Kabel PLN Melintasi Tempat Saya Tanpa Izin

Selamat siang untuk pembaca Media Konsumen. Surat ini saya tulis untuk pihak PLN dan pihak lainnnya. Sesuai foto yang saya upload, saya mempunyai permasalahan dengan kabel yang melintasi tanah saya tanpa izin.

Saya sudah menghubungi pihak PLN dan dijawab kalau mau memindahkan kabel itu, saya dikenakan BIAYA pemindahan. Dia bilang bahwa pihak PLN diizinkan untuk melintaskan kabelnya di persil orang. Perlu digarisbawahi, selain kabel ini sudah lama melintang, juga tanpa izin melintasi tanah saya. Karena kabel itu, saya mau pasang atap juga terganggu.

Saya masih awam mengenai PLN dan juga selama ini saya membaca bahwa PLN ini memang banyak masalah. Yang saya mau tanyakan, apakah memang diperbolehkan kabel PLN melintang tanpa izin dari pemilik bangunan? Apakah saya memang harus membayar biaya pemindahan? Padahal kabel itu melewati pekarangan orang tanpa izin.

Terima kasih untuk Media Konsumen atas dimuatnya surat keluhan saya ini.

Haryanto Bandra
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PLN atas Surat Pengaduan “Kabel PLN Melintasi Tempat Saya Tanpa Izin”

Sehubungan dengan pengaduan pelanggan melalui mediakonsumen.com pada tanggal 2 November 2022 dengan judul “Kabel PLN Melintasi Tempat Saya Tanpa Izin”...
Baca Selengkapnya

128 komentar untuk “Kabel PLN Melintasi Tempat Saya Tanpa Izin

      • 31 Oktober 2022 - (03:37 WIB)
        Permalink

        Minta bantuan hotman paris aja.. Hitman paris kan ada layanan gratis buat masyarakat tertindas.
        Aku rasa pemilik tanah in sekarang tertindas oleh PLN yang semena-mena.

        103
        6
        • 31 Oktober 2022 - (11:30 WIB)
          Permalink

          saran saya. dilihat dulu arah kabelnya kemana. klo dah ketemu kemana, yg dapat sambungan kabelnya di ajak ngobrol dulu. gimana baiknya?????

          14
          10
          • 1 November 2022 - (08:46 WIB)
            Permalink

            itulah PeeLeN ….mohon bersabar Pak….kita orang kecil harus nurut ama orang atas(itu maunya orang atas)…tp klo emang mengganggu y perlu di lapirin suruh di pindah..mudah²an tidak di kenakan biaya..

            temen saya bener²kejadian mindan tiang listri PeeLeN yg ada di pekarangan sendiri karena ganggu parkir mobil akhirnya di pindahkan ( PLN DENGAN SENANG HATI MEMINDAHKAN TIANG TERSEBUT, dengan di PUNGUT BIAYA Rp.3jt) Alhamdulillah sekarang sudah bebas

            12
            3
          • 31 Oktober 2022 - (18:23 WIB)
            Permalink

            Kl urusan ama plat merah ato pny pemerintah. Gk akan prnh menang. Kecuali dibantu uang yg berbicara. Tll monopoli…..gk bole disaingi. Dgn plts aja hrs pake izin. Pdhl sinar matahari ciptaan yg maha kuasa. Aneh negara +62. Negara sindikat

            68
            9
          • 1 November 2022 - (20:58 WIB)
            Permalink

            Senasib sama saya,,,, mau mindahkan pernah nanya nanya malah biayanya 15 sampai 20 juta, dengan alasan yang mindah pihak ketiga

            7
            1
          • 2 November 2022 - (05:10 WIB)
            Permalink

            Penanganan dlm pengaduan KURANG SAT SET….MASECH….
            Aq udah ngadu 2x cuman di cek trus diberitau petugas kliling nanti saya laporkan ke kantor tp sampai sekarang gk ada kabar . Awalnya saya hub 123 . Dgn keluhan DAYA TDK SETABIL. Klu siang cuman 190 volt dan mlm itu cuman 180 volt. Apalagi sebelah q usaha loundry dgn 6 mesin cuci. Pokoknya stopvolt dirumah kaya graji ?.dan kedua tetap dgn kluhan yg sama tp gak ada penanganan sampai finish. SAYA MOHON KEPALA DIREKTUR PLN BAGAIMANA SOLUSI TERBAIK. TERIMAH KASIH

            5
            5
        • 1 November 2022 - (14:52 WIB)
          Permalink

          Ya setuju minta bantuan Hotman Faris , selama ini PLN sewenang wenang menindas rakyat, bayar listrik mahal , pasang tiang listrik ngak bayar sewa, pas mau dipindah harus bayar ke oknum PlLN.

