Perlukah Membeli Barang KW?

Oleh Rizky Pramudya

Dewasa ini, seiring dengan berkembangnya era teknologi, gaya hidup masyarakat pun semakin meningkat. Akibatnya, hasrat beli atau belanja seseorang saat ini tidak hanya menimbang kepada asas fungsional. Akan tetapi juga dari segi fashion bahkan trend. Apa yang sedang hits dan happening saat itu, masyarakat akan dengan senang hati membeli tanpa melihat fungsi dan kemampuan ekonomi. Asalkan tetap masuk jajaran kaum kekinian yang mengikuti perkembangan zaman, katanya.

Munculnya berbagai brand ternama dari berbagai produk kebutuhan tersier yang telah berubah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang tidak dapat dipungkiri menjadi hal yang sangat penting bagi eksistensi mereka. Bagi mereka yang mempunyai penghasilan dan kondisi keuangan yang cukup memadai, tentu itu bukan persoalan besar. Mereka bisa dengan sangat mudah memanjakan diri mereka dengan membeli dan menikmatinya.

Namun bagi segolongan orang yang hanya memiliki penghasilan pas-pasan atau kondisi keuangan yang belum stabil, hal itu bisa menjadi bumerang jika mereka nekat mengikuti hasrat kekinian mereka dengan membeli barang barang tersebut karena barang barang tersebut bukanlah barang murah.

Karena hal ini kan sangat mengganggu kestabilan perekonomian dan kondisi keuangan mereka. Dari yang stabil menjadi tidak stabil, dan yang tidak stabil bisa menjadi collapse. Hal ini dimanfaatkan bagi sebagian orang untuk menjadi peluang bisnis mereka. Yaitu dengan mencoba membuat replika barang barang tersebut yang kemudian dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Barang barang ini biasa disebut dengan sebutan barang KW (baca: kawe).

Barang KW akan menjadi penyelamat bagi mereka dengan kondisi keuangan yang tidak cukup memadai untuk membeli barang asli atau original namun ingin tetap terlihat kekinian dan keren. Namun di sisi lain, bagi mereka penikmat barang original, yang telah menghabiskan banyak uang mereka untuk hanya membeli beberapa atau bahkan satu jenis barang saja. Hal ini menjadi hal yang sangat tidak adil karena barang barang mereka tak lagi terkesan eksklusif. Secara kasat mata, banyak yang akan bisa membeli dan tak jarang tidak dapat membedakan mana barang asli maupun KW. Jadi, semua akan terlihat sama.

Barang KW faktanya juga memiliki beberapa tingkatan. Mulai dari KW 1, 2 dan seterusnya disesuaikan dengan kemiripannya dengan yang asli. Beberapa kelebihan barang KW adalah, yang pertama jelas dan sudah pasti lebih murah dibandingkan dengan barang original. Yang kedua, secara fungsi sudah pasti sama dengan barang original. Tidak ada bedanya kan fungsi tas Hermes original dengan KW? Keduanya sama-sama digunakan untuk membantu kita membawa barang bawaan kita ketika pergi. Yang selanjutnya adalah mudah ditemukan di mana saja. Kita tidak perlu harus membeli barang KW di counter tertentu, bahkan kita bisa mengorder nya secara online dari rumah.

Namun, sesempurna apapun barang KW pasti akan berbeda dengan versi asli nya. Diantara kelemahan barang KW adalah, garansi singkat bahkan tidak ada. Tentu saja! Karena dibuat tidak di pabrik asli yang berlisensi pastinya, maka barang barang KW sudah pasti tidak mempunyai sertifikat yang berisi garansi kerusakan barang tersebut. Jikapun ada, sertifikat itu pasti juga palsu dan nomor sertifikat nya pun tidak terdaftar dan tidak dapat digunakan. Selanjutnya kualitas dari barang tersebut juga pasti tidak terjamin dan akan berbeda dengan versi asli secara keseluruhan. Biasanya akan cepat rusak dalam waktu singkat.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
[Penilaian Rata-rata: 5]

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Perlukah Membeli Barang KW?

Rizky Pramudya 2 menit
0