Surat Pembaca

Hapus Semua Aplikasi Pinjol dari HP Kita!

Saya kena jerat pinjol ilegal dan merasa dirugikan, dihina dan dipermalukan. Mereka share data kita ke kontak darurat. Padahal belum jatuh tempo dan kontak CS mereka susah dihubungi. Saya email, malah tertipu. Katanya penghapusan, malah uang saya melayang. Saya merasa pinjam Rp1,8 juta, tapi dapatnya hanya Rp1 juta.

Saya menyesal sekali dan merasa ingin lepas dari beberapa aplikasi, mau itu legal atau ilegal. Jangka waktu pinjamannya hanya 7 hari (kadang 2 minggu). Pasti bilangnya kenapa saya mau ambil? Kalau untuk pinjaman di bank gampang, kita semua tidak akan ambil dari aplikasi ini. Saya menyesal sekali, foto kita disebarkan, dikatain binatang, sampai profil di hp mereka ganti muka kita.

Saya berharap ini bisa diteruskan ke pihak yang berwenang. Saya bingung kenapa di Google Playstore bisa menerima aplikasi seperti ini? Apakah mereka tahu? Aplikasi seperti ini sudah menjerat banyak korban, sampai ada yang bunuh diri karena merasa malu. Kita mengadu ke aduan konten, tetapi jawaban mereka: “Coba restrukturisasi agar diberikan keringanan”, “Akan dilaporkan ke polisi”.

Bagaimana mau negosiasi? Secara kita dihubungi oleh DC yang bisanya menekan, memaksa dan menakuti. Kita bayar saat jatuh tempo pun tetap mereka menghina. Setelah kita bayar, mereka menghilang dan nomor kita langsung diblok.

Tolong hapuskan semua aplikasi pinjol seperti Super Cash, Kredit Good, Uatas, Pinjam Yuk, Klik Kami, Pinjam Dana dan banyak lagi yang saya tahu. Ada beberapa dari aplikasi tersebut yang saya tidak pernah meminjam, tapi data saya tersebar dari aplikasi saya pernah pinjam, dengan nomor telepon yang bukan wilayah Indonesia. Kenapa pemerintah dan Kominfo, OJK dan polisi tidak menghapus aplikasi-aplikasi tersebut?

Eka Aprilina
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Untuk mbak nya, ku mau bilang sabar aja juga ngga bisa, kalau disabarin juga ngelunjak itu para oknum.
    Jika seandainya saya ada diposisi anda, yang saya lakukan adalah mengganti nomor dan yang terpenting bersihkan data di aplikasi "Getcontact" karna dari situ orang bisa tau sosmed kita dan bisa mencarinya melalui "Tag" yang ditambahkan ke nomor kita. Mungkin yang paling tepat adalah menghapus semua tag nya dan pilih beberapa alasan yang sudah disediakan. Setelah itu bisa pilih "Bekukan akun"
    Karna nomor wa anda selalu diteror sama mereka
    Dan jika mereka memasuki Getcontact , mereka akan melihat tag nomor anda dari orang orang yang menyimpan/ nge save
    Contohnya "Eka fb, "Eka april****"
    Dan semacamnya

    Tahap dua setelah itu beres, bisa menghapus total akun wa di pengaturan, cari aja "Hapus akun saya"
    Setelahnya tinggal urusan mbak nya aja lagi tentang nomor nomor yang sudah terkait. Itu bisa mbaknya pikirin sendiri kan,

    Tips Dari saya ini ngga sepenuhnya menyelesaikan masalah, karna jatuhnya adalah "Pelarian"

  • Pinjol ilegal itu merugikan negara, kemenkeu sudah membahas ini sebelum pandemi covid-19.
    Mereka gak bayar pajak sepeserpun dan dana tarikan mereka itu disinyalir ngalir ke negeri china.

    Padahal dari sisi masyarakat juga sudah banyak yang lihai jadi hunter2 pinjol ilegal, ehh masih banyak juga yg kebobolan termasuk si mbak ini.

