Mengecewakan, Bolt Sering “No Service” dan Pelayanan @BoltCare yang “Don’t Care”

Yth. Media Konsumen,

Hari ini tepat 5 bulan saya menjadi pelanggan Bolt Super 4G LTE, provider jaringan internet nirkabel yang kemudian merambah jualan perangkat telepon genggam.

14 September 2015 saya memutuskan membeli sebuah modem wifi BOLT prabayar dengan Nomor 9992882713, setelah beberapa bulan sebelumnya mengamati provider yang begitu gencar melakukan promosi sehingga booming dimana-mana ini. Diantaranya saya beberapa kali memeriksa ke laman resminya mencari tahu apakah area lingkungan rumah saya sudah terjangkau jaringan Bolt atau belum, dan ternyata menurut visualisasi di laman resmi Bolt tersebut area rumah saya telah masuk dalam “coverage area” ditandai dengan warna oranye.

 

Atas dasar pertimbangan tersebut saya putuskan membeli modem wifi Bolt untuk memenuhi kebutuhan akses internet di rumah.

Sebagai informasi, saya membeli langsung dari mobil keliling Bolt yang kebetulan berada di sekitar area rumah saya. Mobil keliling atau apalah istilahnya, adalah gerai penjualan resmi Bolt yang menggunakan mobil di lokasi-lokasi strategis, pernah lihat kan? Saat membeli saya juga sempat menanyakan ulang soal coverage area tadi, dan mbak-mbak sales-nya meyakinkan kembali bahwa di area tersebut sinyal Bolt sudah sangat bagus sekali.

Ternyata pengalaman menggunakan Bolt selama 5 bulan tidak semanis yang dipromosikan.

Pertama, sinyal seringkali mendadak “NO SERVICE“, kejadian ini berulang kali terjadi setiap hari. Beberapa kali saya abaikan karena NO SERVICE terjadi hanya dalam hitungan menit, 5 – 10 menit sinyal pun kembali. Tetapi kemudian NO SERVICE terjadi dalam rentang 2-3 hari yang mulai membuat saya geram karena tidak dapat mengakses internet selama 2-3 hari.

Kedua, sebagai pelanggan Pra Bayar saya diharuskan mengisi ulang pulsa atau kuota internet setiap kali masa berlaku pulsa atau kuota akan habis. Jika tidak, maka pulsa atau kuota yang tersisa akan “hangus”. Secara tidak langsung kebijakan ini memaksa saya sebagai pelanggan untuk terus mengisi pulsa atau kuota, sementara pulsa atau kuota yang ada tidak dapat saya gunakan secara optimal karena seringnya “NO SERVICE” yang saya alami. Setiap akhir bulan, kuota masih sisa banyak tetapi diharuskan “renewal” agar tidak hangus.

 

Ketiga, layanan purna jual yang tidak komunikatif dan solutif. Alasan ketiga ini yang membuat saya menulis keluhan ini. Dalam kurun 5 bulan sebanyak dua kali saya mengadukan keluhan ke akun twitter @BOLTCare yang merupakan akun resmi customer care Bolt (tertera di deskripsi bio-nya). Keluhan kedua saya sampaikan pada hari Sabtu, 13 Februari 2016 dan dua kali mengadukan perihal “NO SERVICE” jawabannya selalu sama yaitu “adanya optimalisasi jaringan” tanpa penjelasan sampai kapan optimalisasi jaringan tersebut berlangsung?

Jika merujuk pada istilah “OPTIMALISASI” yang selalu dijadikan jawaban pamungkas, yang saya pahami sebetulnya kualitas jaringan baik-baik saja dan pihak provider berinisiatif melakukan optimalisasi agar kualitas yang baik tadi meningkat artinya “NO SERVICE” bukan terjadi akibat kerusakan jaringan tapi semata karena upaya peningkatan.

Maka, karena OPTIMALISASI ini terjadi atas inisiatif provider semestinya dengan sangat mudah dapat diperkirakan dibutuhkan waktu berapa lama?

Sangat mudah diperkirakan area mana yang akan terdampak?

Sangat mudah diperkirakan pelanggan mana yang akan dirugikan?

Kemudian sangat mudah untuk memberitahukan pelanggan-pelanggan tersebut perihal rencana optimalisasi. Toh, Bolt memiliki database lengkap semua nomor pelanggannya, bahkan rajin sekali mengirimi promo maupun “peringatan” untuk isi ulang melalui email. Apakah data-data pelanggan difungsikan hanya untuk keperluan promosi?

Saya ambil contoh PLN misalnya, setiap kali akan melakukan perbaikan PLN akan memberitahukan pelanggan bahwasanya akan ada pemadaman listrik bergilir di satu wilayah tertentu pada jam sekian hingga jam sekian, meskipun seringkali estimasi waktunya meleset setidaknya sudah ada upaya komunikatif pada pelanggan.

Kembali soal istilah OPTIMALISASI, setelah optimalisasi selesai maka sewajarnya kualitas jaringan makin meningkat, apakah wajar jika kualitasnya malah sama saja bahkan memburuk?

Lantas apanya yang di OPTIMALISASI jika NO SERVICE masih kerap terjadi?

Baru kemudian setelah didesak barulah @BOLTcare mengakui sedang ada perbaikan jaringan.

Tolong jangan bohongi pelanggan dengan istilah OPTIMALISASI, bukankah lebih “fair” jika sejak awal diinformasikan sedang ada perbaikan jaringan.

Berikutnya yang menjadi persoalan ialah ketiadaan estimasi waktu. Pihak @BOLTcare selalu menyarankan “mohon mengecek secara berkala”.

Yang dimaksud berkala itu berapa kali dan sampai kapan?

Apakah pelanggan dibiarkan begitu saja tanpa kepastian kapan bisa menerima haknya kembali?

Sangat disayangkan, ketika didesak soal estimasi waktu ini, pihak @BOLTcare mengungkap bahwa merupakan kebijakan perusahaan untuk tidak memberi kepastian waktu.

Jawaban lainnya yang menurut saya sangat tidak solutif ialah menyarankan agar menggunakan Bolt di area lain. Kembali ke keterangan saya di awal bahwa coverage area menjadi pertimbangan saya sebelum menggunakan Bolt dan info tersebut resmi tercantum dalam laman resmi Bolt. Jika solusi yang diberikan adalah menggunakan bolt di area lain, lantas untuk apa info coverage area dicantumkan di web? Sekedar menarik calon pelanggan untuk menggunakan layanan Bolt?

Lagipula dengan kebijakan resmi bolt yang tidak dapat memberi estimasi waktu, sampai kapan saya mesti “mengungsi” ke area lain demi menggunakan Bolt?

Apakah sampai jangka waktu yang tidak dapat ditentukan pula?

Kemudian pertanyaan-pertanyaan saya berikutnya pun “dicuekin” alias tidak dibalas lagi, hingga akhirnya saya putuskan membuat surat keluhan ini sebagai bentuk kekecewaan saya dan mengirimkannya sebagai Surat Pembaca.

Dengan harapan, semoga pihak Bolt terketuk hatinya peduli pada keluhan pelanggan dan berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada pelanggan sebagaimana pelanggan yang selalu “setia” mau tidak mau mengisi pulsa atau kuota boltnya.

Salam hangat,

Sulaeman Saleh
HP: 083813651836
Lubang Buaya – Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bolt:
[Total:17    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

49 komentar untuk “Mengecewakan, Bolt Sering “No Service” dan Pelayanan @BoltCare yang “Don’t Care”

  • 19 April 2016 - (15:34 WIB)
    Permalink

    Saya juga sangat kecewa dengan BOLT, “No Service” sudah seminggu lebih sampai sekarang. Sudah saya telpon dan Tweet, katanya minta nunggu 1×24 Jam. Sudah di tunggu 7×24 jam masih aja NO SERVICE, padahal domisili di Sunter. MENGECEWAKAN

  • 19 April 2016 - (20:29 WIB)
    Permalink

    Sesama pengguna bolt juga, sudah sebulan signal ga stabil, kadang no service, adapun cuma 1 bar atau kosong, kuota sering berkurang entah kemana (miss dengan history data usage di pc + gadget – gadget lain), kepuasan 4/10 untuk bolt 🙁

  • 13 Mei 2016 - (00:41 WIB)
    Permalink

    emang parah neh bolt di daerah ane dah 4 hari ga ada sinyal. mesti di akal2in baru dapet sinyal dan dapetnya -113dBm itu pun suka drop sampe -120dBm. neh bolt ganti aja jangan jualan internet deh jualan semen,batako dll. klo di komplain via tweet di @BOLTcare selalu bilangnya optimalisasi. good bye deh bolt saat lg gencar2 nya 4g di operator sebelah malah bolt jadi bolot.