          29
          4
      • 31 Oktober 2022 - (09:03 WIB)
        Permalink

        PT plat merah ini kayaknya kurang etika pasang sarpra listrik tanpa ijin yang punya tanah/rumah.
        Pasang tiang di tanah milik orang tanpa ijin, pasang sambungan kabel naik atap tanpa ijin.
        Ganti kabel diluar meter listrik yg jadi tanggungan PLN selalu alasan material kosong pemilik rumah disuruh beli sendiri…ini kan aneh.

        72
        6
        • 31 Oktober 2022 - (09:57 WIB)
          Permalink

          Sebenarnya permasalahan kabel SR sdh di atur dlm uu PLN.tp kenyataan yg terjadi di lapangan kadang2 tdk sesuai dg SOP nya. Banyak oknum yg mengambil jalan pintas demi keuntungan pribadi. Jadi saran sy coba bicarakan masalah ini pada pihak PLN nya, mudah2han mereka msh pnya hati nurani. Dan tdk seenaknya narik jalur SR di atas lahan orang lain tanpa adanya komunikasi dg pemilik lahan.

          31
          • 1 November 2022 - (05:34 WIB)
            Permalink

            Setahu saya di UU Kelistrikan PLN diberikan hak menggunakan ruang utk menyalurkan tenaga listrik, krn bisa dibayangkan bgm listrik akan sampai ke rumah kita jk semua org tdk mengijinkan ruang terbukanya dilalui kabel listrik, apalagi jika setiap org minta bayaran maka biaya tinggi tsb akan kembali ke kita dlm bentuk harga listrik yg mahal, utk itu UU mengaturnya, namun hrs dikomunikasikan dg baik. Setau saya biaya tsb mestinya sebatas biaya utk jasa mitra PLN yg akan mengerjakannya krn bukan pegawai PLN yg akan nengerjakannya. Mhn maaf jk kurang berkenan. Tks

            27
            31
          • 1 November 2022 - (03:57 WIB)
            Permalink

            Harus berani mas lapornya jika sudah ada bukti otentiknya.mebahayakan.lagi pula dimana kerja para team storingnya.penangan muda GK perlu orang banyak.klo bongkar tiang atau pindah itu sudah kewajibannya.gak ada sangkut paut dengan konsumen.klopun bayar itu tergantung yg bersangkutan tidak ada kata nominalnya atau atas dasar kerelaan mas.

            5
            3
        • 2 November 2022 - (15:23 WIB)
          Permalink

          Beberapa petugas pln mmg arogan, itulah akibat perusahaan monopoli, jika instalasi listrik tenaga surya murah, sy ga bakal pake pln lagi

          7
          3
          • 4 November 2022 - (19:35 WIB)
            Permalink

            Sebaiknya PLN melakukan surve ulang,utk ris asissmenya karena ini menyangkut keselamatan manusia,karena sangat berbahaya kabel besar PLN melintasi atas rmh orang.sy pernah menyaksikan kabel besar PLN lepas dari tiangnya.dan untung tidak mengenai atap rmh orang.bayangkan aja rmh zaman skrg byk pakai baja ringan utk atapnya

          • 11 November 2022 - (17:02 WIB)
            Permalink

            21 juta dibayar oleh Anda mas? Tdk ada kontribusi PLN sama sekali? Koq bisa sebesar itu ?

      • 31 Oktober 2022 - (16:05 WIB)
        Permalink

        Emg gtu pak petugas pln,,tak punya tata krama pada masyarakat, cz petugas pln beranggapan masyarakat pasti membutuhkan pln,dan soal tata krama pln emang dasarnya sekolahnya tak diajarkan norma_norma bermasyarakat,jadinya jangan sampai dibodohi oleh oknum yang berkepentingan .

      • 31 Oktober 2022 - (21:16 WIB)
        Permalink

        Setau saya skrg ini pengakuan thdp hak masy sdh baik, tapi ada prosedurnya.. Semua pekerjaan berbasis Audit baik fisik maupun dokumen… Ajukan klaim saja ikuti prosedur sertakan dokumen kepemilikan, selanjutnya pihak PLN mestinya segera follow up utk penghitungan atas kerugian yg terjadi dgn nilai dan value yg baik.. Semoga lekas clear.

