Hati-Hati dengan International Language Center (ILC)

Yth. Media Konsumen,

Desember tahun lalu, saya bergabung dengan ILC (International Language Center) yang menawarkan kursus bahasa asing yang berada di Lippo Mall Puri – Jakarta. Bahasa yang bisa diambil adalah Mandarin, English, Korea, Jepang, dan lain-lain. Siapa yang tidak tertarik kalau bisa belajar beberapa bahasa? Untuk join ILC, harus bayar di muka 1 tahun. Saya berencana untuk mulai di Bulan Januari untuk kelas baru dan term baru. Siapa yang menyangka, ternyata waktu hari pertama datang, tempatnya ditutup dengan alasan bermasalah dengan pihak manajemen Lippo.

Formulir pendaftaran ILC
Formulir pendaftaran ILC

Saya pun langsung saya menemui pihak manajemen Lippo, katanya mereka tidak bayar uang sewa. Saya diberi nomor kontak dan alamat kantor pusat ILC. Kantor pusat ILC adalah sebuah rumah biasa yang tidak ada logo apa pun. Saya dengar-dengar katanya beberapa cabang ILC juga sudah mulai tutup.

Dari penelusuran internet, ternyata ILC ini modus penipu. Sama seperti rumah bahasa yang sering masuk medsos. Saya sudah beberapa kali ke kantor pusat untuk minta refund, namun tidak diberikan. Mereka menawarkan untuk pindah cabang atau private. Itu bukan pilihan bagi saya. Saya menunggu kalau saja ada member yang bernasib tidak beruntung seperti saya yang mungkin mau menggugat.

Karena tidak ada hasil, satu setengah bulan yang lalu saya memutuskan untuk mengambil private, daripada uang 18 juta saya hilang. Sampai sekarang juga belum selesai diproses. Sales manager-nya selalu berkata manis tapi hatinya pahit. Ini pelajaran untuk saya dan Anda, kalau ketemu orang orang ILC untuk berhati hati. Saya dengar beberapa cabang sudah mulai tutup lagi dan ada member seperti saya juga.

Tapi untuk melapor ke polisi apakah akan didengar jika hanya ada 1 atau 2 orang yang komplain? Hukum di Indonesia masih mengkhawatirkan, konsumen terlantar tanpa solusi.

Lidya Lie
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:2    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Hati-Hati dengan International Language Center (ILC)

  • 23 Juni 2016 - (00:35 WIB)
    Permalink

    komplen perusahaan ILC bawa bawa perusahaan lain , gajebo
    bego lu aja mau dikibulin mah ILC

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Hati-Hati dengan International Language Center (ILC)

oleh Lidya Lie dibaca dalam: 1 menit
1