Surat Pembaca

JD.ID Segera Kembalikan Uang Saya

Kepada Yth JD.ID,

Saya melakukan pembelian Yongma Digital Rice Cooker 2l ymc211-red[new] di JD.ID pada tanggal 12 Desember 2018 pukul 03:27 dengan nomor pemesanan 245535193. Saya lakukan pembayaran melalui manual transfer BNI mobile kepada. No.rek:787-787-9989 atas nama PT. Jingdong Indonesia pertama dengan jumlah sesuai tagihan dan kode unik yaitu Rp469.001,- dan berhasil pada pukul 03:30 tetapi sampai 24 jam setelahnya pembayaran tidak terverifikasi dan sistem otomatis membatalkannya.

Terus saya menghubungi customer service namun saya dilempar-lempar terus dari customer service satu ke customer service lain serta via telpon pun sibuk dan mengirim email juga dalam antrian. Setelah live chat terhubung sebelum percakapan dan keluhan saya selesai sudah diakhiri. Saya dilayani oleh orang yang berbeda dan komplain mulai dari awal. Dan saat mencoba menghubungi kembali customer service untuk melakukan pengajuan refund/pengembalian dana.

Akhirnya proses refund bisa diproses pada tanggal 15 Desember 2018 dan customer service menginformasikan bahwa estimasi waktu refund 1-3 hari kerja dan uang akan ditransfer ke rekening bank saya. Namun setelah 3 hari kerja saya menunggu uang saya pun belum ditransfer juga. Dan saya mencoba menghubungi customer service lagi untuk meminta kejelasan mengenai proses refund saya pada tanggal 21 Desember 2018 dan customer service menginformasikan bahwa pengembalian dana terkendala karena pembayaran belum diterima. Padahal saya sudah memberikan bukti pembayarannya. Lalu customer service akan berkoordinasi dengan team finance dan memaksimalkan proses pengembalian dananya serta membantu untuk diprioritaskan dan customer service meminta saya untuk bersedia menunggu 2 x 24 jam.

Namun sampai surat ini terbit proses refund saya belum berhasil juga karena uangnya belum saya terima ke rekening bank saya. Dan customer service sangat sulit untuk dihubungi melalui live chat ,telpon ataupun email.

Mohon kepastian dari JD.ID perihal pengembalian uang yang belum saya terima dan mengembalikannya sesegera mungkin.

Terima kasih.

Robbi Guspar Sulaeman
Rawa Bebek, Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Robbi

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Robbi pada 28 Desember 2018 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya