Hapus Semua Aplikasi Pinjol dari HP Kita!

Saya kena jerat pinjol ilegal dan merasa dirugikan, dihina dan dipermalukan. Mereka share data kita ke kontak darurat. Padahal belum jatuh tempo dan kontak CS mereka susah dihubungi. Saya email, malah tertipu. Katanya penghapusan, malah uang saya melayang. Saya merasa pinjam Rp1,8 juta, tapi dapatnya hanya Rp1 juta.

Saya menyesal sekali dan merasa ingin lepas dari beberapa aplikasi, mau itu legal atau ilegal. Jangka waktu pinjamannya hanya 7 hari (kadang 2 minggu). Pasti bilangnya kenapa saya mau ambil? Kalau untuk pinjaman di bank gampang, kita semua tidak akan ambil dari aplikasi ini. Saya menyesal sekali, foto kita disebarkan, dikatain binatang, sampai profil di hp mereka ganti muka kita.

Saya berharap ini bisa diteruskan ke pihak yang berwenang. Saya bingung kenapa di Google Playstore bisa menerima aplikasi seperti ini? Apakah mereka tahu? Aplikasi seperti ini sudah menjerat banyak korban, sampai ada yang bunuh diri karena merasa malu. Kita mengadu ke aduan konten, tetapi jawaban mereka: “Coba restrukturisasi agar diberikan keringanan”, “Akan dilaporkan ke polisi”.

Bagaimana mau negosiasi? Secara kita dihubungi oleh DC yang bisanya menekan, memaksa dan menakuti. Kita bayar saat jatuh tempo pun tetap mereka menghina. Setelah kita bayar, mereka menghilang dan nomor kita langsung diblok.

Tolong hapuskan semua aplikasi pinjol seperti Super Cash, Kredit Good, Uatas, Pinjam Yuk, Klik Kami, Pinjam Dana dan banyak lagi yang saya tahu. Ada beberapa dari aplikasi tersebut yang saya tidak pernah meminjam, tapi data saya tersebar dari aplikasi saya pernah pinjam, dengan nomor telepon yang bukan wilayah Indonesia. Kenapa pemerintah dan Kominfo, OJK dan polisi tidak menghapus aplikasi-aplikasi tersebut?

Eka Aprilina
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

101 komentar untuk “Hapus Semua Aplikasi Pinjol dari HP Kita!

  • 2 Juni 2023 - (11:17 WIB)
    Permalink

    aplikasi2 tersebut muncul karena ada pangsa pasarnya. ada yg minjam. andai tdk ada yg minjam / coba minjam pasti mereka akan mati sendiri. dihapus 1 juga nanti muncul lagi dengan nama lain. jadi diperlukan sosialisasi, kesaksian atau apapun dari yang pernah menjadi korban untuk selalu mengingatkan yang belum pernah terjerat agar jangan sekali-kali meminjam ke pinjol2 tersebut. seperti juga dengan adanya surat pembaca ini semoga bisa dibaca oleh calon2 korban. sayangnya kebanyakan selalu setelah menjadi korban baru sadar akan bahanya nya pinjol ini

    49
    1
      • 3 Juni 2023 - (02:32 WIB)
        Permalink

        Klo sprti itu, sdh masuk pidana? karna sdh menyebar luaskan privasi seseorg? Tidak usah dibayar lagi, kapolri pun menegaskan jika sdh menyebarluaskan privasi, wajib melaporkan kepihak yg berwajib? Dan tidak perlu lagi melakukan pembayaran apapun.

        16
        • 20 November 2023 - (00:42 WIB)
          Permalink

          Ilegal atau legal sama saja, tolong @OJK Segera berantas kecurangan pinjol legal tapi lintah darat, periksa pinjol ini :
          @UATAS @BANTUSAKU @FINFLUS @MODALNASIONAL @pinjammodal @pinjamyuk @singaid dan lain nya mereka sudah merusak tatanan keuangan republik indonesia

          • 20 November 2023 - (09:09 WIB)
            Permalink

            Sebenarnya kalo dr pemerintah memudahkan pinjaman yg hk byk syarat gk bakal ke pinjol.

