Auto Renewal Paket Internet BOLT yang Merugikan

Yth. Media Konsumen,

Saya menulis ini karena sudah hilang harapan untuk untuk ditanggapi BOLT secara baik-baik dan menyelesaikan kekecewaan saya terhadap BOLT. Saya harapkan penyelesaian dari BOLT dan pertanggungjawabannya.

Saya sudah 3 bulan menjadi pelanggan BOLT. Pengisian paket internet yang saya pilih adalah 8 GB per bulan. Saya selalu mengisi manual tiap bulan agar quota tidak hangus. Sekalipun di tempat tinggal saya sinyal BOLT buruk dan tidak dapat dipakai, saya merasa quota 16 GB (waktu 2 bulan) sayang untuk dibuang. Oleh karena itu saya perpanjang lagi bulan Desember 2015. Sehingga total quota menjadi 24GB.

Selama dalam kurun waktu 3 bulan / 24GB, saya hanya memakai 2GB sekian. Sehingga menyisakan quota sebesar 21GB. Quota ini sangat besar.

BOLT mengirim email layanan auto renewal (perpanjangan otomatis) untuk paket quota. Saya tertarik dan hendak menggunakannya sehingga tidak perlu repot-repot untuk perpanjang quota.

Di email yang diberikan BOLT (ada lampiran) mengharuskan user mengisi pulsa sebelum masa aktif berakhir. Dalam kasus saya, masa aktif quota saya adalah 14 Januari 2016 (ada bukti lampiran, karena ini pertama kali menggunakan sistem auto renewal, saya berjaga-jaga dengan print screen BOLT saya).

Saya mengisi pulsa pada tanggal 14 Januari 2016 sore hari. Yang berarti masih berada dalam masa aktif. Auto renewal saya pun ON (ada bukti lampiran).

Tetapi pada tanggal 15 Januari sewatu saya cek, quota saya sebesar 21 GB hangus dan paket tidak diperpanjang. Saya langsung mengirim email ke pihak BOLT (ada bukti lampiran) dan setelah menunggu setengah hari saya menelepon CS BOLT bernama Saudari Isoh dan berjanji untuk disambungkan ke pihak yang menangani ini lebih lanjut. Saat saya mau menyertakan nomor report yang saya dapat dari email, saudari Isoh menolak. Nomor report-nya 160115000000655.

bolt-quota
Quota internet Bolt yang hangus

Malam hari saya mendapatkan email balasan dari BOLT. Semua email terlampir sebagai referensi.

Menurut BOLT, sistem auto renewal mereka dilakukan secara berikut :

1. Cek pulsa pada 1 hari sebelum tanggal aktif berakhir, yang berarti berbeda dengan di email (13 Januari 2016).

2. Auto renewal dilakukan pada pukul 2.00 pagi pada tanggal 14 Januari 2016.

Saya memakai provider lain untuk paket internet hape. Baik Telkomsel Halo, Simpati, M3, mereka melakukan aktifasi berikut pada hari berikut setelah tanggal aktifasi terakhir. Contoh : 14 Januari adalah masa aktif terakhir. Maka pada pukul 15 Januari 00.00 dini hari, mereka melakukan perpanjangan.

Saya coba memberi penjelasan mengenai kondisi saya di bawah ini, tetapi pihak BOLT selalu memutar topik dan mengabaikan keluhan saya:

  • Saya mengisi pulsa sesuai dengan ketentuan email BOLT.
  • Saya mengisi pulsa pada saat paket masih aktif (14 Januari 2016).
  • Kalau memang saya berniat untuk berhenti menggunakan jasa BOLT, saya tidak akan mengisi pulsa sebesar Rp. 100.000.
  • Saya sudah menghabiskan Rp. 400.000 dengan sia-sia.
  • Saya mengisi pulsa tepat waktu untuk mempertahankan 21 GB.

Seharusnya BOLT memberi peraturan yang jelas dan tidak menipu pelanggannya dengan cara seperti ini.

Saya harapkan para pengguna BOLT lainnya agar berhati-hati dan menggunakan perpanjangan paket secara manual, agar tidak mengalami masalah penipuan aplikasi auto renewal BOLT.