        9
        1
        • 1 November 2022 - (20:17 WIB)
          Permalink

          tetep mas kena biaya kalo pemindah deh.. soalnya tetangga saya juga ngalamain. jadi rumah dipinggir jalan, tapi masuk ke lahan orang karena dulunya ada pohon-pohon. ada masuk wilayah 1meteran dari pinggir jalan. udah nanya terus ke pihak p**. katanya kalo pemindahan kena biaya. padahal tiang listriknya loh. bukan kabel melintang yg masuk ke lahan pribadi nya.haha

          4
          1
      • 1 November 2022 - (08:02 WIB)
        Permalink

        Saran saya jika mau membangun bangunan yang melebihi kabel tersebut, misalnya seperti bangunan tingkat, itu langsung ditimpa saja kabelnya tertanam dibangunan bapaknya, biar tau diri saja yang memasang tiang dan kabel di lahan bapak itu tanpa ijin pemilik lahan. Itu salah satu ide bagus agar tidak seenaknya pihak PLN memasang tiang listrik tanpa ijin pemilik. Semoga membantu

        13
        5
      • 1 November 2022 - (10:35 WIB)
        Permalink

        PLN mempunyai aturan untuk “proyek pekerjaan” penarikan jaringan distribusi sebagai berikut:
        1. Setiap lahan yang akan dilalui jaringan, baik untuk tiang dan kabel harus ada ijin tertulis atau kontrak dari pemilik lahan
        2. PLN bisa membeli lahan yang dilalui jaringan dan tiang /menara
        3. Untuk daerah yang tidak ada jaringan PLN maka konsumen harus menyediakan sendiri fasilitas jaringan dan lahan yang akan dilaluinya.
        4. Setiap perubahan jaringan akan ada biaya.
        5. Semua pekerjaan dilakukan oleh pihak rekanan pln dan mengatasnamakan PLN.
        Hati-hati terhadap no 5 ini.

        Untuk kasus ada silahkan cek no 1 dulu, kalau ada maka no 4 akan berlaku.

        20
        1
        • 1 November 2022 - (20:22 WIB)
          Permalink

          tetangga ku gada izin nya deh. itu tiang listrik nya masuk ke lahan pribadi sekitar 1meteran dari pinggir jalan. karena dulunya ada kebon kecil di area itu. nah pas minta di pindahin katanya kena biaya 2jt kalo mau di pindah. loh kan itu tanah pribadi ya. pasang atap tuh ada lubang buat tiang nya padahal. kalo tanah milik pl* kan udah di bongkar kali tuh atap. tapi kan ini gak?

          3
          3
      • 1 November 2022 - (11:34 WIB)
        Permalink

        Mkin lokasinya bru anda bli.karna klu sdh ada bangunan tdk mkin pada saat pemasangannya kabel lwat d situ.jdi katakan saja sy mau membangun tpi ada kabel listrik.klu pemindahannya itu butuh proses karna d buruhkan materian juga tdk sedikit bkn asal pindah saja.butuh kordinasi karna menuebabkan pemadaman(mati lampu) otomatis warga lain terganggu. Jdi bkn kabel yg ganggu bangunan tpi .anda mau membangun tpi ada kabelelintang.yg jelas kanel lbh dlu ada d banding bangunan anda.salam dri makassar

        6
        2
        • 1 November 2022 - (11:41 WIB)
          Permalink

          Inti nya tdk pernah ada jaringan listrik d pasang yg mengganggu bangunan tersebut.yg ada bli lokasi yg dia tdknperhatikan ada kabel d situ.akhirnya bermasalah.klu anda mau lapor nanti pln yg tindak lanjuti itu pasti tpi tdk bsa secepat kilat karna butuh proses.PLN itu prusahaan luar biasa.yg jelek otu karna banyak yg memanfaatkan PLN jdi sapi perah.ologarki2 yg ada negara kita.knapa PLN RUGI karna d jebak membayar k penguasa LISTRIK TSK D SALURKAN TAPI D SURUH BAYAR ITU YG MENYEBABKAN EUKI DAN TDK LAMA LGI PLN AKAN D JUAL JDI YG KELOLA SEASTA.JDI LOSTRIK MAKIN MAHAL DAN ANDA TSK BSA PROTES2 LGI

