Keluhan Terhadap Ekspedisi JNE

Dear surat pembaca,

Saya Herniwati, usia 37 tahun. Saya ingin keluhkan mengenai BURUKNYA PELAYANAN EKSPEDISI JNE.

Kronologi diawali pada hari Kamis, 4 Juni 2020 tepatnya 09.26 WIB, Suami saya a.n. Julianto mengirimkan sebuah paket menggunakan salah satu ekspedisi ternama yakni JNE, berisi makanan ringan di AGEN JNE KEBON KELAPA TAMBUN. Dikemas rapi menggunakan kardus Indomie dan tertulis pesan sakral, yang artinya jelas bahwa dalam tulisan itu menandakan sebuah penekanan kehati-hatian dalam pembawaan. Saya tidak confirm lagi kepada suami tentang prosesnya, karena saya percaya suami saya bisa mengerti dan bisa menginfokan pada pihak AGEN akan pentingnya pesan yang saya tulis pada depan kardus packingan.

Suami saya hanya kirimkan no. resi by WA ke HP, disana tertulis bahwa no. resi 6300-800-1299-5520 dikirim kepada penerima (anak saya) a.n. INDIRA OKTARIANI PUTRI, dengan biaya kiriman sebesar Rp 45.000,- (Rp. 9.000,-/kg x 5) dan alamat sesuai dengan yang saya tulis.

Proses pengiriman berjalan sebagai berikut:

Tanggal 6 Juni 2020 pukul 12.31 ibu saya WA katanya paket belum datang, namun saya katakan estimasi 3 hari bu, karena memakai paket reguler.

Tanggal 9 Juni 2020 pukul 11.06 ibu saya kembali WA, menanyakan saya kenapa kok lama sekali, dari estimasi sudah melewati ini. Sambil beliau cerita bahwa sebelumnya pihak tante saya pun ada masalah mengirim paket menggunakan ekspedisi ini, dan saya disuruh hati-hati, takut kejadiannya nanti sama. Positive thinking sajalah, mungkin paket dalam kendala karena no. resi itu saya tracking paket keterangannya masih transit.

Tanggal 11 Juni 2020 pukul 09.26 kembali saya di WA ibu, paket masih belum sampai juga. Karena saya sudah mulai worry akhirnya saya call CS JNE dengan no. yang tertera di Google. Dua no. mesin penjawab otomatis bilang jaringan dalam keadaan rusak, namun akhirnya ada jawaban juga katanya paket saya sudah di Cabang Cipondoh Tangerang. Alamat saya spell lagi ke CS, karena katanya kurang lengkap. No. penerima saya spell juga, sampai saya pastikan semuanya perfect. Diberikanlah no. pengaduan tentang paket ini dari CS, dan berjanji paling lama 7 hari kerja paket itu sampai. Saya disuruh menunggu, 3 plus 7 berarti 10 HARI. Well, hebat ….

Akhirnya yang ditunggu-tunggu sampai juga, jam 19.01 tanggal 14 Juni 2020. Kaget campur jijik melihat foto kiriman ibu yang layak dibilang sampah bukan paket lagi, karena seperti kardus yang hendak untuk binatang. Luar biasa pelayanannya, yang slogannya “Connecting happiness“. Boro-boro happy, boro-boro connect, 3 hari jadi 10 hari, paket manusia jadi seperti paket buat hewan….

Kemasan awal bagus sampai seperti SAMPAH
Kemasan awal bagus sampai seperti SAMPAH

Manajemen macam apa yang kalian pakai? Sudah pun customer dilempar-lempar, informasinya seperti karet yang longgar dimana tengahnya endak jelas.

Tolong JNE tindak tegas itu agen-agen yang asal. Kurir dan kepala agen yang gak bisa kerja, suruh di rumah saja, masih banyak yang pengangguran yang layak dan bisa kerja. Complaint anda sudah banyak sekali beredar, sampai saat ini tidak ada satupun solusi yang diberi. Apakah harus saya jejerkan nama-nama kepalanya di sini? Saya rasa masih ada jalan kebaikan. Saya tunggu 1×24 jam agar diselesaikan ke no. Ini 0812-9860-5528. Terima kasih.

Herniwati
Tambun, Jawa Barat 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Total:317    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan JNE atas Surat Ibu Herniwati

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen.com pada tanggal 15 Juni 2020 berjudul “Keluhan Terhadap Ekspedisi JNE”,...
Baca Selengkapnya

Loading...

