Surat Pembaca

Transaksi di Shopee Tidak Aman untuk Pembeli; Barang Tidak Diterima, Dana Diteruskan ke Penjual

Saya melakukan transaksi pembelian pakan kucing melalui Shopee. Pesanan dibuat tanggal 21 Juli dengan account Toko “Batiksuryadani233”. Nomor pesanan: 190722005612SNT, nomor resi: 050111558211713, jasa pengirim yang dipilih JNE, tapi nomor resi itu tidak ada dalam tracking.

Sampai saat ini tidak diketahui pakai jasa kurir apa dan pihak CC Shopee pun tidak beri informasi kurir apa, hanya bilang kalau ekspedisi tidak sesuai pilihan pembeli. Awalnya sudah ditanyakan ke pihak penjual di-chat tapi hanya jawaban otomatis “Ready”, terakhir chat hari ini tanggal 28 Juli.

Lalu saya lacak di aplikasi pembelian di Shopee pun status barang hanya dikirim saja, tidak ada detail tracking perjalanan paket pesanan ada di mana. Tanggal 27 masih saya pantau di aplikasi Shopee, dilacak masih belum berubah statusnya masih sama barang dikirim.

Tapi tiba-tiba hari ini tanggal 28 Status Barang Diterima, padahal barang tidak sampai ke tangan saya. Dan anehnya dana diteruskan langsung hari ini juga ke penjual tanpa ada waktu jeda konfirmasi dari saya 1 x 24 jam. Anehnya seperti sudah “MODUS” merugikan konsumen dari Shopee ada tulisan tanggal 27 Juli adalah batas akhir konfirmasi dan dana akan diteruskan. Itu notif baru saya baca pada saat mau mengajukan komplain ini langsung ke Shopee.

Saya sudah chat dengan CC Shopee dan di email hanya jawaban standar karena saya pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang jadi Shopee OTOMATIS meneruskan dana ke penjual. Kok bisa sistem Shopee seperti itu? Terakhir tanggal 27 Juli aja statusnya masih dikirim.

Bagaimana saya bisa mengajukan komplain pengembalian dana kalau di detik-detik batas akhir saja saya tidak dikasih waktu KOMPLAIN. Seperti ketentuan peraturan Shopee dana diteruskan jika tidak ada konfirmasi 1 x 24 jam. Dalih dari Shopee karena by system, tapi seharusnya pihak Shopee bisa track status pengiriman barang saya. Saya pembeli dalam posisi pihak yang lemah, padahal saya transaksi pembelian pakai Shopee ingin ada rasa aman karena pakai rekening bersama Shoppe dulu baru setelah selesai baru diteruskan ke pihak penjual.

Pihak Shopee mestinya dapat membantu pihak pembeli dengan tracking dulu, bukannya malah langsung bilang dibaca By System Otomatis barang diterima. Nilainya tidak sedikit, Rp400 ribu-an, malah bilang tidak bisa dikembalikan dananya.

Mengajukan keluhan ini ke CC Shopee selalu berganti-ganti orangnya, saya mesti dari awal lagi kasih data-datanya, begitu terus. Kasus seperti ini kenapa tidak ada proteksi untuk konsumen pembeli? Sangat…sangat … merugikan, sistem Shopee sekarang yang sudah terbaca oleh para penipu online. Ini sangat merugikan dan tidak aman, karena pihak Shopee pun tidak bisa kasih bantuan dan solusi.

Abdullah Kafabih
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sama boss ane blom dapet barang yg ane pesan tapi udah dinyatakan selesai terkirim... yg anehnya ane pesan barang 7 november ... tapi tanggal kirim barang tertulis 4 november... otomatis masa garansi ilang... barangnya sampai ke alamat lain... bukan alamat kita... parah nih shopee ... uang ane 2.275000 raib boss. Kalo gini caranya shopee bisa jadi konglomerat baru nih dekat2 ini