          3
          3
          • 3 November 2022 - (07:05 WIB)
            Permalink

            Sy tunggu pln dijual dan di kelola swasta, dengan tidak adanya monopoli pasti akan lebih baik,

            Walaupun swasta seperti bbm bisa menyediakan lebih murah, dengan tidak adanya monopoli, penyedia layanan akan saling bersaing memberikan yg terbaik

            Dengan adanya monopoli customer ditindas seenaknya

            4
            2
      • 1 November 2022 - (22:37 WIB)
        Permalink

        Nyebelin banget ya… Ketika masang gak ijin pemilik tanah, tapi kalau mindahin atau ngeberesin mesti bayar… Kan sontoloyo namanya….padahal PLN kan juga berbisnis … Yg mau pakai listrik mesti bayar … Gak gratis…. PLN itu udah monopoli, masih rugi pula sampai 500 triliun

      • 5 November 2022 - (15:38 WIB)
        Permalink

        PLN ini sarangnya koruptor. Bnyk oknum2 yg membuat hukum sendiri dan bnyk merugikan masyarakat. Harusnya merujuk pd UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
        NOMOR 30 TAHUN 2009
        TENTANG
        KETENAGALISTRIKAN lahan masyarakat yg terdampak pembangunan jaringan listrik mendapatkan kompensasi. Tp oknum2 PLN hanya tutup mata saja. Baru klo sdh viral mereka mau tanggung jawab

      • 8 November 2022 - (01:35 WIB)
        Permalink

        Kasusnya sama seperti sya… Tetangga yg pasang listrik melewati atap rumah sya.. Eh giliran di suruh pindahin malah di suruh bayar. 1 juta 900 loh pak bukan sedikit bagi saya duit segitu. Mi dahin kabel orang yg nge lintas d lahan rumah saya.. Pihak PLN jga gak izin dlu waktu mau pasang.. Se enak jidat aja..

    • 31 Oktober 2022 - (19:35 WIB)
      Permalink

      PLN emang bgt.
      Tapi kalo kita telat byr listrik. Seolah sewot
      Dimatikan terkadang dicabut
      Apalagi kalo mematikan/aliran seenaknya
      Spt di rekayasa. Sepontan kan engka di meteran naik. Itulahkelicikan pln

      13
      1
    • 31 Oktober 2022 - (20:34 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami hal yang sama,bukan cuma kabel tapi tiang PLN juga di dlm rumah saya ,kerena itu saya menghimbau mari kita saling menghormati,menghargai,jika bekerja melewati halaman dan tanah milik orang perlu bangun komunikasi (izin ). Karena hal ini bagian dari tata Krama.Hormatilah orang lain sebelum anda di hormati,hargai orang lain sebelum anda di hargai..

      9
      1
    • 1 November 2022 - (03:40 WIB)
      Permalink

      Terkait PLN mereka punya team storing listrik .instalasi.dan jalur.mohon pihak PLN segera menanganinya…tanggung jawab kerja profesional PLN dimana .emang harus menunggu ada bahaya terjadi baru di kerjakan…untuk yg terkena dampak PLN yg tidak profesional menangani .coba ditemui langsung dengan bawa bukti oetentik dilapangan.semoga cepat terselesaikan

      2
      1
    • 1 November 2022 - (07:59 WIB)
      Permalink

      Sayapun pernah mengalami hal yg sama saya tdk menyalahkan siapa2 dan tdk meminta pertanggung jawaban PLN krn saya merasa sdh alhamdulillah listrik sampai ke masyarakat, tinggal bgmn kita menyikapi jk terjd hal kurang memberi nyaman buat kita. Bantu saran aja … Yg saya lakukan adalah pengajuan tiang listrik baru di area rumah saya ,saya minta 5 tiang dan di realisasi 2 tiang yg besar alhamdulillah di atas dak saya tdk seperti sarang laba2 lagi . Silahkan di coba semoga membantu ya kk.

    • 1 November 2022 - (08:57 WIB)
      Permalink

      Penggunaan Tanah dalam Pelaksanaan Usaha Penyediaan Tenaga Listrik, Berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan (“UU 30/2009”) beserta peraturan pelaksananya menyatakan bahwa PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara diberi prioritas pertama melakukan usaha penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan umum yang mana, sebagai pemegang izin usaha penyediaan tenaga listrik, PLN berhak melaksanakan haknya seperti menggunakan tanah dan melintasi di atas atau di bawah tanah milik orang dalam rangka usaha penyediaan tenaga listrik termasuk memasang tiang listrik.