38 komentar untuk “Keluhan Terhadap Ekspedisi JNE

    • 16 Juni 2020 - (04:42 WIB)
      Permalink

      Ya benar kapok udah pakai JNE, hari ini masuk hari ke 7 dimana paket sy Jakarta-serang belum sampai.

      Mestinya ada klarifikasi apa penyebabnya, overload atau apa. Jika overload lebih baik tutup sementara tidak menerima pengiriman

    • 16 Juni 2020 - (17:34 WIB)
      Permalink

      saya si alhamdulillah malah pake jne aja krna selalu tepat waktu n kurir nya ramah lalu pernah saya pesen 2 barang dengan berbeda paket ternyata si kurir hanya bawa satu paket saya dia mau balik lagi n mengantarkan paket saya hari itu jg seneng si jadi nya sama kurir nya baik banget

      • 17 Juni 2020 - (01:02 WIB)
        Permalink

        Sy jg gak mau lg pake exspedisi ini lbh baik pake yg ekspedisi lain
        Pokoknya sy kapok pake Si J dehh

      • 8 Agustus 2020 - (05:41 WIB)
        Permalink

        gk akan pke jne pesan lewat shoppe tgl 5 tgl 6 d kirim tgl 8/8 blm dateng lama d traffic ny nih bgusan jnt ati ati jne gulung tikar

    • 17 Juni 2020 - (09:55 WIB)
      Permalink

      Selama menggunakan jasa ini alhamdulillah baik baik saja,untuk pengiriman makanan memang packing harus benar benar safe,karena,karena barang di pindah pindah ke berbagai tempat dan mereka bekerja cepat,tanpa melihat isi barang yang dikirim

  • 15 Juni 2020 - (15:35 WIB)
    Permalink

    Saya juga gak pernah dapat pengalaman bagus kalo pake ekspedisi ini. Terakhir saya pake ekspedisi ini, kurir nya gak menjalankan SOP dengan baik. Masa ketika paketnya mau diantar ke rumah kurirnya nelpon dengan nada yg kasar trus bukannya diantar sampai di depan pintu malah nyuruh konsumen nya buat jemput gan. Pokok nya saya kapok kalo pake ekspedisi ini

  • 15 Juni 2020 - (17:27 WIB)
    Permalink

    Paket saya yang order di Apk SHOPEE juga udah 4 hari masih stack di Batam, saya juga beberapa kali beli dari Seller Luar Negri di Shopee & 2 hari sejak transaksi pasti sudah terbang ke Indonesia. Tapi kenapa pengiriman dari di negri sendiri justru Expedisinya begitu buruk. Saya DM di Twitter, Instagram & Facebook sampai Email pun gak pernah ditanggapi. Jika dari Seller di Batam ada pilihan kurir selain JNE, saya pasti pilih Expedisi yang lain…

    • 15 Juni 2020 - (19:25 WIB)
      Permalink

      Paket saya juga sampai hari ini tidak tahu dimana rimbanya…
      Asal ditanya dioper oper…
      Mohon di up surat pembaca ini!

      • 16 Juni 2020 - (05:50 WIB)
        Permalink

        Memang ,saya sendiri berkali kali mengalami hal itu jika beli ke online kurirnya JNE… Sejak pengalaman2 pahit itu,sekarang kapok ga mau lagi pake jasa pengiriman JNE., jujur saja mhon maaf utuk saat ini jasa pengiriman yg paling Amanah menurut saya hanya melalui PT.Pos indonesia,meski waktu pengiriman sampai 7 hari namun stabil… Mengapa PT.POS INDONESIA bisa spt itu,, asumsi saya :

        1.PT. Pos menerapkan sistim kerja spt pegawai.
        2.seleksi Kurir pun ga asal kurir yg mau kerja,namun dah spt seleksi karyawan2 di BUMN yg sedikit lebih ketati di banding jasa pengiriman lain yg sala comot cari org yg lagi bingung kerja.
        3. PT.pos juga memang ada jadwal dlm 1 minggu harus masuk ke setiap kecamatan diseluruh nusantara,,jadi jika ada kiriman barang pasti estimasinya 5-7 hari sampai..
        Saya semenjak mengalami kiriman tdk sesuai lewat jasa pengiriman yg tdk jelas kurirnya, sdh beralih ke paket pos saja. Enak dan lagi jauh lebih murah dibanding yg lainnya.

