Surat Pembaca

Penagihan DC Kredivo Tidak Sesuai SOP dan Sangat Tidak Beretika

Kepada Yth. Kredivo,

Saya meminjam uang dengan 6x angsuran, 4 angsuran saya lunasi tanpa masalah, sisa 2 angsuran saya telat 2 bulan lebih dikarenakan kehilangan pekerjaan. Telat 2 bulan, saya didatangi DC Kredivo 6 kali. Yang paling parah tanggal 29 Desember 2022, sehari didatangi 2 DC 2 kali (pukul 3 sore saya didatangi 2 orang DC Kredivo dan pukul 8 malam didatangi lagi 2 orang DC).

Bahkan saya sempat diancam mau diributkan kalau gak dibayar malam itu juga. Dia bilang ke saya, bahwa 2 orang teman DC-nya yang pernah datang ke tempat saya mau datang lagi rame-rame (total jadi 4 orang dong). Keren banget Kredivo, sisa 2 kali angsuran plus bunga total Rp1,5 juta, sampai saya mau dikeroyok DC Kredivo rame-rame.

Pengalaman saya didatangi DC Kredivo, Penagihan lapangan DC Kredivo tidak pernah sesuai SOP dan sangat tidak beretika. DC Kredivo tidak pernah menunjukkan identitas, surat tugas, dan sertifikasi debt collector.

DC Kredivo menagih dengan cara:

  • Mengancam tidak mau pulang sebelum dibayar.
  • Mengancam akan buat ribut kalo saya tidak bayar saat itu juga.
  • Menghina saya, membentak saya, dengan kata-kata sangat tidak pantas.
  • Mempermalukan saya dengan nada bicara yang keras dan membentak yang tentunya didengar oleh tetangga dan orang sekitar.

Saya tidak tahu apakah DC Kredivo berbuat seperti itu atas inisiatif mereka sendiri atau dikarenakan tekanan dari pihak internal Kredivo? Karena beberapa DC tersebut sebelum mereka menghina, membentak, dan mempermalukan saya. Mereka mengatakan kepada saya bahwa mereka dapat tekanan dari bos (pihak internal Kredivo?) bahwa kalau gak tertagih DC-nya mau dipecat.

Pertanyaan saya apakah benar perusahaan legal sebesar Kredivo secara tidak langsung mendidik DC-nya untuk melakukan penagihan secara barbar karena adanya ancaman DC tersebut akan dipecat apabila tidak berhasil menagih???

Pada tanggal 30 Desember 2022, sudah saya lunasi semua tagihan Kredivo saya dan mengajukan penutupan akun secara permanen.

Untuk para DC, orang kalau ada uang juga bayar bang, jangan ditagih dengan cara tidak beretika, setiap orang akan ketemu masa susahnya. Untuk pihak Kredivo, tolong dibenahi cara penagihan DC lapangannya, karena kasus seperti ini sudah sering terjadi.

Untuk teman-teman semua, sampai bagaimanapun susahnya kita, usahakan jangan sampai terjerat aplikasi pinjol, sekalipun judulnya legal, karena banyak yang legal tapi rasa ilegal.

Akhir kata terima kasih untuk Media Konsumen.

Hadi
Tangerang, Banten


Catatan redaksi (diperbarui 1/16/2023): Surat ini mendapatkan tanggapan lanjutan dari pihak terkait sbb:

 

https://mediakonsumen.com/2023/01/16/tanggapan/tanggapan-kredivo-atas-surat-bapak-hadi-2

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Hadi

Terima kasih atas informasi yang Bapak Hadi sampaikan di website MediaKonsumen.com pada tanggal 4 Januari 2023 pada kolom Surat Pembaca...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kalau d datangi dc teriak2 nantang2 tantang balik pasti juga diam intinya klo dc baik kita baik kalo dc keras kita juga keras gtu aja sih hrus ada nyali aja jgn kendor lagian dc rata2 juga gk mau cari musuh baru

    • setuju...disini lah keliatan DC ga punya skill,otak ga dipake. nagih dan bacot doang yg dia tau. strategi, komunikasi yg baik sama negosiasi yg baik diperluin buat jd seorang DC.Biar ga ky preman pasar

    • Semua DC emang begitu, semua teman saya banyak yang jadi DC, mereka cuma cari uang untuk kehidupan mereka, inti nya kalau tidak berani sama DC jangan ada urusan sama pihak kredit apapun, kalau mereka sudah kelawat batas, tidak sesuai SOP, mengganggu atau sudah membuat kita tidak nyaman, tidak ada salah bikin mereka jadi koma. Ingat jangan di matikan, patah tulang tidak masalah.