      5
      3
    • 1 November 2022 - (18:34 WIB)
      Permalink

      Semua institusi di jaman dua Periode ini sangat arogan.
      Pejabat yg menduduki komisaris kebanyakan orang-orang partai pendukung.
      Kavabelitas mereka diragukan.Karena bukan pejabat karir ataupun profesional.?

      3
      2
    • 3 November 2022 - (11:46 WIB)
      Permalink

      Coba call ke call center PLN, rekam. Klo jawaban msh sama, test kirim surat somasi aj dulu. Bs jg tanya brp biaya mindahinnya.. Skalian ksh tagihan sewa lahan x hari x bulan x tahun.. Nuntut PASTI menang kok, krn melanggar hak orang.. UU yg dibuat pasti tdk berujung ke semena-mena ke rakyat, lagian PLN itu cm perusahaan kok walau milik negara (milik rakyat).. UU aj msh bs digugat.. Skalian viralin ke Twitter / IG..

    • 5 November 2022 - (17:51 WIB)
      Permalink

      Mau tanya, tiang listrik sama bangunan bapak mana duluan yang terpasang? Apakah saat pemasangan tiang dan kabel PLN bapak sudah menempati rumah/pekarangan tersebut? Kalau tiang Listrik PLN duluan yang terpasang, memang biasanya diperlukan sejumlah biaya utk keperluan pemindahan ataupun peninggian kabel. Tapi bila tiang listrik/kabel PLN yg dipasang baru, sebaiknya bapak potes dari awal, sehingga dari PIhak PLN akan menggeser dari awal. Kalau tetangga saya sih, solusinya kabelnya ditinggikan, agar bisa nambah lantai. Tapi, biaya peninggian kabel dibebankan ke pihak yang meminta. Semoga bermanfaat

    • 30 Oktober 2022 - (19:19 WIB)
      Permalink

      saya udah telpon 123 dan di jawab kalau mau pindah maka di suruh bayar uang pindah… emang begitu ya peraturan nya kabel PLN boleh lewat tanah orang sesuka hati ? berarti boleh donk kalau saya tarik kabel melintas kantor PLN ?

      59
      1
        • 31 Oktober 2022 - (06:16 WIB)
          Permalink

          Setahu saya kabel jaringan pln dan prasarananya memang dilindungi undang2 dibolehkan melitas diudara, di air dan di dalam tanah. Kalau dilihat sepertinya yg melintas itu kabel sr atau sambungan rumah pelanggan, bapak bisa berembuk dg pemilik sambungan /pelanggan tsb bagaimana enaknya mengenai biaya, nanti solusinya mungkin putus sambung sementara dan penyambungan perpanjang kabel agar kabelnya bisa melewati atap bangunan baru atau kalau memungkinkan sama pln bisa disambungkan di tiang listrik yg lain.

          19
          6
          • 31 Oktober 2022 - (07:46 WIB)
            Permalink

            Saya pernah mengalami kabel pln lewat tanah sy, pas mau bangun rumah sy lapor pln malah sy harus bayar biaya pemindahan kabel, drpd tibet ntar panjang urusan sy bayar aja

          • 31 Oktober 2022 - (09:09 WIB)
            Permalink

            Melintas dimanapun boleh tapi itu lho etikanya dipakai apa sih beratnya ngomong permisi mau pasang sarpra pln.

            15
            1
      • 30 Oktober 2022 - (22:53 WIB)
        Permalink

        Digertak saja petugas PLN nya, bilang itu di bawah kabel banyak besi, kalau sampai teraliri listrik kemudian ada yang meninggal, apa mas/mbak (petugasnya) mau bertanggung jawab? Ingat harga nyawanya akan ditanyakan ke mas/mbak di akhirat!

        Gituin saja. Jangan lupa juga tulis keluhan di media cetak seperti Jawa Pos, Kompas, dll. Nanti managemen PLN kan pasti malu lalu turun tangan.

        20
        3
        • 5 November 2022 - (09:08 WIB)
          Permalink

          pernah saya mendengar komplain gini, dengan lantang petugas menjawab.
          komplain ke kantor saja. jika terjadi hal yang anda sebutkan.

          jadi kadang kita kesal juga, biasanya perlu di masukkan ke pengadilan tertinggi (sosmed)
          atau print selembaran protes 1 rim 500 lembar
          sebar depan kantor PLN.

