Surat Pembaca

Tokopedia Seenaknya Melakukan Review Dana dan Menyatakan Transaksi Melanggar

Selamat sejahtera untuk semuanya,

Saya di sini ingin menyampaikan kekesalan saya terhadap Tokopedia. Kronologinya, pelanggan saya melakukan pembelian di toko saya dengan nominal Rp. 2,910,000 dengan nomer transaksi INV/20170918/XVII/IX/104692777. Transaksi berjalan lancar, customer saya menerima barangnya, dan dana masuk ke saldo saya, namun harus di-review 1 x 24 jam dengan alasan seleksi ketat, oke saya pasrah. Esoknya saldo selesai di-review dan masuk ke akun Tokopedia saya.

Selang beberapa hari, pelanggan saya yang sama melakukan pembelian lagi di toko saya, kali ini dengan jumlah yang lebih besar Rp. 10,225,000. Transaksi berjalan seperti biasa, dan muncul nomer transaksi  INV/20170923/XVII/IX/105637130. Sampai transaksi selesai dan customer menerima barangnya yang katanya untuk dijual lagi alias customer saya ini juga bisa dikatakan dropshipper. Saldo seperti biasa masuk, namun lagi-lagi harus menunggu review 1 x 24 jam. Esok paginya, saya mendapatkan email bahwa transaksi dianggap melanggar ketentuan?

What’s?????
Ketentuan apa?
Melanggar apa?

Tanpa ada kejelasan, Tim Fraud Tokopedia membatalkan transaksi saya dan saya dikenakan penalti 15% dari total transaksi yang artinya Rp. 1,5 juta-an saya harus bayar? Gilaaaaaa…!!!!!

Jika dianggap fraud, kenapa transaksi sebelumnya yang Rp2,9 juta dianggap sukses? Padahal orang yang sama.
Kenapaaa?

Apa karena pihak Tokopedia mengincar transaksi besar sehingga mereka bisa membatalkan dan mendapatkan keuntungan 15% tersebut!!! Ini benar-benar gila. Apakah Tokopedia bermaksud menipu? Mencuri? Kita lapak kecil. Itu Rp. 1,5 juta keuntungan saya sebulan lebih mungkin!!

Di mana rasa kemanusiaan kalian?! Di mana?!

Adhi Wibawa
DKI Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kasus ini sudah dipastikan gesek tunai dan transaksi fiktif, makanya Anda harus koorporatif.

    • Kalau anda acc resmi dr tokopedia, jelaskan dong dasar penilaian anda di kolong “tanggapan”, jangan hanya komentar tanpa jati diri.

      Kl anda bisa katakan “dapat dipastikan” dasarnya apa?

  • Kalo dri penilaian saya, pihak tokopedia sudah benar..toped pencurigai transaksi dalam waktu singkat dengan menggunakan CC dan dianggap sebagai gestun. Mungkin lain halnya jika transaksi menggunakan transfer maka akan selesai.
    Mungkin dlm Hal ini penjual bisa dikatakan merugi karna tidak tahu menahu, kecuali sebelumnya sdh ada kerjasama antara si a dan b.. Solusinya mungkin pakai materai yg menunjukakan bahwa si a dan b tidak mengenal dan jika terbukti bisa dintuntut pidana. Dengan begitu dana bisa cair, tp kayanya susah jg, mana mungkin pihak toped mau mengurusi hal seperti itu.. Saya juga pernah mengalami hal itu, yaa saya pasrah aja.

  • Gan...gimana kelanjutan dana yg di tahan itu? Di kembalikan atau tidak... Sy mengalami hal yang sama.

  • Dana saya jg ditahan dengan alasan di riview, ini udah keterlaluan dan saya harus menunggu 1bln , awalnya 2hari tp setelah saya komplain malah jadi 1 bln.
    Kapok saya buat jualan di tokopedia , sampai saat ini msh sy uber terus , di pikir gak pake modal apa jualan

Penulis
Adhi Wibawa