Surat Pembaca

Keluhan Terhadap Ekspedisi JNE

Dear surat pembaca,

Saya Herniwati, usia 37 tahun. Saya ingin keluhkan mengenai BURUKNYA PELAYANAN EKSPEDISI JNE.

Kronologi diawali pada hari Kamis, 4 Juni 2020 tepatnya 09.26 WIB, Suami saya a.n. Julianto mengirimkan sebuah paket menggunakan salah satu ekspedisi ternama yakni JNE, berisi makanan ringan di AGEN JNE KEBON KELAPA TAMBUN. Dikemas rapi menggunakan kardus Indomie dan tertulis pesan sakral, yang artinya jelas bahwa dalam tulisan itu menandakan sebuah penekanan kehati-hatian dalam pembawaan. Saya tidak confirm lagi kepada suami tentang prosesnya, karena saya percaya suami saya bisa mengerti dan bisa menginfokan pada pihak AGEN akan pentingnya pesan yang saya tulis pada depan kardus packingan.

Suami saya hanya kirimkan no. resi by WA ke HP, disana tertulis bahwa no. resi 6300-800-1299-5520 dikirim kepada penerima (anak saya) a.n. INDIRA OKTARIANI PUTRI, dengan biaya kiriman sebesar Rp 45.000,- (Rp. 9.000,-/kg x 5) dan alamat sesuai dengan yang saya tulis.

Proses pengiriman berjalan sebagai berikut:

Tanggal 6 Juni 2020 pukul 12.31 ibu saya WA katanya paket belum datang, namun saya katakan estimasi 3 hari bu, karena memakai paket reguler.

Tanggal 9 Juni 2020 pukul 11.06 ibu saya kembali WA, menanyakan saya kenapa kok lama sekali, dari estimasi sudah melewati ini. Sambil beliau cerita bahwa sebelumnya pihak tante saya pun ada masalah mengirim paket menggunakan ekspedisi ini, dan saya disuruh hati-hati, takut kejadiannya nanti sama. Positive thinking sajalah, mungkin paket dalam kendala karena no. resi itu saya tracking paket keterangannya masih transit.

Tanggal 11 Juni 2020 pukul 09.26 kembali saya di WA ibu, paket masih belum sampai juga. Karena saya sudah mulai worry akhirnya saya call CS JNE dengan no. yang tertera di Google. Dua no. mesin penjawab otomatis bilang jaringan dalam keadaan rusak, namun akhirnya ada jawaban juga katanya paket saya sudah di Cabang Cipondoh Tangerang. Alamat saya spell lagi ke CS, karena katanya kurang lengkap. No. penerima saya spell juga, sampai saya pastikan semuanya perfect. Diberikanlah no. pengaduan tentang paket ini dari CS, dan berjanji paling lama 7 hari kerja paket itu sampai. Saya disuruh menunggu, 3 plus 7 berarti 10 HARI. Well, hebat ….

Akhirnya yang ditunggu-tunggu sampai juga, jam 19.01 tanggal 14 Juni 2020. Kaget campur jijik melihat foto kiriman ibu yang layak dibilang sampah bukan paket lagi, karena seperti kardus yang hendak untuk binatang. Luar biasa pelayanannya, yang slogannya “Connecting happiness“. Boro-boro happy, boro-boro connect, 3 hari jadi 10 hari, paket manusia jadi seperti paket buat hewan….

Kemasan awal bagus sampai seperti SAMPAH

Manajemen macam apa yang kalian pakai? Sudah pun customer dilempar-lempar, informasinya seperti karet yang longgar dimana tengahnya endak jelas.

Tolong JNE tindak tegas itu agen-agen yang asal. Kurir dan kepala agen yang gak bisa kerja, suruh di rumah saja, masih banyak yang pengangguran yang layak dan bisa kerja. Complaint anda sudah banyak sekali beredar, sampai saat ini tidak ada satupun solusi yang diberi. Apakah harus saya jejerkan nama-nama kepalanya di sini? Saya rasa masih ada jalan kebaikan. Saya tunggu 1×24 jam agar diselesaikan ke no. Ini 0812-9860-5528. Terima kasih.

Herniwati
Tambun, Jawa Barat 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE atas Surat Ibu Herniwati

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen.com pada tanggal 15 Juni 2020 berjudul “Keluhan Terhadap Ekspedisi JNE”,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Assalam. Kalau boleh tau jenengan kirim paket isinya apa? Aksesoris/baju/makanan/obat/yg lain?
    Pakai Reguler/Oke/Yes? Atau JTR?
    Berapa beratnya kira-kira?
    Kalau misal isinya makanan/ barang pecah belah/ benda basah, apakah di bubble wrap atau di lakban, atau dibungkus plastik?
    Apakah pakai asuransi dan pakai perjanjian paket boleh dibuka?

