iPhone XR Baru Beli di iBox Terdapat Cacat Produk (Baret), Pengaduan Tidak Diakomodir

Yth. Media konsumen,

Saya ingin membuat pengaduan tentang pembelian iPhone XR yang saya beli di iBox Plaza Marina Surabaya tanggal 26 Januari 2019. Begitu sampai rumah, saat saya baru akan menggunakan iPhone, saya menemukan cacat produk berupa baret di bagian kamera dan body iPhone (gambar terlampir). Setelah mengetahui terdapat kecacatan pada produk saya tidak jadi menggunakan kemudian langsung mengemasnya kembali. Saat itu juga saya langsung menghubungi sales via Whatsapp.

Berikut kronologi kejadiannya:

1. Pada tanggal 26 Januari 2019 tepatnya sekitar pukul 7 malam, saya membeli iPhone XR di iBox Plaza Marina. Kemudian sales memperlihatkan bahwa produk tersebut baru beserta kelengkapan unit. Sales mengecek fungsi kamera, suara dll tanpa menginfokan bahwa klaim terkait kecacatan fisik produk hanya bisa dilakukan ketika berada di dalam store. Kemudian saya melakukan pembayaran.

2. Begitu sampai rumah, saat saya ingin menggunakan iPhone tsb. Saya menemukan kecacatan fisik pada produk yang saya beli. Tanpa pikir panjang, saya langsung memfoto bukti-bukti kemudian menghubungi sales iBox (chat terlampir).

3. Keesokan harinya (27-01-19) tepatnya pukul 11 pagi saya datang kembali ke iBox Plaza Marina untuk melakukan pengaduan terkait cacat fisik pada iPhone yang saya beli. Namun sales meminta saya menunggu kedatangan SPV dan manager iBox tsb.

4. Setelah menunggu kurang lebih 4 jam, tepatnya pukul 3 sore saya menemui SPV dan manager iBox Plaza Marina. Kemudian beliau menyarankan saya untuk menghubungi customer care terkait pengaduan saya.

Berdasarkan pemaparan kronologi tersebut, dengan kurun waktu kurang dari 24 jam saya sebagai customer merasa dirugikan atas kecacatan fisik produk yang saya beli. Terlebih pihak iBox Plaza Marina yang tidak dapat mengakomodir keluhan saya dan terkesan melempar-lempar kasus ini.

Berdasarkan hasil riset yang saya lakukan pada web resmi Apple dan iBox didukung dengan riset yang saya lakukan kepada teman-teman di media sosial Instagram yang pernah mengalami hal serupa (bukti terlampir). Seharusnya saya mendapatkan hak sebagai customer atas penggantian produk baru. Hal tersebut mengacu pada ketentuan yg di tulis oleh pihak Apple dan iBox pada web resmi yang menyatakan bahwa terdapat jaminan penggantian produk baru apabila terdapat cacat produksi dalam kurun waktu H+1 setelah pembelian. Terlebih kelalaian sales iBox Plaza Marina yang tidak menginfokan secara detail terkait ketentuan tersebut.

Saya sebagai customer merasa sangat kecewa atas pelayanan iBox Plaza Marina mengingat iPhone yang saya beli harganya sangat MAHAL dan saya mempercayakan iBox. Ternyata barang yang saya terima dalam kondisi cacat dan pelayanan terhadap keluhan customer sangat BURUK.

Saya berharap pengaduan yang saya lakukan dapat ditindaklanjuti secara profesional oleh pihak customer care sesuai undang-undang perlindungan konsumen dan kejadian seperti ini tidak terulang lagi.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Indira Alaika
081330747***
Surabaya, Jawa Timur.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai iBox Plaza Marina Surabaya:
[Penilaian Rata-rata: 2]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

4 komentar untuk “iPhone XR Baru Beli di iBox Terdapat Cacat Produk (Baret), Pengaduan Tidak Diakomodir

  • 28 Januari 2019 - (12:54 WIB)
    Itu ponsel harga berapa Mbak? After sales servicenya kek beli gorengan aja..😅
    • 28 Januari 2019 - (13:55 WIB)
      Harganya 16,5jt di ibox mas, kalo beli online harganya jauh lebih murah selisih 1-2jutaan. Saya milih ibox biar kalo ada apa2 mudah klaimnya, tp ternyata saya salah 😅 justru saya mendapat produk cacat produksi. Dan ketika di klaim ke ibox malah bilang kalo gabisa di ganti baru karena sudah keluar dari store. Padahal di web resmi tertulis kl pelayanan pergantian produk H+1 pembelian diganti produk baru apabila ada cacat produksi. Puat pengalaman pembaca aja harus lebih kritis kl mau beli termasuk di seller premium seperti ibox 😥
  • 28 Januari 2019 - (14:04 WIB)
    Tbh, bad service. Kalo memang SOP dari Ibox apabila kluar dr counter gabisa klaim produk jika ada cacat produksi harusnya waktu di counter ditekankan kpd customer kalo harus mengecek secara teliti sblm meninggalkan counter jadinya fair. Customer tdk merasa di rugikan kl tbtb ditemukan cacat produksi karena sudah di infokan pada saat transaksi. Terlebih di web resmi ibox bilang pergantian produk baru apabila ada cacat produksi hingga H+1 pembelian. Tapi realitanya? Customer malah dilempar-lempar seperti ini. Saya sbg customer benar2 merasa DICIDERAI. Padahal landasan saya klaim jelas “website resmi ibox” dan kelalaian sales yg tidak menginfokan adanya aturan klaim tidak berlaku ketika meninggalkan counter.
  • 28 Januari 2019 - (15:25 WIB)
    Mba,selama iPhone ga buka perwakilan resmi nya di indo,jangan harap akan ada kualitas yg diharapkan. Di media konsumen bukan mba aja yg mengeluhkan ttg iBox,msh banyak orang yg dirugikan.tp di luar sana banyak org rela pergi ke Singapura untuk beli iPhone,Krn disana aftersales nya bertanggung jawab penuh. Di Hongkong aja kita bawa iPhone rusak tp masih ada klaim garansi,bisa diganti sama yg baru!. Garansi Indonesia,boro2 yg ada kita nungguin ampe berbulan bulan. Sama kalo beli di indo,dgn garansi indo,itu ngambil untung nya udah kaya lintah darat,biaya produksi satu iPhone semisal 10jt,tp pas nyampe di indo,jd 15jt!, mendingan beli motor,bhahaha.

 Apa Komentar Anda mengenai iBox Plaza Marina Surabaya?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

iPhone XR Baru Beli di iBox Terdapat Cacat Produk (Baret), Pengaduan T…

indiraalaika 2 menit
4