Keluhan Pengajuan Klaim Asuransi Kematian dari Pinjaman KUR Bank Mandiri

Kepada Yth. Manajemen Bank Mandiri
Bagian UMKM (KUR),

Saya mau mengeluhkan perihal pengajuan klaim asuransi kematian almarhumah ibu saya (a.n. Atikah), untuk kredit usaha rakyat di Bank Mandiri. Pengajuan sudah masuk dari mulai bulan Maret 2022. Namun sampai saat ini Desember 2022 belum selesai juga.

Menurut informasi dari cabang Bank Mandiri Tendean bagian UMKM, pengajuan sudah masuk, hanya saja pengajuan tinggal pengkreditan dari Asuransi Bosowa ke Bank Mandiri yang masih terkendala dan belum ada pengkreditan.

Saya mohon bantuannya untuk bisa penyelesaian klaim kematian asuransi ibu saya, agar bisa dapat selesai segera. Sekian dari saya mohon bantuannya dari manajemen Bank Mandiri.

Aji Dwi Permana
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai KUR Bank Mandiri:
[Total:66    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Bapak Aji Dwi Permana

Menanggapi pengaduan Bapak Aji Dwi Permana terkait proses klaim Asuransi Jiwa atas nama Ibu Atikah, kami sampaikan permohonan maaf atas...
Baca Selengkapnya

37 komentar untuk “Keluhan Pengajuan Klaim Asuransi Kematian dari Pinjaman KUR Bank Mandiri

  • 1 Januari 2023 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Hampir semua perusahaan asuransi gak ada yang sanggup bayar klaim pertanggungan kematian sejak pandemi covid19.
    Pengajuan klaim anda baru 10 bulan. Saya ada rekanan meninggal dunia dan mengajukan klaim Februari 2021 sampai sekarang gak dibayar klaim pertanggungannya.

    9
    1
    • 2 Januari 2023 - (22:18 WIB)
      Permalink

      Almarhum bapak saya meninggal 29 desember 2021. Kami mulai urus berkas klaim mulai awal maret sampai akhir maret 2022 berkas lengkap. Tidak sampai akhir april santunan kami cair, kami ikut asuransi Prudential.

  • 1 Januari 2023 - (21:17 WIB)
    Permalink

    Saya turut berduka baca kasus seperti ini.
    Tapi sebenarnya kamu juga ga bisa maksa untuk kematian ibumu diprioritaskan sementara masih banyak klaim kematian lainnya.
    Dan bisa dipahami juga karena korban COVID-19 yang meninggal begitu banyak, dan tidak sedikit yang masih punya hutang di dunia.
    Tapi disini, sejak kamu ajukan klaim gimana soal angsurannya? Masih lanjut atau di stop oleh pihak bank? Kalau masih lanjut lebih baik dibayar dulu saja.

    4
    22
  • 1 Januari 2023 - (21:29 WIB)
    Permalink

    Asuransi busuk msh aja dipakai bank ternama, klhtan tdk profesionalnya bank mandiri dlm menilai rekanan

    5
    2
  • 1 Januari 2023 - (23:16 WIB)
    Permalink

    Bukan soal siapa yg harus di prioritaskan bro, tapi harusnya setiap perusahaan ada manajemen resiko, bagaimana menanggulangi resiko yg ada secepat mungkin, saya pun ga maksa harus di prioritaskan, tapi harusnya diselesaikan secara cepat. Saya pun ga buta sama siklus asuransi seperti apa, pemilihan asuransi yg baik menentukan nasabah puas atau engga. Ada kok perusahaan asuransi yg bisa handle klaim kematian secara cepat setelah pandemi ini, bahkan hanya itungan kurang dari 6 bln selesai. Saya juga mewakili keresahan yg lain juga sebagai ahli waris, agar masalahnya cepet selesai.

