Penagihan Telepon Collection Bank HSBC ke Kantor dengan Nada Kasar

Saya pengguna kartu kredit Bank HSBC dengan nomor kartu 4835 74** **** 8019. Saya sangat kecewa sekali dengan cara penagihan yang dilakukan collection Bank HSBC, sungguh tidak beretika dan menagih tidak pada tempatnya. Tunggakan saya memang sudah memasuki 8 bulan, hal ini bukanlah keinginan saya karena sebelumnya pembayaran saya masih tergolong lancar. Namun karena satu dan lain hal, saya mulai kesulitan dana sejak Januari 2019.

Hal ini sudah saya jelaskan ke pihak collection sejak 1 bulan menunggak, saya mohon kelonggaran waktu sampai saya mendapat dananya. Sewaktu masih 1 bulan tunggakan debtcoll HSBC masih kooperatif, mau menerima alasan saya dan tidak ada pemaksaan. Hanya mengingatkan akan terus dihubungi selama ada tunggakan, saya sangat tidak keberatan untuk hal ini karena memang itu tugas mereka dan saya ada kewajiban hutang.

Namun pada tanggal 15 Agu stus 2019 debtcoll HSBC mulai rajin menelepon dan WA saya. Hampir 5 orang debtcoll yang berbeda menawarkan program keringanan dengan menghubungi ke handphone dan whatsapp serta telepon ke kantor.

Berlanjut pada tanggal 19 Agustus saat saya sudah berbicara dengan salah satu debtcoll HSBC (pada saat perkenalan namanya Ce**) dan mengabarkan bahwa data saya ada di debtcoll lain yaitu Pak Je***. Dan saya langsung kontak beliau dan sudah berkomunikasi juga dengan Pak Je*** perihal keringanan saya dan beliau merespon baik. Dan tiba-tiba pihak kantor saya mengabarkan ada debtcoll HSBC menelepon hingga 3x dari pagi jam 10-an hingga yang terakhir jam 14.00 ke kantor saya.

Salah satu debtcoll yang menelepon dari nomor 021-29275857 bernama Ne** menagih tagihan HSBC saya tanpa etika. Dalam teleponnya debtcoll menghina salah satu staff HRD kantor saya dengan bahasa binatang dan mencaci maki juga teman kantor saya. Dan pada akhirnya karena kejadian tersebut saya diberikan SP 1 oleh kantor.

Parahnya collection menelepon ke HRD kantor dan berkata kasar mencari saya dan itu dilakukan terus menerus seperti meneror. Padahal ybs (HRD kantor) tidak ada sangkutannya dengan hutang saya dan tidak seharusnya collection melakukan hal tersebut. Karena collection telepon ke nomor pribadi saya pun saya angkat, tapi debtcoll lain tetap mengancam akan menelepon kantor saya dan jelas ini menyalahi aturan dan mengganggu ketertiban umum hingga saya hampir kehilangan pekerjaan saya.

Sudah saya tekankan berkali-kali jangan telepon ke kantor, tapi tetap collection telepon ke kantor dan Pak Je*** menjelaskan itu staf lapangan yang menelepon. Saya sudah hubungi juga staf call center HSBC namun respon mereka kurang kooperatif dan seakan-akan tidak peduli akan nasabahnya.

Mohon kebijakan HSBC untuk masalah ini, saya tidak ada keinginan kabur dari hutang namun minta kelonggaran waktu dan solusi sampai saya bisa bayar normal. Pak Je*** selaku debtcoll HSBC juga menyarankan saya untuk cari pinjaman untuk bayar ke teman/keluarga, kok malah memberikan solusi yang tidak benar? Sebenarnya SOP penagihan HSBC ini seperti apa? Kok menagih layaknya rentenir. Sayang sekali Bank dengan reputasi yang bagus di internasional tidak ada SOP penagihan yang baik.

Jika memang dari pihak HSBC tidak ada itikad baik, saya siap tempuh ke jalur hukum. Karena tindakan tersebut sudah masuk ke unsur pidana dan merugikan saya karena penagihan mereka membuat saya akan kehilangan pekerjaan saya.

Terima kasih.

Ferdiansyah A. Ismail
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Penagihan Kartu Kredit HSBC:
[Total:7    Rata-Rata: 2.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

5 komentar untuk “Penagihan Telepon Collection Bank HSBC ke Kantor dengan Nada Kasar

  • 27 Agustus 2019 - (16:15 WIB)
    Permalink

    ya wajar sih kalo penagihannya sudah agak ekstrim, karena telatnya sudah 8 bulanan.

    • 27 Agustus 2019 - (16:23 WIB)
      Permalink

      memang wajar kok.
      Tapi yang disayangkan ketika saya sedang bernegosiasi dengan salah satu DebtColl ternyata ada yang telpon ke kantor juga
      Dan konfirmasi ke bank malah menyangkal itu dari pihak bank. Itu yang disesalkan

  • 27 Agustus 2020 - (10:47 WIB)
    Permalink

    Emang kacau cm saya heran sm BI bank2 yg pakai pihak ke 3 penagihan ga sesuai sm peraturan yg dikeluarkan.maksa mempermalukan org lain sedangkan klo si karyawan itu di pecat mau dari mana bayar tagihan…

  • 27 Agustus 2020 - (11:13 WIB)
    Permalink

    Kalau tebakan saya, kelihatannya pada 1 titik tertentu (entah apa parameter-nya, mungkin jumlahnya, mungkin lamanya, mungkin juga random/acak alias gak ada parameter/SOP-nya) maka kredit2 “yang dikategorikan macet oleh pihak bank” akan “dilempar” alias diserahkan ke sekelompok preman (baca: DC), di mana entar siapa yang “berhasil” mendapatkan secuil pembayaran dari kreditur, maka preman/DC tersebut bakal dapat bonus. Jadi mirip seperti “kontrak pembunuh bayaran” macam di film2 kayak john wick misalnya hehehe.
    Atau bisa juga itu 1 tim (jadi beberapa orang) yang tugasnya memang “menggerakkan/memotivasi” kreditur untuk melakukan pembayaran. Entar begitu berhasil, maka 1 tim dapat bonus yang silakan di-bagi2 ke masing2.

    Jadi begitulah: bank gak ngerti (& gak bakalan ngaku kalau ngerti/tahu-menahu). Entar kalau terjadi sesuatu (tuntutan hukum misalnya), pasti yang jadi tumbal ya kelompok preman tersebut.
    Motivasi si bank nya ya pasti demi meminimalkan kerugian/loss lah. Terlepas dari ada asuransi dll, siapa sih yang gak mau dapat profit semaksimal mungkin?
    Lagian, kalau si bank “terlalu baik hati,” bisa2 entar banyak yang ngantri kredit ke situ, & akibatnya NPL naik…
    Saya bukan bela bank-nya yah, cuma tebak2 aja kira2 bank-nya mikir seperti apa.

    Hal begini mungkin bisa dikatakan ilegal, tapi emang seberapa banyak ataupun seberapa sedikit hal2 ilegal2 yang terus2an terjadi di negara kita?

 Apa Komentar Anda mengenai Penagihan Kartu Kredit HSBC?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Penagihan Telepon Collection Bank HSBC ke Kantor dengan Nada Kasar

oleh ferdy18 dibaca dalam: 2 min
5