Tips Membeli Smart TV

Smart TV merupakan salah satu jenis produk smart electronic yang dapat kita temukan di saat ini. Produk ini tentu membawa lebih banyak teknologi dan fitur canggih jika dibandingkan dengan TV konvensional pada umumnya. Tak mengherankan jika banyak orang yang kemudian tertarik untuk membelinya. Nah, jika anda salah satunya, tak ada salahnya untuk memperhatikan beberapa tips di bawah ini agar anda tak salah dalam membeli produk smart TV.

1. Cek Teknologi yang Dimiliki
Biasanya setiap produsen smart TV memiliki teknologi dengan kemampuan yang berbeda, oleh karena itu, ada baiknya jika sebagai pembeli kita harus mengecek terlebih dahulu beberapa teknologi yang dimiliki oleh smart TV ini. Misalnya saja seperti teknologi prosesor video, streaming, kelengkapan wifi, user interface hingga ketersediaan aplikasinya. Ada baiknya untuk cek fitur browsing yang biasanya ada untuk melihat apakah fitur tersebut dapat digunakan untuk membuka semua hal di internet atau hanya untuk beberapa toko aplikasi saja.

2. Memahami Sistem Operasi pada Smart TV
Sebagai salah satu smart teknologi, smart TV menggunakan beberapa sistem operasi yang berbeda-beda seperti misalnya Tizen, Firefox, hingga Android. Ada baiknya sebelum membeli dapat memantau terlebih dahulu fitur tersebut untuk mengetahui kelengkapannya. Misalnya saja untuk smart TV yang dilengkapi dengan sistem operasi Android dapat dengan mudah mengakses Google PlayStore. Dengan mengetahui sistem operasi yang ditawarkan maka pengguna akan lebih nyaman dalam mengoperasikannya karena ada jutaan aplikasi yang tersedia di sana.

3. Memilih Layar yang Sesuai dengan Kebutuhan
Yang menarik adalah ada beragam pilihan ukuran layar untuk smart TV. Oleh karena itu, pilih besar kecilnya ukuran layar berdasarkan kebutuhan. Jika mungkin smart TV ini akan digunakan oleh keluarga, maka tak ada salahnya untuk membeli produk dengan ukuran layar yang besar agar lebih nyaman dan leluasa saat menggunakannya. Beberapa merek smart TV sekarang sudah menyediakan jenis layar cekung (curved) sehingga lebih nyaman untuk ditonton dari berbagai sudut.

4. Mengecek Ada atau Tidaknya Fitur 3D
Ada baiknya untuk memilih smart TV yang menggunakan atau menawarkan fitur 3D di dalamnya. Jika anda ingin menggunakan smart TV ini untuk menonton acara atau film 3D, maka sebaiknya pilihlah produk yang sudah dilengkapi dengan teknologi Active 3D. Biasanya, teknologi ini akan menyampaikan resolusi 3D secara penuh ke mata dan ini berbeda dengan teknologi Passive 3D. Namun tentu saja smart TV dengan teknologi 3D ini biasanya dijual dengan harga yang relatif lebih mahal.

5. Mengetahui Lokasi Service Center
Salah satu faktor penting dalam memilih smart TV adalah usahakan untuk memilih produk smart TV dengan lokasi service center yang dekat dengan tempat tinggal anda. hal ini akan memudahkan kita untuk dapat memperbaiki Smart TV ini sewaktu waktu jika terjadi kerusakan. Carilah informasi mengenai layanan purna jualnya, review dari konsumen lainnya yang sudah menggunakan produk tersebut tentu sangat membantu dalam mengambil sebuah keputusan. Feedback dari pelanggan dapat menjadi referensi tambahan, apakah produk yang telah digunakan sesuai dengan informasi yang ditawarkan saat promosi awal dilakukan. Dukungan CS online yang dapat diakses secara “real time service” menjadi penentu akhir bahwa produk tersebut benar benar diciptakan untuk kepuasan konsumennya.

6. Fitur Konektivitas Internet
Salah satu fitur wajib smart TV sebagai salah satu produk Smart Elektronik adalah adanya fitur konektivitas internet. oleh karena itu, sebaiknya periksa terlebih dahulu kelengkapan fitur tersebut seperti misalnya wifi hingga Port Ethernet, pastikan semuanya berfungsi sebagaimana mestinya. Jangan lupa untuk mengecek konektivitas internet di tempat tinggal anda dan pastikan sudah sesuai dengan teknologi yang ada pada smart TV yang ditawarkan.

7. Harga
Sesuaikan harga dengan budget yang anda miliki dan tentu sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah smart TV dengan fitur yang memang dibutuhkan.

Beberapa tips di atas akan memudahkan Anda dalam memilih smart TV terbaik sesuai dengan kebutuhan sebagai salah satu produk smart electronic terbaik di zaman sekarang ini. Selamat belanja!

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
[Penilaian Rata-rata: 4.6]

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Tips Membeli Smart TV

Rizky Pramudya 2 menit
0