Setor Tunai BRI Uang Tidak Masuk Saldo, Pengurusan Berlarut

Yang saya hormati dari pihak Bank BRI, mohon keluhan saya ditindaklanjuti.

Berawal tanggal 22 oktober 2020 pada pukul 08;19 pagi,saya melakukan setor tunai di mesin ATM yang berada di KCP BRI Jati Asih Bekasi. Setelah saya memasukan uang ke mesin ATM, mesin ATM tersebut sangat lama merespon nya tidak seperti biasanya. Saya khawatir mesin ATM ini bermasalah, saya pun menekan tombol cancel berulang ulang, tapi apa yang terjadi, bukannya uang saya keluar, uang saya malah masuk ke mesin ATM tersebut,tanpa ada keterangan transaksi berhasil.

Untungnya saja keluar struk ATM yang sebenarnya bukti tersebut tidaklah berguna/berlaku bagi Bank BRI, walaupun di struk tersebut tertulis mesin ATM sedang ada gangguan??? Tanda tanya besar bagi saya tentang bukti struk yang saya terima tidak berlaku bagi Bank BRI????

Segera hari itu juga saya menghubungi call center 14017 yang memakan pulsa cukup mahal, dibuatkanlah laporan saya dengan nomor laporan (31291976). cs-nya bilang laporan saya akan di tindak lanjuti paling lama memakan waktu 10 hari kerja.

Karena di bulan Oktober banyak hari libur, akhirnya pada tanggal 10 November 2020 saya baru menghubungi kembali 14017 , tapi apa jawaban yang saya dapat? CS nya bilang, saya tidak melakukan transaksi karena saya menekan tombol cancel sebelum transaksi berhasil sehingga dapat disimpulkan saya tidak melakukan transaksi setor tunai/memasukan uang saya.

HELOOO!!!!!!….kalau memang saya tidak melakukan transaksi ,mengapa struk dengan nominal 900rb dengan keterangan mesin ATM mengalami gangguan, struk tersebut bisa keluar??….

cs nya bilang saya dianjurkan melakukan banding dengan meminta bukti rekaman CCTV pada unit KCP BRI Jati Asih. Pada hari itu juga saya bergegas ke KCP BRI Jati Asih dan mengambil nomer antrian. Setelah menunggu 1 jam lebih akhirnya saya berbicara langsung dengan cs di KCP BRI tersebut dengan keperluan meminta rekaman CCTV pada tgl 22 oktober. Tapi apa jawaban cs nya? Dengan enteng menjawab (mohon maaf karyawan IT yang biasa menangani CCTV sedang cuti)”saya pun disarankan menunggu beberapa hari, dan akan dihubungi kembali.

Keesokan harinya saya menunggu panggilan mengenai rekaman CCTV, akan tetapi sampai sore hari tidak ada satupun telepon atau sms dari pihak BRI. Pada tanggal 12 November saya pun kembali mendatangi kantor cabang BRI jatiasih untuk meminta kesekian kalinya rekaman CCTV. Kali ini cs nya lain lagi bukan yang tempo hari saya buat keluhan,cs nya bilang lagi ke saya mohon menunggu lagi!!

Apaaaa? Saya disuruh menunggu lagi? Serasa darah saya naik keubun ubun. Lantas saya bilang saya gak akan mau menunggu lagi karena dari tanggal 22 Oktober saya sudah lama menunggu dan terakhir kali tanggal 10 November saya sudah disuruh menunggu lagi hanya untuk mendapatkan rekaman CCTV.

Akhir nya cs nya bilang akan di carikan rekaman CCTV tersebut hari ini juga,saya pun lega mendengar rekaman CCTV tersebut akan saya dapatkan hari ini juga. Setelah menunggu 3 jam lebih cs nya kembali memanggil saya dan memperlihat kan rekaman CCTV saya yang berada di depan mesin ATM tersebut. cs nya bilang akan mengirimkan berkas tersebut ke BRI pusat. Lantas saya pun pulang kerumah dan pada pukul 1 siang saya kembali menghubungi call center 14017.

Dan lagi lagi saya dibuat emosi….cs nya bilang ”nomor laporan saya sudah di tutup dan tidak ada berkas yang masuk untuk melakukan banding.”

Oke……kali ini saya maklumi mungkin KCP BRI mengirim berkas lewat JNE atau KANTOR POS(bukan lewat email) yang memerlukan waktu paling cepat sehari.

Keesokan hari nya saya kembali menghubungi 14017 dan untuk kesekian kali keterangan dari cs nya laporan saya telah di tutup dan tidak ada berkas yang masuk mengenai banding saya.

Saya pun kembali mendatangi KCP BRI Jati Asih,setelah beberapa lama mengantri saya pun kembali bertemu dengan cs yang cantik dan baik hati, dan menanyakan mengapa berkas saya belum dikirim ke pusat dan nomor laporan saya sudah ditutup.

si cs yang cantik dan baik hati ini dengan santun menjawab,bahwa memang benar nomor laporan saya sudah ditutup karena dia sendiri yang membuatkan laporan baru lagi secara pribadi dengan alasan akan lebih cepat proses nya,saya pun di minta menunggu dan bersabar karena dia sendiri yang akan menghubungi saya mengenai perkembangan masalah yang saya hadapi. cs nya pun memberi nomer wa nya,saya kembali tenang dan mendapatkan harapan uang saya akan kembali.

Setelah menunggu beberapa hari pada tanggal 18 November 2020 cs nya kembali menghubungi saya untuk datang kekantor membuat surat pernyataan. Saya pun kembali ke KCP BRI Jati Asih untuk membuat surat pernyataan,setelah selesai dan dibantu membuat surat pernyataan cs nya kembali meminta saya untuk bersabar.

Pada tanggal 23 November akhirnya saya sudah tidak sabar menunggu dan menghubungi cs menanyakan bagaimana perkembangan masalah saya. Pasti para pembaca sudah menduga jawaban cs BRI ini??…..ya!….jawaban nya masih dalam tahap penyelesaian.

MOHON DENGAN HORMAT KEPADA PIHAK BRI,.SUDAH 1 bulan lebih saya menunggu uang saya kembali walaupun mungkin bagi sebagian orang uang 900rb tidak lah berarti, tetapi bagi saya uang 900rb itu sangatlah berharga untuk memenuhi kebutuhan keluarga saya ”

Mohon dengan hormat untuk menyelesaikan laporan saya dengan nomor laporan 31291976.

Febriyand Poetiray
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Hai Kak. Terimakasih atas informasi yang diberikan, mengenai hal tersebut akan kami tindaklanjuti. Tks~Zan

  • @kontakBRI Sama loh kasusnya kayak tmnku, dia nunggu hmpir 15 hari sih tapi syukur uang nya balik lagi ke rekening dia

  • @507nurul Guna pengecekan dapat diinformasikan nomor laporan kakak melalui DM. Tks~Sammy

  • Saya pernah mangalami seperti itu,tapi bedanya saya tidak tekan tombol cancel, struk yang keluar pun sama ada keterangan sedang gangguan jaringan, besoknya saya lapor ke cs, dan setelah +/- 15 hari saldo baru masuk.
    Menurut informasi yang saya dapatkan, kenapa penanangan nya lama, karena yang ngurus atm biasanya vendor dari pihak ke tiga, jadi nunggu mesin ATM nya di buka, nanti di cocokan antara jumlah transaksi sama jumlah uang yang ada di dalamnya, kira2 spt itu

  • harusnya kan bs kelihatan dr jumlah uang yg d dalam mesin versus brp total transaksi yg terjadi...harus terus di follow up nih sampe kelar kasus nya