    • 16 Juni 2020 - (05:29 WIB)
      Permalink

      Saya juga merasakan ketidaknyamanan dg Expedisi JNE.setiap saya ada kiriman paket malah tidak diantar sampai rumah tpi dititipkan dikmpung lain,lebih parahnya kurir ngasih tau udah malam.
      Lebih parahnya lagi saya beli barang online shop dg pembayaran COD ternyata paket gak diantar kerumah,tpi dibatalin/DIRETURN KE SELLER sama JNE dg alasan “PENERIMA MENOLAK DAN TIDAK MAU MEMMBAYAR PAKET”
      Luar biasa banget to JNE ini?😡

  • 15 Juni 2020 - (18:17 WIB)
    Permalink

    terlihat dari gambar foto kardus yg berminyak…. jangan² ngemasnya yg krg rapi sehingga kandungan minyak dari Abon merembes…dan tau kan apa jadinya kalo cuma kardus mie kena rembesan minyak

  • 15 Juni 2020 - (18:34 WIB)
    Permalink

    Paket saya juga gitu dari Senin 8 Juni sampai sekarang masih stuck di Batam
    Kalo seumpama ada pilihan ekspedisi lain gak bakalan saya pilih JNE , bener2 yaa

  • 15 Juni 2020 - (19:52 WIB)
    Permalink

    Saya kemarin beli barang online udah jelas jelas dikirimya ke orang yg sesuai dengan nama saya malah dikirimnya ke orang lain haduuh… Untung diganti lagi sama olshopnya, udah lama banget lagi. Emang jne bodoh ,pengiriman gak jelas , kurir juga bodoh dianternya ke org lain emang bego tuh

  • 15 Juni 2020 - (20:12 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah belanja di tokopedia, membeli sebuah strap jam tangan, sayangnya waktu itu untuk pilihan kurir nya cuma ada JNE, akhirnya ya mau tidak mau pilih JNE, dan benar saja ketika paket nya sampai, dus strap jam tangan sy dlm keadaan terbuka dan spring bar (besi pengait) nya hilang satu.

  • 15 Juni 2020 - (21:45 WIB)
    Permalink

    Paket saya juga dari tgl 20 mei sampai hari ini tgl 15 juni belum sampe, alamat tujuanpun jadi berubah, sudah complain beberapa x tetep ga ada kejelasan.. terimakasih jne

  • 15 Juni 2020 - (23:08 WIB)
    Permalink

    Serendah itukah hewan dimata ibu? Mungkin ini akibatnya jika merendahkan sesama makhluk hidup, jangan lah menjadi makhluk yang sombong.

  • 15 Juni 2020 - (23:19 WIB)
    Permalink

    Saya kemaren juga seperti itu, paket tidak sampai ke alamat, penerima disuruh mengambil ke kantor jne terdekat yang jauhnya 30km. Dan ternyata sudah menjadi aturan tertulis di daerah sekitar situ kalau dapet paket mengambil dikantor “terdekat” yang sama sekali tidak dekat, dengan alasan tidak ada kurir. Saya terkejut perusahaan logistik bisa tidak mempunyai kurir? Barang melebihi estimasi waktu yng dijanjikan, informasinya bohong, di sampaikan di tracking barang sudah sampai di penerima namun penerima belum menerima paket tersebut. Apa memang kalo pengirimannya ke luar jawa dan tidak di kota2 besar seperti itu?

    Adakah sesama konsumen jne yng mengalami pengalaman serupa

  • 15 Juni 2020 - (23:29 WIB)
    Permalink

    Punya dagangan di online shop,Saya tadinya pakai layanan JNE, karna rugi terus, tarif berubah2,kadang tarifnya sama dengan yg tertulis disistem online shop kadang beda , kalau karna beratnya,tp packingannya selalu sama, jadi nombok terus deh, alhasil saya beralih saja drpda nombok terus..

  • 16 Juni 2020 - (04:03 WIB)
    Permalink

    “Barang dikirim tanggal 29-05-2018 sampai di JNE Kebomas tanggal 05-06-2018. Hari ini tanggal 13-06-2018 saya ke kantor JNE R.A Kartini bukan karena disuruh mengambil barang, karena memang tidak ada kabar sedikitpun yg saya terima soal paket saya dan barangnya ada, kenapa dari kemarin-kemarin tidak diantar?
    MAHAL+LAMBAT+PAYAH= HIGHLY NOT RECOMMENDED.”