      • 31 Oktober 2022 - (05:28 WIB)
        Permalink

        Jelas2 kebel pln yg di melintas pekarangan org tanpa ijin, suruh mindahin yg punya pekarangan malah suruh bayar aneh bin ajib.

        24
        2
      • 31 Oktober 2022 - (06:41 WIB)
        Permalink

        Mo tanya , apa kah kabel dahulu atau rumah dahulu yg di bangun? , Kalo misal rumah dl , biasanya PLN minta izin , tp kalo di lihat dari foto bpk sepertinya tiang listrik dulu yg berdiri ( lahan kosong) , gugat aja , biasanya klo kasus seperti ini pihak PLN kasih kompensasi terhadap pemilik tanah

      • 1 November 2022 - (18:41 WIB)
        Permalink

        hahaha kl peraturan bgni , pln taruh kabel melintas rumah orang satu indonesia , gk prlu jual listrik , jual biaya pindah kabel sj

      • 2 November 2022 - (15:29 WIB)
        Permalink

        Sy dukung bapak, pln mmg brengsek, kalau instalasi listrik tenaga surya murah sy pasti sdh ga mau pake pln

        • 2 Maret 2023 - (20:44 WIB)
          Permalink

          Harusnya PLN juga memikirkan keselamatan konsumen , kalau ada pemasangan jaringan baru jangan sampai melewati atap warga apalagi tanpa seijin pemilik , terkadang petugas pemasangan naik ” atap rumah di saat pemilik gak ada di rumah
          Mana sopan santun & adab mereka

    • 31 Oktober 2022 - (12:24 WIB)
      Permalink

      Percuma. Ujung2nya kita sebagai pemilik lahan harus tetap bayar kalo mau pindahin kabelnya itu. 1 kabel di mintain 600rban. Belum lama ini saya mendapati hal yang sama. Kita sbg pemilin lahan yg sah yg ada Pajak Bumi dan Bangunannya tetap dikenakan biaya pemindahan kabel SR. PLN emang PAYAH

      13
  • 30 Oktober 2022 - (19:01 WIB)
    Permalink

    Hahaha itu pegawai PLN nya kurang update, pak. Harap maklum mungkin kebanyakan main kartu domino online kali ?

    Seharusnya pihak bapak yg DIBAYAR oleh PLN. Bukan PLN yang minta bayaran

    Referensi:
    https://www.hukumonline.com/klinik/a/ganti-rugi-atas-pendirian-tiang-listrik-oleh-pln-lt5976a658df06e

    Disana ada keterangan baik tiang ataupun kabelnya.

    Enak amat mentang2 BUMN emang bisa seenak udelnya?. Ada aturan dari negara yang mengatur tentang instalasi. Haha ada2 aja nih..

    35
    • 30 Oktober 2022 - (19:16 WIB)
      Permalink

      wah saya baru tau ini… iya, udah melintas di tempat saya… minta di pindah malah saya yang di suruh bayar uang pindah… boleh juga kali ya kalau saya tarik kabel juga melintas di kantor PLN ? ??

      10
      • 31 Oktober 2022 - (03:09 WIB)
        Permalink

        @Haryanto
        Sebaiknya sih jangan balas dendam, pak. Gak baekk… ?
        Selain dimuat disini, pak. Tweet aja permasalahan bapak, mention @KementerianESDM, @erickthohir, @jokowi, @OmbudsmanRI137, @JameelaOfficial (aggota komisi VII), @Lambe_Turah

        Recokin aja pak di twitter, biasanya sihhh.. langsung diproses.. soalnya kasus ginian udah keseringan paaaaak…?

    • 31 Oktober 2022 - (00:06 WIB)
      Permalink

      Dalam artikel hukum tsb nyatanya PLN diperbolehkan melewati persil krn merupakan utilitas umum. Tidak ada tulisan pemilik tanah boleh menolak. Yg ada hanya kesepakatan ganti-rugi/untung krn berkurangnya nilai ekonomis pemilik lahan.

      Jadi mesti selidiki dulu, apakah kabel melintang tsb sdh pernah ada ganti rugi, krn TS sendiri sebutkan kabel itu sdh lama berada disitu. Dan kl jaman pemasangan kabel ternyata sdh ada ganti rugi dr PLN, justru TS ga boleh membangun atau bahkan menanam pohon di dekat situ.