            Pinjol jg kalo bunga tdk mencekik dan kalo kita kesusahan diberikan solusi mungkin gak bakal susah.

    • 3 Juni 2023 - (07:25 WIB)
      Permalink

      Harus digali dl kl aku pribadi. Di bank harus ada jaminan utk digadaikan. Kl pinjol harusnya ya dicurigai dl apa yg kita gadaikan sbg jaminan. Harga diri dan ketenangan sih. To good to be true kl pinjol dg kemudahannya bla bla bla, agak sebel juga kl liat iklan” pinjol sering muncul. Yg ditampakkan enaknya aja. Yang paling bener ya pinjam ke orang yg dikenal udah ga berbunga resiko begini” rendah. Ya cuma harus bener” tepat waktu bayar sesuai janji, belum bisa ya bilang minta tenggat lagi tanpa harus si pemberi utang sampai jadi pengemis. Udah paling bener pinjem ke temen yg udah sama kenal baik sih.

      • 12 Agustus 2023 - (12:16 WIB)
        Permalink

        Hati hati sekarang banyak aplikasi pinjaman yang ilegal, yang palsu. Mereka mendesain aplikasi pinjaman sama seperti yang legal. Jadi sebelum instal pastikan ada nomor CS, trus liat di kontak developer pas kita mau install, liat domain email nya. Kalau mencurigakan jangan di instal.

    • 3 Juni 2023 - (20:58 WIB)
      Permalink

      Sekedar saran… Bayar saja pinjam yg terdaftar di OJK.. Yg tidak terdaftar di OJK ga ush di bayar… Trus apabila penagihan tidak menyenangkan/tidak sopan oleh DC dan tidak sesuai standar OJK lgsg laporin aja ke OJK

      • 13 Agustus 2023 - (10:01 WIB)
        Permalink

        sy punya pengalaman serupa dengan pinjol ilegal…sudah sekian kali diteror & diancam padahal jatuh tempo masih 2 hari lagi (dari tenor yg cuma 7 hari), tidak direspon makin diancam. sudah sy laporkan via email ke satgas waspada investasi/ojk cc ke cyber polri. untuk yg satgas investasi sudah direspon, untuk yg ke cyber polri tidak ada respon. hanya berharap semoga aplikasi pinjol yg bermasalah dengan saya segera diblokir oleh ojk

      • 20 November 2023 - (22:53 WIB)
        Permalink

        OJK mandul gak tegas, legal juga diduga beranak pinak punya yg ilegal dan diduga penagihan nya memakai agency yang sama.. tempo hari kepolisian menggerbek satu agency mengelola 13 aplikasi pinjol legal dan ilegal..
        Indonesia bakal hancur oleh pinjol, judi online dan prostitusi online.. ini semua ulah OJK yg tidak tegas

        • 21 November 2023 - (05:14 WIB)
          Permalink

          Betul dr OJK musti tegas seleksi kembali dan DC nya ada aturan yg tdk mengikuti harusnya sanksi di aplikasi tersebut.

          NAGIH DC KAYA NYAMUK GK BRENTI

      • 21 November 2023 - (05:11 WIB)
        Permalink

        Iya sbnrnya yg buat aplikasi legal jadi jelek karena DC nya. Cara mereka itu menagih menyebar data, memaksa, menakuti itu yg buat jadi tdk baik.

        Yg dilakukan selain OJK menyeleksi utk aplikasibyg benar juga tuh agen DC nya yg harus di benerin.

