Surat Pembaca

Aturan Jam Keberangkatan Kereta Api yang Tidak Adil

Tanggal 5 Januari 2023, saya mengantarkan adik ke stasiun Gombong untuk naik kereta Ranggajati jurusan Gombong – Jombang, yang mana jam keberangkatan kereta adalah pukul 09.29 WIB. Kode pemesanan tiket AM55W3M.

Sampai di stasiun Gombong pukul 09.27 WIB dan kereta masih ada di stasiun. Adik saya dibantu porter masuk ke stasiun, tapi tidak diperbolehkan oleh petugas, karena dianggap sudah terlambat. Otomatis tiket hangus. Dikarenakan hari itu juga harus berangkat ke Jombang, maka saya membeli lagi tiket kereta Pasundan, untuk jam keberangkatan pukul 16.14 WIB.

Pada pukul 16.14 WIB, seharusnya kereta Pasundan sudah berangkat, tapi malah belum terlihat di stasiun. Pukul 16.18 WIB kereta baru masuk ke stasiun dan berangkat pukul 16.27 WIB. Kereta terlambat berangkat kurang lebih 10 menit. Saya agak jengkel melihat kejadian ini dan coba menanyakan ke pihak stasiun, tapi jawabannya tidak tahu karena petugas dinas berbeda. Memang benar petugas jaga beda orang.

Melihat kejadian ini, artinya penumpang diwajibkan menggunakan acuan waktu, sementara pihak KAI menggunakan acuan kedatangan kereta (pengecualian untuk kasus bencana alam, seperti banjir dll). Konsekuensi jika penumpang datang terlambat atau dianggap terlambat adalah tiket hangus, sementara konsekuensi untuk KAI jelas tidak ada.

Ali Muakhor
Purbalingga, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ya kenapa harus datang dengan waktu yang mepet begitu. Secara waktu memang masih ada rentang waktu 2 menit, tapi apakah ketika datang sudah check-in dan cetak boarding pass?
    kalau belum ya rentang waktu 2 menit tidak akan cukup.
    Dari artikel yang aku baca juga, disarankan penumpang untuk datang setidaknya 1 jam sebelum waktu keberangkatan.

    • Itu namanya sistem boarding pass.
      Penumpang sudah di lokasi setelah check-in sekian menit sebelum jadwal keberangkatan.
      Tidak hanya di kereta api, di pesawat, bus, travel, dan kapal laut juga lazim diterapkan.
      Sebagai penumpang sebaiknya tepat waktu karena ketika waktu sudah mepet dengan jadwal, setahu saya sistem boarding juga tidak akan bisa memproses.

      Sedangkan sebagai penyedia jasa, ada aturan sendiri mengenai kompensasi kepada penumpang jika terjadi keterlambatan armada. Kalau hanya telat 10, 15an menit sih masih dalam batas toleransi aturan.

  • kok ada manusia seperti anda,
    sudah tau salah datang mepet,
    2 menit tersisa apa sudah cetak boarding ?

    kalau masalah kereta datang terlambat, ya itu rejeki orang yg datang telat ke stasiun..

  • Bingung sama orang yg punya mindset sepeti ini. Saya doakan supaya hidupnya penuh keberkahan kedepannya.

  • Yang dipermasalahkan oleh bapak ini bukan telatnya, tp perlakuan tidak adil, kenapa kalau penumpang telat maka konskuensinya adalah tiket akan hangus sedangkan jika dari pihak KAI yg telat maka tidak ada konskuensi apa apa

    • Ya telatnya kan cuma beberapa menit dan itu sangat wajar. 30 menit itu baru tidak wajar, 1 jam keatas itu kurang ajar namanya.

    • Adik saya Pernah naik Gaya Baru Malam Selatan, waktu itu 2 orang dengan kelas Eksekutif Harga tiket Hampir 1jutaan. 3 Menit sblum keberangkatan udah gaboleh masuk, alhasil hanguuussss.. Kembali lagi, meski saat itu ada Urusan Urgent tapi karna Kelalaian kita ya gak bisa menyalahlan KAI..

  • Tiap perusahaan punya peraturan sendiri-sendiri, yg mana biasanya sudah dicantumkan di tiket atau website. Karena Anda yg butuh, ya mesti diikuti, kalau tidak bersedia ya cari perusahaan lain.
    Utk perjalanan spt kereta api atau pesawat mestinya datang lebih awal, masa setengah jam saja tidak bs, apalg didaerah mestinya tidak ada macet. Kl pesawat, telat checkin 30 menit aja bs di tolak.

  • 2 mnt baru sampai stasiun??? Mana keburu. Kreta memang tepat waktu kalau brangkat dan jarang telat. Jd harus diusahakan cukup waktu untuk angkut bagasi dan cek in min 15 mnt lah. Pesawat 1 jam sblm brangkat blm cek in aja ditolak

  • Klo kereta api kyknya msh lebih flexibel deh ketimbang pesawat, soalnya ga ada batasan baku nya hrs boarding brp menit sebelum keberangkatan, 'mungkin' yg penting msh cukup waktu buat cetak boarding pass dan lari2 ke peron kereta nya. Soalnya dlu pernah sampe stasiun 10menit sebelum jadwal keberangkatan, terpaksa harus lari2 ke mesin cetak boarding pass trus lari lagi ke peron kereta nya untung nya masih keburu naik, beberapa menit kemudian pintu di tutup dan kereta berangkat alhamdulillah...hehehe

  • ya lain kali jangan mepet2 berangkat ke stasiun.
    mending nunggu di stasiun daripada ketinggalan kereta