    Itu review terakhir dan terakhir kalinya juga saya pake JNE (Gresik).

  • 16 Juni 2020 - (06:06 WIB)
    Permalink

    Oalah.. “tim” ekspedisi ini kok paya***h dan para****h ya.. makin hari makin amburaddoel pelayanannya..
    Kok jd kayak perusahaan ingusan, pdhl sdh lama berdiri bahkan sdh berlari ke sana-ke mari..

  • 16 Juni 2020 - (06:26 WIB)
    Permalink

    anak saya nunggu2 paket dari BL, lama, pas tracking ternyata misroute. semoga semua ekspedisi lebih menghargai arti dari “titipan rakyat” 😁

    • 16 Juni 2020 - (22:16 WIB)
      Permalink

      Saya alhamdulillah sampai saat ini kalau kirim menggunakan Jne sampai dan barang kiriman tidak apa”. Mungkin kita harus lihat dari dua sisi antara Jne dan customernya. Jangan mengeneralisasi masalah. Mudah” ada solusi bersama.

  • 16 Juni 2020 - (08:00 WIB)
    Permalink

    Si ibu pakingnya kurang rapimungkin , kan itu berminyak kenapa gapake buble pack ? Atau warp pack ? Lebih aman kann

  • 16 Juni 2020 - (08:25 WIB)
    Permalink

    Kalo makanan apalagi makanan basah saya pasti packing sendiri dengan sangat rapih dan safety , pakai bubble wrap , bungkus pakai plastik..
    Kalo barang beratnya lebih dari 2kg, apalagi makanan basah di bungkus cuman pake kardus mie ,, itumah auto hancur pake ekspedisi manapun..
    Semua perusahaan juga pasti punya SOP masing” untuk memuaskan pelanggannya..
    Jangan sampai karena kesalahan kita sendiri jadi morang maring sama oranglain apa lagi menjelek jelekan nama perusahaan orang.. 😁 gimana kalo usaha kita d jelek2an orang lain pasti gak enak , intropeksi ajja mungkin kitanya yang gak care sama kiriman kita sendiri, ngebungkusnya gak rapih..

  • 16 Juni 2020 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Udh lama gak pake JNE, krn dy gak gratis ongkir di shopee 🤪 J&T udh paling oke, si cepat jg sih

  • 16 Juni 2020 - (13:58 WIB)
    Permalink

    Sy pengirim paket kode booking 0112852003772034 dari shopee tgl 15 Mei 2020 dan diretur 16 Juni dengan alasan alamat pengiriman tidak lengkap dan penerima tidak dikenal.

    PAYAH BUANGET si JNE ini, kan ada nomor telpon pengirim dan penerima tertera dipaket, apakah tidak ada budget untuk telpon/sms/whatsapp untuk menanyakan hal tsb.. atau mmg pegawai2 yg bersangkutan MALAS utk follow up ?

    Padahal sy saja sampai habis pulsa 10rb utk telpon call centernya tp mailbox terus bbrpa hari sebelum dan sesudah idul fitri.

    Konfirmasi alamat via konter, tapi petugas ga bisa revisi karena memang konsumen yg tulis alamat di shopee sehingga otomatis tercetak.

    Apakah seperti ini potret ekspedisi jne ? Gak bisa kasih solusi, sampai sy kirim paket yang kedua utk konsumen tsb dgn biaya pribadi.

  • 16 Juni 2020 - (15:26 WIB)
    Permalink

    paket saya pun yg dikirim dari tgl 11 dan 12 juni sampai saat ini stuck di kota pengirim, saya gatau harus komplain kemana lagi karena ga pernah ada respon dari cs nya, saya butuh tanggung jawab dari pihak jne, resi pengiriman 010140327609820 & 542930022288920.

  • 16 Juni 2020 - (16:29 WIB)
    Permalink

    Assalam. Kalau boleh tau jenengan kirim paket isinya apa? Aksesoris/baju/makanan/obat/yg lain?
    Pakai Reguler/Oke/Yes? Atau JTR?
    Berapa beratnya kira-kira?
    Kalau misal isinya makanan/ barang pecah belah/ benda basah, apakah di bubble wrap atau di lakban, atau dibungkus plastik?
    Apakah pakai asuransi dan pakai perjanjian paket boleh dibuka?