        Semoga semua koment i i bener di baca ama OJK

    • 4 Juni 2023 - (09:30 WIB)
      Permalink

      Saya juga pake pinjol kak nga muna ngomng apa adanya , bukan untuk gaya2an melainkan untuk kebutuhan anak istri yg pernah saya pake aplikasi akulaku, shope lazada,maaf bukan mau menyarankan untuk berhutang klo bercukupan saran jgn sampe utang2, 3 aplikasi itu mnrt sy aman krna illegal. Tapi untuk akulaku skrng jatuh tempo tgl 28 tgl 20 pihak akulaku sdh tlp kita sehari bsa 3 kali walau komputer yg tlp. Dlu sekali hanya mengingatkan saja skrng berkali2, disitu sdh saya hapus, untuk lazada ambil barang bayar bulan depan tdk dikenakan bunga, kecuali masuk cicilan kena bunga. Untuk Shopee biasa jatuh tempo tgl 5 setiap tgl 30 biasa ada pemberitahuan di dlm aplikasi mengingatkan kita tagihan yg sdh dibayar untuk tlp selama pake nga pernah. Yg sy pake skrng Lazada ambil barang bayar bulan depan, membeli kebutuhan anak spt pampers, dan kebutuhan lainya…

    • 2 Juni 2023 - (15:36 WIB)
      Permalink

      Woii pinjol ilegal bajingan,gertakan DC kalian itu kampungan,kalian itu ilegal masa mau lapor debitur ke polisi dan ojk, yg ada kalian yg dibabat habis,, klo mau gertak pake otak kau dc, nampak kali kau masih anak anak, klo masalah utang piutang itu perdata woii dc bodoh, bukan pidan,, pake otak kau dikepala jgn kau simpan di dengkul

      29
      3
  • 2 Juni 2023 - (11:53 WIB)
    Permalink

    Pemerintah kan sudah bilang kalau pinjol illegal tidak perlu dibayar. Ganti nomer HP anda, uninstall semua apk pinjol, tidak perlu dibayar. Bilang ke kontak2 anda suruh abaikan tagihan, bilang itu penipuan.

    16
    1
  • 2 Juni 2023 - (12:44 WIB)
    Permalink

    Kan udh kirim surat di mediakonsumen dari 2019 berarti kan sudah tau bahaya pinjol, kenapa masih dipakai, ilegal pula, udh pusing salahin pemerintah, ya semoga penulis menjauhi segala macam utang, dan diberi kelancaran bayar dan kekuatan

    12
    1
    • 2 Juni 2023 - (13:52 WIB)
      Permalink

      Iy bingung..semua pinjaman bermasalah termasuk Sama bank resmi..
      Yg bermasalah Dia sendiri

      5
      4
        • 2 Juni 2023 - (18:55 WIB)
          Permalink

          Seneng ya cerita gue tunggu ya cerita selanjutbya kemarin ada tuh nelp namanya muhammad juga

          4
          1
      • 3 Juni 2023 - (21:02 WIB)
        Permalink

        Cuma berbagi ilmu saja… Dlu saya minjem di pinjol tp ga saya bayar tp aman aman aja smpe skg,,, cuma nama kita aja yg di blacklist di OJK dn ga bs minjem minjem lagi di pinjol… Tp nama di BI checking masih bersih soalnya pinjol ga ada hubungan dgn yg namanya BI checking… Krna BI Checking hnya berlaku utk kredit kredit barang spt motor yg bekerja sama dgn bank… Contoh: FIF, Adira, dll..

          • 4 Juni 2023 - (06:58 WIB)
            Permalink

            Sekarang bnyk yg mengeluh pinjol, pdhl dr awal sdh tahu resiko jika galbay, sbnrnya pinjem gpp asal tahu kondisi keuangan kita kedepanya bs ndk buat bayar tepat waktu. Bnyk yg pinjem skrng cuma buat konsumtif yg ndk bermanfaat, hanya buat beli sesuatu utk gaya2an,kalau sdh galbay bingung. Semoga mas ts segera selesai masalahnya

    • 2 Juni 2023 - (14:03 WIB)
      Permalink

      Kan sdh dijelaskan,andai pinjam Bank mudah,dia tidak mungkin menggunakan pinjol,tidak semua orang mampu secara financial..Butuh dana mendesak,pinjam ke family atau tetangga tidak dapat,terpaksa beralih ke pinjol.

      23
      1
      • 3 Juni 2023 - (08:54 WIB)
        Permalink

        Percuma pak…tutup 1 tumbuh 1000…entah apa kerjaan OJK,aplikasi pinjol ilegal kaya gini aja kok susah diberantas…

    • 2 Juni 2023 - (14:16 WIB)
      Permalink

      Lucu ya. Org spti dia nulis keluhan spti itu yg sdh dilakoni sejak bbrpa tahun yg lalu. Ga malu kali TS nya.

