DJP Online, Tolong Perbaiki Mekanisme Daftar NPWP Online

Kepada Yth. Direktorat Jenderal Pajak
Khususnya bagian terkait pendaftaran NPWP online,

Nama saya Erni,dan saya ingin mengeluhkan beberapa hal terkait pendaftaran NPWP online melalui ereg.pajak. Pada hari Rabu tanggal 10 Februari 2021 saya mendaftarkan email cv atas nama Insan Hijrah untuk Pendaftaran nomor NPWP secara online. Kemudian dari tampilan layar diminta untuk mengecek email, karena link verifikasi dikirimkan ke email yang telah saya daftarkan.

Saya tunggu, 1 jam, 2 jam, 3 jam gak ada masuk juga. Akhirnya saya pikir mungkin DJP sedang gangguan. Saya biarkan dan keesokan harinya saya cek siangnya ada email verifikasi masuk. Fix saya buka dan coba klik link verifikasi tapi link sudah expired dengan tulisan bahwa link hanya berlaku 1×24 jam. Dan ternyata solusinya adalah daftar dengan akun email yang berbeda.

Saya pun mencoba mendaftar dengan alamat email yang baru sekitar pukul 03.00 WITA tanggal 11 Februari 2021. Begitu klik daftar dan pemberitahuan email verifikasi dikirim ke alamat email terdaftar, saya pun langsung cek email lagi dan tetap zonk, hingga pagi sekitar pukul 09.00WITA tanggal 12 Februari 2021 tidak ada juga email yang masuk.

Terakhir saya coba lihat pukul 18.00 WITA email verifikasi pun sudah ada tentunya dengan kondisi sudah expired! Lewat dari 24 jam, dan saat saya perhatikan jam masuknya email tersebut cuma beda 30 menit sebelum 24 jam dari waktu daftar. INJURY TIME!!

Pertanyaan saya, kalau modelnya begini, mau buat akun email berapa puluh kali Pak/bu??? Cobalah mekanisme nya buat yang lebih flexibel, ini kan baru tahap verifikasi email untuk membuktikan email tersebut aktif atau tidak, masa harus harga mati begitu lewat 1×24 jam harus daftar pakai akun email baru? Iya kalau email verifikasi dikirimkan 1 atau 2 jam setelah daftar, ini sudah dikirimnya lama, mendekati deadline expired nya, kan itu namanya ribet yang tidak pada tempatnya. Bukankah bisa, kalau expired buat menu untuk minta link verifikasi ulang.

Tolonglah diperbaiki mekanismenya, ini kan kami berusaha jadi warga negara yang taat pajak, jangan malah ribet dengan mekanisme pendaftaran seperti ini. Bank aja lupa PIN ATM gak suruh buat buku baru, bisa request PIN ke CS, ini link verifikasi expired, harus ganti akun. Alamaakkk.

Terima kasih sebelumnya, semoga segera diperbaiki.

Erniwati
Senggigi, NTB

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:1    Rata-Rata: 1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

3 komentar untuk “DJP Online, Tolong Perbaiki Mekanisme Daftar NPWP Online

  • 17 Februari 2021 - (08:34 WIB)
    Permalink

    wahh klo web yg berurusan dgn pemerintahan udah ga heran mbak trouble. Kdg mau lapor pajak online aja sering gangguan kok… Heran juga, pemerintah dengan budget besar, tenaga IT yang “harusnya” cerdas2, tp urusan online sering banget gangguannya.

  • 17 Februari 2021 - (16:33 WIB)
    Permalink

    Saya pernah tanyakan ke AR pajak, katanya sistem di DJP sulit untuk bisa konek dengan gmail. Jadi disarankan menggunakan email provider lain seperti yahoo, hotmail, outlook, live, dsb.

    Kalau komplain dengan birokrasi pemerintah mah ga bakal menang. Mereka PNS kerja santai aja tetap dapat tunjangan dan dana pensiun.

 Apa Komentar Anda?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

DJP Online, Tolong Perbaiki Mekanisme Daftar NPWP Online

oleh Erniwati - dibaca dalam: 1 min
3