Surat Pembaca

XL Menjebak dan Memotong Pulsa Customer

Saya adalah customer yang sudah menggunakan nomor XL yang sama, selama kurang lebih 10 tahun.
Pada tanggal 5 mei 2020, saya mengisi pulsa XL sebesar 25.000 rupiah melalui Shopee. Lalu saya cek jumlah akhir pulsa saya adalah 59.000 rupiah sekian.

Tanggal 7 Mei 2020, saya cek pulsa, pulsa saya sudah berkurang menjadi 57.000 rupiah sekian. Padahal dalam 2 hari itu, smartphone saya dalam keadaan airplane mode, yang berarti layanan XL saya tidak aktif.

Segera saya hubungi myXLCare melalui twitter, dijawab ada pemotongan pulsa untuk layanan. Saya tanya layanan apa, tidak dijawab. Saya tanya kok tidak ada notifikasi sms apapun ke saya, tidak dijawab. Jawaban yang saya dapatkan: Baik, mohon maaf ya. Thanks #M117

Setelah saya bilang akan saya tulis ke media konsumen, #M138 menanyakan apakah ingin dilakukan blacklist global agar ke depannya tidak terdaftar layanan kembali? Yang dimana akan mengakibatkan nomor hp saya tidak bisa menerima pop up dan tidak bisa melakukan pembelian layanan di aplikasi google. Saya jawab: Iya mau blacklist global. #M83 lalu konfirmasi bahwa blokir global sudah dilakukan.

Tanggal 8 Mei 2020, di smartphone saya muncul pop up penawaran XL Fitur: Mvicall. Segera saya screenshot dan saya tanyakan ke myXLCare, mengapa saya masih menerima pop up. Pertanyaan saya tersebut tidak dijawab, hanya kembali ditawarkan apakah saya mau blokir global.

XL, anda telah memotong pulsa saya untuk layanan yang sampai sekarang pun saya tidak tahu layanan apa. Bukannya mengembalikan pulsa saya, anda malah lanjut membohongi saya perihal blokir global yang ditawarkan oleh CS anda sendiri?

Tidak malu kah anda, di tengah tengah pandemic, anda malah memotong pulsa customer seenaknya, dan terus menerus mencoba menjebak customer?

Jika pihak XL mau menghubungi saya, mohon melalui Whatsapp saja, saya menggunakan wifi indihome untuk koneksi internet. Smartphone saya harus dalam kondisi airplane mode, untuk mencegah munculnya jebakan pop up dan pemotongan pulsa tanpa alasan oleh kalian.

Terima kasih Media Konsumen atas dimuatnya surat ini.

Merliana
081723320**
Kota Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan XL Axiata untuk Keluhan Ibu Merliana

Jakarta, 10 September 2020 Ref.CM/CU/EA/005/0520/MR Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Menanggapi keluhan pelanggan atas nama Ibu Merliana melalui media...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • XL saya ini paling sering mendapatkan SMS BERLANGGANAN dari 92340, 1718, 181818, 797, 999, 99138, 99858, 99001, 99565, 97576, 1819, 181877, 39437, 99557, 99876, 98889, 99220, dan 99512.. AKIBATNYA PULSA TERPOTONG TERUS.. SAYA TIDAK PERNAH MENYETUJUI dan MENGAKTIFKAN SMS BERLANGGANAN..

    Tolong dijelaskan XL, jangan hanya suruh komplain ke Maya terus..

    @myXLCare Cc @kemkominfo @aduanBRTI

  • Keluhan ini sangat membantu karena saya senasib. Udah dikondisi pandemi, tapi xl kelakuannya kyk benalu. Padahal saya sudah pakai nomor ini 7 tahun. Daripada autoberlangganan, lebih baik xl kasih auto pulsa saja. Kyknya saya mau bye sama XL.

  • Saya salah satu pengguna provider XL .
    Seharusnya setiap ada keluhan masuk , jangan selalu harus kirim DM seperti di twitter itu. Cukup balas di timeline ada masalah global apa yang menyebabkan berbagai macam keluhan dari semua wilayah seperti itu. Dan keluhannya sama semua.
    Pelanggan diminta DM ok mereka menanggapi ,, tapi sedikitpun ga ada perbaikan. Terlalu berlarut2 .
    Ketika DM pun itu sudah sering berganti2 operator menanggapi , akhirnya mentah lagi tiap laporan seolah baru lapor dan minta data lagi. Pdahal sudah jelas data track record ada.
    Jangan sampai ada istilah (tapi mungkin akan terjadi) : XL SEDANG BUNUH DIRI DENGAN CARANYA SENDIRI YAITU MENGGOROK LEHERNYA DENGAN SEBUAH SILET TUMPUL

  • Ini sudah pertengahan Desember 2020, masalah yang sama masih terjadi juga pada saya, setiap hari 3000-an rupiah menguap dari pulsa, sebulan 90,000 rupiah hilang dari satu pelanggan saja ?