    14
    1
    • 2 Januari 2023 - (17:50 WIB)
      Permalink

      Pak boleh via OJK, dimediasi, mohon maaf nih kalau alasannya antrian pembayaran itu sangat ga profesional, atau perusahaan terkendala karena covid banyak yg meninggal. Bapak boleh googling “RBC Bosowa berapa” berdasar data dan laporan ke OJK di 2021 Q3 RBC mereka 217% artiny jumlah aset cair mereka bisa mengganti klaim yg mereka tanggung hingga 2x lipatny, jadi ga ada alasan dana mereka cekak, karena bila semua client nya klaim makan mereka masih ada dana lagi buat menanggung jumlah klaim semua clientny lagi

  • 2 Januari 2023 - (02:00 WIB)
    Permalink

    Trims infonya
    Dengan ini saya ga akan pernah terima asuransi2an
    Kalau ada yang nawarin nanti saya kasih ke link ini

    • 2 Januari 2023 - (08:24 WIB)
      Permalink

      asuransi jiwa pada KUR sudah melekat pada perjanjian pinjaman KUR, bukannya bisa ditawar, asuransinya gak usah.. tidak bisa.. hampir sama dengan KPR rumah, pasti ada asuransi kebakaran..

      • 2 Januari 2023 - (14:30 WIB)
        Permalink

        Ketika kredit pasti dipaksakan harus ikut asuransi dengan banyak alasan..padahal mah mereka ditarget jual produk juga..stop pembodohan konsumen …asuransi nyedot duit doang

    • 2 Januari 2023 - (08:44 WIB)
      Permalink

      pak kalo ambil kredit seperti KUR atau KPR otomatis harus ambil asuransi nya juga pak, gak bisa gak diambil. aneh” aja gak paham tapi komentar wkwk

        • 2 Januari 2023 - (09:10 WIB)
          Permalink

          maap maap ni pak, maap maap ini.. ini kan KUR mandiri ya, kenapa referensinya KUR BRi ya? masing masing kan punya aturan sendiri.. kalau begini kan malah jadi tambah sindirannya benar.. maap maap ini

          • 2 Januari 2023 - (09:20 WIB)
            Permalink

            Maap juga nieh yeeh, ketika saya bila bcari asuransi lain, atau ga pernah pakai asuransi ini, ya masa iya mau ke tetap asuransi yang sama?

            Analogi ya lagi Komplen ke shopee, terus saya bilang kalau gitu saya ga akan pakai shopee lagi, apa itya saya nyaranin diri saya untuk pakai shopee? Pastinya saya akan minylta diri pribadi saya ke lapak yang lain dong, dan itu berlaku untuk semua, dan spektrum nya luas.
            Maap yee lagi lagi Maap inimah.

      • 2 Januari 2023 - (16:24 WIB)
        Permalink

        KUR di BRI tidak ada asuransi bahkan provisi, sayangnya gak ada program lanjutan. begitu saya pindah ke KUR mandiri potongan nya se abrek.
        tapi ya gimana, saya yang butuh.

  • 2 Januari 2023 - (05:14 WIB)
    Permalink

    Masih percaya asuransi dinegara ini? Mending uang yg tiap bulan diambil mereka ini dipakai buat makan atau buat sedekah,ketauan kemana kegunaan uang kita. Masih mending pakai BPJS, ketika sakit bisa digunakan walaupun mati tdk ada pertanggungan. Lah…dari pada udh meninggal, masih disuruh nunggu dan sakit hati seperti ini. Sudahlah berduka, dipusingkan dgn hal claim, asuransi harusnya sifatnya membantu bukan malah menyusahkan dan menambah masalah!! Itu kemana salesnya yg menawarkan diawal yg sampai mulutnya berbusa2 merayu sampai jadi org msk asuransi??

