Paket Data Unlimited Tri Gunakan FUP dan Tidak Bisa Dihentikan Sebelum Habis Masa Berlaku

Tanggal 27 Februari saya register paket Tri Unlimited + 6 GB seharga Rp55 ribu melalui Tokopedia karena tertarik kata-kata UNLIMITED-nya dari pukul 1 pagi sampai pukul 5 sore. Setelah saya pakai ternyata unlimited-nya FUP, dan jika melebihi batas penggunaan wajar maka speed-nya akan melambat, sangat lambat malah menurut saya.

Karena kebutuhan akan internet cepat dan quota besar maka tanggal 14 Maret saya register lagi paket baru “Quota Home 117 GB” seharga Rp117 ribu. Ternyata sia-sia saja paket “Quota Home 117GB” tersebut karena sistem Tri tetap saja masih menggunakan paket Unlimited-nya dari pukul 1 pagi-5 sore, sementara paket “Quota Home 117GB” baru bisa dipakai setelah pukul 5 sore sampai pukul 1 pagi.

Saya coba kontak CS melalui aplikasi Bima+ juga tidak membantu. Mereka tidak bisa menghentikan paket unlimited saya agar saya bisa menggunakan paket “Quota Home 117GB” saya 24 pukul. Paket unlimited hanya bisa berhenti setelah masa berlakunya habis yang mana masih 14 hari lagi.

Dengan kata lain selama 14 hari ke depan, pukul 1 pagi sampai pukul 5 sore saya harus pasrah menderita menggunakan internet “UNLIMITED” dan hak saya atas quota 117GB yang seharusnya 24 pukul hanya bisa digunakan dari pukul 5 sore sampai 1 pagi.

Denny Antonius
Purwokerto, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • gan saya ma tanya, apakah ada yang sudah memakai paket home 117gb, apakah di batasi (FUP juga) karena untuk diketahui kuota juga di bagi2 hari senin-jumat, sabtu minggu, 01-17, kalo masih di fup juga ya repot... bagi2 info nya yang sudah pake ya om.... trima kasih

  • Hanya sekadar menginformasikan saya pengguna baru paket tri unlimited (01-17)+AON 6GB 60rb. Dan saya rasa saya cukup puas dengan paket ini. Kemarin saya sempet pakai paket ini buat download 3 film yang masing2 sekitar 677MB,615MB,622MB. Kalau dihitung jumlah kuota saya yang kemakan untuk download film itu hampir 2GB dan selama saya download film itu saya sama sekali tidak mengalami kendala pada jaringan, tidak ada istilah "lemot" saya gk tau persis apakah waktu itu saya sudah melewati FUP, tapi kalaupun belum, kuota saya pasti sudah kemakan sekitar 1.5Gb atau lebih, dan saya lihat kecepatan downloadnya masih stabil. Jadi kalau ada yang bilang belum sampai pemakaian 1 GB sudah lemot itu mungkin karena jaringan TRi di daerah anda kurang bagus jadi yah kalau kecepatannya turun sedikit saja sudah lemot.

    • Got bad news for you. Sekarang (SETELAH AKHIR SEPTEMBER 2020) FUP nya BUKAN 500MB PER HARI, TAPI 15GB buat 1 BULAN. Jd klo penggunaan di atas 15gb terus kecepatannya berkurang jd 150kbps. Dan pemakaian di atas 20GB (5gb setelah yang 15gb) kecepatannya 20-30 Kbps selama 1 bulan.

      • Iya per bln oktober ini ada yg janggal.
        Mulai skitaran tgl 10 oktober kmaren saya dpt SMS pemberitahuan dari 3 yg berbeda dari bln2 lalu, dan kualitas kecepatannya benar2 anjlok bnget! Memang spertinya skarang FUPnya bukan lg harian tapi bulanan.
        Tapi bila benar kecepatannya turun jadi sperti itu, ya sungguh2 sangat tidak layak utk dipakai lagi.
        Mungkin bsk2 saya akan tanyakan langsung ke ktr 3 utk dapat kpastiannya dan bila benar skarang S&K nya berubah, fix saya pindah ke provider laen.
        Semoga aja unlimited smartfre* bagus di lokasi saya.

      • ini aturan yg baru bisa lihat info resminya dimana mas? kalau pengen tahu FUP bulanannya udah kepake berapa bagaimana caranya? soalnya yang sebelumnya FUP harian selalu ada pemberitahuan notifikasi dari 234 tiap pemakaian 500mb, 750 mb, 1gb, 1,5gb dst

        • S&K yg baru kyknya blum resmi keluar. Tp yg pasti kmaren saya sdh konfirm langsung ke gerai 3 dan CS nya memang menyatakan benar klo per bulan oktober ini S&K unlimited berubah dari harian ke bulanan dan speed jg turun tapi gak jelas anjlok jd brp.
          Utk pemberitahuannya tiap hari saya dapet notif SMS nya, tapi isinya jelas beda dari yg SMS bulan2 lalu.
          Daripada emosi krena lemot dan hnya buang2 waktu, jd gak prlu nunggu sampai kelar full 30 hari itu kmaren paket unlimited+6 gb saya sdh saya berhentikan, krena jelas sdh tidak layak pakai lg.

  • Operator kembalikan ke pengaturan semula kasian warga net udah buang buang uang, jangan ngecewain, pengguna tri bisa pindah ke kartu sebelah kalo kaya gini terus.

  • ini kayak mana sih? Masa saya belum apa apakan tapi internet nya udah sampe 15 GB? udahlah harganya makin lama makin naik pula

  • Kabar buruk lagi! Setelah FUP diganti dari harian menjadi bulanan (https://tri.co.id/Unlimited-AON):
    - Setelah > 15GB kecepatan turun jadi 1024 kbps (kilobits per second) alias 128 KBps (kilobytes per second)
    - Setelah > 20GB kecepatan turun lagi menjadi 256 kbps alias 32 KBps

    sekarang boosternya pun berubah. Yang 1GB per hari (Rp 5.000) tetap, tapi yang 5GB (Rp 10.000) per hari hilang. Diganti menjadi 3GB per 3 hari (batas 1GB per hari) (Rp 14.000) dengan harga yang lebih murah 1.000 perak saja! Dapatnya ya tetap 1GB per hari, tidak lebih. Cuma bayar 3 hari sekaligus saja. Fix tri sepertinya memang berharap ditinggal pelanggan.

  • Gan, kemarin kan saya beli oaket yang unlimited +10gb, jadi karena masanya mau habis dan saya ingin beli lagi, apakah nnti ketika saya beli kembali , yang terakumulasi itu yang 10gbnya atau unlimited sama 10gb nya? Terimakasih