Drrupiah.com Mengubah Perjanjian Secara Sepihak

Sebenarnya saya tidak mau mengadukan ini di media massa online, alasan pertama karena nominalnya sangat kecil yang saya rasa sebenarnya semua masih sanggup membayar. Tapi modus penipuan, pemerasan dan teror drrupiah.com sudah lewat batas adalah alasan saya kenapa saya berniat publish di mediakonsumen.com.

Berikut kronologinya.

Semua dimulai ketika saya mengajukan pinjaman di drrupiah.com (PT. Digital Solutions Indonesia) sebesar Rp500.000 pada tanggal 26 September 2017. Dengan rincian sebagai berikut:

Pada tanggal 26 September 2017 saya mengajukan pinjaman. Di formulir pengajuan saya mengisi dengan sadar dan kemauan sendiri mengajukan pinjaman sebesar Rp500 ribu untuk 10 hari. Sesuai informasi saya harus kembalikan pinjaman sebesar Rp600 ribu setelah 10 hari tsb. Saya bersedia karena saya pikir oke-oke saja. Selisih Rp100 ribu untuk 10 hari, that’s not a problem right?

Pagi-pagi pukul 8 tanggal 27 September saya terima uang sebesar Rp500 ribu di rekening BCA saya. Dan siangnya saya tiba-tiba menerima e-mail kalau pinjaman saya sudah ditransfer namun pengajuan saya diubah dari 10 hari menjadi 30 hari, jadi saya harus kembalikan yang seharusnya Rp600 ribu menjadi Rp700 ribu. Dari sini saya mulai keberatan. Saya mulai komplain via email tanggal 27 September 2017 tersebut bahwa keberatan dengan pengembalian menjadi Rp700 ribu dan dijadikan 30 hari. Namun email saya tidak dibalas oleh mereka.

Karena tidak ada respon tanggal 28 September saya langsung lunasi saja tapi sebesar Rp600 ribu. Toh saya pikir saya juga baru 1 hari pinjam saya langsung lunasi. Dan lagipula saya juga mengisi formulir dan mengajukan 10 hari dengan ketentuan Rp500 ribu pengembalian Rp600.000. Kenapa saya musti khawatir? Saya merasa benar. Namun saya merasa perlu klarifikasi, akhirnya tanggal 28 September saya telepon call center bahwa saya sudah bayar tapi Rp600 ribu dan saya keberatan tidak mau bayar Rp700 ribu. Namun call center drrupiah.com sangat kasar dan bilang saya tetap harus bayar sisa Rp100 ribu-nya dan mengancam saya akan mendatangkan penagih. Wah merasa diancam dan kasar tersebut saya malah tidak takut. Saya bilang saja, di manapun perjanjian itu sesuai (kesepakatan) kedua belah pihak. Saya mengajukan Rp500 ribu untuk 10 hari, apakah drrupiah.com mengubah jadi 30 hari sudah dapat izin dan persetujuan saya? Sudah kontak telepon, email, sms saya dan saya setujukah?

Saya bilang juga ke call center bahwa saya tidak takut. Pakai logika saja. Tidak ada kontrak persetujuan, tidak ada validasi dll, tapi seenaknya mengubah pengajuan tanpa izin pihak pengaju. Telepon saya langsung diputus oleh CS dan saya terus menerus telepon dan email tapi tidak pernah diangkat atau dijawab.

Saya menerima teror sms untuk melunasi Rp100 ribu tersebut tapi saya cuekin. Saya tidak takut dan lama-lama sms-pun hilang. Saya pikir semua sudah selesai terornya, ternyata belum.

Tiba-tiba selang 2 bulan berlalu di November 2017 ini saya menerima teror berupa:

  1. Minimal telepon penagihan sehari bisa 5-10 telepon ke saya dan istri saya. Ada yang sopan, ada yang mengancam.
  2. Nomor telepon tersebut berganti-ganti, ada sekitar 5 nomor atau lebih yang berbeda-beda. jika ditelepon kembali tidak bisa. Bukan telepon fixed-line yang bisa kita telepon kembali.

