Jaringan Error, Tagihan Google Play Telkomsel Tidak Sesuai, Pulsa Tidak Dikembalikan

Pada tanggal 05 Mei 2020 sekitar pukul 21.10 WIB saya melakukan transaksi in-app purchase pada aplikasi Mobile Legends menggunakan metode potong pulsa Telkomsel, namun gagal. Saya pun kembali mencoba beberapa kali karena pulsa belum terpotong, dan tidak ada notifikasi tagihan apapun. Pulsa awal sekitar Rp120.504.

Karena gagal, saya pun memutuskan nomor ponsel dari akun Google Play. Kemudian melakukan verifikasi ulang. Beberapa menit kemudian saya mencoba untuk transaksi kembali dan berhasil. Masing-masing transaksi IDR (Rp) 5.000 sebanyak 3 kali, total IDR (Rp) 16.800 (+PPN 12%).

Pada tanggal 06 Mei 2020 sekitar pukul 01.08 WIB saya kembali melakukan transaksi di game lain sebesar IDR (Rp) 29.000, ditambah PPN jadi IDR (Rp) 32.480. Ini berarti total transaksi saya hanya sebesar IDR 49.280.

Ketika saya melakukan pengecekan pulsa melalui aplikasi MyTekomsel telah terjadi pengurangan pulsa diluar transaksi saya. Sehingga pulsa akhir saya menjadi IDR (Rp) 37.624.

Ini berarti ada pemotongan lebih dari 3x dari in-app purchase di aplikasi Mobile Legends. Sementara yang berhasil hanya 3 kali.  Saya mendapat notifikasi refunds tapi hanya sebanyak 2 kali, dan itupun belum diterima dana refund-nya. Ada banyak transaksi gagal yang tidak terverifikasi namun pulsa sudah terpotong.

Saya mencoba menghubungi pihak Telkomsel namun respon lamban dan tidak terpenuhi dengan baik. Malahan menurut pihak Telkomsel melalui akun resmi Instagram, mereka menyatakan kalau pemotongan sudah benar. Telah terjadi transaksi sebanyak 13 kali di Google Play pada tanggal 06/05/2020 untuk layanan Google Play sebesar Rp 32.480, dan layanan Google Play pada tanggal 05/05/2020 sebesar Rp 5.600 sebanyak 13 kali sehingga total yang terpotong Rp 72.800. Ini berarti angka kerugian saya akibat pemotongan pulsa yang tidak seharusnya adalah sebesar Rp 56,000 (10x transaksi gagal tapi pulsa sudah terpotong).

 

 

Pada tanggal 06 Mei 2020 saya sudah menghubungi call centre TELKOMSEL di 188 dan mendapatkan jawaban yang SANGAT TIDAK MEMUASKAN. Pihak TELKOMSEL menyatakan kalau transaksi gagal tersebut sah dan sudah sesuai prosedur. Mereka menyarankan saya untuk menghubungi pihak Google Play. Tapi mereka sendiri juga tidak paham bagaimana cara dan prosedur menghubungi pihak Google Play, dengan dalih kalau TELKOMSEL hanya sebagai media atau perantara.

TELKOMSEL juga tidak bisa membantu menyediakan receipt atau bukti transaksi yang gagal, sehingga sangat menyulitkan saya untuk mengajukan komplain baik via aplikasi maupun via Google Play.

Akhir kata, pembayaran Google Play menggunakan Pulsa TELKOMSEL SANGAT TIDAK SAYA REKOMENDASIKAN. Juga terus terang saya sangat kecewa dengan pelayanan buruk TELKOMSEL yang tidak bisa membantu apapun, padahal sebagai salah satu operator terbesar di Tanah Air. Besar harapan saya surat ini dapat dimuat agar bisa menjadi pelajaran bagi yang lain.

Tony Trisno
Batam, Kepri

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar