Surat Pembaca

Beli HP di Erafone, Sales Tidak Menjelaskan Asuransi yang Langsung Didaftarkan Tanpa Persetujuan Pembeli

Terima kasih buat Media Konsumen. Pada tanggal 17 April 2023, saya beli HP Realme di Erafone Kosambi (Karawang), menggunakan metode pembayaran Kredivo seharga Rp2.499.000. Namun saat bayar lewat aplikasi, harga berubah menjadi Rp2.854.000 (saya cek di rumah, kok setorannya jadi mahal dan bunganya jadi besar?).

Ternyata saat saya cek lagi, ada pembiayaan asuransi Pro Classic Rp355.000 (saya cek di dalam kardus HP ada kartu asuransinya). Padahal saat di Erafone, saya tidak diinfokan dan ditawarkan mau atau tidaknya saya menggunakan asuransi itu. Yang jelas saya tidak mau memakai asuransi, karena pasti tak sesuai ekspektasi nantinya.

Untuk ke depannya, tolong tanyakan dulu ke konsumen mau atau tidak menggunakan asuransi, jangan main masuk-masukin ke harga pembelian aja. Jadi mahal saya setorannya.

Zainuddin
Karawang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Erajaya Telah Bertemu Bapak Zainuddin dan Permasalahan Sudah Terselesaikan

Sehubungan dengan dimuatnya surat pembaca dari Bapak Zainuddin dari Karawang, pada mediakonsumen.com tertanggal 27 April 2023 berjudul “Beli HP di...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Semoga hal ini ditanggapi oleh Erafone pusat. Biasanya pegawai gerai ponsel akan menawarkan tambahan ini-itu, utamanya produk asuransi, karena mereka mendapatkan insentif dari situ. Mengingat anda bayar non-tunai, ditambah ada kemungkinan anda tidak melihat rincian nota kuitansi sebelum membayar, maka anda DIDUGA menjadi korban sasaran trik nakal pegawai gerai.

    Saya sebut DIDUGA karena SP anda tidak menceritakan kronologi secara detail utamanya saat proses pembayaran, tidak menyertakan foto nota pembelian, ditambah pengakuan anda sendiri yang baru menyadarinya sesaat setelah sampai di rumah (ada unsur kelalaian di pihak anda).

  • Ini sudah termasuk PENIPUAN loh sales bisa kena tanpa persetujuan malah di daftarkan dusun banget. saya kalo jadi konsumennya langsung komplain lagi. Kedepannya sebelum pulang cek ricek dulu apa sudah sesuai atau belum pas pembayaran.

    Semoga ada tanggapan baik dari Erafone dan membatalkan asuransi.

    • Pernah punya pengalaman yg sama beli hp pake CC Aeon di Erafone BSD eh langsung disuruh wajib beli asuransi yg diatas,awalnya saya nolak karena emang ga minat tapi si sales Erafone maksa dengan alasan kalo ga beli asuransi nanti pembeliannya ga disetujui Ama Aeon!!!dan dengan bodohnya saya beli tuh asuransi karena udah tanggung tapi pas beli itu starter paknya saya tinggal di salesnya ???

      • wkwkwkw biasanya akal2an sales aja pak biar dapet intensif. saya beberapa kali beli di erafone MOS aman selalu saya tolak. toh ga butuh2 amat.

        Parah banget ditinggal aja staterpack nya wkwkwk eman pak mana 300ribuan?, karena sekarang ada online jarg beli langsung ke erafone?

        • Ya saya waktu itu beli di Erafone buat coba coba doang soalnya baru turun CC AEON saya ??
          Jadi masih bodoh soal CC saat itu!!saat sales ngomong wajib beli asuransi karena biar gampang di acc Aeon saya mah iya iya aja ???kalo diatas mah enak dimasukin ke tagihan kredivo bukan bayar cash kalo saya waktu itu beli asuransi disuruh bayar cash bayar di kasir

      • Saya pernah ambil hp di erafone ga ditawarin asuransi. Tapi dah lama banget tahun 2015 . tapi sekarang saya pikir2 di Erafone mahal banget.
        Mending yang punya tabungan BRI yang sudah 1 tahun pasti di acc aplikasi ceria coba aja ajuin ada di playstore tinggal donload gampang kok ga ribet. Kayak aplikasi lain. .angsurannya murah .cicilannya ringan.

  • wah ini sih karyawannya yg nakal. msh byk orang diluar sana yg ingin bekerja & jujur pastinya

  • Saya baru cek kembali sewaktu saya dirumah,karena ketika itu,saya ke gerai tidak punya waktu banyak(karena mau berangkat kerja),ketika di gerai saya menyadari soal setoran perbulannya yang tinggi,karena waktu sudah mepet saya skip itu,soal nota pembelian baru saya terima via email hari ini Kamis tgl 27.04.2023 jam 06:01 WIB dan tertulis hanya pembelian HP dan paperbag(free biaya)..