      5
      10
    • 2 Juni 2023 - (18:57 WIB)
      Permalink

      Temang gak ush tahun depan bukan depan lah biar heboh kan lama2 kalian kaya DC PINJOL sibuk comment in saya punya. Jangan2 emang dc pinjol ilegal.

      5
      2
  • 2 Juni 2023 - (14:21 WIB)
    Permalink

    go blog digembor2in, anda itu mafia pinjol, anda itu pemain tapi berlagak korban yg suci. keluhan anda itu sudah tahunan dan post dimana mana anda itu paham pinjol dan sangat pakar..

    anda itu hanya bersandiwara saja supaya bebas dan gak perlu bayar..

    pemain tahunan kok ngeluh sekarang. mestinya penipu macam anda itu dipenjara, bikin suara pembaca macam newbie polos padahal pakar pinjol

    11
    17
    • 2 Juni 2023 - (18:49 WIB)
      Permalink

      Bahasanya gak sopan. Apa maksud nya? Sory dari dulu sampai skrg tdk pernah semua terbayar dan tdk ada mslh. Anda kungkin gak byr makanya ngatain org GOBLOG gampang sekali.

      3
      2
  • 2 Juni 2023 - (14:32 WIB)
    Permalink

    Ini namanya TS kena bully, anda pemain tau bnyk aplikasi pinjol, kenapa anda tkt di share ?????

    3
    6
    • 2 Juni 2023 - (18:46 WIB)
      Permalink

      Gak takut silahkan aja. Saya menyalahkan utk pi jol tsbt kenapa di aplikasii apa gak bisa di hapuskan.

      1
      1
      • 2 Juni 2023 - (18:58 WIB)
        Permalink

        Lalu kalau anda tidak tkt, ngpn sampai di suruh tutup , nikmatin aja.. Apa di umbar disini biar tutup? That never happened bro, sebaiknya malah anda yg terbully disni, saran saya nikmatin saja proses nya.. Ga perlu share sana sini, tertutup 1 , makin bnyk yg baru

        1
        9
        • 2 Juni 2023 - (21:42 WIB)
          Permalink

          Situ emang bener kalo gak ada kerjaan jangan coment aja mending cari kegiatan lain. Ini medi konsumen semua boleh bicara dan cerita jadi kalo tdk suka jangan baca dan jangan koment. Kalo anda merasa bener ngapain koment gak jelas. Bukan mensuport berarti anda termasuk DC nya kali ya

          8
          1
    • 5 Juni 2023 - (13:31 WIB)
      Permalink

      Belajar dlu kalo mw pake pinjol Bambang..kalo lu install aplikasiny ada tulisan izin akses kontak jgn lu pake tu aplikasi…lu ajh terlalu polos masalah kek gtu pun Gk tau

  • 2 Juni 2023 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Pinjol laknat tidak akan punah selama orang2 Tolo* literasi keuangan seperti (maaf) anda masih berfikir dangkal dan sayangnya diluar masih ada jutaan orang seperti anda yg menjadi potensi pasar menggiurkan dr pinjol laknat

    Mau pinjol punah?
    Rakyat harus banyak belajar dan berwawasan, jangan cuma main medsos, gosip artis, tiktok dan pengetahuan2 sampah lainnya saat ber internet.

    Kejam ya komentar saya, tp itulah realitanya

    10
    1
    • 3 Juni 2023 - (09:05 WIB)
      Permalink

      Betul bos q.realita kehidupan di negara konoha memang spt itu.pengen cepet dpt uang dgn syarat yg mudah.ngga tau di blkg nya nanti kena jebakan n diteror habis2an.saran ane kl mau mending jd penjahat pinjol sekalian.kontak di hp bikin fiktif aja,trs pinjem deh tuh sebnyk2nya di aplikasi pinjol yg ilegal.tggl tebal muka aja kl ditagih DC.dikatain ****** tggl bls lu bapaknya ****** dan tetep aman pastinya ngga kena slik OJK…