    • 29 Oktober 2016 - (17:52 WIB)
      Permalink

      ya bro gw jga sama awalny sih ada didalam rumah sinyal sampai 3 ehh kesananya boro”… padahal ane dah pindahin itu Mifi keluar rumah tetap ajja gak ada sinya malah no service…. ckck

  • 14 Mei 2016 - (22:28 WIB)
    Permalink

    Parah yah bolt itu murahnya boong, dah gt strateginya pinter bgt buat nipu pelanggan. Kesanya murah ikut pasca bayar tp harus deposit dan pakai kartu kredit. Setelah pakai beberapa bulan jaringanya dibuat buruk. Dan keluhan pelanggan tidk ditanggapi karena merasa pelanggan akan terus bayar karena autodebit, dan saat kita mau berenti karena layananya yg buruk kita malah kena penalty 500rb. Kita tutup langsung kartu kreditnya diapun ga rugi krna punya deposit dr kita.. pantas saja dengan angkuh dan cueknya dia mengacuhkah keluhan pelanggan

  • 14 Mei 2016 - (22:30 WIB)
    Permalink

    Ane tiap telp juga di bilang optimalisasi anr marah3 malah galakan csnya. Dah gt diap komrn di fb selalu suru DM giliran di DM ga pernah di balas. Sekalinya di balas jawabanya sama terus cuma copy paste apapun yg kita omongin ga dibaca lsg di jawab dengan jawaban yg sama

  • 16 Mei 2016 - (10:02 WIB)
    Permalink

    memang kaya ta* bolt ini, bacot gede, bilang optimalisasi, tapi progress 0 ( NOL BESAR ). sudah 3 minggu no service jawaban sama! apa ga ada dana buat perbaikan ?? mudah2an petinggi bolt baca nih!

  • 24 Mei 2016 - (11:18 WIB)
    Permalink

    Saya juga kecewa banget sama bolt. Bulan kemaren baru top modem, tapi kena “no service” sampe 11 hari. Tiap bulan 2-3x no service. Lah ini baru bisa online seminggu, kena lagi aja no service udah 2 hari. Alesannya optimalisasi jaringan, suruh tunggu 3×24 jam. Ditanya sampe kapan ga bisa jawab. Tapi sama sekali g ada respon dari pihak bolt, buat apa registrasi pake email & no.hp segala, kalo servicenya aja ga ada ke customer. Mengecewakan..! Paraahh..!!

  • 28 Mei 2016 - (21:29 WIB)
    Permalink

    Bolt memang mengecewakan, saya sudah berbulan-bulan yg lalu selalu no service. Mention di twitter ditanggepinnya selalu sama, akhirnya boltnya jadi bangke dirumahh -.-

  • 23 Juni 2016 - (11:33 WIB)
    Permalink

    Saya tinggal di Perumahan Kranggan Permai Jatisampurna Bekasi, No Bolt saya 9991065337, sudah 5 hari sejak tanggal 18 Juni 2016 No Service, apakah semua area sedang dalam perbaikan jaringan nya ?
    Terima Kasih.

  • 24 Juni 2016 - (06:46 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna bolt.saya beli modem bolt di daerah salemba (tenda bolt di depan penjara salemba) . Dan saya tinggal di cimanggis Depok tepat nya di gang sawo cimanggis. Setiap saya ada dirumah dan modem bolt saya di rumah selalu ada tulisan “NO SERVICE”. Tetapi setiap saya keluar kepinggir jalan Raya tepat ny jalan Raya Bogor kilometer 34,say baru dapat sinyal (itu pun cuma 1 strep).kejadian ini dimulai dari awal saya membeli modem bolt sampai sakarang pada saya menulis keluhan ini.yang sayA mau tanyakan, “apa kah setiap saya mau internet atau membuka yang berhubungan jaringan internet saya harus keluar kepinggir jalan?”
    Saya harap kepada pihak BOLT segera metindak lanjuti permasalahan ini.
    Kalau sampai ngak, SAYONARA BOLT.

