Kecewa dengan Penawaran Perisai Plus Kartu Kredit BNI

Yth. Media Konsumen,

Saya adalah Nasabah Kartu Kredit BNI sejak tahun 2010, saya merasa kecewa dengan salah satu program kartu kredit BNI yaitu Perisai Plus. Padahal saya termasuk nasabah yang cukup baik, karena selama ini hampir 7 tahun terakhir menggunakan kartu kredit BNI, tidak pernah bermasalah. Baik dalam hal pembayaran maupun transaksi lainnya. Bisa dicek di BNI bagaimana catatan saya selama ini, dengan kolektibilitas kredit : 1. Bahkan BNI memberikan fasilitas pinjaman kredit hingga Rp99 juta (Visa & Mastercard).

Semua berawal dari penawaran asuransi Perisai Plus yang ditawarkan oleh BNI melalui telemarketing. Dalam pembicaraan ini diterangkan bahwa saya dikenakan biaya sebesar 0,6% dari total tagihan kartu kredit saya. Bahkan dijelaskan kalau total tagihan saya sebesar Rp 1.000.000, saya hanya dikenakan sebesar Rp 6.000. Pihak marketing juga sempat menanyakan tagihan bulanan saya, yang saya katakan sekitar 4 s.d. 5 juta, u/p pembayaran premi asuransi, pembayaran cicilan, pembayaran pembelanjaan. Katanya dengan tagihan sebesar itu, saya hanya akan terkena biaya sebesar kurang lebih hanya Rp 30.000, dan terjamin untuk keluarga jika terjadi hal-hal yang tidak dikehendaki. Akhirnya saya pun menyetujuinya.

Tetapi alangkah terkejutnya saya, ketika tagihan kartu kredit Visa bulan Februari 2017 saya terima ternyata untuk biaya asuransi Perisai Plus tersebut sebesar Rp 301.398. Saya pun menanyakan hal tersebut kepada pihak BNI melelaui telepon pada Hari Selasa (21/02/2017), dan dibuatkan laporan oleh Ibu Pegy ( Nomor Laporan 11401335803) Ternyata dari Ibu Pegy ini saya mendapatkan penjelasan yang sungguh-sungguh mengecewakan. Dia mengatakan kalau Asuransi Perisai Plus yang sudah didebet (Rp 301.398) tidak dapat dikembalikan.

Kesannya saya seperti orang bersalah karena hutang itu. Asal pihak BNI tahu, kalau saya memakai fasilitas itupun karena saya ditawari, dan katanya agar nantinya bisa menjadi record dalam kredit saya untuk bisa dipercaya oleh BNI. Padahal kemarin-kemarin sering saya tolak kalau ada penawaran!

  • Dalam penawaran itu, yang saya ingat telemarketing menjelaskan (silakan BNI memutar rekamannya):
  • Premi sebesar 0,6% dari total tagihan kartu kredit (billing).
    Tidak dijelaskan kalau premi sebesar 0,6 % dari total hutang keseluruhan (pinjaman, dana tunai, cicilan dan sebagainya).
  • Tagihan kartu kredit Visa pada lembar tagihan Rp 4.096.061, tetapi Perisai Plus menghitung 0,6 % dari semua hutang/cicilan (Rp 49,5 juta) jadi Rp 301.398.
  • Tagihan kartu kredit Mastercard pada lembar tagihan Rp 4.368.222, tetapi Perisai Plus menghitung 0,6 % dari semua hutang/cicilan (Rp 49,5 juta) jadi Rp 301.261.
  • Tagihan perisai plus ini sudah dibebankan ke kartu kredit Visa & Mastercard saya sejak 2011 namun hingga sekarang polis belum saya terima.
  • Diinfokan kalau polis akan dikirim dalam 7 hari kerja, ternyata sampai surat ini dibuat, tidak pernah dikirimkan!

Oleh sebab itu akhirnya saya menulis surat ini. Saya sampaikan kepada semua pembaca, agar lebih berhati -hati terhadap penawaran BNI Perisai Plus, yang menurut saya penuh dengan trik-trik dan terkesan penipuan, yang akhirnya nasabah yang dirugikan. Agar hal serupa tidak menimpa korban yang lain, ingin cari aman dan nyaman ternyata hasilnya malah jadi beban.

Saya Minta untuk pengembalian premi tersebut, tetapi oleh Pihak BNI (Ibu Pegy) hal itu katanya sudah tidak bisa. Setelah saya pikir ternyata Pihak BNI sama sekali tidak membantu nasabahnya yang bermasalah, malah berkesan mencari pembenaran sendiri. Kalau memang itu cara kerja BNI, silakan nikmati saja uang saya yang telah didebet dari tahun 2011 hingga 2017, mudah-mudahan uang itu bermanfaat, bukan sebaliknya. Karena terus terang saya tidak pernah rela, ditipu mentah-mentah.

Demikianlah surat ini saya buat, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, sehingga kita tidak dirugikan. Akhirnya saya bayar juga tagihan itu. Namun setelah semua ini selesai (cicilan), saya yakin tidak akan menggunakan kartu kredit BNI lagi, Mudah-mudahan saja ini tidak menjadi penyebab kredit macet.

Untuk para calon Nasabah BNI, saya harap lebih berhati-hati lagi terhadap semua penawaran dari BNI Card. Pelajari dengan cermat, perhatikan kata demi kata dengan teliti, sekali terperosok kita akan rugi. Sedangkan masalah rekaman hanya untuk pihak BNI saja, kita sebagai nasabah hanya mendapat keputusan, dan tetap yang dirugikan.

Terima Kasih.

Hormat Saya,

Ferdiansyah
Pringgolayan No. 8,
RT 01/11
Tipes, Serengan, Surakarta 57154

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Perisai Plus Kartu Kredit BNI:
[Total:5    Rata-Rata: 3.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Kecewa dengan Penawaran Perisai Plus Kartu Kredit BNI

  • 23 Februari 2018 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Terimakasih Pak Ferdiansyah atas informasinya, hal ini telah menjadi pembelajaran.

 Apa Komentar Anda mengenai Perisai Plus Kartu Kredit BNI?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Penawaran Perisai Plus Kartu Kredit BNI

oleh Ferdiansyah dibaca dalam: 2 min
1