Stacia Permata
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BOLT:
[Total:11    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

8 komentar untuk “Auto Renewal Paket Internet BOLT yang Merugikan

  • 11 Februari 2016 - (18:09 WIB)
    Permalink

    Saya baru saja kehilangan quota bolt 3 GB lebih , terakhir saya cek semalam masih 4 GB lebih , tadi pagi 4 GB lebih sedikit , siang saya pakai hanya untuk email n Wifi seperti biasa , tiba tiba ada pemberitahuan kuota saya tinggal 838000 kb, saya cek website bolt kuota saya 0 , saya isi pulsa rp.100.000 lagi ketika saya beli paket rp.99.000 , sisa pulsa saya yg ada rp.25.000 juga sudah terpotong rp. 10.000 , untuk pelanggan bolt lebih baik tidak meninggalkan sisa pulsa dan untuk paket kuota lebih baik beli secukupnya saja , saya sudah 3 kali ini kuota hilang ( setelah jangka waktu 6 bulan atau 8 bulan kuota ada yang hilang ) , sepertinya sisa kuota kita selalu diambil oleh BOLT tetapi tidak langsung setelah 2 atau 3 bulan sisa kuota bulanan yang seharusnya hak kita diambilnya , jika sisa kuota kita sedikit tidak diambil tetapi jika sisa kuota kita banyak akan diambilnya , BOLT memang tidak mempunyai itikad baik dan jika kita complain jawabannya berputar putar tidak jelas, bahkan penerima telp tidak dapat mengatakan berkantor yang dimana, hanya dijanjikan akan dihubungi tetapi tidak pernah menghubungi kembali, saya tidak memakai autorenewal, dan masih jauh dari jatuh tempo, BOLT banyak menipu pelanggannya /mengambil hak pelanggan / mencuri kuota yang menjadi hak pelanggan dengan mengambilnya kembali sehingga pelanggan akan tiba2 kehilangan kuota

  • 26 Agustus 2016 - (14:21 WIB)
    Permalink

    Saya 2x terkena kasus kehilangan Kuota oleh bolt, dimana secara sepihak pihak bolt menghilangkan kuota dimana saldo masih ada dan auto renewal dalam kondisi aktif. kasus pertama kehilangan kuota bonus (sekitar tahun lalu) dan sudah terselesaikan. kasus ke 2 terjadi 24 Agustus 2016 dengan kondisi auto renewal ON dan saldo 75rb. dan dari pihak bolt menyatakan bahwa saya tidak melakukan proses autorenewal di tanggal 24 juli 2016. cukup aneh dengan FAQ dari bolt dan segala penjelasan dari pihak bolt, ga apa buat saya kehilangan kuota yang boleh di bilang murah, yang saya perjuangkan ini hanya sekedar perasaan kesal dan merasa di ‘Bodohi” oleh pihak ineternet provider yang notabene cukup ada nama walau ntah lah, nama baik atau buruk…

    saya menggunakan layanan bolt sekitar 3 tahun, dan status renewal saya aktifkan pertama kali pada saat sudah berjalan paket dan tidak ada masalah sama sekali. namun mendadak FAQ mereka berubah dan dengan ngotot seperti apapun juga, tetap saja kuota saya hilang. (nomor tiket pengaduan : 1608250000012081)

    status kondisi modem sekarang juga sudah 10 hari NO SERVICE.
    untuk kondisi seperti ini, paling ya saya sudah ga akan merekomendasikan yg bagus mengenai pelayanan bolt dan lebih merekomendasikan provider lain.

    Dear Bolt, produk yang kamu tawarkan memang Murah, dan kamu menang sangat murahan utuk terus saya gunakan produk kamu.

