Akun Shopintar Dibobol Penipu, Barang yang Dipesan Tidak Bisa Dibatalkan atau Diganti Alamat

Saya Carolina Manalu, pengguna akun Shopintar dengan nomor telepon 08121241xxxx. Setelah terjadi kesalahan nomor VA, saya mencoba mencari cara untuk dapat mengembalikan uang tersebut. Saya menggunakan medsos IG untuk menghubungi CS Shopintar, tapi ternyata akun tersebut adalah akun penipu yang meretas akun Shopintar saya.

Saya berkomunikasi melalui WA dengan nomor 082177074884. Pihak tersebut kemudian menelepon dan mengatasnamakan dari CS Shopintar, dan mengarahkan saya agar uang yang saya salah kirim dapat kembali. Ternyata akun saya di-hack, para penipu itu membeli sejumah barang dengan cicilan tenor 1 bulan. Dari banyak yang di beli hanya 1 yang berhasil yaitu smartphone Vivo Y91 seharga Rp1.499.000 dengan tenor 1 bulan dan ditotal menjadi harga Rp1.921.400 ke alamat Jl. H Bandarsyah dekat sd 4 tulung selapan ilir, tulung selapan, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, 30655. Dengan atas nama Hendri (082177074884), pada pukul 19.13 WIB.

Setelah mengetahui itu saya membatalkan pesanan dan segera menghubungi CS pada pukul 20.30 WIB. CS memberi instruksi untuk mengirim invoice ke email cs@shopintar.app. Saya disuruh menunggu dan terus memfollow up sampai 1×24 jam, tapi jawaban dari CS adalah tidak dapat di-cancel ataupun di ubah alamat. Saya disuruh untuk menunggu resi dan berbicara kepada pihak ekspedisi untuk mengubah pengiriman. Namun itu bukan hal yang mungkin karena pihak ekspedisi hanya akan melakukan sesuai order pengirim (Shopintar).

Pada aplikasi lain pesanan dapat di-cancel jika belum 1×24 jam, dan saya sudah meng-cancel sebelum waktu tersebut, kenapa pada Shopintar tidak dapat diubah dengan alasan sudah dalam pengemasan? Saya lalu bilang kalau akun saya diretas orang tapi CS hanya menyuruh menunggu dan malah jawaban yang saya dapatkan tidak membantu.

Tolong kepada Shopintar, jika memang tidak dapat di-cancel ubah saja alamatnya ke alamat asli saya agar saya juga tidak merasa dirugikan.

Terima kasih.

Carolina Manalu
Kota Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Shopintar atas Surat Ibu Carolina Manalu

Kepada Yth Ibu Carolina Manalu, Menanggapi surat Ibu Carolina melalui Website www.mediakonsumen.com pada tanggal 29 Oktober 2019 berjudul “Akun Shopintar...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kok dia bisa dengan mudahnya melakukan transaksi pembelian di Shopintar? Metode pembayarannya pake kartu kredit atau gimana? Apakah tidak ada verifikasi pembayaran melalui OTP? ?

    • Penipu nya sudah berhasil masuk ke akun shopintar saya mas jd mereka bisa mengambil apa saja sesuai limit yang saya miliki, bahkan karena limit saya di shopintar tidak cukup pihak shopintar mengambil limit dr kredit pintar saya.

      • Shopintar ini semacam PayLater, kredit online atau gimana? ? Harusnya Bank Indonesia turun tangan juga buat mengawasi, karena pada prakteknya ini sudah seperti alat pembayaran transaksi seperti kartu kredit. Kalo hanya OJK yg mengawasi, tahu sendirilah gimana itu fintech2 pinjol sampai skrg masih merajalela. ???

  • Sejenis akulaku gitu. Kaya CC juga sih jatohnya. Ambil barang dr dia, trus bayar diangsur gt