  • 2 Juni 2023 - (15:02 WIB)
    Permalink

    Waduh lucunya jadi Ama pemain lama harus sungkem ni 😂🤣
    Orang ko ya udah download sekali ya jangan Ampe download yg ke 2X
    Pinjol ada ya karena orang orang kaya TS yg demen coba coba yang awalnya ngutang karena penasaran lalu pas cair di 1 aplikasi langsung seneng dan mendekati jatuh tempo aplikasi pertama langsung download aplikasi ke 2 buat bayar aplikasi yg pertama dan begitu seterusnya Ampe ga sadar banyak aplikasi yg dipake
    Lalu setelah semuanya jatuh tempo barengan bingung dan playing victim merasa dijebak,merasa jadi korban,dan bikin surat kemana mana minta dikasihani

    4
    7
    • 2 Juni 2023 - (18:44 WIB)
      Permalink

      Gak minta di kasihani . Ini saya bertanya kenapa apliaksi spt ini harus ada di android dan playstore apa gak ada cara utk di hapus.

      2
      3
  • 2 Juni 2023 - (15:14 WIB)
    Permalink

    Belajar menabung dan mengurangi keinginan yang tidak perlu,jadi hidup tenang dan nyaman,berhemat dan hidup sesuai pemasukan keuangan,30 % pendapatan di tabung ya.yang paham kondisi keuangan anda ya anda sendiri.hentikan pinjam dari sumber manapun.

    6
    1
    • 3 Juni 2023 - (21:07 WIB)
      Permalink

      INFO PENTING BUAT TS… KLO YG ILEGAL GA USH DI BAYAR… KLO YG LEGAL KLO BS SIH DIBAYAR JIKA PUNYA UANG.. KLO GA PUNYA UANG GA USH DI BAYAR.. KRNA DLM HUKUM HUTANG PIUTANG ITU SUKA SAMA SUKA … DN GA AKAN PERNAH BS DIBAWA KE KEPOLISIAN KRNA HUKUMNYA PERDATA…

    • 2 Juni 2023 - (18:42 WIB)
      Permalink

      Ini pasti DC pinjol ya makanya sewot. Gak mau di ajak ya jangan koment

      2
      5
  • 2 Juni 2023 - (16:12 WIB)
    Permalink

    Itu pinjol ilegal mending ga usah di bayar
    Biarin aja
    Toh data anda sudah tersebar
    Percuma klo di bayar
    Abaikan saja
    Ga usah di ambil pusing

    7
    1
    • 2 Juni 2023 - (18:58 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah selalu bayar walau blm waktubya juga sdh di sebar kemana2

      3
      3
      • 3 Juni 2023 - (05:58 WIB)
        Permalink

        Gak usah dibayar mba, biarin aja.. ganti no.hp & email.. justru harusnya semua yg kena kasus begini rame² gak usah bayar.. biarin aja nagih ampe budeg, toh ilegal jg.. mereka mo lapor? Lapor kesiapa..??

        Tenang, gak usah panik.. klo mau bayar, ya bayar pokoknya aja (berapa yg diterima).. gak usah sama bunganya, terima uangnya aja udah rugi kena potongan malah minta bayar plus bunga.. ada tips sich biar kunyuk² pinjol bisa agak sopan saat nagih tapi ini forum bebas, mailpriv aja ya .. 😁

        Btw, Alhamdulillah gw gak pernah & gak pengen urusan sm pinjol² gini.. cuma klo temen ada sich beberapa & mereka adem² aja, itung² terima duit dr kunyuk² pinjol, bayarnya seenak mereka & pinjolnya gak berkutik jg.. dc pinjol ilegal itu gede gertak doank mba.. kalem ae, temen² gw nyantai aja padahal udah disamperin kerumahnya malah dc nya cengengesan doank.. kocak klo inget 🤣🤣😂

