Pembayaran Shopintar Tidak Diterima, Dialihkan jadi Tagihan di Kredit Pintar

Surat ini saya tujukan kepada Shopintar, karena pembayaran saya sejak tanggal 25 Mei 2019 sampai hari ini masih belum ada kejelasan. Padahal saat saya tahu no VA-nya salah, saya langsung telepon CS dan kirim email bukti pembayaran, memohon agar secepatnya diproses sebelum jatuh tempo tanggal 28 Mei 2019. Walaupun ada kesalahan VA, tetapi saya sangat yakin bahwa VA itu penerimanya adalah SENDIRI DIGITAL yaitu Shopintar. Karena sayapun sudah beberapa kali transaksi, bayar BPJS, beli barang dan beli pulsa itu semua memakai VA Briva yang sama yaitu no: 262151020079973/SENDIRI DIGITAL.

Sudah banyak kirim email berikut bukti-bukti, tetapi jawaban semua sama harap menunggu karena masih dalam proses investigasi. Selama 2 bulan menunggu, saya dibuat gerah dengan penagihan hampir setiap hari, karena di aplikasi tagihan saya terus bertambah besar karena denda. Saya menjadi bertanya-tanya apakah seribet itu untuk memproses pembayaran saya? Atau memang Shopintar mempermainkan saya? Padahal bukti transaksi sudah saya kirim, dan email dari CS BRI pun saya kirim. Kecewa itu pasti. Apalagi jawaban email dari CS Shopintar semua sama copy paste dari sistem yang langsung kirim.

Jika ada CS Shopintar yang akan menanggapi surat saya silahkan. Tetapi saya mau jawaban yang rinci dan silahkan cek dulu email-email saya dan dengar rekaman telepon saya dengan CS Shopintar, Selama 2 bulan ini berapa banyak saya sudah menghubungi CS Shopintar. Kenapa sampai sebegitu terlambatnya sehingga menimbulkan kerugian waktu, materi dan psikis saya.

Bagian berikut ini saya tujukan kepada Kredit Pintar…

Saya adalah nasabah Kredit Pintar yang sudah 1 tahun dengan riwayat pinjaman lumayan baik. Tetapi pinjaman saya yang terakhir ini membuat saya kecewa… Karena di aplikasi Kredit Pintar tertera tagihan Shopintar saya, yang sudah terlambat hampir 2 bulan dengan banyak denda. Dan parahnya lagi pembayaran untuk Kredit Pintar dialihkan ke tagihan Shopintar.

Saya sudah menjelaskan ke CS Kredit Pintar bahwa tagihan Shopintar saya sedang dalam proses. Tetapi jawaban CS nya membuat saya lebih kecewa, itu sudah langsung karena sistem. Katanya silahkan konfirmasi kembali ke Shopintar. Saya tidak habis pikir, kenapa manajemen perusahaan tidak saling koordinasi jika ada masalah dengan nasabahnya. Bukankah kedua perusahaan itu adalah mitra.

Tanggal 21 Juli 2019 adalah jatuh tempo Kredit Pintar, sementara saya sudah bayar tanggal 19 Juli 2019. Seandainya nanti ada penagihan. saya tidak akan merespon apalagi harus membayar. Karena tagihan Shopintar saya sudah bayar pada tanggal 25 Mei 2019 sebelum jatuh tempo tanggal. 28 Mei 2019. Bukti terlampir. Dan Kredit Pintarpun saya sudah bayar tanggal 19 Juli 2019 sebelum jatuh tempo tanggal 21 juli 2019. Dan masalah denda Shopintar atau nanti ada denda dari Kredit Pintar itu karena kelalaian memproses keluhan nasabah 2 bulan saya harus menunggu, dengan menanggung beban dan kekecewaan.

Jika nanti ada pihak Kredit Pintar yang akan menjawab keluhan saya silahkan konfirmasi dulu dengan Shopintar atas permasalahan saya. Saya butuh kejelasan bukan hanya sekedar diminta menunggu masih dalam proses. Saya tunggu kejelasannya karena mulai tanggal 22 kalian pasti akan mulai mengirim penagih-penagih seperti yang Shopintar lakukan kepada saya.

