiang tersebut. Dan siapa yang mau membayar jasa vendor yg mengerjakannya. Dan siapa yang akan mengganti biaya kwh yang Hilang akibat Pemadam. Karena kalau tiang di pindahkan otomatis Listrik akan di padamkan..! Hal ini sdh sesuai Prosedur dan uu yang berlaku.

    2
    13
    • 5 November 2022 - (20:34 WIB)
      Permalink

      harus ada kompensasi tuh buat pemilik lahan, pln bukan lembaga sosial loh, tapi persero…

  • 5 November 2022 - (21:23 WIB)
    Permalink

    Setau saya kenapa di kenakan biaya pindah karena dari PLN ga ada angaran untuk itu,kalo mau cepat bisa bayar kalo emang ga mau ya ajukan tapi tungu dana ada dari PLN,bisa di acc atau bisa juga enga di acc dari pusat..
    Dan kenapa tidak ada kompensasi di lahan,PLN agau intansi pemerintah biasanya akan membangun prasarana berdasarkan hibah atau sukarela,jadi kalo memang keberatan silahkan adukan ke PLN,kalo mau pindah pake tenaga surya mungkin pikir2 ulang dulu,berdasarkan riset untuk komponen trnaga surya itu bertahan +- 6 tahun dan habis itu kemungkinan akan mengeluarka budget yang luamayan,memang si murah di awal

  • 6 November 2022 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Masyarakat yg jd korban PLN harus diribetkan dengan prosedur dr PLN.
    Pertanyaannya dulu waktu PLN pasang instalasi ke tempat orang itu mereka mengajukan ijin ke pemilik lahan gk??
    Semoga teknologi power bank & panel surga cepet maju biar bisa lepas dr PLN.

  • 7 November 2022 - (10:52 WIB)
    Permalink

    Dari kejadian ini bisa disimpulkan menjadi pelajaran jangan membeli lahan yg di lintasi jalur kabel listrik PLN yang sudah ada duluan karena pasti bakalan ribet urusan kedepannya apalagi kalo ybs orang biasa biasa karena u know lah hukum di negeri ini.

  • 7 November 2022 - (16:23 WIB)
    Permalink

    Pln itu raja..konsumen itu sapi perahan.. Jujur..Bgitulah adanya..Banyak kasus Tiang pln berada ditanah orang.. Suruh pindahin tiang eee kita suruh bayar biaya pmindahan tiang..jumlahnya juga ga masuk akal..udah ga ijin..ga bayar sewa.. suruh pindah tiang kita yg nanggung biayanya..kan hebat bner tuh pln..

  • 8 November 2022 - (05:25 WIB)
    Permalink

    Kasus yg sama pernah terjadi di rumah saya, saya sampaikan pesan ke org PLN setempat, jika anda tdk pindahkan jalur tsb dr pekarangan tanah saya, anda saya laporkan ke polisi.

    Seminggu kemudian tiang dan kabel mrk pindah.

    PLN itu bisnis, ga bisa sesuka hatinya numpang ga ijin ga bayar. Emangnya dia siapa?

  • 8 November 2022 - (21:53 WIB)
    Permalink

    lumayan ada bbrapa orang PLN nih gabung,,ketauan bgt komennya miring abis kearah PLN,,bener tuh,,udah jelas kabel offside lewat tanah orang,, masih ditanya,,hadeuuhhh,,,
    lagian itu tanggapan dari jawaban PLN paling atas,,kaga relevan sama pengaduan,,tetep bae membela diri ntu PLN,,mmg katro sarang orang” korup ketauan dari mentalnya hahaha

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan PLN?

Ada 68 komentar sampai saat ini..

Tanggapan PLN atas Surat Pengaduan “Kabel PLN Melintasi Tempat S…

oleh Humas PLN UID Jakarta Raya dibaca dalam: 1 menit
68