Tokopedia Seenaknya Melakukan Review Dana dan Menyatakan Transaksi Melanggar

Selamat sejahtera untuk semuanya,

Saya di sini ingin menyampaikan kekesalan saya terhadap Tokopedia. Kronologinya, pelanggan saya melakukan pembelian di toko saya dengan nominal Rp. 2,910,000 dengan nomer transaksi INV/20170918/XVII/IX/104692777. Transaksi berjalan lancar, customer saya menerima barangnya, dan dana masuk ke saldo saya, namun harus di-review 1 x 24 jam dengan alasan seleksi ketat, oke saya pasrah. Esoknya saldo selesai di-review dan masuk ke akun Tokopedia saya.

Selang beberapa hari, pelanggan saya yang sama melakukan pembelian lagi di toko saya, kali ini dengan jumlah yang lebih besar Rp. 10,225,000. Transaksi berjalan seperti biasa, dan muncul nomer transaksi  INV/20170923/XVII/IX/105637130. Sampai transaksi selesai dan customer menerima barangnya yang katanya untuk dijual lagi alias customer saya ini juga bisa dikatakan dropshipper. Saldo seperti biasa masuk, namun lagi-lagi harus menunggu review 1 x 24 jam. Esok paginya, saya mendapatkan email bahwa transaksi dianggap melanggar ketentuan?

What’s?????
Ketentuan apa?
Melanggar apa?

Tanpa ada kejelasan, Tim Fraud Tokopedia membatalkan transaksi saya dan saya dikenakan penalti 15% dari total transaksi yang artinya Rp. 1,5 juta-an saya harus bayar? Gilaaaaaa…!!!!!

Jika dianggap fraud, kenapa transaksi sebelumnya yang Rp2,9 juta dianggap sukses? Padahal orang yang sama.
Kenapaaa?

Apa karena pihak Tokopedia mengincar transaksi besar sehingga mereka bisa membatalkan dan mendapatkan keuntungan 15% tersebut!!! Ini benar-benar gila. Apakah Tokopedia bermaksud menipu? Mencuri? Kita lapak kecil. Itu Rp. 1,5 juta keuntungan saya sebulan lebih mungkin!!

Di mana rasa kemanusiaan kalian?! Di mana?!

Adhi Wibawa
DKI Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan di Tokopedia:
[Total:62    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

23 komentar untuk “Tokopedia Seenaknya Melakukan Review Dana dan Menyatakan Transaksi Melanggar

  • 25 September 2017 - (07:44 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin sama kasus agan, tapi coba dilihat itu transaksinya pakai kartu kredit bukan ? Kadang kalau pakai kartu kredit ini yang selalu jadi banyak masalah, dipikir tokopedia selalu pencairan dana lah atau apa lah. memang aneh terkadang.

    • 25 September 2017 - (07:54 WIB)
      Permalink

      memang pakai kartu kredit gan..
      Customer saya sudah konfirm juga
      Nah aneh nya bgni
      Transaksi pertama senilai 2.9jt sukses gan
      Giliran transaksi kedua, dengan akun yang sama namun nominal lbih gede, Malah bilang fraud,
      Dan skrg dipotong 15%
      Yang artinya 1,5jt gan
      Sadis ga it
      Itu kuntungan gw sebulan lebih
      Di embat ama si tokoijokampret.com
      Pndah ke BL kalo kyk gini

    • 1 Maret 2021 - (11:32 WIB)
      Permalink

      itu mau bayar pakai apa kee, penjual receh aja itu tetep modal, emang terlalu Gan si Toto

  • 25 September 2017 - (08:05 WIB)
    Permalink

    Tuh kan bener kan, pakai kartu kredit, karena saya dulu kasus juga. Coba agan tanya sama pembelinya kartu kredit yang dia pakai itu kartu kredit dia apa orang lain punya ? tapi harusnya tokopedia tidak mengusik hal demikian sih. Biasanya diduga pencairan dana. atau agan itu transaksinya pakai resi ekspedisi atau antar sendiri ? Karena sudah banyak kejadian seperti ini, biasanya transaksi dengan menggunakan kartu kredit.

    • 25 September 2017 - (08:08 WIB)
      Permalink

      Itu kartu kredit dia sendiri kyk nya gan
      Karna transaksi yang 2,9jt yang sukses itu juga pakai kartu kredit
      Dan ga sampe di anggap fraud
      Logika nya nih gan
      Kalau emang fraud, harusnya dari transaksi yang pertama dong di batalin nya
      Bukan Malah transaksi yang gede, Baru di batalin
      Kena penalty 15% pula
      Kan aneh

  • 25 September 2017 - (08:20 WIB)
    Permalink

    Berarti gak bener Tokopedianya, memang kadang seenaknya aja dia, gak jelas. Dulu saya juga kasus seperti itu barang sudah diterima pembeli, tapi uang tertahan. memang tidak terlalu besar sih nominalnya. Sampai saya bikin surat pernyataan bermaterai dari si pembeli, scan rincian tagihan kartu kredit bersangkutan, scan bukti pembayaran kartu kredit (Saya memintany dengan malu dan terpaksa) pun dianggap anggap cuma pernyataan tidak berguna. Ujung”nya saya dengan malu-malu minta cash sama si pembeli. Untungnya pembelinya baik dan mau mengerti. Tapi gak jelasnya katanya uang akan dikembalikan ke kartu kredit si pembeli, padahal tagihan sudah terbayar, tapi entah sudah dikembalikan atau belum ….. Sering sekali Tokopedia menahan hasil transaksi terutama yg menggunakan kartu kredit. Satu”nya LAPOR POLISI gan, datangin kartor tokopedia. Udah punya tower baru dia semenjak dapat kucuran 12T dari ALIBABA. Sudah kebiasaan, saya sering pantau media konsumen, sering sekali seperti ini, ada yang lebih besar juga soalnya nominalnya.