Lilis Permana Trisman
Kuningan Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Kredit Pintar atas Surat Ibu Lilis Permana Trisman

Kepada Yth Ibu Lilis Permana Trisman, Menanggapi surat Ibu Lilis di mediakonsumen.co.id pada 21 Juli 2019 berjudul “Pembayaran Shopintar Tidak Diterima,...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Pembayaran Shopintar Tidak Diterima, Dialihkan jadi Tagihan di Kredit Pintar

    • 22 Juli 2019 - (07:48 WIB)
      Permalink

      Entahlah… Sharusnya sistem/IT nya sudah canggih inikan mengenai keuangan seperti bank2 lain. Apalagi shopintar dan kredit pintar sudah berijin dari ojk. Tapi keluhan nya rata2 sama semua. Lambat memproses kesalahan pembayaran. Sampai menimbulkan denda. Yg tertera di aplikasi itulah tagihan kita, Makin lewat jatuh tempo makin besar dendanya. Sialnya lgi penagihpun tidak ada koordinasi, mereka tidak tau bahwa pembayaran kita sdg dalam proses. Ketika kita menjelaskan maslah kita, Alasannya… Tim penagih beda manajmen, yg penting di aplikasi tagihan sudah lewat jatuh tempo saat itulah mereka mulai menagih,
      Lagi2 masalam sistem…

      • 15 Agustus 2019 - (05:26 WIB)
        Permalink

        Halo bu liz
        Apakah ketika menunggu 2 bulan itu diterror trs oleh kredit pintar atau shopintar? Dan apakah pihak collector menelfon orang2 terdekat ibu?
        Saya baru saja salah input nomor VA

        • 15 Agustus 2019 - (07:48 WIB)
          Permalink

          Terror,,, sich gk.. cma sms dan WA aja, minta dibyar krena sdah lwat jatuh tempo. Allhamdullah smua penagih baik dan sopan. Yg penting balas dan jawab aja kalau dihubungi, jelaskan msalahnya. Dan krim screnshoot, bahwa pembayaran, sedang dalam proses.
          Mungkin harus sabar aja, menghadapi penagih buat menjelaskan permasalahan nya.

          • 15 Agustus 2019 - (07:54 WIB)
            Permalink

            Oke terima kasih bu
            Lalu ibu kmrn bayar tagihannya lg apa nunggu penyelesaian dari pihak kredit pintarnya?

          • 15 Agustus 2019 - (08:20 WIB)
            Permalink

            Kedua2nya sudah selesai… Setelah pengembalian dana dari shopintar sy langsung byar kredit pintar sesuai tagihan awal, dan untuk dendanya, beberapa hari kemudian dihilangkan oleh pihak kredit pintarnya.
            Hnya sekarang akun shopintar dan kredit pintarnya dibekukan. Walaupun pembayaran sy selama ini bagus, sampai masalah salah VA yg kemarinpun sy bayar shopintar dan kredit pintar sebelum jatuh tempo, tetapi mungkin karena sistem, dan proses klarifikasi lama hingga dendanya banyak, jdi tidak bisa mengajukan lg, disitu tertera bahwa sy sudah melanggar ketentuan.
            Tapi syukurlah… Sy sudah bebas dari utang?

    • 22 Juli 2019 - (18:53 WIB)
      Permalink

      Ooh… kalau begitu, Mungkin cuma kurang koordinasi aja…
      Skarang dgn shopintar sudah terbebas… lg 1 masalah… Kredit pintar pending, tetapi csnya bilang sy Boleh membayarnya Sampai proses pengambalian dana shopintar msuk.
      Cma nama sy aja jdi jelek. Krena nunggu proses kedua apl itu jadinya lewat jtuh tempo
      Padahal selama ini selalu sy usahakan membayar tepat waktu… Tetapi sy bersyukur inilah hikmahnya. Sy jadi terbebas dari utang.
      Allhamdullah….