    Dg adanya info tsb, kami yang baca dan komen bisa netral tanpa tergiring opini, dan bisa bantu jenengan.

    Saya bukan orang JNE/POS/J&T dll, tapi setiap hari pakai JNE 5-20 paket rata-rata per hari selama 4tahun terakhir. Dari yang 200gram - 5kg beratnya. Dari yang benda atau makanan, kering - basah, dari yg ukuran mini - jumbo / pendek - panjang.
    Semoga menjadi pelajaran baik untuk semua pihak.

    • Alhamdulillah saya selama ini pakai Jne kiriman baik" saja tidak ada kendala. Hal seperti ini harus dilihat dari 2 sisi antara Jne dan kita. Kita sebagai customer untuk packingan barang apakah sudah sesuai dengan barang yang kita kirim. Sebagai orang yg bijak kita tidak bisa mengeneralisasi semuanya. Kiriman Jne bukan hanya kita aja. Apakah perlakuannya sama. Semoga menjadi pelajaran untuk kita semua.

  • Saya bisa dibilang sering juga pake expedisi ini., Untuk pengiriman yes ataupun reguler kadang tepat waktu. Hanya saja pelayanannya sangat sangat kurang enak banget,dan Sering ada kesalahan dalam nama penerima., Minta di revisi iya iya aja begitu di cek tetap ga di rubah²

    Semoga bisa lebih ditingkatkan lagi pelayanannya

  • hah JNE?saya kasi jempol 10 kebawah deh, nggak recomended banget, sy kirim bawang goreng ke Jkt, sdh sy kemas rapi, sdh sy kasi plastik peredam anti goncangan dan sdh sy minta sticker "Jangan Dibanting" waktu bayar ke petugasnya.... namun apa lacur.... sampai di penerima hanciurrrr kayak managementnyaa JNE. mending pilih lainnya aja dehh...

  • hehe memang sebenernya hampir semua expedisi tantangannya itu sama sih setau saya, krn dari beberpa exepdisi yang pernah saya pakai ada aja itu kendalanya, klu ngk rusak, ilang mentok2 terlambat, jadi pikir saya memang kitanya yang bener2 harus safety secara kemasan, klu misal cairan harus dibungkus plastik dan paking kayu mungkin, klu barang mahal harus asuransi dll,,
    krn misal pengiriman via udara, kita juga tau ketika masuk pesawat udah bukan ranah expedisi, kalaupun via darat pasti ada kemungkinan barangnya pindah2 truck atau bahkan ketindihan barang lain jadinya penyok
    klupun misalnya sudah safety tp masih rusak itu bisa langsung dikomplain dan diajukan klaim, dari beberpa pengalaman saya baik jnt, jne, pos dll pasti bertanggung jawab klu memang kerusakan barang karena kesalahan merekanya

  • Saya pesen barang dari Surabaya ke Bojonegoro. Malah barangnya disemarang. Parahnya lagi katanya sudah diterima yg bersangkutan. Parah banget deh pelayanannya.

  • Saya sangat kecewa dengan pleayanan JNE. Beberapa kali ngirim barang di statusnya (SRGAS02488490420) terkirim padahal saya tidak menerima paketnya sama sekali malah ada juga paket yang dikasih ke orang lain..untung orang nya tersebut ngembaliin paketnya ke alamat saya . benar2 sampah

  • Saya cuma mau nanya ko kiriman saya belum sampai juga sampai sekarang dengan no resi 013160053689220

    Dari tgl 16 agustus sampai sekarang belum sampai,pelanggan saya marahnya ke saya,di tlpn ke jne jawabannya lagi ada kendala dan lagi dalam pelacakan.,di tlpn lagi bilangnya sistem lagi error ga bisa cek resi.,tolong di tindak lanjuti.

  • Pesan Bunga di Shopee pke Jasa Kurir JNE Reg bayar sekitar 31.000 Batam- JKT
    pesanan dkirim tgl 27Okt tp sampe sekarang blm sampe, sdh telp ke CS JNE berkali2 cm dijanjiin doang akan segera diantar, sbnrnya kapokk bangett pke jasa Kurir ini, krna sy sdh pengalaman berkali2 bermasalah soal kiriman dgn JNE ini, tp apa boleh buat di sellernya hnya mnyediakan 1 Kurir (JNE) untuk pilihan kurirnya . not recomended

  • Pengiriman tertunda karena , Tutup pada hari pekan / Hari libur. Ko bisa ya ... ??? Rencana mau hemat 2000rb malah rugi waktu 3 hari.

    • Rencana barang di dalam paketan mau dipasang hari Minggu ini, terpaksa harus nunggu hari Minggu berikutnya. Ah anggap sial.