  • 2 Juni 2023 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Jadi inget kasusnya guru TK di Jatim yg nyambi juga kuliah S1.Dia pinjol sana sini banyak aplikasi buat nutup tagihan aplikasi ke 1 ke yg lain,jadi kayak gali lubang 1 buat nutup lubang 2 dst.Kalo gak salah tagihan ampe Rp40 juta,viral tuh.Akhirnya Baznas ikut nyumbang tapi bayar pokoknya saja.Apa Saudari Eka tidak tertarik dengan trik seperti ini? Siapa tahu kan ya Pak Jokowi bantuin hehehe

    • 2 Juni 2023 - (18:59 WIB)
      Permalink

      Dr sekarang aja kumpulin buat yg comment kali aja kalo ada duit mrk diem

      1
      2
  • 2 Juni 2023 - (18:06 WIB)
    Permalink

    Bermain pinjol ilegal ada alurnya mbak. Jgn takut jgn panik itu aja kuncinya karena posisi udah salah langkah.

    6
    1
  • 2 Juni 2023 - (18:53 WIB)
    Permalink

    Saya jelaskan… kalo coment cuma ngebully mending tdk usah coment ngotorin email saya. Gak suka gak ysh jawab GAMPANG kan

    Kok pada heboh sendiri. Dan mau sebutan lama apa baru saya infokan semua saya bayar lunas. Saya hanya bicara spt jnj knp ..: saya merasa kok sdh byk korban aplikasi spt ini masih gampang fi akses.

    Kalo anda semua merasa aneh jangan di baca
    Jangan comment

    Kok gitu aja repot.

    3
    8
    • 2 Juni 2023 - (21:48 WIB)
      Permalink

      Inih yg kasih jempol bawah pastihya org sama lengangguran gak jelas cuma bisa nya comentin org.

      Ini media umum semua boleh cerita dan buktinya di tampilkan. Jadi mau anda suka atau gak hak pelapor.

      Mau pemain lama mau baru itu terserah anda. Selama ini saya hajya aneh aja knp aplikasi spt ini masih ada di aplikasi hp knp gak di hapuskan.

      Yg coment bully dan sok pinter itu ya karena mereka kerja disana. Org2 yg cuma bisa berani WA SMS DAN COMENT tp dibtelp gak akan berani jawab.

      GAK SUKA JANGAN BELAGAK SUCI.

      THKS UTK YG COMENT BAIK, MENASEHATI DAN MENSUPORT

      6
      9
      • 3 Juni 2023 - (06:36 WIB)
        Permalink

        Semoga permasalahan segera selesai sampai tuntas mbak…
        Ini adalah media konsumen untuk sharing
        Pertimbangkan masukan yang positif
        Tidak udah di tanggapi pihak DC tersebut, memang otak dan hati mereka kotor… maka dari itu mereka bisa menjadi DC
        Semoga para pembuly dan dc tersebut di berikan hidayah
        Dan semoga mbak dan saya serta kita semua Allah Bebaskan dari memakan harta riba.

      • 3 Juni 2023 - (13:58 WIB)
        Permalink

        Kalo udah sebar data jangan dibayar, kalo ketauan pinjol ilegal ga usah dibayar juga , harusnya sebelum pinjol data penting dibackup dulu, pake hp ke 2 buat pinjam pinjol, jangan pake hp utama

  • 2 Juni 2023 - (23:16 WIB)
    Permalink

    Untuk mbak nya, ku mau bilang sabar aja juga ngga bisa, kalau disabarin juga ngelunjak itu para oknum.
    Jika seandainya saya ada diposisi anda, yang saya lakukan adalah mengganti nomor dan yang terpenting bersihkan data di aplikasi “Getcontact” karna dari situ orang bisa tau sosmed kita dan bisa mencarinya melalui “Tag” yang ditambahkan ke nomor kita. Mungkin yang paling tepat adalah menghapus semua tag nya dan pilih beberapa alasan yang sudah disediakan. Setelah itu bisa pilih “Bekukan akun”
    Karna nomor wa anda selalu diteror sama mereka
    Dan jika mereka memasuki Getcontact , mereka akan melihat tag nomor anda dari orang orang yang menyimpan/ nge save
    Contohnya “Eka fb, “Eka april****”
    Dan semacamnya