Terornya tidak ke saya saja tapi keluarga saya. Saya diminta melunasi sebesar Rp1.2 juta. Rp100 ribu saya yang 2 bulan lalu sudah menjadi Rp1.2 juta? Istri saya yang tidak mengerti heran dan balik menanyakan Rp1.2 juta dari mana? Tiba-tiba si penagih merevisi dan mengklarifikasi hutang saya Rp700 ribu yang harus dibayar bukan Rp1.2 juta tapi dengan catatan dibayar sebelum jam 3 sore. Jika istri atau saya belum bayar besok akan sudah jadi Rp800 ribu.

Tiap hari di November ini saya dan istri selalu diteror telepon untuk bayar. Saya tidak takut. Karena saya menyimpan semua bukti foto dll. Bukti rekaman pun saya selalu simpan. Herannya saya adalah informasi mereka saya salah karena saya buru-buru melunasi. Saya pinjam tanggal 26 tapi saya lunasi ditanggal 28. Menurut mereka saya tidak boleh sembarangan melunasi tapi harus pas 10 hari karena ini peminjaman online. Saya jawab, dimana-mana hutang atau peminjaman atau kredit harus dibayar sebelum jatuh tempo bukan? Kenapa saya disalahkan karena membayar lebih cepat? Jawab mereka: iya bapak memang konsumen yang baik, tapi tidak bisa langsung melunasi tapi harus pas 10 hari berlalu. Saya terkejut. Saya juga diminta membayar sisa Rp100 ribu-nya dengan nominal yang berbeda yaitu Rp300 ribu. Atau besok jadi Rp380 ribu. Saya bilang konyol. Maka saya tutup telepon dengan menjawab kalau saya tidak akan pernah membayar sepeserpun, 100 ribu, 300, 700,800, atau bahkan Rp1.2 juta. Mereka pun mengancam akan mem-black list saya ke BI (Bank Indonesia) saya bilang silahkan saja. Saya pun akan bongkar penipuan dan pemerasan kalian ke media massa. Be a gentle! Tutup saya.

Sampai detik ini saya masih terima teror 5-10 telpon perhari.

Saya sengaja mengadukan di surat pembaca mediakonsumen.com karena :

  1. Saya berharap mendapat klarifikasi resmi dan jawaban karena sampai kapanpun saya tidak akan sudi membayar Rp100 ribu tersebut atau bunga turunan Rp100 ribu tersebut yang konon katanya sudah jadi Rp1.2 juta atau Rp700 ribu atau Rp800 ribu sesuka-suka mereka.
  2. Saya merasa diperas, ditipu dan diteror secara bersamaan. Saya berharap siapapun di luar sana yang ingin mengajukan pinjaman di drrupiah.com untuk waspada,atau jangan mengajukan jika tidak ingin mengalami teror seperti saya.
  3. Saya sengaja mengadu di surat pembaca ini sebagai wujud counter back dari saya, bahwa ini bukan soal kecil atau sepelenya nominal. Yang saya rasa mungkin kita bisa bayar. Tapi ketika kita ditipu,diperas dan diteror untuk sesuatu yang kita benar untuk apa takut? Tolong digarisbawahi bahwa saya tidak akan pernah sudi memberi mereka sepeser rupiah pun untuk sesuatu yang bukan hak mereka.

Saya berharap poin saya diatas mendapatkan klarifikasi resmi, feedback atau setidaknya bermanfaat untuk para pembaca.

Ibrahim
0812809027**
Cilincing
Jakarta Utara 14140

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Dr Rupiah:
[Penilaian Rata-rata: 1.4]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Drrupiah.com Mengubah Perjanjian Secara Sepihak