  • 22 Januari 2017 - (02:10 WIB)
    Permalink

    Salam mediakonsumen !!
    Insya Allah, sebaliknya, saya sendiri belum pernah mengalami masalah “Auto Renewal Paket Internet BOLT yang Merugikan”. Perkenalkan saya ini berasal dari Medan (tepatnya Medan Tembung), dan saya baru beberapa bulan lalu, yakni Bulan Juli 2016 mendaftar jadi Pelanggan BOLT hingga sekarang 22 Januari 2017. MiFi yg saya beli BOLT MAX 2 Huawei E5577. Paket Isi Ulang yang sering saya beli Paket Internet SUPER FLEX (BASIC PACKAGE) merupakan paket paling lengkap dan paling aman/bersahabat.
    Belajar dari Pengalaman anda-anda, saya tidak berminat menggunakan fitur Auto Renewal sehingga saya sering memakai perpanjangan manual bahkan saat beli paket saya hilangkan tanda centang untuk fitur tersebut. Dan terbukti 100% Alhamdulillah, meskipun manual Sisa Kuota Lama saya langsung diakumulasi dengan Paket Kuota yang baru saya beli. Keterangan Lebih Lengkap mengenai Ketentuan atau Syarat Penggunaan BOLT dan Layanannya, bacalah dengan seksama di bagian tab Pembelian paket tulisan biru di bagian terakhir/terbawah halaman Pembelian tersebut. Insya Allah anda akan mengerti apa yg sebenarnya anda salahkan itu karna salah tanggap atau menyalahi prosedur BOLT yang sebenarnya. Internet BOLT memang paling Cepat ketimbang Provider 4G yang lain juga paket kuota besar dengan harga lebih terjangkau. Tips-nya, jika anda menggunakan Bolt dari perangkat MiFi BOLT di berbagai model yakni Orion, Slim , MAX dan sejenisnya cobalah untuk membeli antena tambahan sebagai penguat sinyal BOLT, meskipun dapat 1 – 2 bar maka kecepatan internet BOLT tetap super cepat. Kalo tidak pakai Antena tsb mungkin muncul No Service maka hal-hal yang tak diinginkan mudah saja muncul karena penggunaan anda tidak sinkron dengan database server BOLT itu sendiri. Ruang Lingkup terbaik dan terkuat saat ini hanya untuk Jabodetabek dan Medan sekitarnya, kalo selain daripada itu mungkin belum stabil smoga kedapan kalian dapat menikmati fasilitas SUPER MANTAAP dari Layanan BOLT spt yg saya nikmati hingga sekarang.

  • 13 Maret 2017 - (17:15 WIB)
    Permalink

    Bolt payah uda lebih 3 thn masa dikecewakan juga,,,baru seminggu sya pake lagi bolt dimana sebelumnya saya vacum pake bolt kurang lebih 7 bulan,,tanggal 6 maret 2017 saya isi bolt 50.000 quota 3Gb..tanggal 11 maret 2017 uda 0 rupiah, tanggal 11 maret 2017 isi lagi 50.000 dan ditanggal 13 maret 2017 masa uda 0 rupiah lagi,, padahal pake cuma buat aplikasi UBER,, bangke saya ditipu entah itu dicuri entah itu diapaan quota sya,,yg heran nya cuma disatu hari quota sya dicuri. tanggal 8 maret 2017 dicuri sebesar 1,73 GB dan di tanggal 13 maret 2017 dicuri 2,99 GB.. giliran ditelpon ke bolt penjelasan kayak anak TK gak berbobot,,masa sistem nya sendiri ga bisa liat itu quota lari nya kemana,,payah ente bolt..padahal selama sya vacum pake bolt rajin banget nelponin nawarin ini nawarin itu,,bangke lah..
    giliran dipake quota ludes tanpa sebab..PAYAH BOLT
    msih mending saya pake TELKOMSEL isi paket 89.000 quota 2GB lebih awet sampe sebulan..

  • 5 Mei 2017 - (16:23 WIB)
    Permalink

    Saya baru isi pulsa 3 minggu ya lalu 25.000 , dan karna dikosan saya tidak ada sinyal bolt karna bangunan di dak, akhirnya saya aktifin paket pakai 3 ,setelah saya pindah kosan dan sinyal bolt pun ada saya aktifkan lagi internet boltnya, pas saya mau paketin ternyata pulsa boltnya sisa 13.761.. Saya kecewa, untung belum saya paketin.. Sangat sangat kecewa saya sama BOLT!!!

  • 20 Februari 2018 - (02:36 WIB)
    Permalink

    hahhh…bodoh nya nya saya termakan ulah BOLT OUTO RENEWAL ..sudah berkali kali #ga perlu gw paparain juga detail nya selama 3 tahun ini, dan posisi terakhir 125rb #20-02-2018 hilang begitu saaja….HABISSS ..GA RELAA HARAMMM tuu buat lo BOLT #cukup gitu aja…tar makin #$$#$%^&#@ #SEKIAN

 Apa Komentar Anda mengenai BOLT?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Auto Renewal Paket Internet BOLT yang Merugikan

oleh Stacia Wijaya dibaca dalam: 2 min
8