Surat Pembaca

Indihome Tidak Terpasang dengan Alasan Jaringan Penuh

Perkenalkan nama saya Fatah, calon pengguna Indihome,

Pada bulan September-Oktobwr 2020, saya mencoba mendaftar untuk pemasangan Indihome di rumah. Setelah dicek melalui website indihome (https://www.indihome.co.id), tempat tinggal saya tercover oleh service Indihome.

Dan pada Tanggal 14 Oktober, teknisi melakukan survey, setelah dicek ternyata ODP terdekat sudah penuh semua jawaban selalu sama dalam dua bulan berulang kali saya mendaftar. Padahal menurut call center 1500xxx jaringan tersedia.

Pada tanggal 24 Oktober, saya beritikad baik mendatangi Kantor Telkom Sleman dengan nomor antrean 2, meminta tolong untuk dilakukan validasi ODP. Namun ternyata justru jawabannya mencengangkan, ketika terdapat pelanggan yang putus secara tidak resmi maka slot dalam ODP tidak dapat diganti pelanggan baru. Padahal ini baru pelanggan meminta tolong. Belum ada fakta mengenai status validasi ODP di area saya tersebut. Artinya ya sampai kiamat klo semua pelanggan dalam ODP itu keluar/putus layanan secara tidak resmi (behenti berlangganan dengan ditinggal begitu saja tanpa melapor telkom) maka akan jd slot ODP mati.

Hal ini sangat mengecewakan karena saya sebagai pelanggan malah disuruh mencari 4 pelanggan baru jika ingin menghadirkan ODP baru di area tersebut. Artinya beban marketing malah dipasrahkan kepada konsumen. Sedangkan tidak terdapat mekanisme waktu tunggu antrean yang jelas. Marketing juga sifatnya lepas tangan, hanya mencari sampai ada peserta mendaftar KTP dsb namun ketika disurvey tidak bisa. Maka sudah, dilupakan, tidak didaftar, tidak dibuatkan antrean sehingga ketika sudah memenuhi kuota dapat disediakan ODP baru.

Hal tersebut menyebabkan inefesiensi karena di satu sisi telkom rugi karena ada slot ODP tidak produktif karena beban pelanggan putus yang dibiarkan saja. Di satu sisi pelanggan baru kesulitan mendapatkan layanan karena secara tidak langsung dipaksa menjadi petugas marketing yang mencari empat orang sekaligus supaya bisa diusulkan pengadaan ODP baru.

Fatah Manohara
Sariharjo, Ngaglik, Sleman

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Telkom Regional IV atas Surat Bapak Fatah Manohara

Dengan hormat, Terimakasih kepada Mediakonsumen.com yang telah berkenan memuat surat bapak Fatah Manohara pada tanggal 27 Oktober 2020 berjudul “Indihome...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • kalo pengalaman saya, mau pasang tapi setelah survey di bilangnya "KENDALA JARINGAN BUTUH TANAM 4 BATANG TIANG DARI LOKASI RUMAH PELANGGAN DAN SULIT UNTK MENDAPATKAN IZIN DARI WARGA SEKITAR". Pdhl orang sebelah rumah blm ada seminggu pasang dri saya mau pasang. Aneh