      Sbg pertimbangan yg cocok dgn wilayah TS sesuai perda https://www.hukumonline.com/klinik/a/langkah-hukum-jika-dirugikan-karena-pemasangan-tiang-listrik-lt54ec09bc705ab

      Intinya dlm 2 link artikel hukum:
      1. PLN sangat berhak krn bagian dr kepentingan umum.
      2. Pemilik lahan tidak berhak menggeser kabel atau menambah bangunan dekat utilitas umum dgn jarak yg sdh diatur, kalau ternyata dulunya sdh pernah ada ganti rugi dr PLN.
      3. Diselesaikan dgn musyawarah mufakat.
      4. Diselesaikan di pengadilan.

      Kesimpulan: kalau TS yakin 100% belum pernah ada ganti rugi saat pemasangan kabel dulu, silahkan lgsg ke point 3 atau 4.

      21
      4
  • 30 Oktober 2022 - (19:49 WIB)
    Permalink

    Maklum, namanya juga BUMN, monopoli pula. Jadi bisa pake prinsip “suka-suka gue”
    Karena sekesal apapun pelanggan, ga akan bisa tinggalin layanannya. Saya juga kalau ada perusahaan lain yang sediakan listrik di negara ini, udah lama mau tinggalin PLN. ?

    19
    2
      • 31 Oktober 2022 - (04:59 WIB)
        Permalink

        Saya juga alami yaitu sambungan rumah (SR) berupa tiang tepat diatap rumah saya dan pada saat saya merenovasi rumah harus membayar ke PLN (resmi) untuk pemindahan SR tersebut. Masalahnya biayanya sangat mahal padahal selama ini atap saya digunakan tempat tiang listrik SR dan berbagi dengan tetangga.

        3
        1
  • 30 Oktober 2022 - (20:02 WIB)
    Permalink

    Lahhh busettt ngeri sekaliii????
    Padahal dibawahnya saya lihat besi semuaaa jadi ingat tetangga saya kesetrum gara2 pasang tenda buat hajatann….

  • 31 Oktober 2022 - (06:54 WIB)
    Permalink

    sama juga masalah ini dengan yang saya alami, sy sudah kurang lebih satu tahun melaporkan ke pihak PLN terdekat tapi tidak ada penjelasan dari PLN, malahan disuruh ngemob orang yg punya meteran listrik yg kabelnya melintas dari tanah saya, krn dialah yg merequest pemasangan meteran..pusing kita sbg warga

  • 31 Oktober 2022 - (07:37 WIB)
    Permalink

    adek saya jg d gtuin. mnta d geser mlh d suruh bayar. ya krna adk saya ksel yauda bayar gk usa ad tiang kabel d lhan adek saya. lumayan 2 hektar gk blh ad tiang listrik. melar2 gk tuh kabel. izin gk ad pesangon gk. ya uda cri tuh lahan buat tiangnya.

  • 31 Oktober 2022 - (08:48 WIB)
    Permalink

    PLN
    Tidak heran
    Berlindung di balik “negara”
    Kalau begitu cerita nya, PLN tinggal pasang ja kabel melewati rumah warga2
    Biar nanti mau pindah semua warga harus bayar

  • 31 Oktober 2022 - (08:53 WIB)
    Permalink

    Inilah aturan yang menyengsarakan, seharusnya kalau kabel melintasi tanah SHM orang, ya harus siap dipindahkan atau re route sama PLN.
    Saya mau nyalonin DPR untuk tujuan menghilangkan undang2 yang menindas rakyat.

  • 31 Oktober 2022 - (09:30 WIB)
    Permalink

    @Haryanto masih mending kabel PLN melintas di tanah anda, kalau di rumah saya malah tiang PLN nya ada di teras rumah saya.????

  • 31 Oktober 2022 - (09:33 WIB)
    Permalink

    Tanya kan pemilik tanah pertama pas kabel itu di pasang biyasa nya 5 tahun sebelum berdiri tiang udah ada pembahasan

  • 31 Oktober 2022 - (12:52 WIB)
    Permalink

    Dari foto terlihat seperti ada jalan layang melintas di atas lokasi yang dipermasalahkan. TS cuma menunjukkan fakta tanpa bukti penunjang karena cuma menyebutkan “tanah saya” dan “pemilik bangunan” tanpa bukti sah kepemilikan tanah/bangunan. Siapa yang salah? Siapa yang benar? Untuk sementara masih rumput yang bergoyang.