    • 2 Januari 2023 - (08:22 WIB)
      Permalink

      asuransi jiwa KUR sudah melekat pada perjanjian tertulis pinjaman KUR, jadi bukan masalah kok kalau ditawarin bisa ditolak, itu sudah masuk syarat pernjanjian KUR.. pernah pinjam KUR belum? lagian TS itu sudah benar menanyakan kelanjutan klaimnya karena memang lama, biar jelas, lanjutan angsuran nya dia yang bayar, atau berhenti…

      1
      3
    • 2 Januari 2023 - (08:43 WIB)
      Permalink

      anda paham tidak ini asuransi jiwa yg otomatis harus ada dalam perjanjian akad kredit KUR. bukan beli asuransi jiwa biasa. kog malah bahas pilih/beli asuransi kecuali bpjs. gak nyambung haha

  • 2 Januari 2023 - (09:20 WIB)
    Permalink

    asuransi bosowa ya hmmm kalo bukan karena punya kalla grup ga mungkin tuh asuransi abal abal bisa kerjasama ama sekelas bank BUMN macem mandiri!!
    proses nya lama bisa mencapai 1 tahun lebih kalo ga diviralkan

    • 2 Januari 2023 - (14:30 WIB)
      Permalink

      Waduh kalau kepunyaan orang ‘bernama’ susah deh.
      Mirip kayak grup Bak*** dan Lip**. Udah banyak masalah cashflow dari dulu, tapi sampai sekarang masih selamat aja.

    • 7 Januari 2023 - (00:32 WIB)
      Permalink

      Ini bosowa yg prnh investasi di bukopin dan bangkrut itukah? Sdh dijual semua sahamnya. Buat byr klaim asuransi nasabah donk. Apa lg buat investasi lg buat nutup minus thn 2022 apa mau buat modal pilpres

    • 7 Januari 2023 - (00:45 WIB)
      Permalink

      woy dasiri tolllol, kau yg waktu itu nyalahin gw di mediakonsumen. gw waktu itu protes tentang pulsa gw yg terpotong oleh pembelian di google play, tp lu nyalahin gw, padahal yg salah xl karna tidak lg menerapkan kebijakan kalau xl memblokir sms konten, xl memblokir pembelian di google play.

  • 2 Januari 2023 - (09:38 WIB)
    Permalink

    Kasus sepupu saya dg KUR BRI. Ketika ibunya (si peminjam) meninggal maka otomatis sisa angsuran Lunas. Ini kasusnya beberapa tahun yg lalu.

    • 2 Januari 2023 - (12:16 WIB)
      Permalink

      Iya bener setau sy ini asuransi otomatis ketika melakukan pembiayaan, jd ketika peminjam meninggal maka secara otomatis pembiayaan lunas

  • 2 Januari 2023 - (12:08 WIB)
    Permalink

    “…Mau marah-marah, mau blowup atau mau minta tolong? ”

    Wajar lah TS ngejar Haknya yg berbulan – bulan gk jelas.
    Galak banget orang asuransinya, kepalanya pasti sudah pecah kebanyakan klaim yg harus cair tp dana Senin-Kamis ..

    Blow Up aja udah sekalian ..

    • 12 Januari 2023 - (13:34 WIB)
      Permalink

      Assalamualaikum, saya selaku yang memposting keluhan ini mengucapkan banyak terima kasih atas atensinya baik itu pro atau kontra terhadap keluhan saya. Sejauh ini alhamdulillah setelah saya melakukan pengaduan melalui mediakonsumen.com dan appk ojk keluhan saya atau klaim asuransi kematian atas pinjaman kur di bank mandiri telah selesai dan di clear kan oleh pihak asuransi, sehingga jaminan atau angunan saya dapat di ambil oleh ahli waris.
      Semua ini karna saya resah atas klaim yg terlalu lama proses nya setelah 10 bln, akhirnya saya memberanikan untuk berontak, ini hanya bermaksud agar pihak asuransi dan pihak bank bisa lebih responsif atas keluhan nasabahnya, atau melakukan kewajibannya atas hak2 nasabahnya.
      Jadi apabila teman teman ada yg mengalami hal yg sama, saran saya bisa pengaduan di mediakonsumen.com dan di appk ojk agar keluhannya bisa tersampaikan.