      • 1 September 2019 - (06:59 WIB)
        Permalink

        Saya kan bayar bulan juni sampai bulan agustus belum juga di verivikasi katanya pihak shopintar sudah di kembalikan di rekening asal sedangkan saya sama sekali tidak menerima uang tersebut kemana uang saya yah tidak ad di rekening saya ..yang punya masalah masalah yg sama sya hadapi tolong yah

        • 1 September 2019 - (11:48 WIB)
          Permalink

          Ctak rekening korannya… Photokan pertanggal pengembalian dari shopintarnya. Lpas tuh. Krim ke email shopintar. Dan sambil menunggu telepon csnya… Agar di verifikasi email yg sudah terkirim.
          Coba trus.. krim email beserta buktinya..
          Smoga cpat selesai permasalahannya?

  • 22 April 2020 - (16:33 WIB)
    Permalink

    Kepada Yth,
    Ibu Lilis Permana Trisman,

    Menanggapi surat Ibu Lilis di http://www.mediakonsumen.com pada tanggal 21 Juli 2019 berjudul “Pembayaran Shopintar tidak diterima, dialihkan jadi tagihan di Kredit Pintar ”,sebelumnya tim kami telah mencoba menghubungi Ibu Lilis pada 10 Januari 2020 namun tidak mendapatkan respon, dan tim kami telah mengirimkan email dengan nomor pengaduan 293270 mohon untuk dapat melakukan pengcekan pada email terdaftar.

    Semoga informasi yang kami sampaikan bisa membantu Ibu Lilis.
    Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Ibu Lilis untuk senantiasa tetap menggunakan produk Shopintar. Apabila ada informasi yang ingin ditanyakan kembali dengan senanghati kami siap membantu Ibu Lilis, silakan menghubungi Shopintar melalui:
    Email: cs@shopintar.app
    Twitter: @shopintar
    Facebook: @shopintar
    Instagram: @shopintar
    Hotline: (021) 5025-1717

    Hormat kami,

    Customer Service Shopintar Indonesia

    • 21 Juli 2020 - (14:57 WIB)
      Permalink

      saya juga mengalami hal yang sama, saya sangat menyayangkan penanganan keluhan oleh pihak shopintar yang sangat lambat dan tidak ada follow up kepada pihak customer. saya meminta bantuan untuk penanganan denda karena saya telah melaporkan hal ini ke pihak shopintar segera setelah saya mendapatkan penagihan oleh pihak shopintar, saya beberapa kali memfollow up dan jawabannya masih dalam tahap investigasi oleh bagian keuangan shopintar dan diminta untuk — mengabaikan denda pada tagihan di aplikasi yang akan dikoreksi oleh bagian keuangan shopintar– . saya melakukan kesalahan transfer VA pada tanggal 26 Maret 2019 dan melaporkan hal ini pada tanggal 20 April 2019 segera setelah mendapat penagihan dan hingga hari ini tanggal 21 Juli 2020 –terhitung 15 bulan (458 hari)– setelah laporan yang saya berikan yang –menyebabkan denda sebesar Rp 960.316– akibat tidak adanya penanganan serius yang dilakukan oleh pihak shopintar yang memakan waktu sangat lama dan merugikan saya , pihak shopintar baru menjelaskan untuk membayar tagihan di aplikasi terlebih dahulu kemudian dana saya yang terendap akan di transfer ke rekening aktif saya. Saya berharap ada bentuk pertanggungan jawab pihak shopintar untuk mengkoreksi denda yang ditimbulkan akibat kelalaian penanganan hal ini. tetapi info dari shopintar denda tidak bisa dihapuskan dan diminta untuk menghubungi tim penagihan, no telp cs pun dialihkan ke email. tagihan saya muncul di kredit pintar.

 Apa Komentar Anda mengenai Kredit Pintar dan Shopintar?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Pembayaran Shopintar Tidak Diterima, Dialihkan jadi Tagihan di Kredit …

oleh Liz Permana dibaca dalam: 2 menit
12