  • 31 Oktober 2022 - (14:34 WIB)
    Permalink

    Itu udah jdi adat istiadat pe el en. Ga dimana mana bnyak yg bgitu..giliran suruh bongkar/pindah tiang eee kita yg suruh biayain kan mak lampir bneran tuh..boro2 bayar sewa..ijin aja ga.. Bongkar paksa kita yg dituntut..Mrampas sejengkal tanah orang dgn terang2 an yg sudah trjadi puluhan tahun tanpa ada tindakan dri pihak trkait.. Selamat dan sukses..

    • 5 November 2022 - (19:16 WIB)
      Permalink

      Yang ga suka PLN, pasang saja PLTS atau PLTD sendiri. Dijamin biaya investnya lebih mahal dari pada nyambung listrik PLN

  • 31 Oktober 2022 - (15:32 WIB)
    Permalink

    Langsung di komplain ke PLNnya pak. Klo ngg, ngg bakalan diurus. Di bali sudah sempat kejadian. Yg kena kebetulan kawan saya saat instalasi cctv di tempat klien saya. Jadi saat instalasi, ada 1 kabel yg terjatuh dan nyangkut ke arah kabel PLN. Ketika di ambil, kawan saya tersengat listrik dari kabel PLN. Syukurnya masih bisa hidup, tp kondisinya cacat. Setahun setelah kejadian itu, saya lihat di tempat klien saya sudah tidak ada kabel PLN yg masuk ke area tanah si klien.
    Saran saya, langsung komplain ke PLN. Ajak juga pak RT atau pak RW setempat supaya pihak PLN paham

  • 31 Oktober 2022 - (17:36 WIB)
    Permalink

    Terima Kasih kepada media konsumen yang sudah memuat berita komplain mengenai kabel PLN ini. Terima kasih juga untuk PLN yang sudah menanggapi keluhan dari saya dan tadi siang sudah datang petugas PLN yang menyatakan bahwa ini mungkin perkerjaan dari pihak ketiga / vendor yang asal mau cepat dan tadi dia juga bilang akan bantu follow up kepada atasan nya untuk memindah tiang kabel supaya kabel PLN ini idak melewati bangunan saya. Mudah mudahan ini bisa terlaksana dan saya akan update berita nya kalau tiang sudah benar benar di pindah.

    Mengenai masalah ganti rugi dari PLN saya masih belum paham hukum nya tapi yang saya tangkap semestinya kalau sudah di ganti rugi maka sertifikat SHM nya harus nya berkurang luas tanah nya karena tanah itu sudah di beli oleh PLN. Tapi kenyataan nya luas tanah tetap sama dan petugas PLN juga bilang ke saya ini biasa kerjaan pihak ketiga yang mau asal cepat. Saya tidak menuntut ganti rugi dari sebelum nya (tapi mungkin bisa berubah kalau kabel tidak di pindah juga), yang penting sekarang kabel PLN jangan melintas di bangunan saya karena membahayakan orang di bawah nya (memang di bawah nya pas besi semua dan juga membahayakan tukang yang mau memasang atap bangunan). Saya mohon supaya PLN bisa menanggapi dan memproses ini dengan cepat.

    Terima kasih juga kepada pembaca media konsumen yang sudah aktif memberi banyak saran kepada saya. Mohon maaf saya tidak bisa membalas satu per satu. Pengalaman pribadi dan saran dari kalian, sangat berguna untuk saya dan pembaca media konsumen lainnya.

    Terima Kasih

  • 31 Oktober 2022 - (19:35 WIB)
    Permalink

    Di tempat kami pun demikian, kabel2 PLN dkk bertebaran di depan rumah kami. Pohon harus kami tebang untuk menghormati kabel2 PLN dkk. Ck ck ck… Panas, panas deh tempat kami….. Kalau musim hujan datang, banjir melanda tempat kami. Lha gimana, mau penghijauan susah gara2 kabel2 PLN dkk… Tanah jadi ikut2an kena dampaknya … Ini yang harus tanggung jawab siapa? Kasihan masa depan dunia…

  • 1 November 2022 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Biarkan mereka pasang kabel melalui rumah kita tanpa ijin. Yang penting saat kita telat bayar listrik lgsg di putus. Double edan kan.

    1
    1

 Apa Komentar Anda mengenai PLN?

Ada 128 komentar sampai saat ini..

Kabel PLN Melintasi Tempat Saya Tanpa Izin

oleh Haryanto Haryanto dibaca dalam: 1 menit
128