Surat Pembaca

Keluhan Pengajuan Klaim Asuransi Kematian dari Pinjaman KUR Bank Mandiri

Kepada Yth. Manajemen Bank Mandiri
Bagian UMKM (KUR),

Saya mau mengeluhkan perihal pengajuan klaim asuransi kematian almarhumah ibu saya (a.n. Atikah), untuk kredit usaha rakyat di Bank Mandiri. Pengajuan sudah masuk dari mulai bulan Maret 2022. Namun sampai saat ini Desember 2022 belum selesai juga.

Menurut informasi dari cabang Bank Mandiri Tendean bagian UMKM, pengajuan sudah masuk, hanya saja pengajuan tinggal pengkreditan dari Asuransi Bosowa ke Bank Mandiri yang masih terkendala dan belum ada pengkreditan.

Saya mohon bantuannya untuk bisa penyelesaian klaim kematian asuransi ibu saya, agar bisa dapat selesai segera. Sekian dari saya mohon bantuannya dari manajemen Bank Mandiri.

Aji Dwi Permana
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Bapak Aji Dwi Permana

Menanggapi pengaduan Bapak Aji Dwi Permana terkait proses klaim Asuransi Jiwa atas nama Ibu Atikah, kami sampaikan permohonan maaf atas...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saran dari saya coba dibawa ke OJK pak untuk mediasi lebih lanjut. Saya baru tau kalau asuransi kredit lagi macet parah, soalnya kalau klaim meninggal di asuransi swasta biasa berjalan normal, klaim meninggal ya ga lebih dari 14x24 jam, rata-rata 3 hari kerja beres, beberapa special case juga hanya 6 bulan (kepemilikan polis yg meninggal di bawah 1 tahun) Trims buat infonya pak .... saya jadi bisa bantu client lebih lahi. Oh iya, kalau asuransi kredit macet gini .... kredit beserta bunganya tetap jalan?

    • nah ini juga pertanyaan saya. apakah bunga tetap jalan?

      karena dulu pernah denger kalau KPR, selama proses asuransi tetep harus bayar cicilan.
      waktu itu sih KATANYA 3 bulan proses cair asuransi nya, tapi kalo sampe berlarut-larut begini.
      enak di bank nya aja karena cicilan jalan terus.

      Kejar terus gan, masa sampe 9 bulan gak cair-cair.

  • Parah benar asuransi kayak begini, responnya juga buruk.

    Mendiang ibu saya meninggal maret 2022, juli 2022 sudah cair dengan asuransi m@nul*fe, itupun sempat terkendala 1 bulan karena salah no rek.

    Bank Mandiri kan ada unit asuransi jiwa sendiri, kok malah kerjasama dg asuransi lain yang ga kompeten gitu ya

  • Menurut Melinda, sudah jadi pengetahuan awam bahwa para analis klaim punya cara-cara untuk menolak klaim nasabah. Bahkan di perusahaannya bekerja, mereka punya daftar hitam nama-nama nasabah yang klaimnya harus diperhatikan agar tidak gampang dicairkan, dan ada daftar nasabah yang klaimnya mudah dicairkan.

    Baca selengkapnya di artikel "Di Balik Pencabutan Kuasa Hukum Alvin Lim oleh Nasabah Allianz ", https://tirto.id/cAjn.

    • Mohon maaf mba, mungkin saran saya kalau tidak tau kronologinya seperti apa jgn berkomentar dulu, belum tentu yg berkeluh soal klaim asuransi ini punya daftar hitam dalam kredit.
      Mungkin Ahli waris atau konsumen yg blow up soal ini, bertujuan utk agar pelaku usaha bisa memperbaiki sistem kerjanya. Bukan tanpa alasan mereka seakan akan semena mena sama nasabah atau konsumen. Maka dari itu mereka blow up masalah ini.