    Ya udah nasi sdh jadi bubur, uninstall pinjol ilegal itu. Kondisikan ke semua kontak bahwa itu penipuan.

      • Apakah DC itu akan datang ke alamat rumah ya kak? Klo iya apakah sdh pernah di datangi oleh pihak dc apa mereka hanya gertak via telpon saja?

  • Sudah tau pinjol kejam kenapa masih download aplikasinya...
    Jgn sekali² berurusan sama pinjol..mending hidup seadanya, klo Lagi kepepet butuh uang pinjem sama teman atau saudara seperlunya dan segera kembalikan klo sdh ada...
    Percuma klo gaya hidup wah....tp hasil ngutang dari pinjol....semoga para pelanggan pinjol sadar ..

    • Bener banget menyesal belakangan ya saya .. insya Allah semua ada jalan. Thks ya

      • Sudah di cemarkan, neror GA USAH di bayar.... Perang sama pinjol ILEGAL..... Arie 089509153395

  • Kak mau tanya kalo mau kirim aduan ke media konsumen, email kita harus terverifikasi dlu ya..

  • Tips : Masuk ke pengaturan, buka privasi dan hapus izin aplikasi Kontak, maps, galeri, dan microphone, jika perlu atur ponsel agar semua telpon asing tertolak secara otomatis, blokir pesan asing yang masuk, dan atur privasi wa aktifkan kode keamanan 2 langkah, bulan perlu kalau masuk aaneh jangan dibaca langsung blokir, kita bukan menghindar, cuma menenangkan pikiran untuk mengumpulkan uang, penyebab banyak pinjol TKBnya dibawah 90% karena penagihannya masih bocah dan mengejar target dengan cara yang kasar, kalau ada aplikasi LEGAL yang menagih kasar screen capture chatnya laporkan ke Aplikasinya, jika aplikasinya tidakemberi tindakan, laporkan ke media konsumen biar TKBnya menurun

    • Setuju banget kasihan sbnrnya bocah2 masih baru yg kerja. Kalo legal biasanya mrk sopan dan kita lapor langsung tindak lanjut. Kalo ini ilegal dan menagih blm jatuh tempo sdh menyebar data… astaghfirllah.

      Thks ya

      • Ga usah dibayar, itukan pinjol ilegal, lagian ga ada jaminan data kita aman pastinya data2 dihp kita sudah di copy di server mereka

  • Kalau di perhatikan jika ada yang buka lowongan buat marketing, ternyata kerjaan nya sebagai dc pinjol, yang di tangkap polisi di media TV rata2 muda2
    Mungkin karena tidak ada kerjaan lain

  • Apapun jenis pinjolnya apalagi ilegal coz Mahfud MD pernah berkata,"pinjol ilegal gak usah dibayar. Anggap aja nyariin bansos 😎.

    • bunganya yg gausah dibayar, kalo pinjaman pokoknya ya wajib. kalo ga mau bayar pinjaman pokok ya sama dengan ngambil uang bukan haknya.

      • yg dibayarkan ke pinjol2 ilegal itu jauh lebih banyak dr yg diterima. biar aja klo pada akhirnya tidak mau bayar sama sekali. apalagi sudah sampai dipermalukan

    • Wkwkkw bener salah saya makanya curhat. Gak mau denger atau baca curhat ya jangan di baca.

      • judul artikel nya salah !
        yg benar “jangan pernah download dan instal aplikasi pinjol apapun … dan jangan pernah mencoba!
        krana itu yg benar, krana saya tidak pernah pake gituan dan aman2 saja !
        khan dr awal udah tau , klo utang itu riba…. apalagi pinjam ama setan ! wow ….. akibat nya? itu dia

  • Bagus ini di muat di mk.. buat pertimbangan bagi yg berniat pinjam pinjol, mending jgn lahh...jgn sampe install aplikasinya apalagi sampai meberi izin aplikasinya akses kontak, atau kirim poto ktp kita ..bisa capek kena spam walau gak pinjam pun.