    • Bisa dicek di aplikasi (Android) ; myXL > Transactions > Transaction History. Setiap hari ada belasan potongan IDR100 internet quota ...

  • Halo teman2 semua. Saya sudah mencoba xl selama 2 minggu ini dan kesimpulan saya. Selama teman2 tidak memiliki paket utama atau paket tambahan (ADD ON's) yang aktif. XL akan mengambil pulsa utama teman2. Anggap saja setiap paket internet yang tersedia pada XL memiliki hirarki atau tingkatan (Logika). Tingkatan paling tinggi tentu adalah paket utama yang teman2 sudah aktfikan(XL COMBO atau HOTROD). Jika kuota pada paket utama sudah habis(misalnya YOUTUBE, MAIN DATA), maka xl akan menggunakan paket tambahan (ADD ON's), selanjutnya jika paket tambahan (ADD ON's) teman2 sudah habis atau tidak berlangganan sama sekali paket tersebut. XL akan menggunakan paket yang derajatnya ada dibawah paket ADD ON's. Jika kebetulan tidak ditemukan derajat paling bawah bukannya menghentikan atau memberikan notfiikasi supaya pengguna tidak dapat mengakses data. XL justru menggunakan saldo (PULSA) teman2 agar teman2 tetap dapat terhubung melalui jaringan internet. Berikutnya setelah saldo (PULSA) habis, gilirah hirarki paling bawah yaitu paket Always ON whatsapp & LINE (Super Ngobrol) akan aktif (Jika punya). Jadi saran jangan menyimpan sejumlah saldo pada kartu XL anda selagi belum ditemukan solusi mengatasi ini. Jika ingin menyimpan usahakan pengaturan data anda tetap nonaktif. Sekian

  • Saya pengguna xl berpuluh2 tahun, dl xl bagus, sekarang ko gini amat ya, kuota saya masih dalam 13.5Gb, kuota internet saya 15Gb, tapi pas buka youtube atau lainnya, pulsa saya tersedot dan sampai puluhan ribu, di tambah pulsa sy juga tersedot dengan sms2 yang layanan entah apa, pdhl sy tidak pernah berlangganan lainnya, tolong lah xl, cari uang kita susah, tolong beri layanan yang baik, jangan curang begini, kita percaya dari dulu pake xl, tapi malah makin parah cara xl ambil pulsa konsumen seenaknya

  • Sampai detik ini pun masih begitu.,.. xl parah, sangat merugikan konsumen. Kesempatan terakhir utk buang kartu jika unreg lagi trus motong pulsa sendiri lagi.

  • Saya adalah salah satu korban dari operator xl. Saat ini saya tidak mau isi pulsa lagi untuk kartu xl saya. Kalau pun saya isi pulsa, saya langsung membeli untuk masa aktif saja.

  • Saya juga mengalami hal yang sama, setiap kali mengisi pulsa, setiap harinya selalu ada pemotongan dari nomer 9987605 dan 9985806. Sampai akhirnya pulsa tinggal seribu. Sudah menghubungi maya, katanya sudah dihentikan smw layanan sms tsb. Tapi ketika saya mengisi pulsa lagi, hal yang sama terulang lagi. Menghubungi maya lagi, ditawarkan utk blacklist global. Mengapa XL melakukan hal spt ini dikala kita smw sedang berjuang di menghadapi pandemi covid 19. Saya sangat kecewa. Padahal saya sudah menggunakan XL sejak tahun 2002.

  • Saya sudah sering banget baru isi pulsa, beberapa hari tiba2 pulsanya tinggal sedikit. Karena saya tidak pernah mendaftar paket premium apapun. Saya browsing ada cara untuk unreg paket dengan cara menelpon *123*66# ternyata bisa. Namun akhir² ini muncul lagi dengan kode SMS 92229 padahal saya gak pernah mendaftar. Sekali muncul SMS, potongannya Rp.3.300,- dan itu setiap hari muncul pesannya. Saya coba telpon dengan kode *123*66# ternyata tidak ada paket yg saya daftarkan, tapi kok malah SMS 92229 tetap muncul. Mohon kebijakan dan solusinya dari pihak XL, terimakasih ?

    • Xl ***** alas emang, kirain gue aja yg sering dicolong pulsanya... Mau ganti tp dh lama kartunya, padahal gk buat internetan

Penulis
Merliana Merliana