        • patah tulang gpp klo kehilangan pekerjaan. Banyak juga kan tindakan DC yg menyebabkan nasabahnya kehilangan pekerjaan...Biar impas lah

          • @bro firman
            Kalo pribadi saya doakan DC DC nya semoga mereka dan keluarganya tidak sampai mengalami kesusahan apalagi sampai hutang.
            Pemikiran mereka sempit takut kehilangan pekerjaan apabila tidak tertagih tapi tidak mikir perbuatan mereka bisa masuk pidana, masuk penjara, mereka ga mikir kalo sampai kena pidana memang perusahaan mereka mau nanggung,,, yakin saya perusahaan pasti lepas tangan.

  • semoga gak ada netizen yg komen penulis gagal paham dan miskomunikasi dgn penjelasan dc kredivo.

    • videokan rekam buat laporan ke polda biar cpt ditindak sklian kredivo nya biar dicabut ijinnya,dc mental tempe mana brani nagih sendiri,??

  • sop buntut sop ayam enak tuh,
    dari pada diskusi gk jelas hehehe,
    anda baru digertak dimaki dibuat malu ke tetangga, yang pura pura mati pun sudah ada. Sebelum meminjam anda sudah paham betul syarat dan resiko pinjam uang pinjol / rentenir, Lebih baik pinjam ke keluarga atau ke bank.
    Memang DC mulut besar kayak TOA gaya nya preman pertanyaan nya apakah mereka berani berbuat pidana ke nasabah nya....?? Saya rasa tidak? kalau ada pun gk ada otak itu DC...
    Karena nasabah nya telat bayar datang tuh silahturahmi pak / ibu kapan dibayar pinjaman nya , saya belum ada uang nanti kalau sudah ada uang saya bayar, berapa lama sebulan, dua bulan , setahun memang kagak cape mereka coba dibalik aja posisinya , ada juga yg ngutang lebih galak..
    Main set nya dirubah dulu musibah nya kehilangan pekerjaan kenapa gk langsung ke kantor nya menjelaskan atau minta keringanan / tambahan waktu sebelum jatuh tempo.
    yg penting ada kejelasan pasti lebih baik dari pada diam saja..

    • @roni kamu yg ga paham
      1. Perjanjian hutang piutang dikredivo tidak pernah tercantum penagihan yg tidak sesuai SOP dan yg tidak beretika.
      2. Saya ga pernah nulis DC buat pidana ke saya atau nasabahnya ( itu lu sendiri yg nambah nambahin ).
      3. Main set kamu yg dirubah dl,kamu tau drmn saya tidak pernah minta tambahan waktu??
      Ga nyambung semua yg kamu komen,,,mending kamu bikin surat pembaca sendiri biar nyambung,

    • Ajukan chat di cs kredivo, mereka akan blg akun sudah aktiv ga bisa ditutup permanent, ss aja buat bukti bahwanya sudah mengajukan penutupan akun,

  • Alhamdulillah anda sudah insaf,skrg anda tahu bukan pinjol sprti apa legal atu ilegal,semoga ini menjadi pelajaran yg berharga buat anda kedepan.

  • Lari keluar terus teriakin maling atau rampok aja....tar warga dateng....dia kabur....paling digebukin se RT gapp org kayak gitu layak dapet bogem rame2.

  • ehmm hampir rata2 semua DC memang seperti itu. mana ada penagihan yg pake sopan santun? dikira mau lamar pekerjaan kali?
    jd sebelum meminjam, pikir masak2 ribuan kali, dimulai dari "Yakin bisa lunas tanpa telat 1 hari pun?" "Seberapa pentingkah pinjaman ini harus dilakukan?" "Pinjam teman / kerabat / sodara dekat dulu apa bisa?"

    • @herwin ente udah kayak dukun aja bisa meramal masa depan .
      1. namanya org minjam pasti berusaha bayar tepat waktu,,,
      2. Hidup ga ada jaminan,,, org yg minjam dan tiba tiba galbay itu kebanyakan org yg kehilangan pekerjaan,,, memang kehilangan pekerjaan bisa diprediksi???

      • kehilangan pekerjaan memang diluar prediksi, tp setidaknya dlm setiap planning harus ada plan A, plan B, bahkan plan C. Anyway kehilangan pekerjaan atau dipecat istilahnya, tentu ada pesangon dong. ga serta merta hilang begitu saja

        • Org yg kehilangan pekerjaan, sisa uang ga seberapa digunakan untuk makan dan utamakan keluarga dulu boss,,, bukan bayar hutang dulu, hutang tetap harus dibayar, dan telat bayar pun ada konsekuensi denda bunga keterlambatan,,,
          Kalo hanya dgn plan a, b, c bisa beres,, semua orang hidup senang,,, ga ada lagi pinjol, ataupun DC,,, makanya saya bilang udah kyk dukun aja ramalannya canggih,,,, kalo ikut kontes catur bisa juara dunia bro, karena bro udah bisa ramal terlalu detail dan akurat