      Salam hormat
      Aji

      • 13 Januari 2023 - (12:40 WIB)
        Permalink

        Maaf pak aji boleh tanya gimana caranya appk ke ojk, soalnya saya juga mengalami hal serupa terkait permasalahan yang pernah bapak alami, saya sudah mengajukan klaim ke asuransi meninggal dunia atas kredit orang tua saya sejak 3 maret 2021 sampai sekarang belum ada pembayaran dari pihak asuransinya.
        Mohon penjelasannya pak

  • 2 Januari 2023 - (12:19 WIB)
    Permalink

    Izin komentar, utk proses Klaim Asuransi ada proses investigasi, khususnya utk Early Claim atau Polis belum berusia 2 tahun. Kembali kepada kebijakan masing2 Perusahaan Asuransi. Saran Saya, Datang langsung ke perusahaan Asuransinya dan bertemu dengan bagian Klaim agar lebih cepat selesai masalah nya. Saya punya pengalaman yg mirip namun berbeda Bank dan asuransinya..Yaitu Asuransi Kredit KPR. Saat ini masih menunggu pencairan dr asuransinya..

  • 2 Januari 2023 - (17:40 WIB)
    Permalink

    Saran dari saya coba dibawa ke OJK pak untuk mediasi lebih lanjut. Saya baru tau kalau asuransi kredit lagi macet parah, soalnya kalau klaim meninggal di asuransi swasta biasa berjalan normal, klaim meninggal ya ga lebih dari 14×24 jam, rata-rata 3 hari kerja beres, beberapa special case juga hanya 6 bulan (kepemilikan polis yg meninggal di bawah 1 tahun) Trims buat infonya pak …. saya jadi bisa bantu client lebih lahi. Oh iya, kalau asuransi kredit macet gini …. kredit beserta bunganya tetap jalan?

    1
    1
    • 3 Januari 2023 - (08:57 WIB)
      Permalink

      nah ini juga pertanyaan saya. apakah bunga tetap jalan?

      karena dulu pernah denger kalau KPR, selama proses asuransi tetep harus bayar cicilan.
      waktu itu sih KATANYA 3 bulan proses cair asuransi nya, tapi kalo sampe berlarut-larut begini.
      enak di bank nya aja karena cicilan jalan terus.

      Kejar terus gan, masa sampe 9 bulan gak cair-cair.

  • 3 Januari 2023 - (12:07 WIB)
    Permalink

    Parah benar asuransi kayak begini, responnya juga buruk.

    Mendiang ibu saya meninggal maret 2022, juli 2022 sudah cair dengan asuransi m@nul*fe, itupun sempat terkendala 1 bulan karena salah no rek.

    Bank Mandiri kan ada unit asuransi jiwa sendiri, kok malah kerjasama dg asuransi lain yang ga kompeten gitu ya

  • 3 Januari 2023 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Menurut Melinda, sudah jadi pengetahuan awam bahwa para analis klaim punya cara-cara untuk menolak klaim nasabah. Bahkan di perusahaannya bekerja, mereka punya daftar hitam nama-nama nasabah yang klaimnya harus diperhatikan agar tidak gampang dicairkan, dan ada daftar nasabah yang klaimnya mudah dicairkan.

    Baca selengkapnya di artikel “Di Balik Pencabutan Kuasa Hukum Alvin Lim oleh Nasabah Allianz “, https://tirto.id/cAjn.

    • 3 Januari 2023 - (20:46 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf mba, mungkin saran saya kalau tidak tau kronologinya seperti apa jgn berkomentar dulu, belum tentu yg berkeluh soal klaim asuransi ini punya daftar hitam dalam kredit.
      Mungkin Ahli waris atau konsumen yg blow up soal ini, bertujuan utk agar pelaku usaha bisa memperbaiki sistem kerjanya. Bukan tanpa alasan mereka seakan akan semena mena sama nasabah atau konsumen. Maka dari itu mereka blow up masalah ini.

 Apa Komentar Anda mengenai KUR Bank Mandiri?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Keluhan Pengajuan Klaim Asuransi Kematian dari Pinjaman KUR Bank Mandi…

oleh Aji dibaca dalam: <1 menit
37