    • Logikanya kalo merasa ditipu dan dirugikan seharusnya dateng dan konfirmasi ke toko dong TS
      Apalagi TS juga lalai saat melakukan pembelian dengan alasan ga punya waktu ?

      • Gmail saya bisa diliat profilnya saya bukan karyawan tecprotec, saya hanya seseorang yang ngerasain benefitnya. Jikalau benefitnya lebih bagus ya saya ngomong apa adanya. Saya hanya seseorang yang suka memberi komen dan penilaian secara jujur, bisa diliat di gmaps sudah beberapa kali saya beri penilaian ttg tempat makan dan hotel dan beberapa destinasi, tentunya secara subjektif saya pribadi. Terimakasih....

  • jika memang merasa dirugikan. bisa balik ke toko, langsung konfrontir ke pegawai yang melayani, juga ke kasir dan manager on duty.

    tapi sebelumnya pastikan dulu bahwa saat itu anda benar tidak ditawari dan mengiyakan...
    karena dari jawaban diatas dikatakan buru-buru dan waktu tidak banyak karena mau kerja, jadi barangkali anda lupa sudah ditawari dan mengiyakan...

    • karena 355000 itu cukup besar dan menurut saya kurang berguna asuransi tambahan tersebut..

      • Betul, itu solusi nyata dan kongkrit
        Kecuali udah dateng dan konfirmasi ga digubris baru tindak lanjuti

    • Saya tidak ditawarkan asuransi sales jg gak minta KTP saya untuk isi data buat asuransi dan saya gak tanda tangan form asuransi,manfaatnya bagi saya,saya juga gak tau,saya sebenarnya mau ke gerai dikarenakan saya kerja lapangan yang belum tau kapan baliknya,kalau saya tunda2 semakin lama,tambah ribet,dipikiran saya y cuma d media konsumen,makanya saya tulis artikel ini..

      • Asuransi hp buat apa. Ribet ga. Temen ak aja diojol ikut asuransi hp. Giliran hp rusak mau claim dipersulit. Tiap hari dipotong enak banget. Giliran kita mau claim asuransi dipersulit.
        Asuransi mah ga berguna klo buat hp ia. Klo asuransi jiwa ikut aja buat jaga2. Yang terkenal kayak Jamsostek .bpjs.

        • Setuju nih, nyanyian merdu dan janji manis hilang menguap keangkasa begitu kita ajukan klaim....susssahhhhnyaaaaa bukan maeeeeeennnn

    • Kan di atas sudah disertakan foto dari produk asuransinya. Asuransi Classic Pro dari TecProtec

  • Gila ya?? 350rb untuk kerusakan yg tidak disengaja. Bisa dilaporkan ke YLKI kalo sperti itu

  • Jujur saya senang malah ada asuransi, bahkan tiap beli yg kredit saya tanya apa ada asuransinya, seperti mobil, motor bahkan hape. Ini pengalaman saya, saya beli hape poco f4 via kredit di salah satu penyedia jasa kredit online dan beli hapenya di erafone juga. Dan secara tidak sengaja hape saya jatuh, layar pecah, blank, kamera depan ikut pecah hape baru umur 2 bulan. Setelah itu saya ke erafone untuk klaim garansinya, dibantu dengan baik bahkan saya cuma mengeluarkan biaya 200rb an dan biaya penggantian hape saya seharusnya total 1.7 juta atau 2.7 juta gitu, itupun hapenya diambil di rumah bukan di erafone, yang perbaiki ya official service centernya lagi. Percaya deh ga rugi ngeluarin asuransi apalagi bayarnya juga kita cicil. Syukur2 hape aman selama setahun tp kalau ga aman juga tetap nyaman karena ada asuransi. Kemarin br beli 1 hape lagi buat istri secara kredit saya juga pakai asuransinya berkaca dari hape dia dulu juga sama jatuh pecah layar kena 1.5 juta.

    • Temen ak ikut asuransi hp giliran hpnya rusak ga di acc. Tiap hari dipotong terus.
      Ga semua asuransi hp bagus. Ak dulu tahun 2015 ambil hp samsung j5 2015 masih 3 jutaan . ga ada tuh penawaran asuransi. Sekarang mah ada ia. Banyak diconter2 kasih tahu klo kredit di Erafone mahal.

      Kemaren ak punya tabungan BRI.setahun .ditawarin limit buat ambil cicilan. Ak cek cicilannya ringan banget . bunganya kecil.

      Yg punya tabungan BRI coba ajuin donload di aplikasi playstore pasti di acc.
      Mau yang jelek datanya pasti di acc .asal punya tabungan BRI minimal setahun ada transaksi tiap bulan. Entah beli pulsa. Bayar angsuran.