Surat Pembaca

Tokopedia Memoderasi Permanen Akun dengan Ribuan Ulasan Positif Sejak Tahun 2015 Secara Semena-mena

Assalamualaikum pembaca semua, semoga dalam kondisi sehat selalu ya,

Perkenalkan nama saya Rizqi. Saya membuat surat aduan ini tertuju kepada pihak Tokopedia karena mereka telah melakukan moderasi/banned permanen toko saya secara semena-mena. Singkat cerita, tanggal 6 Februari toko saya di-banned awal oleh pihak TokoPedia dengan alasan yang tidak jelas. Lalu ketika saya usahakan terus DM via Twitter ke CS mereka karena memang saya merasa tidak bersalah akhirnya toko saya dibukakan kembali tanggal 8  Februari kemarin.

Akan tetapi secara tiba-tiba dimoderisasi lagi pada tanggal 12 Februari, dengan alasan dari pihak Tokopedia ketika saya tanya penyebabnya-pun selalu dengan jawaban yang sama yaitu ” validasi internal Tokopedia “.

Pihak Tokopedia hanya terus menunjukan pasal dari indikasi pelanggaran yang saya lakukan ketika ditanya secara detail transaksi mana yang membuat saya dimoderisasi permanen lagi oleh mereka. Padahal sejak tanggal toko dibuka, saya hanya mendapatkan 1 x transaksi dan itu sudah berhasil plus dipotong fee POWER MERCHANT.

Oleh karenanya saya membuat lagi surat aduan lagi disini karena saya benar-benar SANGAT DIKECEWAKAN oleh pelayanan dari Pihak TokoPedia. Toko yang saya bangun dengan jerih payah sudah hampir 5 tahun sejak tahun 2015. Ribuan transaksi berikut ulasan positif yang saya selalu usahakan dari pembeli saya seakan-akan mereka tidak hargai. Jangankan digubris, untuk alasan kenapa toko saya dimoderisasi-pun pihak mereka enggan memberitahu dan setiap saya membuat surat di pusat bantuan ataupun media sosial-pun mereka selalu tutup secara sepihak.

   

Demikian surat aduan ini saya sampaikan dan untuk agan-agan/sista-sista sekalian yang sudi mampir di sini dan membaca, saya ucapkan banyak-banyak terima kasih. Jikalau ada yang pernah atau sedang memiliki kasus serupa mari kita bisa diskusikan dan saya mohon bantuannya.

Dan untuk PIHAK TOKOPEDIA sendiri saya berharap tidak bertindak semena-mena, di mana main BANNED PERMANEN seenaknya. Setidaknya hargai kami para seller yang mati-matian menjaga reputasi agar selalu dikunjungi calon pembeli. Jikalaupun saya melanggar aturan tertentu tolong tunjukkan pelanggaran saya seperti apa secara detail. Sekarang logikanya, bagaimana saya bisa melakukan pembelaan diri jikalau merekapun tidak terbuka.

Akhir kata saya ucapkan Wassalammualaikum Wr. Wb.

Terima kasih.

Muhammad Rizqi
Bandung 40283

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Tadi pagi bangun tidur, ambil makan terus buka komputer. Seperti biasa buku dulu akun tokopedia, terus tiba-tiba ada chat dari Tokopedia yang bilang bahwasannya akun aku dimoderasi permanen dengan indikasi crawling/scrapping. Sumpah auto ganafsu makan.
    Padahal aku selalu upload barang secara manual dan sesuai ketentuan, kok tiba tiba di moderasi permanen dengan tuduhan scrapping?

    Saya udah coba-boca cari solusi tapi ganemu-nemu, sampai akhirnya baca threat ini. Waduh gila juga ya, toko dengan follower dan point yang udah gede kek gini aja bisa kena band secara semena-mena gitu. Apalagi toko-toko yang baru buka seperti saya.

    Asli, jadi takutlah buat jualan di tokopedia lagi :"(

  • ada yang aneh juga ni gan, saya udah masuk ke tokopedia 3 tahun terakhir ini dan allhamdulilah tidak ada kendala samsek cuman baru kemarin aja nih kebetulan saya upload barang dengan harga 215,000 dan tiba barang di ban sama tokopedia, barang yang di ban gak cuma 1 tapi ada 10 barang karena saya jual apparels. saya tanya live chat kek robot cuy, balesnya itu-itu aja gk bisa terperinci. sampe-sampe saya 5 kali buka tutup livechat dan ada cs yang bisa jelasin, ternyata lucu cuy, mereka bilang angka 215 sekian tidak bisa dipakai. lah kenapa gk bisa dipakai cuy, lha kalo emang harga ideal barang kita segitu mo gmna lagi wkwk.

  • Udah bosen saya ngomongin tokopedia ini. Saya Jualan Software yang original dan Saya sediakan juga cd installer dan lisensi dikirim semua dalam bentuk fisik. Udah sampai ratusan review dan semua bintang 5 (INGAT bintang 5!!!!). Seminggu terakhir ini penjualan saya gila2 nya sampe profit kadang sampai 1.2juta per hari padahal masih silver 1. Hari ini bangun pagi saya curiga kok gk ada order masuk. Eh di cek ternyata produk di hapus. Ditanya CS jawabanny aasli lebih bego dari robot, gak nyambung blasss. Usaha saya dibidang pariwisata mati total karena corona ini akhirnya mencoba peruntukan bari berjualan alat elektronik dan Komputer. Saya bangun toko benar2 dari nol di tokopedia. tapi semena2 untuk hapus jualan saya. Padahal saya dan keluarga makan dari hasil jualan di tokopedia ini. Akhir nya saya fokusin jualan di shopee sekarang. Kapok, kesal, sedih, marah, semua campur aduk melihat sikap manajemen tokopedia ini. saya mau fokus bangun toko online saya sendiri mulai dari sekarang, karena mau nangis darah pun mereka gk akan peduli. padahal Top ads sehari bisa habis 100rb hanya untuk beberapa produk. Semoga ada marketplace yg bikin mereka drop dan bisa lebih menghargai selller sebagai partner yang udah buat tokopedia jadi besar seperti sekarang ini.