  • 4 Juli 2016 - (22:11 WIB)
    Permalink

    BOLT PERAMPOK PULSA. KUOTA SAYA 9,58G TIBA2 HANGUS PADAHAL SUDAH DI AUTORENEWAL. PADAHAL PULSA MASIH CUKUP UTK 3 BULAN KEDEPAN. SAYA MINTA KUOTA DIKEMBALIKAN, KESALAHAN BUKAN DARI SAYA!!!!

  • 21 Juli 2016 - (01:19 WIB)
    Permalink

    gw dah berhenti langganan bolt malah tuch modem dah jadi rumpon di kolam ikan gw, abis kesel ngak pernah dapet koneksi

  • 22 Juli 2016 - (08:13 WIB)
    Permalink

    halah koneksi semuanya sama, gw download jd lambat bgt biasanya sebentar, sekarang dah lemot bgt… paraaahhh….

  • 29 Juli 2016 - (14:15 WIB)
    Permalink

    dari awal beli modem bolt cuman dapet 1 bar sinyal…kecewa,bolt tidak sebagus yang di iklan selamat tinggal bolt

  • 12 Agustus 2016 - (15:30 WIB)
    Permalink

    pakenya bolt apa bos? gw pke yg orion jg sma no service gtu. pas nyoba kartunya di modem bolt yg type laen trnyata bisa. pdahal kta CSnya lg ada masalah jaringan di daerah situ. tp knapa pke modem bolt yg laen bsa?

  • 16 September 2016 - (13:06 WIB)
    Permalink

    Adoooh kenapa ini Bolt saya “No Service” ?
    padahal semalem masih bisa, masa aktif masih 11 hari dan kuota masih 4 Giga-an

  • 26 September 2016 - (15:11 WIB)
    Permalink

    Kalo saya akhir-akhir ini mengalami No Service diwaktu malam. Jaringan pagi sampai menjelang malam kurang juga kurang stabil. Kata CS sih didaerahku g ada gangguan apa2….

  • 16 Oktober 2016 - (21:24 WIB)
    Permalink

    Pemakaian siluman dalam 1 hari kuota bandwith saya hilang 5 Gb lebih, Saya telepon ke 1500 595 gak ada tanggapan yg jelas cuma mau di laporkan saja.

    Sudah tinggalin no telepon dan alamat email gk ada jawaban dari pihak Bolt Care.

  • 22 Oktober 2016 - (06:44 WIB)
    Permalink

    kenapaa bolt saya no service?
    padahaal kemarin malam saya pakai masib keadaan normal, saya minta tolong segera diselesaikan

  • 26 Oktober 2016 - (23:40 WIB)
    Permalink

    Iya bener banget tuh. Payah. Udah sering ngehubungin ke pihak bolt. Jawabannya gitu gitu lagi doang. Payah sekarang bolt jelek parah. Semakin laris malah bukan berkembang semaki parah.

  • 29 Oktober 2016 - (12:00 WIB)
    Permalink

    Setelah gw baca artikel diatas… permasalahan gw jga sama padahal gw diibo kota masa Sinyal cman 1 kadang malah kosong kadang jga not service…

  • 29 Oktober 2016 - (22:36 WIB)
    Permalink

    Sangat KECEWA dgn bolt No Service bikin tepuk jidat …Jaringan sering eror pulsa mahal ….. Tolong dong Maksimalkan soal jaringan jgn sering sering No Service …bisa kabur semua konsumen bolt & pindah ke lain hati ….

 Apa Komentar Anda mengenai Bolt?

Ada 49 komentar sampai saat ini..

Mengecewakan, Bolt Sering “No Service” dan Pelayanan @Bolt


oleh Sulaeman Saleh dibaca dalam: 3 menit
49