    Tahap dua setelah itu beres, bisa menghapus total akun wa di pengaturan, cari aja “Hapus akun saya”
    Setelahnya tinggal urusan mbak nya aja lagi tentang nomor nomor yang sudah terkait. Itu bisa mbaknya pikirin sendiri kan,

    Tips Dari saya ini ngga sepenuhnya menyelesaikan masalah, karna jatuhnya adalah “Pelarian”

  • 3 Juni 2023 - (00:31 WIB)
    Permalink

    Pinjol ilegal itu merugikan negara, kemenkeu sudah membahas ini sebelum pandemi covid-19.
    Mereka gak bayar pajak sepeserpun dan dana tarikan mereka itu disinyalir ngalir ke negeri china.

    Padahal dari sisi masyarakat juga sudah banyak yang lihai jadi hunter2 pinjol ilegal, ehh masih banyak juga yg kebobolan termasuk si mbak ini.

    Ya udah nasi sdh jadi bubur, uninstall pinjol ilegal itu. Kondisikan ke semua kontak bahwa itu penipuan.

      • 4 Juni 2023 - (08:48 WIB)
        Permalink

        Apakah DC itu akan datang ke alamat rumah ya kak? Klo iya apakah sdh pernah di datangi oleh pihak dc apa mereka hanya gertak via telpon saja?

  • 3 Juni 2023 - (05:44 WIB)
    Permalink

    Sudah tau pinjol kejam kenapa masih download aplikasinya…
    Jgn sekali² berurusan sama pinjol..mending hidup seadanya, klo Lagi kepepet butuh uang pinjem sama teman atau saudara seperlunya dan segera kembalikan klo sdh ada…
    Percuma klo gaya hidup wah….tp hasil ngutang dari pinjol….semoga para pelanggan pinjol sadar ..

    • 3 Juni 2023 - (12:34 WIB)
      Permalink

      Bener banget menyesal belakangan ya saya .. insya Allah semua ada jalan. Thks ya

      • 3 Juni 2023 - (12:39 WIB)
        Permalink

        Sudah di cemarkan, neror GA USAH di bayar…. Perang sama pinjol ILEGAL….. Arie 089509153395

  • 3 Juni 2023 - (07:13 WIB)
    Permalink

    Kak mau tanya kalo mau kirim aduan ke media konsumen, email kita harus terverifikasi dlu ya..

  • 3 Juni 2023 - (08:35 WIB)
    Permalink

    Tips : Masuk ke pengaturan, buka privasi dan hapus izin aplikasi Kontak, maps, galeri, dan microphone, jika perlu atur ponsel agar semua telpon asing tertolak secara otomatis, blokir pesan asing yang masuk, dan atur privasi wa aktifkan kode keamanan 2 langkah, bulan perlu kalau masuk aaneh jangan dibaca langsung blokir, kita bukan menghindar, cuma menenangkan pikiran untuk mengumpulkan uang, penyebab banyak pinjol TKBnya dibawah 90% karena penagihannya masih bocah dan mengejar target dengan cara yang kasar, kalau ada aplikasi LEGAL yang menagih kasar screen capture chatnya laporkan ke Aplikasinya, jika aplikasinya tidakemberi tindakan, laporkan ke media konsumen biar TKBnya menurun

    • 3 Juni 2023 - (12:36 WIB)
      Permalink

      Setuju banget kasihan sbnrnya bocah2 masih baru yg kerja. Kalo legal biasanya mrk sopan dan kita lapor langsung tindak lanjut. Kalo ini ilegal dan menagih blm jatuh tempo sdh menyebar data… astaghfirllah.

      Thks ya

      • 3 Juni 2023 - (14:01 WIB)
        Permalink

        Ga usah dibayar, itukan pinjol ilegal, lagian ga ada jaminan data kita aman pastinya data2 dihp kita sudah di copy di server mereka

 Apa Komentar Anda mengenai Pinjol Ilegal?

Ada 101 komentar sampai saat ini..

Hapus Semua Aplikasi Pinjol dari HP Kita!

oleh Eka Aprilina dibaca dalam: 1 menit
101