    Dg adanya info tsb, kami yang baca dan komen bisa netral tanpa tergiring opini, dan bisa bantu jenengan.

    Saya bukan orang JNE/POS/J&T dll, tapi setiap hari pakai JNE 5-20 paket rata-rata per hari selama 4tahun terakhir. Dari yang 200gram – 5kg beratnya. Dari yang benda atau makanan, kering – basah, dari yg ukuran mini – jumbo / pendek – panjang.
    Semoga menjadi pelajaran baik untuk semua pihak.

    • 17 Juni 2020 - (00:27 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah saya selama ini pakai Jne kiriman baik” saja tidak ada kendala. Hal seperti ini harus dilihat dari 2 sisi antara Jne dan kita. Kita sebagai customer untuk packingan barang apakah sudah sesuai dengan barang yang kita kirim. Sebagai orang yg bijak kita tidak bisa mengeneralisasi semuanya. Kiriman Jne bukan hanya kita aja. Apakah perlakuannya sama. Semoga menjadi pelajaran untuk kita semua.

  • 16 Juni 2020 - (19:17 WIB)
    Permalink

    Saya bisa dibilang sering juga pake expedisi ini., Untuk pengiriman yes ataupun reguler kadang tepat waktu. Hanya saja pelayanannya sangat sangat kurang enak banget,dan Sering ada kesalahan dalam nama penerima., Minta di revisi iya iya aja begitu di cek tetap ga di rubah²

    Semoga bisa lebih ditingkatkan lagi pelayanannya

  • 16 Juni 2020 - (21:11 WIB)
    Permalink

    hah JNE?saya kasi jempol 10 kebawah deh, nggak recomended banget, sy kirim bawang goreng ke Jkt, sdh sy kemas rapi, sdh sy kasi plastik peredam anti goncangan dan sdh sy minta sticker “Jangan Dibanting” waktu bayar ke petugasnya…. namun apa lacur…. sampai di penerima hanciurrrr kayak managementnyaa JNE. mending pilih lainnya aja dehh…

  • 17 Juni 2020 - (16:56 WIB)
    Permalink

    hehe memang sebenernya hampir semua expedisi tantangannya itu sama sih setau saya, krn dari beberpa exepdisi yang pernah saya pakai ada aja itu kendalanya, klu ngk rusak, ilang mentok2 terlambat, jadi pikir saya memang kitanya yang bener2 harus safety secara kemasan, klu misal cairan harus dibungkus plastik dan paking kayu mungkin, klu barang mahal harus asuransi dll,,
    krn misal pengiriman via udara, kita juga tau ketika masuk pesawat udah bukan ranah expedisi, kalaupun via darat pasti ada kemungkinan barangnya pindah2 truck atau bahkan ketindihan barang lain jadinya penyok
    klupun misalnya sudah safety tp masih rusak itu bisa langsung dikomplain dan diajukan klaim, dari beberpa pengalaman saya baik jnt, jne, pos dll pasti bertanggung jawab klu memang kerusakan barang karena kesalahan merekanya

  • 12 Agustus 2020 - (18:09 WIB)
    Permalink

    Saya pesen barang dari Surabaya ke Bojonegoro. Malah barangnya disemarang. Parahnya lagi katanya sudah diterima yg bersangkutan. Parah banget deh pelayanannya.

  • 15 Agustus 2020 - (13:50 WIB)
    Permalink

    Saya sangat kecewa dengan pleayanan JNE. Beberapa kali ngirim barang di statusnya (SRGAS02488490420) terkirim padahal saya tidak menerima paketnya sama sekali malah ada juga paket yang dikasih ke orang lain..untung orang nya tersebut ngembaliin paketnya ke alamat saya . benar2 sampah

  • 20 Agustus 2020 - (18:25 WIB)
    Permalink

    Saya cuma mau nanya ko kiriman saya belum sampai juga sampai sekarang dengan no resi 013160053689220

    Dari tgl 16 agustus sampai sekarang belum sampai,pelanggan saya marahnya ke saya,di tlpn ke jne jawabannya lagi ada kendala dan lagi dalam pelacakan.,di tlpn lagi bilangnya sistem lagi error ga bisa cek resi.,tolong di tindak lanjuti.

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 38 komentar sampai saat ini..

Keluhan Terhadap Ekspedisi JNE

oleh Herni dibaca dalam: 2 min
38