Surat Pembaca

Simpan Kartu Permata Bank di Aplikasi DANA Gagal, di Aplikasi Lain Lancar

Sekitar tanggal 15 Desember 2020 lalu, saya mencoba menghubungi pihak DANA di akun resmi instagram mereka perihal tentang kegagalan simpan kartu debit dan kredit jenis VISA yang selalu gagal. Padahal ketika saya coba di aplikasi lain semisal Gojek, Grab dan pembayaran e-commerce selalu berhasil. Hanya di DANA saja yang selalu gagal.

Pihak DANA pun meminta saya untuk mengirimkan detil kendala berikut kartu yang gagal disimpan. Awalnya saya sempat menghubungi Bank Permata namun mereka sudah menjelaskan kalau semua kartu saya tidak ada kendala.

Berarti memang kendala ada di Aplikasi DANA. Saya heran dengan jargon mereka yang katanya Anti Ribet dan memberikan banyak iklan atau promosi simpan kartu namun hingga surat ini saya muat tidak ada solusi atau kelanjutan dari pihak DANA.

Tambahan lagi, menurut saya CS di akun instagram DANA sangat tidak membantu dan terkesan seperti robot yang membalas dengan jawaban yang sama alias cuma copy/paste. Ini kali kedua saya berkendala dengan DANA setelah sebelumnya bermasalah dengan kartu debit BRI.

Terima kasih Media Konsumen, besar harapan saya surat ini dapat dimuat agar dapat ditinjau oleh pihak terkait.

Tony Trisno
Batam, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA terhadap Keluhan Bapak Tony Trisno

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Bapak Tony Trisno di Media Konsumen, “Simpan Kartu Permata...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya pribadi belum menemukan kendala saat mendaftarkan kartu kredit/debit di aplikasi DANA.

    Kendala yg saya pernah alami hanya di aplikasi Grab saat mendaftarkan kartu kredit. Kegagalan pendaftaran kartu di Grab hanya terjadi di iPhone. Begitu sy ganti device dan login di Android, pendaftaran kartu lancar.

    Setelah kartu terdaftar di Grab melalui Android, sy logout dan login kembali ke aplikasi Grab di iPhone.

    Mungkin bisa dicoba cara ini dlu. Login DANA di perangkat lain dlu, dan coba daftarkan. Biasanya kendala pada versi aplikasi di perangkat tertentu.

  • Sekedar berbagi cerita dan pengalaman spt yg anda alami. Tmn kntr sy bbrp mggu yg lalu kasusnya sama. Tidak bisa simpan kartu di DANA. Yg sy tanyakan, apakah sdh coba dengan kartu bank lain ? krn aplikasi sy bisa simpan kartu semua bank. baik debit/CC. sdgkan tmn kntr sy itu menggunakan kartu debit visa permata me. Trus komplain ke kntr bank permata malah petugasnya bilang kartunya tdk bisa dipakek dan harus ganti kartu. Pdhl kartu baik2 saja dan trakhir msh bisa digunakan di atm setempat. akhirnya tmn sy mengiyakan ganti kartu atm permata me. Ternyata sama aja tdk bisa simpan kartu tsb di Dana dan telah rugi biaya ganti kartu Rp 15rb. Coba dl pakai kartu bank lain. kl mmg bisa brati ada mslh dgn bank Permata nya.
    Semoga sharing di atas bisa membantu

    • Saya sudah dihubungi pihak DANA dan jam telp nya di jam tidur. Sangat tidak profesional. Dan mereka malah meminta foto kartu debit / kredit nya. Saya kira ini sangat lucu. Masa sekelas CS official DANA meminta data kartu. Dan saya pastikan itu memang dari pihak dana karena mereka meminta mengirimkan ke email help@dana.id

      Saya sudah telp ke pihak bank dan kartu saya semua tidak ada masalah. Dan kendala bukan hanya 1 kartu tapi semua kartu. Ini aplikasi nya yang bobrok.

  • Tunggu dari pihak DANA saja. Log in dari perangkat lain nanti malah terdeteksi curang. Saya punya CC BCA, BRI, dan Permata semua bisa di aplikasi aja lain.

    • Curang sih tidak bu, karena kan tetap satu akun.
      Ya seperti komentar sy di atas ttg aplikasi Grab. Ngga ada salahnya dicoba.

        • Waduh, tidak perlu ngegas begitu. Mohon maaf sy tidak perhatikan namanya Tony. Sy baca akunnya AneGoogle, jd sy kira nama Anda Ane.
          Santai saja tidak perlu emosi ? karena niat saya memberi masukan dari awal loh.

        • Ya elo Bambang masalah kek gini aja ngambek diumbar-umbar di media konsumen. Masalah teknis udah biasa lah ga usah lebay.
          Lagian org 32 di atas udah ngasih saran baik2 buat dicoba dulu ngegas bgt hadeh. Lu lagi PMS atau gmn?
          Model begini nih klo dikasi tau baik2 ngegas yg ada lo keliatan bodoh di mari.

          • Kalau sya bodoh berarti situ 1diot mau membalas orang bodoh. Ini media konsumen. Gak sreg ya out. Lu baperan amat baca komentar orang ku kira keras ternyata kertas. Lembek

          • Hak konsumen untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan, dijamin oleh Pasal 4 d Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

            Itu jargon mediakonsumen.com

            Masalah komentar kalau anda merasa si penulis bodoh kenapa harus diladeni? Kasihan

  • Kalau saya pribadi malah takut untuk menautkan credit card pada aplikasi seperti Grab ataupun Dana. Karena pernah ada beberapa kasus peretasan akun Grab oleh orang-orang yg tidak bertanggung jawab.

    • Sebenarnya tujuan saya buat artikel ini cuma keluhan saja. Bisa atau tidaknya sudah gak begitu penting. Apalagi ketika CS DANA meminta foto kartu bagian depan. Sudah malas saya ladeni lagi.

  • Kl dr bank permatanya dicek mmg tdk ada kendala. cmn kartu nya permata kendala di DANA. Tmn sy stlh pasang kartu bank lain bisa. mungkin tergantung amal ibadah seseorang yah. Smoga cepet terselesaikan.

    • Kayaknya gak ada hubungan amal ibadah. Wkwkkk. Lagi pula udah gak begitu penting menurut saya. Ini cuma keluhan biar pihak DANA bisa memperbaiki sistem. Amal ibadah bukan manusia yang tentukan.

  • Kebanyakan di mediakonsumen.com ini keluhan kalau gak pinjol pasti aplikasi DANA. Dan banyak pula akun akun bodong yang komentar membela aplikasi bus*k ini. Baru saja ada korban pinjol yang dana nya diteruskan ke virtual account DANA. Jadi sebenarnya DANA ini dompet digital atau sarang nya uang panas?