  • Toko saya terkena moderasi tapi tidak mendapatkan pesan apa-apa di gmail, arahan dari tokopedia carenya notif bakal ada ajuan "Mohon Buka" di beranda seller, tapi sampai sekarang tidak ada muncul, saya cari cara buat hubungi CS, tidak berhasil, yg ada robot dan sama saja tidak nemu solusi dari si robot ini, padahal baru dalam waktu 4 bulan toko saya sudah mulai tinggi-tingginya orderan, dan semua ratingnya 4 dan 5 ga ada yang dibawah 4. Kesal sih, semua arahan dari bot tokopedia carenya ga ada yg bena. OTW pindah haluan ke si oren

  • Toko saya juga kena moderasi permanen sekitar bulan Oktober/November.

    "Toko Anda Ditutup Permanen Karena Pelanggaran
    Toko tidak dapat dibuka lagi karena telah melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia.

    Alasan :

    Terima kasih telah mempercayakan Tokopedia sebagai tempat bertransaksi online pilihan Anda.

    Pesan ini merupakan notifikasi otomatis yang dikirim untuk menginformasikan bahwa toko Anda telah terlalu banyak melanggar Syarat dan ketentuan Tokopedia poin I dan J tentang Konten dan Jenis Barang. Oleh karena itu, mohon maaf dengan berat hati toko Anda kami moderasi. Info selengkapnya bisa Anda cek pada laman berikut https://www.tokopedia.com/terms#item.

    Untuk membantu Anda memahami definisi Pelanggaran Produk dan Toko di Tokopedia, Anda bisa cek pada link berikut ini:
    1. Pelanggaran Produk (https://www.tokopedia.com/help/article/a-0586)
    2. Pelanggaran Toko (https://www.tokopedia.com/help/article/a-1948)

    Ke depannya kami harap Anda dapat memperhatikan Syarat dan Ketentuan Tokopedia untuk kenyamanan bertransaksi dan meningkatkan penjualan toko Anda. Jika Anda butuh bantuan atau ada pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi Tim Tokopedia Care yang akan selalu siap membantu Anda melalui "Layanan Pengguna" pada laman berikut ini: tkp.me/help. "

    awaknya dimoderasi, sy tanyakan detail pelanggaran, jawaban gk jelas sepertu lainnya, sy coba perbaiki trus ajukan buka toko tetapi ditolak, kemudian kami coba perbaiki lagi bbrp hr kemudian ajukan pembukaan toko tp ditolak lagi, bbrp hari kemudian di Moderasi permanen.

    Ngobrol sama kurir sicepat yg biasa ambil paket kerumah ternyata bbrp toko juga ken moderasi permanen padahal status toko lebih top dr toko saya, akhirnya buka toko baru, berjuang dr 0 lagi

  • Yang lucu adalah kalau yang bermasalah produknya kenapa tokonya yang di banned. Kejadian nih sama saya cuma karena posting duplikat iklan. Eh dituduh spam padahal sama seperti yang kalian pada cerita disini yaitu Toko lagi rame2nya, ngga seperti biasanya deh pokoknya. Rada curiga plus aneh juga sih kok tau2 rame padahal ngga lagi jor2an topads, eeh ga taunya langsung kena takedown. Padahal iklan double yang dituduh itu diposting udah dari bertahun2 yang lalu. Yang lucu ya itu, yang kena ban tokonya. Kalo si oren lebih manusiawi meskipun yang mengerjakan robot, sistemnya langsung menghapus iklan yang terindikasi dobel, tapi toko sellernya aman2 aja. Si ijo lebih mirip robot padahal saya berhadapan sama csnya yg manusia.

    • kebanyakan ke banned karna ada pesaing lapor, produk sy masih banyak yg jual dan aman2 saja

  • Ikut komentar. Saya juga sama udah males sebenernya jualan di tokopedia. Saya sendiri pengguna setia tokopedia dari tahun 2015. Dari 50 toko yang rata2 silver 4-5. Semua di moderasi permanen. Kini hanya sisa 2 toko. Yang hasilnya jarang ada orderan sama sekali. Fungsi mass upload juga tidak ada gunanya kalau akhirnya dimoderasi. Seharusnya kalau produk yg bermasalah. Kenapa nyambungnya ke toko. Anehnya. Setiap buka toko baru. Setiap mass upload pasti kena moderasi. Padahal nama produk deksripsi semua beda. Termasuk penambahan watermark. Udah cape gw mah di toped. 10 Bukalapak aja. Ane masih aman2. Sehari upload 500/produk x 10 toko. Toped mah ngeri
    Saya hanya bisa berharap kedepan ada pesaing MARKETPLACE baru yang bisa menghargai seller. Walau harus bayar iklan besar. Yang penting sepadan

  • ada yang jual akun tokopedia ? (asal toko bukan sedang di moderasi )
    bisa WA ke 0813359577**

  • parah ini! yakin toko saya ada yang report.. jualan kok gak sehat.... udah ke 3 kali kena moderasi, padahal udah mau silver 4 transaksi tiap bulan omset puluhan juta.. parah sih ini

  • toko saya juga di moderasi permanent per tanggal 31 Agustus 2023, jeleknya tokped gitu percaya oleh 1 pihak yg melaporkan aja. Bangun itu tokopedia udah dari tahun 2016 dan akhirnya mulai dari 0 lagi.