    • 25 September 2017 - (08:24 WIB)
      Permalink

      Jujur gan, kalo seorang diri melapor, agak pesimis
      Kecuali Banyak yang melapor, ane psti ikut gan
      sumpah, hopeless lah
      Saya Cuman mnta jelasin kenapa demikian
      Mereka menganggap fraud nya di bagian Mana?
      Skrg sih cukup mnta penjelasan nya Saja gan, kalo emang penjelasan nya memuaskan Dan rinci, ane legowo aja
      Biarin deh laba sebulan dimakan org2 toped

      • 23 April 2018 - (18:46 WIB)
        Permalink

        makan uang yang bukan haknya, ironis kehidupan mereka kelak di akerat gan….
        sama saya juga raib 680rb. saya g iklas, yang makan uang itu siap2 nerima akibat perbuatanya…

  • 25 September 2017 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Penalti 15% itu dasar hukumnya apa yah? Apakah ada aturan dari BI atau OJK mengenai hal ini? Kalo tidak ada dasar hukumnya berarti ini tindakan ilegal, karena tidak jelas dananya ke mana dan untuk apa.. ?

    Semoga ada penjelasan dari Tokopedia..

    • 24 Juni 2020 - (09:49 WIB)
      Permalink

      Dana saya juga tertahan di tim fraud.. Padahal saya tidak melakukan kecurangan.. Mau komplain tadi tidak ada ruangnya, via email yang ada noreplay..
      Berapa lama dana dirivew tin fraud dan apakah dana dikembalikan setelah terbukti tidak bersalah.. Mohon bantuan dan pencerahan ya saudara-saudara

  • 26 September 2017 - (20:44 WIB)
    Permalink

    Makanya saya minta penjelasan 15% itu untuk apaan..?
    Dasar hukum nya apa..
    Kalo kyk Gini ngeri dong transaksi gede lewat tokokampret.com
    Terupdate nih
    Transaksi saya dengan invoice yang lain senilai 3,5jt Dan 450ribu juga ikut2an di tahan
    Bukan di bagian review, namun di tahan tidak di transfer ke rekening saya
    Padahal sudah saya withdraw..
    Parah emang..!!

  • 9 Juni 2018 - (15:19 WIB)
    Permalink

    Dear

    ada dana ditahan dari team antifraud@tokopedia dan sudah komplein…

    apakah dana itu bisa balik atau tetap didiamkan oleh tokopedia ??

  • 23 Juni 2018 - (19:43 WIB)
    Permalink

    Kasus ini sudah dipastikan gesek tunai dan transaksi fiktif, makanya Anda harus koorporatif.

    • 24 Juni 2018 - (09:21 WIB)
      Permalink

      Kalau anda acc resmi dr tokopedia, jelaskan dong dasar penilaian anda di kolong “tanggapan”, jangan hanya komentar tanpa jati diri.

      Kl anda bisa katakan “dapat dipastikan” dasarnya apa?

  • 16 Agustus 2018 - (22:29 WIB)
    Permalink

    Kalo dri penilaian saya, pihak tokopedia sudah benar..toped pencurigai transaksi dalam waktu singkat dengan menggunakan CC dan dianggap sebagai gestun. Mungkin lain halnya jika transaksi menggunakan transfer maka akan selesai.
    Mungkin dlm Hal ini penjual bisa dikatakan merugi karna tidak tahu menahu, kecuali sebelumnya sdh ada kerjasama antara si a dan b.. Solusinya mungkin pakai materai yg menunjukakan bahwa si a dan b tidak mengenal dan jika terbukti bisa dintuntut pidana. Dengan begitu dana bisa cair, tp kayanya susah jg, mana mungkin pihak toped mau mengurusi hal seperti itu.. Saya juga pernah mengalami hal itu, yaa saya pasrah aja.

  • 19 Januari 2019 - (01:24 WIB)
    Permalink

    Gan…gimana kelanjutan dana yg di tahan itu? Di kembalikan atau tidak… Sy mengalami hal yang sama.

  • 28 Februari 2021 - (18:25 WIB)
    Permalink

    Dana saya jg ditahan dengan alasan di riview, ini udah keterlaluan dan saya harus menunggu 1bln , awalnya 2hari tp setelah saya komplain malah jadi 1 bln.
    Kapok saya buat jualan di tokopedia , sampai saat ini msh sy uber terus , di pikir gak pake modal apa jualan

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan di Tokopedia?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Seenaknya Melakukan Review Dana dan Menyatakan Transaksi Mel…

oleh Adhi Wibawa dibaca dalam: 1 min
23