  • 10 Desember 2017 - (11:02 WIB)
    saya kecewa sama dokter rupiah gak ada pembertahuan dana sudah cair dan mesti bayar 2100.000 dendanya 200 saya mau balikin dana nya 1.500.000 tidak ngerasa ngajuin ini sangat merasah warga dan merasa tertipu saya rencana mau balikin dananya 1.500.000 uang nya pun masih ada blm saya pake uang panas itu sangat bikin orang susah bukan cari solusi malah nambah masalah,,,org gak niat mnjem malah ditranfer gelo…ntr saya kekantor dokter rupiah utk balikin dananya,,,ini nama aja pemaksaan utk mnjem,,,ojk tolong awasi dokter rupiah sangat meresahkan saya,,saya gk niat pnjem malah ditranfer,trims
  • 31 Desember 2017 - (00:32 WIB)
    Benarkah alamat kantor mereka itu fiktif..dan setelah saya baca2 di banyak forum banyak sekali ancaman2 terhadap nasabah, akan tetapi yg jadi pertanyaan saya apakah yg di tagih selama 1 tahun kemudian dengan jumlah yg harus dibayarkan itu, sudah pernah ada yg didatangi pihak drrupiah ke rumah atau mungkin ke kantor, ko saya jd was2 sebab saya belum 1 miggu pencairan…
    • 31 Desember 2017 - (16:19 WIB)
      teror telpon bisa 21 kali dalam sehari, yg sudah lunas ajah diginiin gimana gak? ada juga yg curhat kesaya gak terima uang tapi sudah diteror bayar. sampai berhari2 cek gak ada uang masuk kok tapi diterror bayar. Mereka juga kasar2 ditelpon. Wah kalau bener datang kerumah saya lsg buka kasus dipolisi. Doain saya awal februari kayaknya saya mau lapor ke kepolisian. kalau skrg lagi banyak kerjaan. Jangan lupa lapor pemerasan mereka ke konsumen@ojk.go.id
  • 31 Desember 2017 - (21:47 WIB)
    Semoga berhasil mas, agar mereka kapok..klo bisa secepatnya deh…
  • 7 Januari 2018 - (05:46 WIB)
    Saya juga pernah ber masalah dgn drrupiah, saya Susah bayar Lunas 2.7 juta sesuai jatuh tempo tapi masih aja ditagih dr pihak drrupiah. Saya udah aduin ke ojk . Smoga cepet diproses pengaduannya. Krn byk juga masyarakat yg Susah lapor. Tp ga ad tindakan. Herannya kenapa byk masyarakat juga udah lapor tetapi blom ad tindakan sama skali . Sepang kan Kami Sudah mengirimkan bukti Pelunasan dan bukti pengajuan. Moho dibantu.
    • 8 Januari 2018 - (10:15 WIB)
      kayaknya gak ngaruh deh kirim bukti bayar kedrrupiah. Kalau mereka niat peras dan teror yah begitu. Banyak kok yg curhat kesaya di wa juga begitu nasibnya. Teror juga ajah disosmed,website,dll biar nempel dipencarian google biar rating trust mereka turun. plus ke lembaga2 biar diproses hukum. Konsumen kabur mereka akan tumbang sendiri
  • 7 Januari 2018 - (05:51 WIB)
    Akhirnya saya bayar lagi dengan denda seharusnya saya bayar tgl 27 des 17 tepat Waktu . Kalau bisa ditutup aja nih aplikasi online drrupiah. Krn aplikasi Ini menipu udah bayar ditagih lagi . Byk yg lapor tapi ga ad tindakan . Dan saya kapok lagi menggunakan jasa Ini .
  • 7 Januari 2018 - (06:04 WIB)
    Masalah drrupiah byk yg Sudah lapor kan tp tetep ga ada respon . Ini namanya penipuan udah bayar Lunas tetep ditagih lagi . Saya kapok menggunakan jasa online Ini dipikir membantu malah menjerumuskan. Sebaiknya jangan menggunakan aplikasi Ini lagi di komplain juga tetep ga ada respon . Sebaiknya berhati2. Bunga gede Kita uda tau resiko nya tapi bagaimana kalau ud pelunasan masih ditagih lagi, malah byk customer juga Blum di bayarkan udah ditagih . Ya Ini namanya penipuan . Yg penting kita udah lapor kalau ga ad tindakan juga beraerti ad “something”. !! kita berharap aplikasi Ini memudahkan masyarakat tp malah menjerumuskan dan sama dgn penipuan baik melakukan pelunasan aja di tagih , bukti sudah dikirim kan ke ojk . Smoga di proses .
  • 7 Januari 2018 - (12:55 WIB)
    Saya bingung … Saya memang mengajukan pinjaman 2jt untuk niat membantu teman saya karna lagi butuh uang .. Nah 1 minggu sebelum jt.tempo saya sudh di konfirmasi dgn no.tlp yg berbeda2. Jt.07 jan 18 saya sdh bayar 5 jan 18 … Tetapi tgl 7 jan 18 saya di tlp katanya belum ada pembayaran . saya ada bukti saya disuruh email ke info@drrupiah.com tpi tdk ada jawaban. Sampai skrng saya masih dpt sms hindari denda sbesar 800rb .. Oia saya mau tanya saya pinjam 2jt dan yg harus di bayar 2jt juga karna di surat kontrak yg wajib di bayar sebesar 2jt aja tanpa bunga . apakah saya salah atau giman yaa mohon bantu jawab.
  • 8 Januari 2018 - (09:39 WIB)
    Biasanya sich kalau surat kontrak tertulis spt itu ya di transfer itu… Biasanya ada sms pemberitahuan nominal dan no rek kita harus transfer sebelum jatuh tempo pembayaran
    • 8 Januari 2018 - (10:07 WIB)
      Iyah sih kalau yg bener. Gak mungkin kan kita ngredit barang isi form cicil 1 tahun tiba2 tanpa sepengetahuan kita jadi 2 tahun siapa yg mau? Egp sih sama drrupiah mau jadiin 10 tahun juga wong saya isi pengajuan/form 10 hari balikin 600 yah segitu. Urusan ubah kontrak dan sisa 100 ribu karena dijadiin 30 hari sama mereka yah egp. Semua sudah hitam diatas putih. Tanpa kesepakatan kedua belah pihak perjanjian secara hukum batal
  • 8 Januari 2018 - (18:56 WIB)
    Wah saya sepertinya tertipu juga nie, beberapa hari kemarin sie saya ada coba-coba pengajuan pinjaman di drrupiah sebesar 1jt, lalu beberapa hari nya saya dapat sms dan email bahwa pinjaman saya telah disetujui dan dana sudah ditransfer ke reckening, tapi saya cek saldo saya tidak ada dana masuk tuh,.
    Kira-kira apa yang harus saya lakukan supaya tidak berurusan dengan mereka,.???
  • 30 Januari 2018 - (07:12 WIB)
    Dr.Rupiah penipu!!!
    Bilang ga ada bunga, pasang iklan besar2 “pinjaman pertama tanpa bunga”
    Begitu disetujui , kontrak dikirim ada bunganya…pinjam 1.5 bayar 1.8
    Saya langsung email di hari yg sama ke info@drrupiah.com utk membatalkan pinjaman saya, tapi tidak ada respon
    ( Email saya tertanggal 13 Des 2017)
    Saya juga sudah coba beberapa kali telp ke no telp 0800xxxx ada banyak no telp yg saya coba tapi no tsb hanya ada musik , saya memang berfikir kalau saya langsung transfer balik apa tidak akan ada tagihan , takutnya tetap ada tagihan, ternyata saya banyak lihat komentar dari konsumen lain yg menyatakan kalau dikembalikan langsung juga tetap ada tagihan dan malah disalahkan oleh pihak dr.rupiahnya
    Ini bagaimana ya …ada yg tau solusinya tidak biar saya tidak harus bayar bunga yg 300 an itu ? Karena niatnya saya mau membayar saja hari ini , karna saya ga mau diteror terus menerus oleh dr.rupiah hanya karena uang yg ga seberapa itu
    Tolong kasih saya solusi ya .. dan apakah ada yg bisa lolos dari penipuannya dr.rupiah ??
  • 6 Februari 2018 - (16:44 WIB)
    Bener banget teror Drrupiah meresahkan, awalnya nggak pernah saya angkat tapi saya iseng angkat, yang ngomong cewek, kasar banget kata2nya, emang saya blm bayar karena besar sekali bunganya, awalnya pinjem 1jt tenor 10 hari, hari ke 8 udah dibayar, trs ditawarin lagi pinjaman 1,5 jt, awalnya ambl tenor 10 hari, tapi tau2 berubah 30 hari dengan bunga 600rb jd harus dikembalikan 2.1 jt, terus naik2 jadi 2,3 jt, jadi males bayar apalagi sekarang baru kehilangan kerjaan dan debt colectornya gak mau tau, harus bayar besoklah, disuruh gadaikan barang, cari dana talangan, mau nggak mau harus ada dana masuk ke rek. Drrupiah, ngancem mau nagih ke rumah, terus ke rumah yang dijadikan kontak kerabat jg. Jd sekarang saya abaikan aja deh telepon dr dr rupiah yang sehari sampai 15x nelp, soalnya kalau diangkat mereka kasar.
    • 1 Maret 2018 - (06:26 WIB)
      Masih suka nelpon dg nomor yg beda2 dan kalau ditelpon balik itu gak bisa. Trs di sms ngancem mau didatangi agen penagihan tapi sampai sekarang gak ada yg datang.
  • 1 Maret 2018 - (14:25 WIB)
    Dr rupiah yang terhormat dan Galak…ini indonesia Semua diatur dalm Hukum bukan Hutan rimba yang maen ngancam mau datengin dept kolektor..silahkan saya menantinya dripada saya nelpon cuma musik yang jawab..sekalian dari bangsa Jin kirim juga.. Kita ngopi bersama..
  • 20 Maret 2018 - (10:51 WIB)
    Saya juga punya masalah dengan drrupiah, dimana pada Januari tgl 16. Saya mengajukan pinjaman sesuai yg tertera di iklan yaitu peminjaman 2 juta dengan pengembalian yg sama dlm tempo 30 hari.. tapi tanpa konfirmasi baik itu tlp,sms atau email drrupiah mentransfer kerekening saya secara sepihak. Atau tanpa persetujuan saya sebesar 1.500.000 tentu saja saya bingung karena saya tidak tau batas waktu dan bunga yg harus saya bayarkan berapa.lalu saya mendownload aplikasinya dan memasukkan no ktp. Ternyata disitu pinjaman saya sebesar 1.500.000 dan pengembaliannya sebesar 1.950.000 dalam tempo 20 hari. Jelas saja saya keberatan apalagi drrupiah dengan seenaknya mentransfer dana tanpa persetujuan terlebih dulu. Saya berniat mengembalikan saja dana tersebut.tapi drrupiah tdk memberikan no kontrak atau pun no rekening akhirnya saat itu juga saya coba complain baik melalui email,FB chat,tlp dan wa. Tapi sama sekali gak ada respon. Akhirnya 5 hari sebelum baru ada tlp dari csnya barulah saya menceritakan hal tersebut, dan katanya akan dibantu cek.tapi bukan bantu cek malah berganti2 entah brp puluh no yg mereka pake buat nagih. Dan saat no rekening mereka kirim saya lgsg mengembalikan dana tersebut sesuai yg mereka transfer,karna saya gak merasa salah. Drrupiah yg secara sepihak atau kalo menurutku secara sengaja mentransfer tanpa konfirmasi untuk memaksa membyr bunga tinggi.sampai hari ini pun masih terus menelpon dan saya tetap menjawab dengan penjelasan saya. Dan langkah awal saya men-tweet ke akun resmi OJK. Sebaiknya yg punya masalah yg sama rame2 tweet ditweeter resmi OJK. Biar viral dan di usut
  • 26 Juni 2018 - (14:35 WIB)
    Saya baru saja jatuh tempo hari ini untuk pengembalian Rp. 6,300,000. untuk perpanjangan diperlukan Rp. 1,800,000. tapi sampai hari ini tidak ada SMS utk nomor Rek Danamon atas nama saya.
    sudah saya telepon, email namun tidak ada jawaban dan tidak diangkat telp tersebut.
    Saya TIDAK akan bayar DENDA YG BEGITU BESAR untuk hal ini, sepertinya disengaja dari pihak Dr Rupiah agar saya kena denda. LUAR BIASA ini fintech abal2… Ayo kita berjuang agar Fintech ini cepat ditutup!!! Ayo lapor polisi dan OJK.

 Apa Komentar Anda mengenai Dr Rupiah?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Drrupiah.com Mengubah Perjanjian Secara Sepihak

ibrahim ibrahim 4 menit
23